Pantai Pucang Sawit, Hidden Gems Mirip Belitung di Tulungagung

Pantai Pucang Sawit

Tulungagung memang menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ada di Jawa Timur. Tidak hanya memiliki banyak peninggalan sejarah, namun ada juga beberapa destinasi alam menarik dan wajib untuk Anda kunjungi. Termasuk juga Pantai Pucang Sawit karena memiliki pemandangan mirip Belitung.

Sekilas tentang Pantai Pucang Sawit Tulungagung

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Pucang Sawit, maka bisa membaca beberapa informasi di bawah ini. Tidak ada salahnya apabila menjadikan pantai satu ini sebagai tujuan utama ketika berwisata di Tulungagung.

1. Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Pucang Sawit
https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/cdn.orbit/wp-content/uploads/2022/01/02155734/Pantai-Pucang-Sawit-1.jpg

Lokasi Pantai Pucang Sawit berada di Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung. Menariknya, pihak pengelola akan membuka jam operasional selama 24 jam. Namun tetap saja, akan lebih aman apabila Anda berkunjung saat hari masih terang karena jalanan yang berkelok-kelok.

Harga tiket bagi pengunjung ini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Hal ini karena area pantai masih belum mendapatkan pengelolaan secara maksimal. Namun tetap saja bagi wisatawan harus tetap menjaga kebersihan dan keamanan selama berkunjung ke daerah pantai tersebut.

2. Jarak Tempuh dan Rute Perjalanan

Pantai Pucang Sawit
https://radartulungagung.jawapos.com/w/uploads/2023/05/Pantai-Pucang.jpg.jpgp-content

Bagi Anda yang berangkat dari Tulungagung, maka bisa mengambil arah ke Pasar Ngunut dan ke selatan ke Pasar Panjerejo. Selanjutnya akan menaiki jalanan menanjak khas pegunungan. Di titik ini, wisatawan mendapatkan pengalaman perjalanan sungguh menakjubkan dan menenangkan.

Selanjutnya, Anda bisa mengambil arah menuju ke Pasar Puser di Desa Sumberdadap. Apabila sudah sampai di Pasa Puse, pilih tujuan ke arah Pantai Kedung Tumpang. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di sini untuk berjalan kaki ke Pantai Pucang Sawit. Jarak tempuh maksimal 1 jam lebih.

3. Tips Berkunjung ke Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit
https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/10/fromandroid-0aae1c937287bbfa25d0e185667456cd.jpg

Penting untuk Anda perhatikan bahwa pengunjung harus membawa bekal sendiri ketika berkunjung ke Pantai Pucang Sawit. Hal ini karena masih belum ada penjual makanan dan minuman di sekitarnya. Jangan berkunjung ketika cuaca sedang buruk seperti curah hujan tinggi dan air laut saat masih pasang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Pucang Sawit adalah mulai dari pukul 6 pagi. Khususnya jika berburu pemandangan sunrise di pagi hari. Nantinya Anda dapat meninggalkan pantai sekitar pukul 5 sore setelah menyaksikan momen pemandangan matahari tenggelam sebagai daya tarik utamanya.

Spot Menarik Pantai Pucang Sawit Tulungagung

Pucang Sawit memang belum dikelola dengan maksimal oleh pihak setempat. Hal ini menjadi alasan mengapa sampai saat ini belum ada harga tiket masuk sehingga pengunjung tidak akan dikenakan tarif masuk. Namun apa saja spor menarik yang ada di pantai tersebut? Dijamin Anda pun tidak akan kecewa.

1. Julukan Belitungnya Tulungagung

Pantai Pucang Sawit
https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/12/fromandroid-1aba092d4841a03fe7c78bf32676ffea_600x400.jpg

Daya tarik utama dari Pantai Pucang Sawit adalah adanya jajaran batu besar di pantai. Hamparan batuan tersebut membuat pantai ini memiliki view yang hampir mirip seperti Belitung di film terkenal Laskar Pelangi. Tidak heran apabila pantai satu ini mendapatkan julukan “Belitungnya Tulungagung”

Pantai Pucang Sawit mempunyai karakteristik berupa batuan kecil dan halus. Selain itu, ombaknya pun sangat indah karena memiliki perpaduan warna air laut biru sehingga menambah keindahan pemandangan sekitarnya. Tidak heran apabila saat ini semakin ramai oleh pengunjung dari luar kota.

