Ini Dia Cara Mengatasi Laptop yang Tiba Tiba Mati

Cara Mengatasi Laptop yang Tiba Tiba Mati

Penting untuk mempelajari cara mengatasi laptop yang tiba tiba mati sendiri. Terlebih, masalah ini bisa saja terjadi baik pada perangkat lama maupun baru. Adapun penyebabnya sangat beragam seperti komponen hardware yang panas, baterai habis, ataupun kinerja RAM menurun.

Cara Mengatasi Laptop yang Tiba Tiba Mati

Saat laptop tiba-tiba mati sendiri, Anda tentu perlu segera melakukan beberapa tindakan. Hal ini berarti, tidak perlu terburu-buru membawanya ke tempat service. Jika sebelumnya sudah paham tentang cara full screen game di laptop, maka simak juga cara mengatasi laptop mati di bawah ini:

1. Mendinginkan CPU

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika laptop mendadak mati adalah dengan mendinginkan CPU terlebih dahulu. Terlebih, ketika sebelumnya perangkat ini beroperasi cukup lama sehingga menjadi panas. Tentu saja menjadikan cara kerjanya down sehingga akibatnya tidak dapat menyala lagi.

Oleh sebab itu, penting untuk memakai laptop sewajarnya saja. Adapun penyebab utama CPU panas biasanya karena terlalu banyak menjalankan program secara bersamaan padahal spesifikasinya cukup berat atau tinggi. Bisa juga terjadi karena kipas pendingin yang rusak sehingga perlu mendinginkan manual.

2. Membersihkan Laptop

Setelah mencoba mendinginkan CPU-nya, penting bagi Anda untuk membersihkan perangkat ini terlebih dahulu. Pastikan melakukannya secara hati-hati. Cukup manfaatkan saja lap bersih ataupun tisu kering. Lakukan pembersihan pada bagian luar dengan pelan-pelan.

Jika perlu, tidak ada salahnya apabila ingin membersihkan bagian dalamnya ke tempat service. Pasalnya, bagian dalam laptop juga perlu dibersihkan karena biasanya ada banyak debu. Alat untuk membersihkannya pun cukup sederhana seperti kuas halus.

3. Cek Kesehatan Baterai

Penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan kesehatan baterai pada laptop. Pasalnya, bisa saja hal tersebut menjadi penyebab utama mengapa perangkat ini mati. Apabila tidak terdapat permasalahan secara khusus, maka cobalah mencabutnya terlebih dahulu lalu tunggu dalam beberapa waktu.

Jika sudah, pastikan untuk memasang kembali baterainya kemudian cek apakah laptop dapat hidup kembali. Tentu saja, langkah ini bisa jadi salah satu cara paling mudah untuk menghidupkan perangkat tersebut. Tanpa perlu lagi melakukan proses tambahan apapun.

4. Mengganti Baterai Jika Perlu

Apabila Anda sudah melakukan pengecekan pada kesehatan baterai, kemudian menemukan beberapa masalah sehingga menyebabkan laptop tiba-tiba mati mendadak maka perlu melakukan penggantian. Langkah ini dilakukan sebagai solusi agar perangkat tersebut dapat menyala kembali seperti semula.

Terlebih, baterai sendiri termasuk komponen penting dalam menghidupkan laptop. Adapun fungsinya adalah untuk suplay data sehingga saat daya baterainya tidak lama maka bisa saja perangkat mati sendiri. Padahal, Anda masih dalam keadaan mengoperasikannya. Untuk itu, segera ganti dengan yang baru.

5. Mengganti Thermal Paste

Pahami bahwa thermal paste memiliki fungsi sebagai penghantar panas yang baik pada laptop. Pengguna bisa menemukannya di bagian dalam perangkat sehingga perlu mengeceknya juga. Pasalnya, apabila keadaannya kering bisa saja mengalami overheat.

Terutama ketika sedang dihidupkan sehingga laptop dapat mati secara tiba-tiba. Adapun cara paling efektif untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti thermal paste tersebut. Proses penggantian ini sendiri dapat Anda lakukan setidaknya dalam jangka waktu setelah 2 atau bahkan 4 tahun penggunaan.

6. Cek Kerusakan pada Perangkat Keras

Salah satu penyebab laptop mati secara tiba-tiba yaitu adanya kerusakan di bagian perangkat keras. Ketika komponen tersebut gagal beroperasi maka bisa saja menyebabkan perangkat mati. Adapun hal ini perlu Anda lakukan pengecekan lebih lanjut agar bisa mengetahui secara pasti.

Untuk beberapa komponen yang umumnya mengalami kerusakan ini sendiri seperti RAM, graphics card, storage device, atau terlalu banyak thermal compound. Oleh karena itu, penting untuk menggunakannya sewajarnya saja sesuai spesifikasi perangkat agar bisa menghindari masalah laptop mati secara mendadak.

7. Update Driver dan Windows

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan update Windows maupun drivernya. Pasalnya, terkadang terdapat OS tertinggal sehingga bisa saja menjadi penyebab perangkat ini mati. Terlebih, proses updatenya sendiri tidak begitu rumit untuk pengguna lakukan.

Setelah berhasil melakukan update, maka bisa merestart perangkat terlebih dahulu. Kemudian cek apakah laptop dapat berjalan dan berfungsi kembali seperti semula. Apabila tidak, maka cobalah untuk melakukan beberapa cara lainnya karena mungkin permasalahan ini bukan karena sistem updatenya.

8. Cek Virus Laptop

Tidak banyak yang menyadari, bahwa sebenarnya kehadiran virus mempunyai peran penting terutama dalam menjadikan laptop mati mendadak. Selain itu, bisa juga menyebabkan perangkat ini panas dan lemot saat mengoperasikannya. Oleh karenanya, pastikan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Umumnya, jika sudah perangkat terdapat virus akan menyebar ke tingkatan lebih parah. Sebagai antisipasi selanjutnya sangat penting bagi Anda untuk mengunduh software antivirus. Selain itu, lakukan update secara berkala agar terhindar dari infeksi lanjutan pada laptop sehingga menambah kerugian tersendiri.

Itu tadi informasi lengkap tentang cara mengatasi laptop yang tiba tiba mati. Tentu penting untuk mengetahuinya agar bisa menyelesaikan masalah ini sendiri tanpa perlu khawatir lagi. Jika memang tidak bisa, barulah Anda dapat memutuskan untuk pergi ke tempat service yang lebih berpengalaman di bidangnya.