Direktur Keuangan atau CFOO, Ini Tugas dan Tanggungjawabnya

Direktur Keuangan atau CFOO, Ini Tugas dan Tanggungjawabnya
freepik.com

Direktur Keuangan menjadi posisi yang cukup banyak diinginkan bagi orang dengan keterampilan dalam bidang perhitungan ini. Pasalnya orang yang bekerja dalam bidang ini akan bergelut dengan hitungan, laporan dan keuangan sebuah perusahaan. Bagi sebagian orang bekerja dengan rumus pasti lebih mudah daripada dengan percobaan yang tidak bisa diprediksi dengan pasti.

Mendengar mengenai direktur pasti langsung terbayang sebuah profesi yang berada di tingkat tinggi. Wewenangnya jelas bisa digunakan sebagai tujuan utama bagi sebagian orang untuk melanjutkan langkah. Untuk itulah kita yang ingin menggunakan ilmu hitungan lebih baik mengambil profesi ini.

Kami akan memberikan informasi mengenai profesi ini lebih lagi. Jadi silahkan ketahui lebih jauh lagi untuk bisa memahaminya dengan baik.

Direktur Keuangan
freepik.com

Direktur Keuangan atau CFOO

Posisi ini dikenal dengan Chief Financial Operation Officer atau CFOO, jika diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia maka berarti Kepala Pejabat Keuangan dan Operasional. Apabila mendapati jabatan ini maka semua tanggung jawab dan pengelolaan keuangan otomatis akan menjadi resiko sekitarnya.

Ketika menjabat dalam posisi ini kita akan perlu memiliki kualifikasi pada MBA yang paling tidak memiliki pendidikan dalam akuntansi. Bukan sembarangan orang lalu bisa menjadi seorang CFOO langsung. Bahkan memiliki sertifikat akuntan publik dengan status yang setara.

Dalam beberapa perusahaan membutuhkan seorang ahli keuangan seperti ini untuk memastikan bahwa memang produksi dan jalannya perusahaan tersebut berjalan dengan baik. Jadi jangan sampai Anda melewatkan kesempatan menjadi direktur ini.

Beberapa Tugas Direktur Keuangan

Nah mari kita bahas langsung beberapa tugas tersebut dengan penjelasan singkat. Sehingga Anda mendapatkan gambaran langsung pekerjaan mereka tersebut.

Menyusun Strategi

Karena menjadi seorang pemimpin otomatis kita memiliki keinginan dalam memasrahkan semua urusan kepada orang yang profesional tersebut. Salah satunya dalam bidang keuangan seperti ini. Perlunya strategi yang baik agar nantinya keuangan bisa berjalan sesuai dengan targetnya tersebut.

Oleh karena itulah apabila nantinya memiliki finansial yang baik otomatis akan membantu perkembangan bisnisnya tersebut secara berkala. Ini jelas saling memberikan dampak antara positif dan negative.

Melakukan Investasi

Bukan hanya melakukan strategi, investasi menjadi penting. Ketika keuangan terpusat dalam perusahaan tersebut saja, kita bisa mendatangkan kemungkinan dari keuntungan didalamnya. Pertimbangan untuk melakukan investasi inilah yang wajib untuk diikuti.

Ketika seorang pemilik akan melakukan investasi atau semacamnya. Maka Direktur Keuangan akan memberikan saran yang membawa pertimbangan penting jangka panjang.

Menganalisis Laporan dan Memutuskannya

Ada juga tugas yang berkaitan dengan memantau laporan rutin yang muncul setiap bulannya. Tidak hanya itu saja, laporan seperti ini akan membutuhkan analisis dan evaluasi. Inilah tugas seorang direktur dalam bidang keuangan secara khusus ini.

Berupaya dalam Mencari Solusi

Hal ini sama dengan mencari solusi atau jalan keluar dari munculnya sebuah resiko keuangan. Tidak semua perjalanan dari perusahaan memiliki proses yang mulus dan lancar tentu saja. Maka dari itulah akan lebih baik apabila Anda memperhatikan masalah yang timbul tersebut.

Mulai dari kalkulasi dan fluktuasi dari perdagangan yang memberikan pengaruh langsung terhadap keuangan yang masuk tersebut. Tidak semua orang bisa langsung menempati posisi seperti ini, perlu bertahap dan memiliki kemampuan yang baik.

Kita sudah mengupas mengenai tugas seorang Direktur Keuangan secara lengkap. Apabila Anda masih belum memahaminya bisa langsung mencari referensi lainnya untuk meningkatkan edukasi. Karena pada masing-masing perusahaan pasti memiliki kewenangan berbeda dalam memberikan posisi seperti halnya CFOO ini.