11 Cara Berjualan Online di Twitter dengan Efektif

Cara Berjualan Online di Twitter

Sosial media saat ini merupakan tempat paling bagus untuk menghasilkan uang tambahan. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan cara berjualan online di Twitter. Terlebih apabila termasuk sebagai pemula saat memakainya. Pastikan memahami panduannya agar bisa menarik pelanggan datang secara efektif.

Beberapa Cara Berjualan Online di Twitter

Selain berjualan di marketplace, Anda juga bisa melakukannya melalui sosial media yang paling sering trending sampai saat ini. Tidak lain yaitu Twitter. Jika sebelumnya sudah tahu tentang cara menambah pengikut di Twitter secara otomatis, maka pelajari cara menjual produk di sosmed ini lewat beberapa langkah berikut:

1. Tentukan Produknya

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menentukan produknya terlebih dahulu. Twitter sendiri kebanyakan penggunanya menyukai tema fashion seperti baju hingga sepatu. Akan tetapi, bisa juga memilih kosmetik, makanan, vitamin, atau bahkan lainnya sesuai keinginan.

Tentu penting untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. Sebagai awalan, pastikan Anda memilih satu jenis produk. Kemudian, mulai lakukan penjualan di Twitter. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila membagikan tweet ke aplikasi sosial media lainnya agar lebih banyak orang melihatnya.

2. Lengkapi Profil di Twitter

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelengkapan bagian profil. Tidak ada salahnya apabila Anda langsung menuliskan alamat toko di bio sosial media satu ini. Selain itu, isi pula dengan deskripsi yang diperlukan mengenai produk, jam buka, serta nomor customer servicenya.

Jangan lupa juga untuk mengganti foto profil khusus toko. Yakni yang memiliki logo sehingga akan menjadi identitas tersendiri sehingga pelanggan akan lebih mudah mengingatnya. Tidak ada salahnya pula apabila ingin mengeditnya semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengguna lain agar melakukan follow.

3. Follow Akun Pengguna Lain

Sebagai pengguna baru, sangat penting bagi Anda untuk lebih dahulu follow pengguna lainnya. Kemudian dapatkan follow back dari mereka sehingga pengikut akan semakin bertambah. Pasalnya, jika jumlah pengikutnya 0 tentu tidak akan ada orang yang percaya dengan usaha tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan mengikuti akun pengguna lain terlebih dahulu. Jika profil dan postingan Anda menarik perhatian tentu saja mereka tidak segan melakukan follow back. Pastikan melakukan follow akun-akun yang memang sesuai dengan target market produknya agar lebih tepat sasaran.

4. Rutin Posting Produk

Anda dapat memanfaatkan fitur Tweet untuk memposting produk. Tidak ada salahnya juga untuk menuliskan harga pada foto produknya. Dengan begitu, setiap pelanggan tidak perlu repot menanyakannya. Mereka juga akan lebih cepat dalam melakukan pemesanan.

Lakukan posting produk secara rutin di Twitter. Jika perlu, buat jadwal khusus untuk mempostingnya agar tidak terlewat setiap harinya. Tidak ada masalah walaupun di hari libur tetap membuat Tweet. Pada postingannya, pastikan menambahkan caption yang jelas dan padat sebagai informasi kepada pelanggan.

5. Manfaatkan Hashtag

Memposting produk secara rutin saja sebenarnya belum cukup. Oleh karena itu, pastikan Anda memanfaatkan juga fitur hashtag di dalamnya. Kemudian, usahakan selalu memperhatikan trending topic. Cobalah untuk menyelipkan tagar tersebut yang berhubungan dengan hal-hal viral saat itu.

Tentu saja, hashtag yang sedang populer tersebut akan sering dilihat oleh pengguna Twitter. Termasuk ketika mereka belum melakukan follow akun Anda sekalipun. Hal ini bisa jadi salah satu langkah efektif untuk mengenalkan sebuah produk tanpa perlu membayar biaya apapun.

6. Jadikan Akun Centang Biru

Agar berjualan di Twitter semakin terpercaya, maka Anda perlu membuat akun menjadi verified atau centang biru. Terlebih, setiap pengguna saat ini sudah bisa memanfaatkan layanan Twitter Blue dengan langkah-langkah cukup mudah. Dengan begitu, tidak selalu harus menjadi seorang artis terlebih dahulu.

