Wisata Baru Jember: Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari

Jember kembali menghadirkan wisata baru yang bernama air terjun 7 bidadari. Tempatnya baru ditemukan dan diresmikan satu tahun lalu oleh Bupati Jember Hendy. Ini bisa dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan dengan nuansa alam yang sangat asri juga sejuk.

Air Terjun 7 Bidadari

Air Terjun 7 Bidadari
Source: https://www.jemberkab.go.id/wp-content/uploads/2022/10/20221001114044_IMG_9879-scaled.jpg

 

Air terjun 7 bidadari adalah sebuah tempat wisata yang menyediakan penampakan indah alam di kawasan hutan. Di sini ada kolam yang airnya sangat jernih dan juga sejuk. Untuk bisa melihat air terjunnya, wisatawan harus berjalan kaki menuruni perbukitan.

Ada dua air terjun yang berjejer saling menumpahkan air dengan intensitas yang tidak terlalu deras. Jadi, Anda masih bisa menikmati keindahannya tanpa harus khawatir volume airnya. Selain itu, tempat ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau tinggi menjulang yang akan membuat kawasan tersebut terasa asri.

Anda bisa memasukkan tempat ini ke dalam list liburan yang harus dikunjungi saat akhir pekan. Nikmati juga pemandangan indah di kawasan wisata dengan berbagai fasilitas lengkap yang akan memanjakan wisatawan selama berkegiatan di sini.

Baca juga : Air Terjun Lereng Raung, Wisata Alam Unggulan Jember

Jam Buka Air Terjun 7 Bidadari

Kawasan wisata air terjun 7 bidadari ini buka setiap hari dan selama 24 jam. Wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun untuk mengisi waktu luang di kala kegiatan sibuk sehari-harinya. Namun, hindari berkunjung di musim hujan karena akses jalannya cukup licin serta terjal.

Anda bisa melakukan kunjungan di pagi hari saat udara masih sangat segar atau sore hari untuk menikmati indahnya sunset di area air terjun. Pastinya jika berkunjung kesini bersama keluarga, akan ada banyak sekali pengalaman seru sera kegiatan menyenangkan mengisi waktu libur.

Pastikan untuk menjaga kebersihan agar tempat ini tetap asri. Jika tidak menemukan tempat sampah, bawa kembali sampah-sampah kemasan yang mungkin Anda bawa sebelumnya. Mari kita sama-sama jaga alam supaya selalu indah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun 7 Bidadari

Harga Tiket Masuk Air Terjun 7 Bidadari
Source: https://www.jemberkab.go.id/wp-content/uploads/2022/10/20221001113447_IMG_9860-scaled.jpg

 

Sebelum melakukan kunjungan ke tempat wisata ini, Anda harus tahu terlebih dahulu besaran harga tiket masuknya agar tidak terjadi kendala selama berkunjung. Tiket masuk air terjun 7 bidadari sebesar Rp 5.000/ orang. Harga yang sangat terjangkau, bukan? Apalagi fasilitasnya sudah lengkap.

Selain HTM, Anda juga perlu menyediakan biaya retribusi parkir kendaraan. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua harus membayar sebesar Rp 3.000, sedangkan roda empat Rp 5.000. Sekarang liburan hemat bukan hanya angan-angan saja namun bisa diwujudkan.

Anda juga bisa membawa tambahan uang untuk sekadar menikmati hidangan yang tersedia di warung-warung. Apalagi jika lelah melakukan kegiatan padat di sini, pasti perut butuh diisi kembali. Tenang saja, jajanan di sini sangat terjangkau dan juga murah meriah.

Fasilitas di Air Terjun 7 Bidadari

Walaupun HTM nya sangat terjangkau, pengelola tetap menyediakan fasilitas memukau kepada para pengunjung tempat wisata ini. Tujuannya adalah untuk mendukung kelancaran kegiatan dan membuat wisatawan merasa lebih nyaman berkunjung kesini di lain waktu.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia, seperti area parkir yang cukup luas, kamar mandi, kolam renang, warung jajanan, mushola, gazebo untuk istirahat, dan juga spot foto menarik. Selain itu, jalanan setapak yang tersedia di sini juga sudah berpaving, jadi tidak perlu khawatir becek saat musim hujan.

Selain itu, persiapkan tas berukuran sedang untuk membawa keperluan pribadi, seperti baju ganti, mukena, obat-obatan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga membawa kamera supaya bisa mengabadikan momen bersama keluarga tanpa ada yang terlewat.

