Wisata Loko Lori Jember : Destinasi Peninggalan Penjajahan

Wisata Loko Lori

Jember menyimpan banyak tempat bersejarah yang masih ada sampai sekarang dan merupakan peninggalan penjajah. Salah satunya yang terkenal adalah Wisata Loko Lori. Transportasi ini adalah alat pengangkut tebu dari kebun untuk nantinya dipindahkan ke tempat produksi.

Wisata Loko Lori

Wisata Loko Lori
Source: https://direktoripariwisata.id/imgunit/6766.jpg

 

Loko lori adalah sebuah transportasi populer yang ada pada zaman penjajahan dulu untuk mengangkut hasil alam berupa tebu. Kemudian, nantinya diangkut menuju tempat pengolahan. Transportasi ini sudah ada sejak zaman Hindia-Belanda.

Sekarang, peninggalan ini berada di Jember. Pemakaian transportasi loko lori ini sangat berguna karena dapat memberikan akses lebih mudah dari kebun tebu ke pabrik gula. Jadi, tak heran jika eksistensi dari kendaraan ini pun memberi keuntungan besar bagi masyarakat sekitar pabrik.

Baca juga : Liburan? Yuk, Kunjungi 43 Tempat Wisata di Kabupaten Jember!

Bahkan di beberapa tempat di Jawa Timur, loko lori ini masih ada dan tetap beroperasi untuk memperlancar proses produksi dan pengiriman tebu. Sekarang juga tersedia wisata loko lori di Jember yang bisa membantu wisatawan atau masyarakat menambah wawasan mengenai transportasi ini.

Jam Buka Wisata Loko Lori

Jam Buka Wisata Loko Lori
Source: https://2.bp.blogspot.com/-kSjohNFTHPQ/VP6v-hDmnyI/AAAAAAAAATk/InucaA6nMoU/s1600/DSC_0110.JPG

 

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, Anda perlu mengetahui kapan jam bukanya. Wisata loko lori ini beroperasi setiap hari dan buka selama 24 jam, sedangkan di hari minggu, tempat ini beroperasi dari pukul 06.30 sampai 15.00 WIB.

Sekarang Anda bisa melakukan kunjungan kapanpun bersama keluarga atau teman agar liburan lebih bermakna. Jangan lupa juga untuk membawa keperluan pribadi agar tidak ada hambatan selama melakukan kegiatan wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Loko Lori

Liburan hemat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya merupakan keinginan semua orang. Anda bisa menjadikan tempat wisata loko lori ini sebagai destinasi yang harus dikunjungi bersama keluarga. Pasalnya, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk sedikitpun alias gratis.

Sekarang, pergi liburan bersama rombongan keluarga besar bisa Anda lakukan tanpa harus memikirkan berapa biaya yang akan diperlukan selama berkegiatan di tempat wisata tersebut. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini jika berkunjung ke kota Jember.

Fasilitas di Wisata Loko Lori

Walaupun gratis, pengelola tetap menyediakan beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisatawan saat berkunjung ke sini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin berkegiatan cukup lama di destinasi wisata ini karena keberadaan fasilitasnya sudah sangat memadai.

Adapun beberapa fasilitas seperti area parkir, tempat penyimpanan barang, MCK, dan masih banyak lainnya. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan hotel atau penginapan lainnya. Dengan akses yang mudah tersebut, wisatawan dapat menghabiskan waktu liburan lebih lama.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang ada di Jember. Untuk harga sewanya sendiri sangatlah terjangkau dengan fasilitas memadai. Tidak hanya itu, wisatawan dapat mengisi waktu libur secara hemat dan tentunya nyaman.

Daya Tarik Wisata Loko Lori

Wisata loko lori ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tak heran jika wisatawan menjadikannya sebagai tempat liburan yang wajib dikunjungi apabila berkunjung ke Jember. Apalagi bisa menjadi wadah edukasi bagi seluruh masyarakat. Berikut ini informasi lengkap mengenai daya tarik tersebut!

1. Keunikannya

Keunikannya
Source: https://2.bp.blogspot.com/-RfTqYIuNQIM/V-4CZh9GC9I/AAAAAAAAATs/lZtPK7tGw1oFstK57O0RTu0hiFufocveQCLcB/s1600/loko.jpg

 

Wisata Loko Lori ini memiliki keunikan tersendiri yang dapat membedakannya dengan wisata bersejarah lain di Jember. Anda bisa melihat bagaimana visualisasi dari transportasi pengangkut tebu yang berperan penting dalam proses pengangkutan hasil alam, berupa tebu hingga ke pabrik gula.

