Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan dan Solusinya

kenapa filter Instagram tidak bisa digunakan

Pengguna Instagram mungkin sudah sangat mengerti bagaimana pentingnya filter dari sosial media satu ini. Beberapa pengguna Instagram mungkin pernah mengalami di mana tiba tiba filter tidak dapat seseorang gunakan. Lalu munculah pertanyaan kenapa filter Instagram tidak bisa digunakan ?

Inilah Alasan Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan

Hampir semua pengguna Instagram sudah terbiasa dengan penggunaan filter ini. Postingan akan menjadi lebih menarik jika memakai filter. Menariknya lagi filter dapat membuat konten menjadi lebih kreatif. Berikut beberapa alasan kenapa filter Instagram tidak bisa digunakan :

1. Aplikasi Belum Mengalami Update

Salah satu faktor paling umum dan banyak pengguna tidak sadari adalah mengupdate aplikasi. Hampir semua aplikasi di Play Store saat ini terkadang harus pengguna update untuk menambahkan fitur fitur baru. Sama dengan aplikasi pada umumnya Instagram juga meminta penggunaannya mengupdate secara berkala.

Tidak terbiasanya mengupdate Instagram secara berkala ini kadang membuat beberapa fitur dari aplikasi tersebut hilang. Filter merupakan bagian fitur dari instagram, sehingga apabila Anda tidak melakukan rutinitas updating maka beberapa fungsinya tiba tiba bisa menghilang.

Baca juga : Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

2. Penuhnya Penyimpanan Cache

Alasan kedua kenapa filter instagram tidak dapat Anda gunakan adalah penuhnya cache pada media penyimpanan aplikasi. Untuk yang belum tahu, Cache merupakan data sementara pada sebuah sistem penyimpanan internal smartphone di setiap aplikasi terinstall.

Jadi setiap aplikasi yang telah Anda Install di ponsel akan menyediakan sebuah ruang penyimpanan bernama cache. Untuk melancarkan aplikasi pengguna harus rutin menghapus data cachenya, apabila tidak dan penuh, maka kejadian seperti hilangnya fitur filter pada Instagram bisa pengguna alami.

3. Tidak Kompatibelnya Perangkat Pengguna

Kemudian alasan selanjutnya adalah kapasitas dan spesifikasi perangkat Anda tidak memadai untuk beberapa filter baru Instagram. Instagram terus mengalami pengembangan sehingga akan ada pembaharuan dari sisi sistem dan kapasitas standar penggunaan fitur fitur terbaru.

Apabila setelah mengupdate, dan beberapa fitur di Instagram justru hilang maka bisa saja perangkat ponsel Anda tidak mampu menampung besarnya permintaan dari filter terbaru tersebut. system requirement ini akan terus bertambah jadi perangkat ponsel bisa saja tidak kompatibel.

4. Karena Gangguan Lokasi atau Geografis

Faktor lain penyebab tidak bisa menggunakan filter Instagram adalah lokasi atau letak geografis Anda. Mungkin hal ini terlihat sepele akan tetapi di Indonesia penyebaran dan pancaran sinyal masih belum merata. Instagram merupakan aplikasi yang mengkonsumsi cukup banyak paket data jaringan.

Apabila tiba tiba fitur Instagram tidak dapat Anda gunakan, maka bisa saja wilayah tersebut belum mendukung penggunaan filter terbaru. Jika seperti ini maka pengguna hanya bisa menunggu sampai pihak Instagram mendeteksi wilayah tersebut dan membuka akses filter terbarunya di daerah itu.

5. Terhalan Koneksi dan Kecepatan Jaringan Internet

Instagram menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak mengkonsumsi paket data jaringan internet. Tentu saja ini selaras dengan penggunaan filter dan efeknya ketika pengguna ingin memposting. Memastikan jaringan internet sudah cepat adalah keharusan bagi pengguna.

Apabila jaringan dan paket data internet Anda tidak besar serta cepat, kemungkinan filter dari Instagram ini hilang. Hal ini karena untuk memunculkan filter tersebut Instagram membutuhkan konsumsi paket data, sementara ponsel pengguna tidak mampu menyanggupinya.

Solusi Atasi Filter Instagram Tidak Dapat Digunakan

Setelah memahami faktor atau alasan apa saja yang membuat filter Instagram tidak bisa di gunakan, kini saatnya Anda mempelajari bagaimana mengatasinya. Jika hal ini terjadi tidak perlu panik, karena ada beberapa langkah bisa pengguna lakukan untuk mengatasinya, simak sebagai berikut :

1. Memperbaiki Koneksi Internet

Solusi pertama adalah dengan memperbaiki jaringan koneksi internet Anda. Loading filter Instagram Story membutuhkan jaringan internet kuat. Hal ini bisa pengguna atasi dengan mengganti kartu SIM penggunaannya.

Misalnya kartu sim penangkap jaringan saat ini yang Anda gunakan memang tidak cocok di wilayah tersebut, maka bisa ganti dengan kartu lainnya. Kemudian apabila cara pertama ini tidak berhasil, maka bisa langsung mengkoneksikan jaringan ke area WiFi karena bisa mempercepat koneksi internet.

2. Melakukan Re-Login

Solusi lain dapat Anda gunakan apabila filter Instagram tidak bisa di gunakan adalah dengan re-login atau masuk ulang. Metode kedua ini cukup banyak yang mempraktekannya saat masalah filter tidak muncul ini terus terjadi.

Metode ini cukup mudah, Anda hanya perlu melogout atau keluar dari akun Instagram sementara. Kemudian masuk lagi ke halaman login Instagram. Masukan username dan password kemudian login kembali, biasanya jika berhasil filter akan langsung muncul.

3. Melakukan Restart pada Ponsel

Merestart juga menjadi solusi yang bisa Anda lakukan ketika filter pada Instagram tidak bisa muncul. Beberapa masalah pada aplikasi memang terkadang muncul karena ponsel terlalu sibuk bekerja dan pengguna lupa mematikan beberapa sistem yang berjalan secara backfront.

Untuk mengulang kembali kinerja ponsel agar lebih ringan, maka restart HP jadi solusi terbaik. Logout terlebih dahulu dari akun Instagram Anda, kemudian tekan menu matikan ponsel dan pilih opsi met ulang. Nantinya HP akan mati sejenak setelah itu hidup kembali.

4. Melakukan Force Close Instagram

Ada sebuah teknik bernama force close Instagram yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki apabila tidak muncul filter terbarunya. Caranya cukup mudah pengguna hanya perlu pergi ke menu settingan aplikasi dan pilih Instagram.

Setelah itu ada tombol bertuliskan Force Close aplikasi. Kemudian apabila ingin hasil maksimal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan update langsung aplikasi Instagram versi terbarunya. Kombinasi keduanya ini akan membuat masalah seperti filter tidak dapat muncul teratasi.

5. Membersihkan Penyimpanan Data Cache

Langkah terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi Instagram tidak bisa di gunakan adalah dengan menghapus Cache. Menu ini bisa pengguna akses di pengaturan atau settingan dan pilih App manager.

Nantinya ada beberapa opsi Anda tinggal klik saja clear cache maka pembersihan pun selesai. Fungsi dari pembersihan cache ini adalah mengembalikan kondisi aplikasi sehingga seperti sedia kala, dan error error pun teratasi.

Demikian informasi mengenai beberapa alasan kenapa filter Instagram tidak bisa digunakan dan solusinya. Jika hal ini terjadi, Anda sudah bisa mengidentifikasinya serta memilih metode penyelesaiannya dengan benar dan tepat.