Ide Bisnis Ramah Lingkungan, Bantu Kurangi Pencemaran

Ide Bisnis Ramah Lingkungan, Bantu Kurangi Pencemaran
unsplash.com

Dewasa ini, ide bisnis ramah lingkungan yang trendy namun kekinian memang cukup banyak peminatnya, terutama kalangan para pengusaha. Alasannya, karena ide bisnis ini cukup menjanjikan serta sejalan dengan keinginan banyak orang untuk mengembalikan keasrian bumi. Pasalnya, bisnis yang ramah lingkungan bukan hanya dapat mendatangkan keuntungan untuk Anda. Namun, juga tidak berdampak pada ekosistem yang ada.

Istilah Green business merupakan bisnis yang berfokus pada pengurangan dampak lingkungan karena bisnis yang baik tentunya tidak boleh berdampak buruk pada lingkungan. Biasanya, bisnis ini akan mempertimbangkan banyak hal, selain jalannya usaha. Seperti harus ada pengolahan limbah yang baik, agar nantinya proses produksi tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berdampak buruk pada ekosistem sekitarnya.

Bisnis ramah lingkungan juga membantu melestarikan keindahan alam, tanpa harus merusaknya sehingga menyebabkan terganggunya makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut. Jadi jika Anda berminat, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis ramah lingkungan yang pastinya aman dan nyaman.

Selain karena manfaatnya yang besar untuk membangun lingkungan sehat dan jauh dari tercemar, siapa sangka jika green business juga mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan? Hal inilah yang membuat para pengusaha baik pemula maupun yang telah berpengalaman untuk beralih menggunakan sistem usaha ramah lingkungan.

Ide Bisnis Ramah Lingkungan, Bantu Kurangi Pencemaran
unsplash.com

Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa Jadi Referensi Anda

Green business akhir-akhir ini memang sedang naik daun, karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat beralih ke sistem bisnis yang satu ini. Tidak heran, jika saat ini banyak sekali kalangan yang menjajal peruntungannya pada trend bisnis ramah lingkungan ini. Tidak terkecuali bagi beberapa pengusaha muda.

Green business atau yang juga biasa kita kenal sebagai bisnis industri hijau merupakan bisnis yang memanfaatkan bahan berkelanjutan. Biasanya ide bisnis ramah lingkungan ini akan mengurangi penggunaan bahan bakar dan bahan baku dengan tujuan agar mengurangi emisi karbon.

Biasanya jenis bisnis ini memanfaatkan bahan-bahan bekas yang mengalami proses daur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Apalagi sekarang ini semakin banyak orang peka akan kebersihan lingkungan yang membuat pelaku bisnis juga harus lebih memperhatikan produk mereka.

Dengan memastikan bahwa produk yang Anda buat ramah lingkungan pastinya akan membuat bisnis dengan mudah mengambil hati para konsumen. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis bisnis yang bisa Anda jalankan bagi yang berminat memulai green business.

Bisnis Sayuran Organik

Ide bisnis ramah lingkungan seperti yang sudah disebutkan, saat ini semakin banyak orang sebagai konsumen yang sadar akan kesehatan dan kelestarian lingkungan. Jika Anda benar-benar dapat menjadikannya kombinasi peluang bisnis yang menarik.

Bisnis sayur organik terdengar menjanjikan, pasalnya usaha ini tidak hanya aman bagi lingkungan. Akan tetapi juga diinginkan oleh konsumen dengan alasan jauh lebih sehat. Tentunya Anda akan menghasilkan jenis sayur berkualitas, tanpa bahan pestisida berbahaya.

Usaha sayur organik menggunakan pupuk organik. Dalam penanamannya, buah dan sayur juga tidak disemprot bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Karena itu lah terkadang sayur-sayuran organik memiliki harga jual produk menjadi lebih mahal karena mutunya yang lebih baik.

Aksesoris Dari Barang Bekas

Selanjutnya, ide bisnis yang ramah lingkungan adalah aksesoris dari barang bekas. Saat ini, mungkin masih banyak barang bekas yang belum dimanfaatkan dengan baik. Misalnya seperti botol plastik, kain perca dan lainnya untuk dijadikan aksesoris cantik. Ada banyak sekali pecinta aksesori semacam itu.