2. Aktivitas Saat Berkunjung ke Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit
https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Pucang-Sawit.jpg

Anda bisa melakukan beberapa aktivitas saat berkunjung ke Pucang Sawit. Mulai dari berenang, bermain pasir hingga memancing. Namun pastikan untuk membawa peralatan pancing sendiri  karena tidak ada pihak persewaan di sekitarnya. Selain itu, ombaknya juga relatif lebih tenang daripada Kedung Tumpang.

Anda pun tetap bisa berenang di sekitar Pantai Pucang Sawit asalkan tidak terlalu jauh dari pesisir pantai. Hal ini karena ombak di pantai ini masih relatif tenang daripada Pantai Kedung Tumpang. Tetap saja pengunjung harus berhati-hati selama bermain air di sekitarnya.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset

https://www.gotravelly.com/blog/wp-content/uploads/2020/08/sunset-dreamland-bali-1200×900.jpg

Bagi pengunjung yang gemar untuk melihat matahari terbit dan tenggelam, maka Pantai Pucang Sawit menjadi pilihan terbaiknya di Tulungagung. Anda bisa datang di pagi hari sekitar 6 pagi atau sore hari jam 5 sore. Pemandangan tersebut akan memberikan sensasi terbaik ketika sedang berlibur di pantai.

Namun apabila Anda harus menunggu momen sunrise dan sunset cukup lama, harus membawa bekal sendiri. Hal ini karena masih belum ada penjual makanan dan minuman di sekitar pantai. Jangan lupa untuk mengisi penuh baterai ponsel dan kamera agar tidak khawatir lowbat saat masih berada di sana.

Rute Menuju ke Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit berlokasi di Desa Pucanglaban Kec. Pucanglaban Kab. Tulungagung. Tepatnya antara Pantai Dlodo dan Kedung Tumpang. Tidak jarang beberapa wisatawan memilih untuk mengunjungi ketiga pantai tersebut secara bersamaan sekaligus explore wisata alam di Tulungagung.

1. Rute dari Kota Tulungagung

Bagi Anda yang berangkat dari Kota Tulungagung, maka bisa menempuh jarak sekitar 45 kilometer. Jalur utama menuju pantai ini bisa ditempuh melewati jalan utama antara Tulungagung ke Blitar. Saat sampai di pertigaan Pasar Ngunut, belok ke arah selatan lewat jalur Lok Songo masuk ke Pucanglaban.

Nantinya Anda akan menjumpai jalanan berkelok-kelok khas pegunungan dengan medan yang cukup mengocok perut. Saat sudah tiba di Desa Sumberdadap Pucanglaban, pilih arah ke Kedung Tumpang. Pengunjung dapat memarkirkan di area pantai tersebut kemudian jalan kaki menuju Pantai Pucang Sawit.

2. Rute dari Kota Surabaya

Sementara bagi Anda yang berangkat dari Kota Surabaya, maka ada dua jalur dapat dipilih. Pertama yakni melewati jalan Bra’an Kertosono kemudian menuju ke Ngunut dan terus ke Kecamatan Pucanglaban. Sementara jalur alternatif kedua adalah lewat Surabaya lalu Mojoagung ke Pare.

Anda bisa memilih arah ke Simpang Lima Gumul kemudian pilih jalur arah ke Blitar. Sebelum masuk kota Blitar, car saja penyebrangan sungai menuju ke Rejotangan di daerah Srengat. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pucanglaban.

3. Rute dari Kota Malang

Terakhir, apabila pengunjung berasal dari Kota Malang, maka bisa langsung memilih jalur dari Malang menuju Blitar. Anda hanya perlu mengikuti jalur lurus saja hingga memasuki ke kota Blitar. Nantinya jika sudah masuk, ganti arah ke daerah Ngunut.

Dari pertigaan Ngunut, Tulungagung, pengunjung bisa mengambil arah ke Pucanglaban. Seperti rute yang sudah disebutkan pada rute dari Kota Tulungagung. Apabila sudah memasuki jalanan berkelok, pilih tujuan ke Pantai Kedung Tumpang untuk memarkirkan kendaraan kemudian melanjutkan dengan jalan kaki.

Baca juga :  Kesegaran Air Terjun Kucur Madiun Tak Ada Tandingan

Pantai Pucang Sawit menjadi salah satu pantai paling recommended di Tulungagung. Anda pun akan mendapatkan pemandangan layaknya Belitung ketika sedang berkunjung. Pastikan untuk mempersiapkan bekal dan perlengkapan lainnya sendiri karena masih minimnya fasilitas di sana.