Daya Tarik Air Terjun 7 Bidadari

Air terjun 7 bidadari ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat para pengunjungnya. Walaupun peresmiannya baru saja, namun minat masyarakat sudah sangat tinggi. Bahkan di hari libur, tempat wisata ini full. Untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kolam Renang di Kawasan Hutan

Kolam Renang di Kawasan Hutan
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/09/fromandroid-dd63101a5e549808ac78cb13467459a1.jpg

 

Anda suka berenang? Namun bosan dengan tempat pemandian yang begitu-begitu saja? Mungkin wisata alam air terjun 7 bidadari ini bisa Anda jadikan sebagai solusi. Keberadaan kolam renang dengan air jernihnya akan membuat pengunjung terpesona.

Kesegaran air kolam tersebut bisa dirasakan bahkan tanpa menyentuhnya karena berada di tengah kawasan hutan. Selain itu, ada dua jenis kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan menyesuaikan kemampuan dari pengunjung. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil merasakan kesegaran air di kolam ini.

2. Air Terjun Cantik

Air Terjun Cantik
Source: https://3.bp.blogspot.com/-VXwYUkhrxBI/WXVpWKF1BMI/AAAAAAAAAI8/ZofkjIGPgaImqPNtLi7BIR2ysw_TkaV8wCLcBGAs/w1200-h630-p-k-no-nu/2017-07-24_060805.jpg

 

Saat sudah sampai di kawasan wisata, Anda belum bisa melihat air terjunnya secara langsung. Wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni bukit dengan track yang sudah lumayan bagus dan tidak berbahaya. Sepanjang perjalanan, di kanan kiri semuanya pepohonan dan semak-semak.

Mungkin Anda akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke kawasan air terjun. Setelah sampai di sana, pengunjung bisa melihat keindahan air terjun dengan debit air yang tidak terlalu deras. Di sini, wisatawan dapat menikmati kesunyian yang mampu membantu merelaksasikan pikiran dan tubuh.

3. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik
Source: https://cdn.suaranetwork.com/images/2022/09/27/c0008e7d28fa.jpg

 

Selain kedua daya tarik tadi, di sini juga bisa Anda jadikan sebagai tempat hunting foto berlatar belakang unik dan menarik. Ada gapura yang terbuat dari kayu, ayunan, jembatan di atas kolam renang, gazebo, dan pepohonan pinus yang cukup tinggi atau dapat mengambil gambar di kawasan air terjun.

Tak jarang banyak pengunjung menjadikan air terjun 7 bidadari ini sebagai tempat berburu foto dengan background yang estetik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera agar setiap momen selama liburan bersama keluarga terekam dengan baik tanpa ada yang terlewat nantinya.

Alamat Menuju Air Terjun 7 Bidadari

Air terjun 7 bidadari ini terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung kesini, harap menggunakan kendaraan roda dua. Karena kondisi jalannya yang sempit, kendaraan roda empat tidak dianjurkan masuk,

Rute Menuju Air Terjun 7 Bidadari

Rute Menuju Air Terjun 7 Bidadari
Source: https://goo.gl/maps/PYKyGtU3LFYENngF8

 

Jika Anda bergerak dari pusat kota Jember, mungkin jarak tempuhnya lebih jauh, yakni sekitar 36.4 m dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 3 menit. Namun, itu juga tergantung dengan kondisi jalanan saat wisatawan berkendara, seperti kemacetan, dan lain sebagainya.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua dan empat. Untuk transportasi umum belum terlalu mendukung karena jarak tempuhnya yang lumayan jauh. Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan dari pusat kota menuju alun-alun Sukowono. Setelah itu, ke Sumberjambe.

Untuk menghindari risiko tersesat, terutama bagi wisatawan baru, gunakanlah aplikasi Google Maps. Jika ingin berkunjung kesini, carilah lokasi “Seven Angels Waterfall”. Nantinya akan muncul rute tercepat dan terbaik menuju tempat wisata tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir tersesat lagi selama perjalanan.

Baca juga : Tempat Wisata Simbat Jember, Cocok Untuk Tempat Hunting Foto

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata asri air terjun 7 bidadari yang masih sangat asri dan mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya. Jadikan juga tempat ini sebagai rekomendasi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman.