Bukit Tunggul Manik, Destinasi Wisata Sejuk di Tulungagung

Bukit Tunggul Manik

Bukit Tunggul Manik menjadi salah satu opsi yang bisa Anda kunjungi apabila ingin berlibur di Tulungagung dengan menikmati pemandangan indah. Udaranya pun sejuk sehingga sangat cocok ketika hendak berwisata guna menghilangkan kepenatan dari kesibukan sehari-hari.

Lokasi dan Rute Perjalanan Bukit Tunggul Manik

Bukit Tunggul Manik
Source: https://www.google.com/maps/place/Bukit+Tunggul+Manik/@-7.9589649,111.7753021,17.54z/data=!4m6!3m5!1s0x2e79015b2884e657:0x229a5e46eecdffe!8m2!3d-7.9590595!4d111.7769502!16s%2Fg%2F11c6tknd8w

Bukit Tunggul Manik menjadi tempat wisata dengan nuansa alam yang saat ini semakin diminati oleh pengunjung. Tidak hanya berlibur saja namun banyak wisatawan berkunjung hanya karena ingin melepas penat saja. Wisata satu ini juga masih tergolong baru di daerah Tulungagun sehingga sangat menarik.

Lokasi Bukit Tunggul Manik berada di Dusun Krajan Desa Kradinan Kec. Pagerwojo Kab. Tulungagung, Jawa Timur. Anda bisa mengkategorikannya sebagai salah satu wisata alam yang masih baru karena memang baru dibuka di awal tahun 2020 silam. Ada beberapa hiburan dan makanan tersedia di sana.

Bukit Tunggul Manik berrada di ketinggian 800 meter mdpl. Hal tersebut membuat tempat wisata ini terasa sangat dingin apalagi jika Anda  mengunjunginya saat di malam hari. Namun ternyata pada waktu-waktu seperti ini justru menjadi momen paling tepat untuk bisa menikmati pemandangan sekitar.

Baca juga :  Bukit Jodho: Wisata Anti Jomblo di Tulungagung

Akses Jalan untuk Menuju ke Bukit Tunggul Manik

Source: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2023/04/20/3361054935.jpg

Mengingat bahwa Bukit Tunggul Manik berada di ketinggian, tentu banyak pengunjung bertanya bagaimana akses perjalanannya. Namun ternyata jalanannya pun sudah terbilang cukup baik. Aspal mulus dengan lebar cukup untuk kendaraan besar bahkan truk dan mobil ketika sedang berpapasan.

Hanya saja, Anda harus melewati medan jalanan yang berkelok. Bahkan tetap waspada dan hati-hati ketika sedang turun atau naik. Nantinya ketika sudah hampir sampai, maka akan menjumpai beberapa jalanan cukup ekstrim seperti tanjakan menantang hingga berkelok tajam.

Biasanya akan membuat pengemudi kaget dan panik jika tidak konsentrasi saat menuju ke jalanan Bukit Tunggul Manik. Dari arah keberangkatan Tulungagung, tempat ini berada di kanan jalan. Anda hanya perlu membayar parkir saja untuk bisa menikmati pemandangan sekaligus hawa sejuk di sekitar.

Daya Tarik Wisata dan Keunikan Bukit Tunggul Manik

Source: https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2023/04/20/3361054935.jpg

Sebenarnya Bukit Tunggul Manik ini merupakan wisata yang baru saja buka di awal tahun 2020 kemarin. Namun dengan tingginya antusiasme dari warga setempat dan wisatawan membuat lokasi ini senantiasa ramai khususnya di hari libur. Pasalnya ada banyak pengunjung berlibur bersama keluarga.

1. Hasil Kerja Sama antara Pemerintah Desa dan Masyarakat

Menariknya, Bukit Tunggul Manik merupakan wisata desa yang berdiri dari hasil kerja sama pemerintah desa dan warga setempat di desa Kradinan. Nantinya hasil parkir dan retriubusi wisata tersebut akan menyumbangkan pendapatan asli desa dengan jumlah lumayan besar.

Menurut penjaga dari Bukit Tunggul Manik, setiap harinya hampir seribu wisatawan berkunjung ke bukit tersebut khususnya di hari Minggu atau libur panjang dengan jumlah lebih banyak. Apabila Anda tertarik untuk mengunjunginya, maka bisa langsung berangkat menuju ke Desa Kradinan.

2. Warung Makanan dengan Menu yang Berbeda

Seringkali Anda menjumpai warung makanan akan menjual menu serupa di tempat wisata. Bahkan pilihannya hampir serupa hanya perlu pilih tempat makannya saja. Namun hal ini tidak terjadi di Bukit Tunggul Manik. Pasalnya pihak pengelola memberlakukan sistem berupa tiap warung menjajakan menu berbeda.

