Pantai Sanggar: Wisata Alam Asri dan Elok di Tulungagung

Pantai Sanggar

Tulungagung adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali pantai. Salah satunya adalah Pantai Sanggar. Menariknya destinasi ini mendapatkan julukan The Dreamland of Tulungagung karena mempunyai pemandangan asri dan indah tidak seperti pantai pada biasanya.

Sekilas Tentang Pantai Sanggar

Source: https://ksmtour.com/media/images/articles26/pantai-sanggar-tulungagung-jawa-timur.jpg

Pantai Sanggar termasuk ke dalam salah satu pantai yang berlokasi di kesunyian. Tidak heran apabila Anda harus menempuh rute perjalanan cukup ekstrim  untuk sampai ke lokasi pantai tersebut. Namun ternyata medan jalanan ini tidak membuat antusiasme pengunjung menurun.

1. Lokasi

Source: https://www.google.com/maps/@-8.2891348,111.888992,14z?hl=en&entry=ttu

Pantai Sanggar berada di  kawasan pegununungan sehingga akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk menyaksikan area gunung saat berada di perjalanan. Tentu saja hal ini menjadi pengalaman yang super mengasyikkan. Karena cukup jarang pantai yang memiliki view seperti ini.

Pantai ini berada di Kabupaten Tulungagung tepatnya di Jenglungharjo Tanggung Gunung. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota sehingga mengharuskan pengunjung  untuk menempuh perjalanan cukup ekstrim. Wisatawan akan menghabiskan waktu berangkat antara 1 jam hingga 1 jam 30 menit.

Baca juga : Pantai Ngalur, Wisata Alam Tersembunyi di Tulungagung

2. Rute Perjalanan

Apabila Anda ingin pergi ke Pantai Sanggat, khususnya bagi warga luar Tulungagung, maka bisa memilih rute menuju ke Jengglungharjo. Saat ini pengunjung pun tidak lagi kebingungan karena memanfaatkan teknologi GPS. Biasanya diperlukan waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam 20 menit.

Waktu terbaik untuk berangkat adalah di pagi hari karena sekaligus menghindari panas matahari. Anda pun tidak perlu khawatir apabila tidak membawa bekal saat di perjalanan karena di Pantai Sanggar, sudah ada banyak penjual makanan. Pihak pengelola sudah memberikan fasilitas secara lengkap.

3. Harga Tiket Masuk

Pantai Sanggar adalah salah satu wisata alam yang mempunyai keindahan tersembunyi sehingga masih belum banyak dijamah oleh pengunjung khususnya dari luar Tulungagung. Untuk itu, Anda pun tidak perlu khawatir mengenai harga tiket masukknya karena pengunjung tidak perlu membayar alias gratis.

Untuk itu, Pantai Sanggar menjadi pilihan paling tepat bagi siapa saja yang hendak berlibur dengan budget minim. Sebenarnya pantai ini masih berada dalam satu daerah dengan Pantai Ngalur dan Pantai Sine. Jadi Anda pun bisa berkunjung sekaligus untuk explore Tulungagung pada beberapa pantai cantiknya.

4. Akses Jalanan Masih Sulit

Satu hal yang perlu Anda tahu mengenai Pantai Sanggar adalah akses jalanannya memang masih sulit. Pengunjung hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Bahkan untuk kendaraan bermotor pun harus ekstra hati-hati selama di perjalanan karena jalanan terjal dan ekstrim.

Bahkan medan jalannya akan semakin memburuk dan terjal apabila seusai hujan lebat. Hal ini karena masih banyaknya lumpur dan tanah liat sehingga membuatnya bertambah licin. Semua pengunjung pun diwajibkan agar selalu berhati-hati.

Objek Wisata Menarik di Pantai Sanggar

Ada beberapa objek wisata di Pantai Sanggar yang sudah menjadi daya tariknya. Anda pun bisa menjadikannya sebagai alasan utama untuk berkunjung ke wisata alam satu ini. Banyak pengunjung memilih untuk bermain pasir putih karena destinasi ini memang terkenal dengan pasir putihnya.

1. Pasir Putih

Pantai Sanggar
Source: https://www.pantainesia.com/wp-content/uploads/2018/05/pantai-sanggar-1248×703.jpg

Kebanyakan pantai yang berada di Jawa memang berwarna coklat, namun Anda pun bisa menjumpai pasir putih di Pantai Sanggar. Hal ini karena wisata alam ini belum begitu banyak terjamah oleh orang. Maka dari itu, lingkungannya masih sangat asri dan belum banyak perubahan di sana.

