Pantai Brumbun: Sejarah, HTM dan Objek Wisata Tulungagung

Pantai Brumbun

Tulungagung memang menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali pantai. Salah satunya adalah Pantai Brumbun. Anda bisa berkunjung sekaligus berlibur bersama keluarga. Sampai saat ini, pantai tersebut masih asri karena belum banyak pengunjung berlibur datang ke sana.

Sejarah Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Brumbun-Tulungagung.jpg

Pantai Brumbun berada di area pegunungan Ngrejo Tulungagung. Wisata alam ini terkenal dengan suguhan alamnya sungguh mempesona. Pantai ini akan memanjakan siapapun pengunjung ketika berlibur di sana. Sebenarnya tidak ada mitos atau cerita sejarah mengenai pantai di Tulungagung saat ini.

Melainkan Pantai Brumbun justru menjadi bagian penting oleh warga sekitar untuk mendapatkan penghasilan. Sebagian dari mereka sudah menggantungkan hidupnya dalam memanfaatkan panta ini menjadi nelayan. Tidak sedikit juga berjualan di sekitar pantai dan menjajakannya kepada wisatawan.

Masyarakat setempat pun juga  bersikap ramah pada wisatawan sehingga pengunjung pun selalu merasa betah selama berada di Pantai Brumbun. Tentu hal ini menjadi salah satu daya tarik mereka untuk kembali berkunjung ke pantai tersebut.

Baca juga : 27 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Khusus Untuk Anda

Informasi Sekilas tentang Pantai Brumbun

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Pantai Brumbun pertama kali, maka bisa memahami beberapa informasi di bawah ini. Mulai dari harga tiket, area parkir, lokasi hingga rute perjalanannya. Pastinya akan terasa sedikit membingungkan khususnya untuk pengunjung dari luar daerah Tulungagung.

1. Harga Tiket Masuk

Source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/cphfBXGRnWjqRFxf0Fi9GlyBjWI=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/3247306/original/004938700_1600908011-HL.jpg

Anda tidak perlu khawatir tentang biaya ketika berkunjung ke Pantai Brumbun. Pasalnya harga tiket masuk dari pantai ini tergolong sangat murah. Setiap pengunjung hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja. Dengan harga tersebut, orang-orang sudah bisa masuk ke kawasan pantai.

Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, pastikan untuk menyiapkan uang parkir terlebih dahulu. Biasanya kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp 3 ribu sementara mobil harus membayar antara Rp 5 ribu hingga 10 ribu. Dengan harga sangat murah, maka bisa mengajak rombongan baik dari keluarga atau teman-teman.

2. Rute Perjalanan

Source: https://www.google.com/maps/@-8.2624786,111.8350021,18.77z?hl=en

Pantai Brumbun ini tepatnya berada di kawasan pegunungan Desa Ngrejo Kec. Tulungagung Kab. Tulungagung Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Tulungagung hanya sekitar 35 kilometer dari pustat kota Tulungagung. Nantinya calon wisatawan akan menempuh waktu kurang lebih 1 jam perjalanan saja.

Untuk menuju ke pantai tersebut, rute yang bisa Anda pilih adalah ke arah selatan Pucanglaban. Selanjutnya ke arah Desa Wonokoyo dan mengikuti jalan saja hingga menjumpai petunjuk Pantai Brumbun. Namun akses jalan masih belum begitu bagus sehingga wajib berhati-hati agar tetap selamat.

3. Fasilitas yang Tersedia

Source: https://pinhome-blog-assets-public.s3.amazonaws.com/2021/07/spot-foto-sangkar-burung-kekinian-di-pantai-brumbun-tulungagung.jpg

Fasilitas yang tersedia di Pantai Brumbun juga sangat lengkap meskipun harga tiket masuknya juga terjangkau. Anda bisa memakai  kendaraan pribadi baik mobil atau motor dengan area parkir luas. Mengingat bahwa pantai ini berada di daerah pegunungan, maka tidak dijumpai kendaraan umum.

Fasilitas pendukung lainnya yang tersedia di Pantai Brumbun antara lain mushola, warung makan, toilet dan gazebo. Banyak pengunjung memilih untuk membeli makanan di penjual setempat karena menjual ikan-ikan hasil tangkapan mereka sendiri. Tentu saja akan menjadi pengalaman sangat seru bagi wisatawan.

Objek Wisata Menarik di Pantai Brumbun

Ada banyak objek wisata menarik yang bisa Anda temukan di Pantai Brumbun. Sebagai pengunjung pastinya memiliki ketertarikan tersendiri untuk explore seluruh daerah pantai. Mulai dari menikmati pemandangan saja hingga bermain air. Tidak lupa juga hunting foto karena banyak pemandangan menakjubkan.