Berbisnis yang ramah lingkungan, berarti adanya proses daur ulang suatu produk, agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain, daripada membiarkannya terbengkalai menumpuk dan hanya menjadi sampah. Apalagi, berbagai produk berbahan plastik, kaca, maupun kain perca adalah bahan-bahan yang membutuhkan waktu lama untuk dapat terurai dengan tanah.

Sebenarnya konsep ini sudah ada sejak lama. Namun banyak pelaku bisnis yang belum menganggapnya serius. Bisnis ini sangat bergantung pada kreativitas dan imajinasi Anda,  untuk bisa membuat sebuah produk yang unik, namun tetap berkualitas.

Bisnis Catering Makanan Sehat

Kuliner menjadi salah satu ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya, yang pasti akan sangat diminati oleh para pelanggan. Saat ini, inovasi berbisnis makanan memang bukan sebuah hal baru di lingkungan kita. Mulai dari aneka makanan khas suatu daerah, berbagai jenis restoran dengan menu suatu negara, sampai dengan makanan yang mengedepankan mutu kesehatan, bagi para konsumennya.

Membuka bisnis catering makanan sehat, adalah solusi bagi banyak orang untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin dari apa yang mereka konsumsi. Makanan yang disiapkan dengan baik yang terbuat dari bahan-bahan sehat adalah yang diinginkan orang saat ini. Tetapi banyak dari mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan sehat setiap hari dengan alasan kesibukan.

Anda bisa memasak dari bahan-bahan yang sehat, tanpa MSG dan juga tanpa bahan pengawet yang diolah dengan rempah-rempah alami yang lezat, Anda juga dapat menawarkan diet sehat. Jangan lupa gunakan alat periklanan menarik untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Anda juga bisa membuat perencanaan target pasar yang diinginkan.

Jual Beli Furniture Bekas

Ide bisnis ramah lingkungan satu ini juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa memberikan banyak peluang untuk Anda. Furniture seperti meja, kursi, sofa, tempat tidur dan lain-lain merupakan barang yang memiliki umur panjang.

Namun, tidak sedikit orang yang sering mengganti furnitur di rumahnya karena sudah mulai bosan, hingga kondisinya yang mulai kusam. Ketika tumpukan furniture bekas tersebut menjadi sampah, sebenarnya berdampak buruk bagi lingkungan.

Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan menjadi ide bisnis yang menguntungkan, Anda bisa menjual furniture bekas dengan memolesnya terlebih dahulu agar terlihat seperti baru. Jika ada kerusakan ringan, Anda dapat memperbaiki atau mendesain ulang sesuai tren saat ini.

Bisnis Pupuk Kompos

Tahukah Anda, sisa-sisa sampah rumah tangga dari jenis organik bisa menjadi ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya yang menguntungkan? Proses pengolahan sampah rumah tangga ini, sering kita sebut sebagai pupuk kompos.

Pupuk kompos biasanya para petani gunakan sebagai pupuk tanaman organic. Karena, jenis pupuk ini tidak menggunakan bahan kimia. Tetapi menggunakan limbah dedaunan hingga kotoran ternak yang kemudian didiamkan dalam waktu tertentu sehingga menjadi pupuk.

Sekarang ini bahkan banyak orang yang sudah beralih dari pupuk kimia ke pupuk kompos karena ada banyak keunggulan yang ditawarkan. Jadi tidak heran jika pupuk kompos bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis yang cukup menguntungkan.

Bisnis Tote Bag

Ide bisnis ramah lingkungan berikutnya adalah bisnis tote bag. Tas ini bisa menjadi alternatif tas belanja pengganti tas plastik. Peraturan pelarangan penggunaan kantong plastik di beberapa pusat perbelanjaan pasti akan membuat konsumen beralih menggunakan tote bag.

Tas kanvas dikatakan memiliki prospek yang bagus, karena semakin banyak orang yang membawa tas jinjing saat berbelanja. Tas ini juga sangat ramah lingkungan dibandingkan dengan tas belanja berbahan plastik yang pastinya bisa mencemari lingkungan.

Tote bag biasanya digunakan sebagai tempat barang belanjaan, dengan penggunaan tas ini bisa mengurangi pemakaian tas plastic saat berbelanja. Sehingga sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan dapat berkurang dan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Mengolah Limbah Kaca

Ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya adalah bisnis pengolahan limbah kaca. Jenis limbah ini bisa berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Padahal, salah satu barang sampah yang kita temukan setiap hari tanpa banyak kita sadari adalah kaca.

