Air Terjun Lawean Tulungagung, Keindahan Alam Tersembunyi di Perkebunan Kawisari

Air Terjun Lawean

Ada banyak pilihan wisata alam di Tulungagung apabila Anda ingin mencoba berlibur disana. Salah satunya adalah Air Terjun Lawean. Wilayah ini memang masih asrti sehingga tidak heran apabila menyimpan banyak objek alam termasuk juga air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan berkunjung ke wisata alam tersebut. Pertama, Anda masih merasakan udara sejuk dan segar selama perjalanan menuju area tersebut. Hingga sampai ke lokasi, maka pemandangan aliran air deras dari bukit adalah view paling mempesona.

Tidak lupa juga dengan keindahan pemangan di sekitar yang masih terjaga asri. Daya tarik lainnya adalah Anda bisa melakukan beberapa aktivitas, termasuk juga berenang. Bahkan beberapa pengunjung masih percaya akan mitos bahwa berenang di air terjun ini mampu menghilangkan seluruh penyakit.

Jadi apabila Anda tertarik untuk berencana dan berlibur ke Tulungagung, maka Air Terjun Lawean akan menjadi opsi wisata alam paling recommended. Khususnya bagi pengunjung yang memang suka dengan keindahan alam seperti air terjun karena daerah sekitar masih asri dan terjaga.

Mitos dan Kepercayaan Air Terjun Lawean

Sama seperti air terjun lainnya, Lawean kini memiliki mitos tersendiri yang menjadi kepercayaan bagi banyak pengunjung. Mereka percaya bahwa saat berendam di dalam air bisa menghilangkan seluruh penyakit yang ada di dalam tubuh. Kabar ini datang turun temurun mulai dari dulu sampai saat ini.

Menurut warga setempat, barang siapa yang mandi dan berendam di dalam air terjun khususnya di daerah berteras dan aliran bercabang maka bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Mitor ini datang dari Endang Sampur, Mbok Roro Dewa Gangga, Mbok Roro Wilis dan Cemethi sebagai penguasa air terjun.

Dengan begitu, apabila Anda memang mempercayai mitos tersebut, maka bisa datang hanya untuk berendam di sana. Pastikan tetap menjaga kebersihan dan keamanan selama berada di area wisata. Pasalnya Air Terjun Lawean masih terjaga keasriannya dan kesegarannya hingga saat ini.

Baca juga : Air Terjun Alam Kandung: Wisata Alam Menyegarkan di Tulungagung

Informasi Umum tentang Air Terjun Lawean

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan kebetulan berkunjung ke Tulungagung, maka bisa mencoba berwisata di Air Terjun Lawean. Khususnya ketika pengunjung memang gemar berwisata wahana air. Berikut beberapa informasi umum tentang wisata air terjun tersebut:

1. Sekilas tentang Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Source:  https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/2022/11/21/3175943504.jpg

Air Terjun Lawean adalah salah satu air terjun dengan ketinggian kurang lebih dari 1200 meter di atas permukaan air laut. Aliran airnya mempunyai ciri khas berkelok dan sangat jernih. Hal ini menjadi daya tarik utamanya sehingga masih terlihat alami dan belum banyak tercemar oleh sampah sekitar.

Lingkungan sekitar di air terjun pun masih sangat asri. Hal ini bisa Anda lihat dari banyaknya tumbuhan di sekitarnya. Bahkan lebih dari itu, jika pengunjung akan melihat pemandangan indah dan juga udara segar bebas dari polusi udara.

2. Lokasi, Waktu Buka dan Harga Tiket

 

Source: https://www.google.com/maps/place/Air+Terjun+Lawean/@-7.883756,111.7666391,13.4z/data=!4m6!3m5!1s0x2e79aa7763cbef5b:0x2ad362bd46851ac!8m2!3d-7.8821341!4d111.7970319!16s%2Fg%2F11bzyqjfmv

Air Terjun Lawean berlokasi di lereng Gunung Wilis. Tepatnya berlokasi di Desa Geger Kecamatan Sendang Kab. Tulungagung. Apabila Anda ingin berpetualang dengan modal terjangkau, maka air terjun ini menjadi pilihan paling cocok. Pasalnya harga masuknya hanya sekitar Rp 3 ribu saja.

Pihak pengelola pun membukanya setiap saat. Wisata air terjun ini buka tiap hari selama 24 jam. Jadi pengunjung dapat menentukan sendiri kapan hendak kesana sesuai kebutuhan dan keinginan mereka. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa cuaca sedang tidak hujan agar tetap aman.