Anda bisa bersantai dengan bebasnya di Pantai Sanggar tanpa harus bertemu banyak orang. Jadi segeralah merencanakan untuk berlibur di pantai ini sebelum diketahui oleh pengunjung lainnya. Meskipun harus ditempuh dengan perjalanan cukup ekstrim terlebih dahulu.

2. Bermain Air dan Pasir Pantai

Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Sanggar-Tulungagung.jpg

Dengan hamparan pasir putih yang ada di Pantai Sanggar, pastinya akan menjadi hal menyenangkan bagi siapa saja untuk bersenang-senang di sana. Pantai ini pun memiliki perairan masih bersih yakni berwarna cenderung hijau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini bersama rombongan berlibur.

Anda bisa bermain air dan pasir pantai asalkan tetap dalam jangkauan aman. Jangan terlalu jauh dari bibir pantai terlebih jika air laut sedang pasang. Tentu saja hal ini akan membahayakan nyawa diri sendiri atau bahkan orang lain.

3. Batuan Karang

Beberapa pantai yang memiliki batuan karang di sekitarnya memang menjadi daya tarik tersendiri. Begitupun di Pantai Sanggar. Anda pun bisa menemukan batu-batu di sekitaran bibir pantai. Beberapa pengunjung sering bermain di spot ini untuk hunting foto hingga refleksi kaki dengan berjalan di atasnya.

Batuan karang yang ada di Pantai Sanggar memang masih berukuran cukup besar. Hal ini menjadi salah satu spot menarik dan bisa Anda rasakan keasriannya selama berada di sana. Wisatawan akan tetap aman bermain di batuan karang karena masih berada di pinggiran pantai tanpa khawatir terkena ombak.

4. Bulu Babi dan Ikan Hias

Untuk pertama kalinya, mungkin akan menjadi pengalaman yang menarik untuk merasakan pengalaman melihat ikan hias dan bulu babi di sekitaran pantai Jawa Timur bagi Anda. Wisatawan bisa menyaksikan pemandangan seperti ini di Pantai Sanggar. Bahkan ada hewan menarik lainnya juga.

Anda bisa secara langsung menikmati bulu babi apabila berkunjung ke Pantai Sanggar ini. Hal ini karena pantai tersebut masih terlihat sangat sepi dan minim pengunjung. Coba saja untuk mencarinya di balik bebatuan karang. Namun tetap berhati-hati bagi wisatawan yang memiliki alergi pada makanan laut.

5. Lokasi Berkemah

Pantai Sanggar
Source: https://i3.wp.com/tempatwisataseru.com/wp-content/uploads/2022/01/[email protected]?resize=780,470

Aktivitas ini seringkali dilakukan oleh banyak pengunjung di Pantai Sanggar. Mungkin Anda juga ikut tertarik untuk bermalam di sekitaran pantai. Pastinya akan menjadi pengalaman liburan menyenangkan yakni menyaksikan bintang-bintang di malam hari sekaligus menantikan momen matahari terbit.

Pantai Sanggar pun terbilang cukup nyaman untuk Anda jadikan sebagai tempat berkemah. Bibir pantainya pun relatif luas sehingga masih bisa mendirikan tenda dengan leluasa. Apabila memiliki niatan berkemah, maka bisa membawa perlengkapan langsung dari rumah.

6. Menikmati Sunrise dan Sunset

Pantai Sanggar adalah salah satu pantai yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menantikan pemandangan sunrise dan sunset. Bagi beberapa wisatawan yang mendirikan tenda, mereka pun rela bangun pagi demi menantikan momen matahari terbit. Jangan khawatir jika sendirian khususnya pada libur panjang dan waktu weekend. 

Tentu saja Anda juga tidak mau kehilangan momen tersebut. Apabila ingin menikmati momen matahari terbit, bisa berangkat dari rumah sekitar jam 4 pagi. Namun akan lebih aman apabila menyaksikan sunset saja apabila wisatawan harus menempuh perjalanan dari rumah tanpa bermalam.

Baca juga : Pantai Molang Tulungagung: Wisata Alam yang Cantik dan Memukau

Pantai Sanggar menjadi salah satu opsi destinasi alam di Tulungagung yang masih sepi pengunjung. Anda bisa bermain sepuasnya di sini hingga malam hari dengan mendirikan tenda. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan tenda dan bekal makanan minuman karena masih minim pengelolaan dari pihak setempat.