Sebetulnya kaca adalah bahan yang bisa didaur ulang untuk membuat produk baru. Namun, masih banyak orang yang mengabaikan limbah satu ini. Pembuatan produk kerajinan berbahan dasar kaca dapat menjadi contoh bisnis ekologis yang cukup menguntungkan.

Anda bisa mendaur ulang limbah kaca tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat sehingga limbah ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika Anda pandai mengolah jenis limbah ini dengan baik, bukan tidak mungkin akan ada banyak keuntungan yang Anda peroleh.

Bisnis Bank Sampah

Ide bisnis ramah lingkungan selanjutnya adalah bisnis bank sampah. Mungkin masih jarang orang yang menjalankan bisnis satu ini. Bank sampah adalah sebuah konsep untuk mengumpulkan sampah kering dan basah dari sampah rumah tangga.

Sampah rumah tangga dipilah dari masing-masing rumah, kemudian disetor, ditimbang dan dicatat di rekening tabungan. Nantinya, sampah kering berisi serasah tersebut didaur ulang dan diubah menjadi berbagai produk baru yang bermanfaat seperti dompet, tas, dll.

Pada saat yang sama, sampah organik dapat diolah menjadi kompos atau pupuk yang dapat didistribusikan ke petani. Dengan bisnis ini bukan hanya dapat membantu daur ulang sampah dengan baik namun, juga bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk Anda.

Bisnis Tanaman Hias

Tanaman hias memang cukup menjanjikan karena memiliki peminat dari berbagai kalangan. Mulai dari para kolektor tanaman hias, hingga beberapa orang yang sedang memulai hobi menata taman kecil di rumah mereka. Sehingga, bukan tidak mungkin, berbisnis tanaman hias kecil-kecilan dapat menjadi ide bisnis ramah lingkungan yang menguntungkan.

Selain itu, dengan mulai berbisnis tanaman hias, Anda juga akan mendapatkan andil dalam proses penghijauan lingkungan yang berawal dari pekarangan rumah masing-masing. Bahkan sekarang ini ada banyak jenis tanaman hias yang nyatanya berharga cukup mahal.

Dari segi kesehatan, berbisnis tanaman hias juga tidak menghadirkan pencemaran, apabila kita lakukan dengan cara yang baik dan benar. Apalagi, beberapa tanaman hias memiliki aneka bunga yang indah, dan bisa menghilangkan stress.

Bisnis Bengkel Sepeda

Tahukah Anda mengapa berbisnis bengkel reparasi sepeda dapat dikatakan sebagai salah satu ide bisnis ramah lingkungan yang wajib untuk dicoba? Pasalnya, bersepeda merupakan kegiatan yang trendi. Hal ini karena alat transportasi berupa sepeda tidak memakan bahan bakar yang akan menghambat ekosistem, menghasilkan dampak polusi udara, hingga menimbulkan banyak permasalahan bagi makhluk hidup.

Anda bisa memulai bisnis reparasi sepeda jika Anda benar-benar mengetahui dan memahami bidang tersebut. Bisnis ini memiliki banyak potensi dan akan membantu orang menghemat uang agar tidak merusak sepeda mereka.

Pencemaran lingkungan dapat dikurangi dan diselamatkan Anda juga secara tidak langsung telah berkontribusi mengurangi polusi udara. Sehingga bukan hanya keuntungan yang bisa Anda dapatkan namun, juga bisa menjaga lingkungan sekitar agar tetap sehat.

Bisnis Thrift Shop

Ide bisnis ramah lingkungan satu ini mungkin tidak asing untuk Anda dengar. Meskipun belum banyak yang menjalankannya. Thrift store atau toko barang bekas sedang naik daun, dulu memang ada bisnis pakaian bekas, namun belakangan ini keberadaannya semakin diidam-idamkan oleh konsumen pecinta fashion.

Alasannya jelas, salah satu solusinya adalah mendapatkan produk yang bagus namun, dengan harga terjangkau dan terjangkau. Jadi tidak heran banyak orang yang berminat untuk membeli baju atau barang dari thrift shop karena dinilai cukup menguntungkan.

Jika Anda menjalankannya dengan baik tentunya bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda, secara tidak langsung Anda juga bisa mengurangi limbah baju bekas. Karena, Anda bisa menjual kembali baju bekas tersebut dengan harga yang sesuai.