Fitur tersebut dapat diakses oleh setiap orang. Adapun biaya yang perlu Anda keluarkan umumnya hanya sekitar ratusan ribu setiap bulan. Apabila memiliki dana lebih maka jangan lewatkan untuk mencobanya. Pasalnya, sebuah akun akan lebih mudah dikenal sehingga pembeli produk pun semakin meningkat.

7. Pakai Video untuk Promosi

Tidak hanya memanfaatkan foto dan teks, kini Anda juga bisa mencoba cara lain untuk promosi. Salah satunya yaitu dengan memakai video. Terlebih, kebanyakan audiens tentu akan semakin yakin membeli jika konten promosinya benar-benar menarik. Oleh karena itu, jangan sampai terlewat mencobanya.

Anda bisa membuat konten promosi berupa video produk secara jelas. Kombinasikan juga dengan teks caption yang menarik sehingga orang-orang akan tertuju pada postingan tersebut. Apabila ada komentar masuk, maka pastikan segera membalasnya dalam kurun waktu setidaknya 24 jam.

8. Memakai Fitur Iklan

Twitter Ads merupakan salah satu fitur berbayar yang dimiliki oleh Twitter. Anda dapat memakainya untuk mengiklankan sebuah produk di sosial media ini dengan biaya tertentu. Oleh karena itu, jangan hanya memanfaatkan langkah-langkah promosi secara gratis saja.

Tidak ada salahnya juga jika ingin mencoba memakai fitur iklan berbayar satu ini. Tentu saja bukan tidak mungkin postingan Anda akan terlihat oleh banyak pengguna. Apabila target marketnya sesuai mereka akan tertarik untuk melakukan pembelian. Terlebih, sudah ada banyak orang memanfaatkan layanan tersebut.

9. Kerjasama dengan Selebtweet

Tidak hanya Selebgram ataupun Selebtiktok, terdapat pula Selebtweet sehingga Anda sebagai pelaku usaha bisa memanfaatkannya. Yaitu dengan melakukan penyewaan jasa Selebtweet agar mereka bisa mengenalkan produk ke audiens. Termasuk untuk mereview produk secara langsung kepada followersnya.

Langkah berjualan di Twitter ini memang memerlukan tambahan biaya. Akan tetapi, jika followers dari Selebtweet tersebut sudah sesuai target market dari usaha Anda tentu saja bisa jadi langkah efektif dalam meningkatkan penjualan. Akan ada banyak orang melihat produk sehingga penjualannya pun semakin bertambah.

10. Buat Kuis Berhadiah

Anda juga bisa membuat kuis berhadiah khusus bagi orang-orang yang belum follow. Pastikan memberi syarat kepada pemenang agar melakukan follow akun terlebih dahulu. Tentu hal ini termasuk salah satu cara berjualan online di Twitter sekaligus jumlah pengikut akun agar lebih banyak.

Semakin banyak orang yang mengikuti tentunya semakin bertambah followers Anda. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri karena kebanyakan orang tentunya lebih percaya dengan akun yang memiliki jumlah pengikut besar. Kemudian jika kuis berhadiahnya trending, maka akun akan semakin populer.

11. Buat Giveaway

Selain beberapa langkah di atas, tidak mengapa apabila Anda ingin meramaikan akun dengan cara efektif lainnya. Salah satunya adalah membuat giveaway. Tentu bisa jadi alternatif lain ketika ingin menambah banyak followers secara otomatis. Untuk hadiah gratisnya sendiri yakni produk yang dijual.

Tentu saja akan ada banyak pengguna lain yang berpotensi menjadi pelanggan setia kedepannya. Bagaimana tidak? begitu mereka menerima hadiahnya, tentu saja mereka akan mengetahui kualitas dan keunggulan produk secara langsung. Tentu bisa jadi ajang promosi paling efektif dan seru.

Itu tadi beberapa cara berjualan online di Twitter yang bisa Anda lakukan. Tentu sangat penting untuk menerapkan langkah-langkahnya dari awal. Kemudian, pastikan sering memposting produk setiap harinya agar pengguna lain mengetahui bahwa akun sedang dalam keadaan aktif dan tidak ragu membeli.