3. Jarak Tempuh dan Rute Perjalanan

Air Terjun Lawean
Source: https://cdn.nativeindonesia.com/foto/2020/11/Papan-Petunjuk-Air-Terjun-Lawean.jpg

Akses untuk menuju ke air terjun Lawean ini bisa Anda awali dengan berangkat dari Kota Tulungagung. Pada saat berada di pusat kota, maka perlu mengambil jalur ke arah Karangrejo. Sesampainya di perempatan lampu lalu lintas, ambillah arah ke Sendang.

Anda bisa mengikuti jalur untuk menuju ke Sendang hingga mengambil tujuan ke Air Terjun Lawean Tulungagung. Apabila berangkat dari pusat kota Tulungagung, maka pada umumnya akan memerlukan waktu tempuh sekitar 60 menit.

4. Aktivitas Selama di Air Terjun

Source: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/cdn.orbit/wp-content/uploads/2022/01/02113519/lawean2.jpg

Air Terjun Lawean Tulungagung mempunyai nilai keindahan yang sangatlah sempurna khususnya bagi pecinta alam. Ada banyak aktivitas bisa Anda lakukan ketika sedang berkunjung ke wisata alam ini. Salah satu kegiatan paling disukai pengunjung adalah dengan mandi di kesegaran aliran airnya.

Bahkan beberapa pengunjung lebih sering untuk menikmati keindahan alam sekitar bersamaan dengan secangkir kopi. Lebih dari itu, apabiila Anda suka kontemplasi seperti ditemani suara ricikan air dan juga kicau burung, maka Air Terjun Lawean menjadi opsi paling cocok.

5. Tips Wisata di Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Air-Terjun-Lawean-Blitar.jpg

Saat Anda berkunjung ke sini, hal pertama yang wajib untuk dilakukan adalah membawa bekal sekaligus peralatan kebutuhan selama berada di sana. Jangan lupa mempersiapkannya karena pastinya akan sangat menyenangkan ketika menghabiskan makanan dan minuman sembari menikmati suasana alam.

Selanjutnya, usahakan untuk berangkat di waktu masih pagi atau siang hari. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memaksimalkan petualangan dengan menikmati pemandangan sekitar. Selain itu lebih baik menggunakan kendaraan roda dua saja karena akses jalan menuju lokasi hanya bisa dilalui dengan jalan kaki.

Objek Wisata di Sekitar Air Terjun Lawean

Apabila Anda sedang  berlibur di Tulungagung dan kebetulan memilih untuk berkunjung ke Air Terjun Lawean, maka jangan langsung pulang. Hal ini karena ada beberapa objek wisata berada di sekitar area air terjun sehingga cukup menarik apabila mengunjungi tempat-tempat menarik tersebut.

1. Nyawangan Park

Air Terjun Lawean
Source: https://www.libur.co/wp-content/uploads/2021/06/Hutan-Pinus-Nyawangan-Park.jpg.webp

Nyawangan Park saat ini menjadi salah satu objek wisata menarik yang berada di sekitar Air Terjun. Lokasinya ada di daerah perbukitan Dusun Klegen, Nyawangan, Kec. Sendang Kab. Tulungagung. Anda bisa berkunjung untuk menikmati pemandangan alam sekitar atau hanya sekedar bersantai.

Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan di Nyawangan Park. Objek paling disukai pengunjung adalah taman bunga berbentuk hati. Khususnya bagi wisatawan dengan kegemaran selfie, maka tempat ini memang wajib menjadi pilihan berwisata di Tulungagung.

2. Candi Penampehan

Source: https://timurjawahome.files.wordpress.com/2016/11/penampihan.jpg

Lokasinya tidak jauh dari tempat wisata utama, ada juga salah satu candi bernama Candi Penampehan berada di Desa Geger Kec. Sendang. Agar bisa menuju ke wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat karena akses jalannya sudah lebih baik.

Bangunan Candi Penampehan memiliki teras dengan pohon kalpataru purba di sekitarnya. Peninggalan ini terdiri dari beberapa tokoh seperti Asmoro Bangun, Kili Suci, Tirta Amerta hingga Padi. Selain itu ada juga wisata Goa Tn Tek Sue, Bajul dan Argo Willis melengkapi destinasi candi tersebut.

Baca juga :  27 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Khusus Untuk Anda

Apabila Anda sedang mencari objek wisata alam di Tulungagung, maka bisa memilih Air Terjun Lawean. Pemandangannya masih asri dan alami khususnya jika suka dengan pemandangan alam serta kesegaran aliran air yang masih terjaga. Namun jangan lupa membawa bekal dan perlengkapan lainnya.