Jasa Konsultan Lingkungan Hidup

Ide bisnis ramah lingkungan yang selanjutnya mungkin masih asing untuk didengar, bahkan mungkin banyak yang belum memanfaatkannya. Jika Anda selalu tahu nama penasihat keuangan, penasihat bisnis, atau akuntan, ternyata ada juga konsultan lingkungan hidup.

Tugas konsultan ini adalah memastikan klien dapat berbisnis dengan cara yang lebih ramah lingkungan setiap hari dan menerapkan konsep hijau di semua bidang kehidupan mereka. Biasanya mereka yang membutuhkan arahan tentang cara pengolahan limbah atau memulai bisnis yang lebih ramah lingkungan akan mencari seorang jasa konsultan lingkungan.

Jika berminat memulai bisnis ini tidak ada salahnya mencoba membuka jasa konsultan lingkungan hidup yang memiliki banyak peminat. Dengan memulai bisnis ini Anda bisa menjadi perantara banyak bisnis yang ramah lingkungan dan tentunya tidak merusak lingkungan sekitar.

Alasan Bisnis Ramah Lingkungan Menjanjikan  

Ide bisnis ramah lingkungan bisa menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, selain sebagai langkah melestarikan lingkungan bisnis ini juga eco friendly. Bisnis eco friendly merupakan bisnis yang tidak akan merusak lingkungan sehingga cukup aman.

Anda bisa memulai bisnis satu ini dan mendapatkan banyak keuntungan yang cukup menjanjikan, mungkin Anda bisa mencoba salah satu bisnis di atas. Ada banyak alasan yang membuat jenis bisnis ini menjanjikan untuk Anda jalankan.

Biaya Penggunaan Energi Lebih Hemat

Ide bisnis ramah lingkungan ini nyatanya dapat menghemat biaya energy yang kita butuhkan dalam sebuah bisnis sehingga biaya produksi lebih murah. Pasalnya, perusahaan ramah lingkungan semakin mengandalkan bahan baku alami. Hal ini  tentu saja mampu membantu menekan biaya keluar agar tidak semakin besar.

Dengan cara ini, biaya operasional perusahaan lebih efisien yang tentunya mempengaruhi biaya perusahaan, jadi tidak ada salahnya memulai bisnis ini. Anda bahkan bisa menghemat penggunaan energi yang sekiranya dapat membahayakan lingkungan sekitar.

Jika kita bandingkan dengan bisnis yang membutuhkan bahan bakar banyak, jenis bisnis ini bisa menjadi langkah menghemat biaya pembelian bahan bakar. Sehingga biaya produksi bisa Anda tekan sekecil mungkin dan keuntungan yang kita dapatkan bisa jauh lebih banyak.

Tahan Terhadap Ancaman

Ide bisnis ramah lingkungan juga berpeluang terhindar dari ancaman resesi ekonomi yang kapan saja bisa menghancurkan bisnis. Pada umumnya perusahaan ekologis cenderung lebih mengandalkan sumber daya alam, sehingga pasokan cukup melimpah dan mudah diakses.

Sehingga jika terjadi perubahan pasar yang menaikkan harga secara signifikan dan tiba-tiba, bisnis tidak akan terlalu terpengaruh. Karena stok bahan baku tetap aman dan tidak terpengaruh harga pasar, sehingga Anda tetap bisa menjalankan bisnis dengan baik.

Apalagi sekarang ini banyak bisnis yang tidak bisa bertahan dengan baik terutama saat perekonomian negara sedang dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Tentunya ketika Anda memulai sebuah bisnis pilihlah bisnis yang sekiranya tidak mudah terpengaruh dengan kondisi ekonomi.

Aman Bagi Kesehatan

Ide bisnis ramah lingkungan selain mendatangkan keuntungan material, pengelolaan ramah lingkungan relatif tidak berbahaya bagi kesehatan individu dan lingkungan. Karena konsep ramah lingkungan telah menjadi ketentuan pada seluruh produksi, mulai dari penggunaan bahan baku hingga proses produksi.

Artinya pengelolaan berwawasan lingkungan tidak hanya berorientasi pada keuntungan materi. Akan tetapi juga berkontribusi pada pelestarian kesehatan dan lingkungan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan dampak yang mungkin saja timbul saat Anda memulai bisnis.

Mungkin banyak perusahaan atau bisnis yang membuang limbahnya secara sembarangan dan berakibat pada rusaknya lingkungan sekitar. Jika ingin bisnis Anda banyak orang kenal dan tidak mendatangkan masalah sebaiknya Anda memulai green business saja.

