Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram Terlengkap

Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Vanish mode pada Instagram terdapat dalam room chat yang akan menghilang setelah terbaca. Hal ini bisa membuat pengguna nyaman menyampaikan cerita atau obrolan tanpa khawatir tersebar. Maka penting untuk mengetahui cara menonaktifkan mode hilang di Instagram.

Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Instagram memiliki fitur yang bisa membuat pengguna menghapus chat apabila keluar dari room Direct Message. Ini bisa berguna bagi yang tidak ingin mengungkapkan jejak pesan. Pengguna perlu mengaktifkan dan pesan akan otomatis terhapus. Berikut cara menonaktifkan mode hilang di Instagram:

Baca juga : Cara Mengubah Font Instagram 

1. Mematikan Mode Hilang Dengan Swipe Up

Pada handphone pengguna perlu melakukan download terlebih dahulu. Aplikasi bisa ditemukan melalui Appstore atau Google Playstore secara gratis. Jadi pengguna tidak perlu khawatir jika menggunakan mode ini karena bisa dinonaktifkan setiap saat. Berikut cara mematikan mode hilang yatu:

  • Masuk ke aplikasi Instagram menggunakan akun yang terdaftar

  • Setelah itu klik pada Direct Message yang ada di bagian pojok kanan atas

  • Pilih akun yang ingin dimatikan mode vanish
  • Kemudian masuk ke ruang obrolan

  • Untuk menonaktifkan dengan mengusap atau swipe pada bagian bawah ke atas hingga ruang obrolan kembali ke mode awal

  • Maka pengguna bisa bertukar pesan tanpa terhapus

2. Mematikan Mode Hilang Melalui Keamanan

Penonaktifan vanis mode bisa melalui fitur keamanan yang ada pada message. Pengguna yang tidak bisa melakukan swipe up pada ruang obrolan bisa melakukan alternatif lain. Cara ini cukup sederhana tanpa perlu menekan banyak fitur lain. Untuk mengaktifkan kembali bisa melakukan langkah yang sama.

  • Masuk ke aplikasi Instagram menggunakan akun pengguna

  • Setelah itu klik bagian messages pada pojok kanan atas

  • Pilih akun untuk membuka ruang obrolan

  • Kemudian klik nama akun yang ada pada bagian atas

  • Klik privacy and safety

  • Nonaktifkan vanish mode

  • Maka ruang obrolan akan kembali seperti semula

3. Mengaktifkan Mode Hilang Pada Instagram

Saat ini Instagram memberikan keamanan ekstra untuk mengirimkan pesan ke seseorang. Hal ini agar pengguna tidak perlu khawatir jika chatnya akan terdeteksi orang lain. Apabila pengguna ingin mengaktifkan mode ini bisa menggunakan cara berikut:

  • Login menggunakan akun pengguna

  • Setelah itu klik pada bagian message di pojok kanan atas

  • Lalu pilih akun yang untuk mengobrol
  • Masuk ke ruang obrolan

  • Geser bagian bawah ke atas hingga tampilan room berganti

  • Pengguna bisa menggunakan mode hilang untuk bertukar pesan agar tidak ketahuan

Fungsi Vanish Mode

Vanish mode merupakan fitur yang berguna untuk mengirimkan pesan dan dapat otomatis terhapus dengan sendirinya. Hal ini bisa menjadi keuntungan agar pesan sensitif atau penting dapat terjamin kerahasiannya. Maka dari itu penting bagi pengguna untuk menggunakan mode ini sesuai kebutuhan.

1. Menjaga Pesan Rahasia

Ada saat dimana seseorang ingin mengirimkan informasi atau cerita tanpa ada yang mengetahuinya. Untuk menjaga hal tersebut, Instagram memberikan fitur yang bisa menghilangkan percakapan secara langsung setelah membukanya. Kenyamanan dalam bertukas pesan juga terjamin.

Setelah melakukan pengaktifan, pengguna bisa kapan saja menonaktifkannya kembali tanpa batas waktu. Jika pengguna mengirimkan pesan dan akun tersebut membacanya maka secara otomatis chat akan hilang. Hanya menggeser room chat dari bawah ke atas untuk mengaktifkan dan mematikannya.

2. Memberikan Keamanan

Keamanan dan privasi pada mode vanish akan terjaga dengan baik. Pengguna yang bertukar pesan menggunakan mode vanish akan terhapus setelah beberapa waktu. Dengan mengaktifkan mode ini maka pengguna tidak bisa membagikan kepada orang lain atau menyimpannya.

Hal ini akan berguna untuk membagikan informasi sensitif atau bercerita tanpa takut orang lain tahu.Fitur ini cukup penting karena tidak meninggalkan jejak selama obrolan berlangsung. Maka dari itu privasi kedua pengguna tetap aman karena langsung menghilang saat sudah terbaca.

3. Obrolan Personal

Pengguna yang mengaktifkan vanish mode akan mendapatkan tampilan hitam serta emoji “sssttt”. Ini sebagai penanda bahwa obrolan dalam mode hilang. Untuk memulai obrolan dalam mode ini, pengguna tidak bisa melakukan pada grup. Hanya chat personal saja yang bisa menggunakannya.

Bahkan saat pengguna ingin melakukan screenshot pada percakapan akan ada notifikasi yang muncul. Dengan begitu pengguna lain akan mengetahuinya. Hal ini untuk menjaga keamanan obrolan sesuai dengan fungsi mode hilang.

Itulah informasi mengenai cara menonaktifkan mode hilang di Instagram yang paling lengkap. Pengguna bisa mengaktifkan kembali jika ingin mengirimkan obrolan penting secara rahasia. Fitur ini akan menjaga keamanan obrolan dengan menghapusnya secara langsung.