Sistem tersebut bertujuan agar tidak muncul persaingan antar warung. Nantinya apabila pengunjung sudah memilih untuk makan di warung A, kemudian ingin mencoba makanan di penjual B, maka bisa saling melayani. Nantinya mereka bisa melakukan subsidi antar pedagang sehingga semuanya pun tampak rukun.

3. Pemandangan Lampu Rumah Warga di Malam Hari

Pada malam hari, pemandangan dari atas bukit akan menjadi lebih menarik. Pasalnya Anda bisa melihat lampu-lampu dari rumah warga kota terlihat dari perbukitan dan pegunungan. Ditambah lagi udaranya juga lebih segar saat malam hari. Banyak pengunjung mengaku bahwa cuacanya terasa dingin.

Namun pihak pengelola ternyata mengaku bahwa Bukit Tunggul Manik tersebut masih memerlukan perbaikan dan pengembangan lebih. Khususnya pada saat proses pembangunan dulu bersamaan dengan masa pandemi Covid-19 sehingga pernah terhambat.

4. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Tidak hanya menarik saat malam hari saja, Anda pun bisa mencoba menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset dari ketinggian. Mengingat bahwa Bukit Tunggul Manik berada di 800 meter atas permukaan laut, tentu menjadi spot yang cocok untuk menantikan momen matahari terbit maupun terbenam.

Ternyata cukup banyak anak muda yang menantikan momen matahari terbit dan terbenam di Bukit Tunggul Manik ini. Di pagi hari, Anda bisa berangkat pukul 5 pagi dan menunggu sunrise. Sementara jika saat petang, maka dapat menyaksikannya mulai dari jam 5 sore hingga langit benar-benar gelap.

Daftar Wisata yang Dekat dengan Bukit Tunggul Manik

Source: https://beritalima.com/wp-content/uploads/2020/10/Pesona-Wisata.jpg

Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke Bukit Tunggul Manik maka bisa sekaligus mampir ke beberapa tempat wisata berikut ini. Pastinya tidak kalah seru dan menariknya. Banyak diantaranya juga merupakan wisata alam sehingga menawarkan kesegaran khas Tulungagung.

1. Bendungan Wonorejo

Tidak jauh dari pusat kota, ada sebuah waduk bernama Waduk Wonorejo. Danau buatan ini tidak hanya berfungsi sebagai reservoir saja namun juga sekaligus menyajikan pemandangan alam yang cantik sehingga menjadi tujuan wisata bagi pengunjung.

Lokasinya berada di Desa Wonorejo Kec. Pagerwojo Kab. Tulungagung. Danau ini memilikii luas antara 380 hektar yang menempati kaki Gunung Wilis. Sementara area sekitarnya masih segar dengan perbukitan hijau penuh oleh pohon pinus sehingga memberikan suasana sejuk dan teduh khas pepohonan.

2. Wisata Kampung Pelangi

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke Wisata Kampung Pelangi yang masih berada dalam satu daerah. Sesuai namanya, pengunjung akan melihat banyak warna-warni khas pelangi. Tidak hanya rumah warga saja namun hampir seluruh fasilitas umum juga tidak luput dari kreativitas cat.

Anda pun bisa bersantai dan mencari spot foto yang paling menarik saat berada di Wisata Kampung Pelangi. Saat ini sudah ada banyak wisatawan lokal atau bahkan luar Tulungagung berbondong-bondong berkunjung untuk melihat keunikan dari desa tersebut.

3. Tumpak Bledek

Kembali lagi dengan wisata alam, kali ini Anda bisa mencoba berkunjung ke Tumpak Bledek. Lokasi ini sebenarnya adalah  bekas dari tambang batu yang saat ini sudah berubah menjadi objek wisata menarik. Ciri khas utamanya adalah hamparan bukit baru melingkar hingga nyaris 360 derajat.

Ada banyak spot menarik yang bisa Anda pilih saat berada di Tumpak Bledek mulai dari bukit batu, rumput hhijau, air danau berwarna biru kehijauan hingga ranting kering. Lokasinya tidak jauh dari Ranu Gumbolo hanya 3 kilometer saja.

Baca juga : Bukit Cemenung, Wisata Peninggalan Kolonial di Tulungagung

Bukit Tunggul Manik merupakan wisata baru yang ada di Tulungagung. Anda pun bisa berkunjung ke sana untuk menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian. Hal ini karena lokasinya berada di perbukitan 800 meter di atas permukaan laut sebagai daya tarik utamanya.