Jenis dan Ketentuan Ukuran video Instagram

Ukuran Video Instagram

Penyesuaian ukuran pada setiap postingan Instagram perlu pengguna ketahui lebih lanjut. Dengan begitu pengguna bisa menyiapkan ukuran konten yang sesuai. Selain itu ukuran video Instagram juga akan menentukan kualitas dalam setiap postingan.

Macam Ukuran Video Instagram

Instagram memiliki ukuran yang berbeda untuk membuat berbagai jenis konten. Ada feed, reels, story dan sebagainya. Hal ini terkadang membingungkan pengguna dalam membuat konten yang sesuai sehingga penonton akan nyaman melihatnya. Berikut beberapa ukuran video Instagram antara lain:

Baca juga : Cara Menambahkan Lagu yang Tidak Ada di Instagram Music

1. Ukuran Persegi

Pada setiap ukuran pasti memiliki rasio masing-masing. Ratio berupa angka untuk lebar dan tinggi. Ukuran persegi memiliki ratio 1:1. Artinya ukuran pada gambar atau video memiliki nilai yang sama. Hal ini untuk memudahkan pengguna dalam mempertimbangkan mengunggah foto atau video.

Resolusi yang ada juga beragam setiap jenis dan ditunjukkan melalui satuan pixel (px) atau sentimeter (cm). Apabila pengguna ingin memposting dengan ukuran persegi maka siapkan resolusi 1080 x 1080 px. Kebanyakan orang juga menggunakan ukuran ini saat membuat video Intagram atau profil.

2. Ukuran Landscape atau Horizontal

Pada ukuran horizontal memiliki sisi yang lebih panjang ke kanan dan kiri. Dengan begitu area penglihatan audiens menjadi lebih luas. Adapun ukuran dari horizontal memiliki rasio 16:9 atau 1.91:1. Sedangkan mempunyai resolusi 1920 x 1080 px. Selain itu resolusi bisa berupa 1080 x 608 px.

Biasanya ukuran ini pengguna terapkan pada feed atau IGTV. Meskipun tidak menampilkan hingga keseluruhan layar namun ukuran ini cukup membantu jika ingin memposting banyak hal dalam satu konten. Untuk menjaga kualitas gambar atau video maka posting sesuai ukuran yang telah ada.

3. Ukuran Vertikal

Pada ukuran vertikal merupakan kebalikan dari horizontal. Jika horizontal memberikan sisi luar kanan dan kiri maka vertikal berupa atas bawah. Dalam penggunaan ukuran ini akan memberikan kesan menyeluruh pada layar handphone. Pemasangan foto story akan mendapatkan waktu sekitar 15 detik.

Sedangkan untuk video saat ini bisa mencapai satu menit. Selain itu ukuran vertikal memanjang ke atas dan bawah yaitu 9:16. Adapun resolusi ukuran ini berupa 1080 x 1920 px. Biasanya ukuran ini digunakan untuk story, live atau reels agar tampilan lebih jelas.

4. Ukuran Potrait

Ukuran potrait atau potret memiliki kemiripan dengan tampilan persegi. Namun sisi tinggi sedikit lebih panjang. Penggunaan ukuran ini akan memperlihatkan konten secara luas namun tidak mengambil keseluruhan layar. Rasio ukuran ini yaitu 4:5 dengan resolusi 1080 x 1350 px.

Pada ukuran ini merupakan rasio ideal yang biasanya digunakan saat memposting konten. Kebanyakan pengguna menggunakan ukuran ini pada feed Instagram. Hal ini karena hasil postingan tidak terlalu penuh dan masih bisa terlihat jelas ke audiens.

Ketentuan Dalam Memilih Ukuran Instagram

Saat memposting suatu konten melalui Instagram pengguna pasti dihadapkan pada pilihan untuk berbagai macam ukuran. Pentingnya memlih ukuran agar video dan foto dalam terlihat dengan jelas tanpa menurunkan kualitasnya. Maka dari itu perlu pengguna untuk mengetahui ketentuan setiap jenis.

1. Pada Feed Instagram

Feed pada Instagram merupakan halaman frofil utama yang memiliki kegunaan untuk membagikan seiap konten berupa video dan foto. Untuk membuat konten yang jelas dengan kualitas tebaik maka pengguna bisa menggunakan tips ini antara lain:

  • Penggunaan jenis file pada video dengan bentuk MP4, MOV ata GIF dengan rasio 4:5 atau 1.91:1
  • Pada gambar gunakan JPG atau PNG
  • Untuk lebar bisa menggunakan minimal sekitar 500 px
  • Dalam video memiliki durasi 1 hingga 60 detik
  • Gunakan resolusi minimal 1080 px

2. Penggunaan Story Instagram

 

Story Instagram memiliki ukuran yang berbeda dan terdapat batas waktu setelah mengunggah konten. Penggunaan story akan bertaham selama 24 jam dan akan hilang secara otomatis apabla melewati batas waktu. Banyak pengguna yang membagikan momen melalui story.

  • Gunakan gambar dengan jenis PNG atau JPG
  • Pilih jenis video yang memiliki file MP4 atau MOV
  • Penggunaan rasio 9:16 untuk menampilkan secara menyeluruh
  • Pilih dengan rasio 9:16

3. Adanya Reels Instagram

Reels biasanya hanya sebagai cuplikan dari konten atau aktivitas pengguna. Jadi video pada reels tidak memiliki durasi waktu yang lama. Penggunaan reels juga bisa mendapatkan tontonan hingga ke akun terjauh karena memiliki jangkauan yang luas.

  • Pada reels memiliki format ukuran dengan maksimal 1080 x 1920 px
  • Penggunaan rasio pada 9:16
  • Untuk jenis file reels menggunakan MP4 atau MOV untuk kejelasan video

4. Penggunaan Instagram Live

Instagram live memiliki kegunaan untuk melakukan komunikasi atau interaksi dengan pengikut secara langsung. Apabila pengguna menyalakan live maka setiap pengikut akan mendapatkan notifikasi. Live ini bisa tersimpan dalam IGTV sehingga bisa pengguna lihat kembali setiap saat.

  • Penggunaan rasio Instagram live 9:16
  • Pastikan jaringan internet stabil
  • Lakukan interaksi dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada

Itulah informasi singkat seputar ukuran video Instagram mulai dari jenis dan berbagai ketentuan dalam memposting setiap konten. Untuk mendapatkan hasil postingan terbaik maka pengguna perlu memperhatikan ukuran mulau dari rasio dan resolusi.