Siapa Saja Bisa Mencoba Menjalankannya

Ide bisnis ramah lingkungan satu ini nyatanya juga dapat Anda coba kapan saja. Anda dapat membangun bisnis yang bekerja dengan konsep ekologis dan tidak terbatas pada area tertentu. Modal awal yang Anda butuhkan juga tidak besar, misalnya menggunakan barang-barang yang tidak terpakai atau bekas di area tersebut.

Kemudian semua produk tersebut bisa kita daur ulang, menjadi produk baru yang berkualitas untuk bisa kembali kita jual. Misalnya tas belanja dari kantong kopi bekas, tempat pensil dari karton susu bekas, dll, barang-barang tersebut tentunya lebih ramah lingkungan.

Meskipun terbuat dari bahan bekas nyatanya, barang-barang ini bisa bernilai jual tinggi ketika Anda mengolahnya dengan baik dan benar. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis ramah lingkungan untuk mencoba mengembangkan bisnis satu ini.

Peminatnya Banyak

Ide bisnis ramah lingkungan ternyata memiliki banyak peminat, dengan meningkatnya polusi dan pemanasan global, masyarakat mulai memahami bahwa menjaga lingkungan sangatlah penting. Alhasil, penggunaan produk ramah lingkungan semakin masyarakat minati karena berbagai keuntungan yang bisa mereka dapatkan sekaligus.

Bahkan, sedikit yang mulai mencari tempat yang menjual produk ramah lingkungan, karena ketersediaannya masih cukup terbatas. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika Anda tangani secara profesional dan konsisten.

Misalnya saja saat berbelanja pasti sekarang sudah banyak masyarakat yang sadar akan limbah tas plastik. Sehingga mereka akan mulai beralih menggunakan tas ramah lingkungan. Jadi jika Anda berminat tidak ada salahnya untuk memulai bisnis dalam sektor ini, dengan memanfaatkan aneka bahan organik yang bisa Anda kreasikan seunik dan sebaik mungkin.

Tidak Merusak Lingkungan

Ide bisnis ramah lingkungan ini nyatanya juga sangat menjaga kelestarian lingkungan. Sehingga tidak akan mencemari lingkungan sekitar bisnis. Justru green business dapat menjadi salah satu langkah untuk melestarikan lingkungan dan membuat lingkungan selalu dalam kondisi yang baik.

Bagi pelaku bisnis yang tidak hanya mementingkan keuntungan pribadi, pasti mereka juga akan memperhatikan kondisi lingkungan dan mengolah limbah sebaik mungkin. Agar Anda terhindar dari masalah pencemaran lingkungan tidak ada salahnya untuk memulai green business.

Selain mendatangkan keuntungan bisnis ini juga cukup aman untuk lingkungan sekitar, jadi Anda tidak perlu memikirkan dampaknya terhadap lingkungan. Justru Anda ikut berkontribusi dalam membuat lingkungan tetap asri dan sehat.

Kesimpulan

Bisnis Industri Hijau didefinisikan sebagai perusahaan yang menggunakan bahan untuk pembangunan berkelanjutan. Perusahaan ini menggunakan bahan baku dan energi seefisien mungkin untuk mengurangi emisi karbon.

Berbagai ide bisnis ramah lingkungan yang telah kita ketahui sebelumnya, jika Anda jalankan secara serius, dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dan berpeluang besar. Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan prinsip dan modal Anda, sehingga tidak keluar dari perencanaan sebelumnya.

Bisnis apapun yang Anda pilih, membutuhkan persiapan yang matang, strategi yang jitu dan tentunya modal yang cukup. Semua hal ini pasti akan mempengaruhi bisnis, jadi Anda harus bisa menjalaninya dengan persiapan sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan software keuangan seperti Myob dalam bisnis Anda, sekalipun ide bisnis ramah lingkungan, tetap saja tidak boleh ketinggalan jaman. Digitalisasi penting untuk perkembangan perusahaan Anda, jadi tidak ada salahnya tetap melibatkan teknologi. Jadi pastikan Anda tidak salah memilih aplikasi yang menawarkan banyak fitur canggih. Anda bisa mencoba menjalankan bisnis satu ini jika berminat untuk membuat bisnis yang ramah lingkungan namun, juga mendatangkan banyak keuntungan nantinya.