Selain itu, tempat ini juga lengkap dengan relnya. Jadi, Anda bisa mendapatkan nuansa seperti sedang berada di zaman dahulu dan melihat bagaimana loko lori tersebut beroperasi. Ini bisa menjadi tempat menambah wawasan mengenai sejarah bagi anak-anak. Jadi, sangat direkomendasikan untuk berkunjung bersama keluarga.

2. Keberadaan Loko Lori

Keberadaan Loko Lori
Source: https://pinhome-blog-assets-public.s3.amazonaws.com/2021/08/Loko-Lori-Jember-1.jpg

 

Loko lori ini sudah ada sejak zaman hindia-belanda. Jadi, sudah dapat Anda pastikan kalau usianya sangat tua, namun bentuknya masih bisa terlihat dengan jelas oleh wisatawan yang datang. Bahkan, ada beberapa transportasi yang masih beroperasi hingga saat ini.

Namun, keberadaannya tidak terlalu terekspos ke masyarakat. Umumnya, loko lori tersebut menempuh perjalanan sekitar 45 km dari kebun tebu menuju rumah produksi gula. Selama perjalanan, kendaraan ini akan melewati beberapa macam perkebunan, seperti rambutan, jeruk, dan juga salak.

3. Spot Foto Bersejarah

Jika Anda ingin berlibur dan mendapatkan banyak hasil foto menarik juga unik, mungkin tempat wisata loko lori ini bisa menjadi solusinya. Pasalnya, ada banyak sekali spot foto estetik serta instagramable yang akan membuat tampilan laman sosial media terlihat lebih cantik.

Anda bisa berfoto di depan loko lori yang tidak beroperasi atau fasilitas lain yang akan membuat hasil foto terlihat memukau. Tak jarang banyak wisatawan berkunjung ke sini untuk sekadar mengabadikan momen yang tidak dapat mereka temukan di tempat lainnya.

4. Bentuknya

Bentuknya
Source: https://i.ytimg.com/vi/YSczMFWD6aw/maxresdefault.jpg

 

Berbeda dengan kereta biasa yang mengangkut penumpang, loko lori memiliki penampakan yang unik. Kepala bagian depannya berfungsi untuk menjalankan transportasi tersebut dan sebagai tempat bagi masinis. Sedangkan di bagian belakangnya hanya tempat pengangkutan tebu saja.

Tempat pengangkutan tersebut tidak memiliki atas melainkan hanya alas lalu empat tiang untuk menahan tebu agar tidak berjatuhan. Kekuatan serta ketahanan dari kendaraan ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan lori-lori ini sudah berusia lebih dari satu abad dan tetap beroperasi sampai saat ini.

Alamat Menuju Wisata Loko Lori

Wisata loko lori ini berada di Semboro Lor, Semboro, Jember, Jawa Timur. Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi jalannya. Bahkan, pengunjung dapat memanfaatkan keberadaan transportasi umum supaya bisa sampai ke sini.

Jika berkunjung kesini, jangan lupa membawa tas besar untuk mengisinya dengan barang-barang yang akan Anda butuhkan selama berlibur di sini. Selain itu, jangan lupa juga membawa kamera supaya dapat mengabadikan setiap momen tak terlupakan bersama keluarga.

Rute Menuju Wisata Loko Lori

Rute Menuju Wisata Loko Lori
Source: https://goo.gl/maps/YhShfiEnjxzX7C3u8

 

Untuk mencapai lokasi wisata ini, Anda tidak perlu memakan waktu cukup lama di jalan. Jaraknya sendiri dari pusat kota Jember adalah sekitar 35 km. Pengunjung dapat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat.

Sedangkan waktu tempuhnya sendiri berbeda-beda sesuai dengan kondisi jalan yang harus Anda lewati pada saat itu, misalnya adanya kemacetan, acara, atau lain sebagainya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kondisi jalanan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan kesini.

Jika Anda kebingungan dan takut tersesat, bisa memanfaatkan keberadaan transportasi umum karena kendaraan tersebut sudah dapat mengakses tempat wisata ini. Selain itu, wisatawan juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk menunjukkan rute tercepat serta terbaik hingga ke tujuan.

Baca juga :  Destinasi Wisata Unggulan Jember di Air Terjun Tancak Tulis

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata loko lori yang bersejarah di Jember. Jika Anda bingung menentukan tempat wisata atau liburan bersama keluarga, cobalah kunjungi destinasi peninggalan zaman Hindia-Belanda ini agar bisa mendapatkan wawasan lebih luas lagi.