Mempelajari Peninggalan Prasejarah di Wisata Selo BonangJember

Wisata Selo Bonang

Wisata Selo Bonang menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi apabila pergi liburan ke Jember. Tempat ini juga memiliki sejarah di baliknya dan merupakan sebuah warisan Geologi yang ada di Bedeen Barat Sukma, Sumbercandik, Panduman, Jelbuk.

Wisata Selo Bonang

Wisata Selo Bonang
Source: https://asset.kompas.com/crops/FPF-2FJk2rFGfsp15lTNB5E6r3I=/0x0:0x0/750×500/data/photo/2020/08/25/5f447b1939340.jpeg

 

Selo Bonang adalah suatu tempat bersejarah yang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Daya tarik utamanya karena adanya sebuah batu yang apabila diketuk atau dipukul bisa menghasilkan suara yang syahdu. Tak heran banyak pengunjung atau masyarakat tertarik untuk mengetahui fenomena ini.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan Selo Bonang semakin populer di kalangan masyarakat. Ketertarikan mereka dalam mempelajari sejarah dan peninggalan zaman dahulu semakin meningkat. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga cocok menjadi wadah edukasi bagi anak-anak.

Selain itu, banyak sekali spot foto menarik yang akan membuat liburan Anda tidak terlupakan. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa tas dan kamera agar bisa menangkap setiap momen selama liburan bersama keluarga atau teman di tempat menawan juga cantik ini.

Jam Buka Wisata Selo Bonang

Jam Buka Wisata Selo Bonang
Source: https://lh5.googleusercontent.com/p/AF1QipM4HS2FTcQUftCXf3lccg-D6-NptoO45mAeexUF=w650-h400-k-no

 

Bagi wisatawan baru, pasti membutuhkan informasi mengenai jam operasional dari tempat wisata ini agar lebih mudah dalam melakukan kunjungan nantinya. Selo Bonang sendiri buka setiap hari selama 24 jam, namun jam buka di hari Jum’at dan Sabtu berbeda.

Di hari Jum’at, tempat wisata ini buka dari pukul 09.00 – 17.00 WIB, sedangkan di hari Sabtu dari pukul 06.00 – 00.00 WIB. Jadi, Anda bisa melakukan kunjungan kapanpun, baik itu di sela kesibukan atau akhir pekan bersama keluarga maupun teman.

Hindari berkunjung di siang hari karena matahari pada jam-jam tersebut sangat terik. Jika memang ingin melakukan kunjungan di siang hari, pastikan untuk membawa keperluan pribadi, seperti topi atau payung sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari.

Harga Tiket Masuk Wisata Selo Bonang

Waktu liburan sudah dekat, apakah anggota keluarga Anda ingin pergi liburan? Tapi, takut menghabiskan banyak biaya? Tenang saja, coba berkunjung ke Selo Bonang. Pemandangan di sekitar tempat wisata dapat memanjakan mata dan sejenak menghilangkan penat dari kepadatan kegiatan sehari-harinya.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Jadi, liburan hemat dan menyenangkan dapat diwujudkan apabila berkunjung ke destinasi wisata ini. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa perbekalan kebutuhan pribadi secara matang sebelum melakukan kunjungan.

Disamping itu, jangan lupa membawa biaya tambahan untuk membayar parkir agar kendaraan tetap aman selama berkegiatan ke tempat wisata ini. Retribusi parkir tersebut berbeda besarannya, tergantung kendaraan yang Anda bawa, yaitu roda dua atau empat.

Fasilitas di Wisata Selo Bonang

Fasilitas di wisata Selo Bonang ini belum terlalu jelas dan hanya ada beberapa spot foto menarik saja yang bisa Anda jadikan sebagai kenang-kenangan atau momen tak terlupakan selama liburan bersama keluarga. Mungkin fasilitas utama di sini adalah tempat parkir.

Kemudian, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke puncak untuk sampai ke destinasi wisata ini. Di atas, nanti akan ada banyak tempat foto menarik seperti bebatuan, sangkar burung, dan lain sebagainya. Ketika berkunjung kesini, jangan lupa membawa kebutuhan pribadi untuk menghindari masalah.

Selain itu, sebelum berkunjung, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit dan berstamina agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan mengenai kesehatan.

