Cara Menjalankan Bisnis Sayur Organik, Pemula Harus Tahu

Bisnis Sayur Organik
istockphoto.com

Bisnis sayur organik menjadi pilihan terbaik bagi Anda karena tidak begitu mengeluarkan banyak modal dan pikiran. Malahan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Sebab sayuran menjadi salah satu bahan makanan pokok bagi banyak orang.

Namun di balik itu, usaha ini juga tentu ada risiko dan kerugiannya. Kerugian akan terjadi tergantung pada Anda cara mengelola dan menjalankan usahanya. Jika Anda menjalankan dan mengelola bisnisnya dengan cara benar, maka kerugian yang akan terjadi pada Anda tidak begitu besar atau bahkan mungkin tidak akan terjadi. Oleh karena itu, harus pintar untuk menjalankan usahanya.

Tips dan Cara Bisnis Sayur Organik

Bisnis Sayur Organik
istockphoto.com

Sudahkah Anda tahu cara bisnis sayur organik dengan benar? Untuk itu baca artikel ini ya. Usaha sayur organik lebih banyak diminati banyak orang. Begitu juga masyarakat juga lebih memilih mengkonsumsi sayuran organik.

Sayuran merupakan komponen paling vital dalam penyuplaian gizi pada tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran tubuh lebih bertenaga dan tidak kehilangan serat banyak. Apalagi jika mengkonsumsi sayuran organik.

Dimana jenis sayuran ini sangat bagus bagi tubuh Anda. Karena kelolanya dengan cara alami tanpa adanya tambahan kandungan yang bisa menimbulkan penyakit pada tubuh. Tentunya ada perbedaan sayuran organik dan non organik.

Ya, tidak salah salah lagi, yakni terletak di pemakaian pestisida. Akan tetapi bukan pestisida saja, ada faktor lain yakni rasanya lebih fresh dan segar.

Berikut tips dan cara menjalankan usaha sayuran organik:

Rajinlah Merawatnya

Pastikan jika Anda menjalankan usaha dan bisnis sayur organik harus rutin perawatannya. Anda jangan menyepelekan kebersihan dan perawatan sayur organik. Jika tidak dirawat secara rutin, maka sudah pasti akan mati. Dari segi perawatan jadi harus mempunyai jadwal penyiraman sayuran. Lebih baik Anda siram dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore.

Pelajari Penanaman

Ada dua cara menanam sayuran jenis organik yakni secara penyemaian dan langsung. Biasanya untuk cara langsung digunakan sayuran berdaun atau merambat. Cara langsung ini akan membuat benih sayuran bisa ditanam lebih dari 2-3 cm kedalamannya.

Sedangkan untuk cara penyemaian digunakan bagi tanaman berbuah. Cara penyemaian sendiri mempunyai tujuan agar tanaman bisa tumbuh lebih maksimal. Sementara cara penyemaian mudah. Setelah itu dapat Anda pindahkan di tempat pembesaran tanaman itu.

Menyiapkan Media Tanaman

Menyiapkan media tanaman menjadi dasar utama harus Anda persiapkan ketika mengelola usaha sayuran organik. Sayuran organik sebenarnya tidak memerlukan lahan khusus. Bahkan Anda dapat memanfaatkan lahan kecil yang ada sekitar rumah. Pastikan tabah pada media tanam Anda subur.

Tanah subur mengandung hara. Zat itu berisi macam-macam mineral guna membantu fotosintesis tanaman. Masih ada upaya lain guna mendapat kesuburan. Anda bisa menggunakan media pendukung semisal kotoran hewan sudah kering, sekam padi, atau pupuk kompos.

Menentukan Ide Pemasaran

Tips dan cara usaha sayuran organik yakni menentukan ide pemasaran. Mungkin agak kelihatan sulit untuk mendistribusikan ke pasar tradisional. Karena harga sayuran organik visa di bilang mahal.

Maka dari itu, coba saja memulainya dari sosial media terlebih dahulu. Anda juga bisa menyebar luaskan kontak bisnis sebagai supplier sayur organik terbaik. Jika Anda berada masih kurang puas, daftarkan saja diri Anda ke dalam salah satu vendor petani di aplikasi sayur online guna lebih mendongkrak profit penjualan.

Cara dan tips bisnis sayur organik mudah sekali bukan. Nah, jadi agar usaha Anda semakin sukses gunakan dan terapkan tips tadi.