1. Pemandangan Pantai yang Mempesona

Source: https://s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/cdn.orbit/wp-content/uploads/2021/12/04083311/bj1-1-1024×768.jpg

Alasan utama bagi wisatawan pantai  untuk berlibur adalah hendak mencari pemandangan pantai yang mempesona. Kali ini Anda pun bisa mencobanya di Pantai Brumbun. Pasalnya ada jajaran tebing warna hijau di sekelilingnya sehingga masih terlihat asri dan segar meskipun sedang terik matahari.

Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa menyaksikan perahu milik nelayan yang bersandar setelah mencari ikan semalaman. Bukan tebing saja, pohon kelapa di Pantai Brumbun juga cukup banyak terlihat berjejeran sehingga memberikan pemandangan indah tersendiri.

2. Bermain Pasir Pantai

Pantai Brumbun
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Spot-Wisata-di-Pantai-Brumbun.jpg

Garis pantai di sini sebenarnya tidak begitu panjang karena tidak lebih dari 500 meter. Walau demikian, Anda pun masih bisa bermain pasir dengan puas. Pantai ini sebenarnya merupaakn teluk yang menghadap secara langsung ke Samudra Hindia.

Ombaknya juga sangat tinggi sehingga Anda bisa bermain air dan berenang langsung di Pantai Brumbun. Namun tetap berhati-hati selama berendam. Khususnya jika air laut sedang pasang. Tentu saja larangan berenang bagi pengunjung harus tetap dipatuhi.

3. Banyak Tersedia Spot Foto 

Source: https://explorewisata.com/wp-content/uploads/2018/10/pantai-brumbun-tulungagung.jpg

Bagi Anda yang datang ke Pantai Brumbun bertujuan untuk berfoto, maka di sini ada banyak sekali spot foto. Pemandangan alam di sekitarnya masih terlihat asri dan alami karena terdapat barisan tebing dan pohon kelapa di sekitarnya.

Selain itu, pihak pengelola pun juga sudah menyediakan spot foto buatan. Salah satunya adalah gardu pandang hingga sangkar burung. Anda bisa naik ke atas tempat ini untuk melihat pemandangan Pantai Brumbun dari ketinggian atau mendapatkan latar belakang foto yang menakjubkan.

4. Tempat Camping

Source: https://getlost.id/wp-content/uploads/2021/01/pantaisoge_286337336.jpg

Meski jarang dilakukan, namun ternyata ada beberapa pengunjung yang mendirikan tenda di sekitar Pantai Brumbun. Mereka berangkat di pagi hari untuk menghindari hujan. Sesampainya di pantai, langsung bersiap-siap dan mencari lokasi paling sesuai.

Salah satu alasan bagi pengunjung yang camping di Pantai Brumbun adalah karena masih sepi pengunjung. Mereka bisa dengan bebas menikmati pemandangan sekitar tanpa adanya keramaian. Tentu saja sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan sehari-hari.

5. Rumah Apung untuk Memancing dan Minum Kopi

Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/11/fromandroid-7c337db6d542158399c3d3811dd68b61.jpg

Salah satu spot menarik lainnya yang ada di Pantai Brumbun adalah rumah apung. Pihak pengelola memang baru saja membangunnya sehingga mampu menarik perhatian pengunjung untuk datang mencobanya. Aktivitas paling disukai wisatawan adalah menikmati kopi di tempat ini.

Bahkan beberapa pengunjung juga sering terlihat memancing dari rumah apung ini. Ada beberapa jenis ikan kecil yang ada di seberang pantai. Anda bisa membawa umpan dan perlengkapan sendiri jika tertarik untuk mencobanya.

6. Fasilitas Perahu untuk Menikmati Pemandangan Sekitar Pantai

Pantai Brumbun
Source: https://pinhome-blog-assets-public.s3.amazonaws.com/2021/07/asyiknya-naik-perahu-keliling-pantai-brumbun-tulungagung.jpg

Menariknya lagi, Anda pun bisa menikmati keindahan pantai dengan menaiki perahu. Wahana ini memang masih baru tersedia di Pantai Brumbun. Pengunjung pun bisa mencobanya meski harus antri terlebih dahulu.

Anda akan diajak naik perahu dan berkeliling selama beberapa menit guna menyaksikan pemandangan sekitar Pantai Brumbun. Salah satu spot paling menarik adalah bisa melihat banyaknya pohon kelapa masih terjaga asri di sekitar pantai.

Baca juga : Pantai Gerangan Tulungagung: Pesona Keindahan Khas Desa Ngrejo

Tulungagung memang menyimpan banyak sekali pantai dan wajib untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Brumbun. Wisata alam satu ini masih sepi oleh pengunjung sehingga cocok bagi wisatawan jika tidak suka keramaian. Namun tetap berhati-hati karena akses jalannya masih belum begitu bagus.