Daya Tarik Wisata Selo Bonang

Kepopuleran tempat wisata ini tentu karena adanya daya tarik yang memukau dan mampu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar. Bagi Anda yang masih ragu untuk berkunjung ke sini, baca beberapa ulasan lengkap mengenai informasi tersebut di bawah ini!

1. Keindahan Alam Tiada Duanya

Keindahan Alam Tiada Duanya
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2018/03/selo-bonang-bagus.jpg

 

Jika merasa lelah dengan kegiatan padat sehari-harinya dan ingin sejenak merelaksasikan pikiran, tempat wisata ini merupakan rekomendasi terbaik yang harus Anda kunjungi. Tempatnya berada di jejeran bebukitan hijau yang sangat asri dengan udara sejuk di sekelilingnya.

Anda bisa melihat keindahan bukit-bukit tersebut dari ketinggian. Nikmati juga segarnya udara yang menerpa wajah. Selo Bonang cocok dijadikan sebagai tempat healing sambil menyesap hangatnya kopi atau teh di tengah udara sejuk perbukitan tersebut.

2. Sejarah di Baliknya

Wisata Selo Bonang ini menyimpan banyak sejarah yang sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar tempat tersebut. Pasalnya, area ini memiliki berjuta peninggalan prasejarah yang bisa membantu pengunjung menambah wawasan mengenai warisan Indonesia.

Keberadaannya harus terus dilestarikan dan dijaga agar tidak rusak termakan oleh zaman. Walaupun situs sejarah ini baru saja ditemukan pada tahun 2017. Disini juga terdapat banyak jenis batuan yang memiliki makna tersendiri di balik keberadaannya.

3. Batu Berbunyi

Batu Berbunyi
Source: https://bintangempat.com/wp-content/uploads/2020/02/20200719_045516.jpg

 

Selo Bonang terkenal karena salah satu daya tarik berupa batu berbunyinya. Jika Anda memukul salah satu batu di sini, batu tersebut akan mengeluarkan suara syahdu. Inilah yang menjadi daya tarik dari tempat wisata tersebut.

Bahkan, ada banyak jenis bebatuan yang dapat pengunjung temukan di sini. Untuk saat ini, jumlah batu tersebut mencapai 22 buah dan semuanya bisa mengeluarkan bunyi yang sangat nyaring. Caranya yakni dengan mengetuk atau memukul bebatuan tersebut secara kuat.

4. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik
Source: https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/1CsZALqxYEPtmXJuj1-VAzvCc0c=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2708104/original/008408500_1547880311-IMG-20190119-WA0008.jpg

 

Selain sejarah tempat serta penemuan bebatuan pada zaman prasejarah, tempat ini juga menghadirkan spot foto menarik yang akan membuat laman akun sosial media Anda terlihat lebih cantik. Mulai dari bebatuan susun unik dengan latar belakang bebukitan, hingga sangkar burung.

Anda juga bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan di tempat yang telah tersedia. Ini dapat menjadi latar belakang foto agar terlihat cantik dan indah. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang indah, coba berkunjung di sore hari supaya bisa melihat langit senja.

Alamat Menuju Wisata Selo Bonang

Wisata Selo Bonang berada di area sawah/ kebun, Panduman, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk sampai ke tempat wisata ini. Jadi, tidak perlu khawatir akan tersesat apabila berkunjung ke sini bersama keluarga atau teman.

Rute Menuju Wisata Selo Boang

Rute Menuju Wisata Selo Bonang
Source: https://goo.gl/maps/uZR8azByNHfhVMF66

 

Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat mudah bahkan ada banyak pengunjung mancanegara datang kesini, seperti dari German, Australia, dan lain sebagainya. Seiring berjalannya waktu, destinasi wisata ini semakin terkenal, sehingga aksesnya pun semakin bagus.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat untuk bisa sampai ke sini. Selain itu, wisatawan juga dapat memanfaatkan keberadaan transportasi umum guna menghindari tersesat atau kebingungan mengenai rute menuju tempat wisata.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang akan memberitahukan rute tercepat dan terbaik menuju tempat wisata ini. Dengan platform tersebut, wisatawan dapat meminimalisir risiko salah jalan nantinya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata Selo Bonang yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan menambah wawasan mengenai peninggalan prasejarah di Indonesia. Jangan lewatkan juga keindahan alam di sekitar tempat wisata tersebut.