Pantai Sine, Cocok untuk Wisata Alam di Tulungagung

Pantai Sine

Pantai Sine sudah tidak lagi asing bagi warga Tulungagung. Bahkan pantai ini pun cukup terkenal untuk pengunjung wisatawan di Jawa Timur. Selain itu, destinasi ini juga termasuk ke dalam salah satu wisata alam terbaik dan paling indah yang ada di kota tersebut.

Pantai Sine, Pantai dengan Barisan Perbukitan

Pantai Sine
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/pantai-sine/wisata-keluarga-di-pantai-sine.jpg

Daya tarik utama yang ada di Pantai Sine adalah barisan perbukitan di sekelilingnya. Jadi ketika Anda berkunjung ke wisata ini, bukan hanya melihat pemandangan pantai saja melainkan juga menyaksikan panorama khas bukit. Beberapa diantaranya bahkan yerlihat tebing di arah utara sebagai pancuran alami.

Air dari pancuran ini berasal dari mata air yang ada di atasnya. Kawasan Hutan Lindung juga mempertegas Pantai Sine masih alami meskipun ada banyak pengunjung hingga saat ini. Ada banyak hal menarik di sini termasuk juga kampung nelayan di sekitar bibir pantai.

Tidak heran apabila pantai ini selalu ramai oleh aktivitas perahu berlalu lalang dan parkir di bibir pantai. Pasalnya warga setempat masih menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama. Justru hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan karena mereka sudah jarang melihat pemandangan tersebut.

Baca juga : Pantai Sidem Tulungagung: Wisata Alam di Kaki Bukit

Informasi Umum tentang Pantai Sine Tulungagung

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Sine, maka ada beberapa informasi penting di bawah ini perlu diketahui. Khususnya bagi warga luar Tulungagung, pastinya harus mengetahui rute perjalanan terlebih dahulu. Jadi jangan hanya mengandalkan Google Maps saja. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Lokasi Pantai Sine

Source: https://www.google.com/maps/@-8.2898387,111.9251449,14z?entry=ttu

Pantai Sine berada di Tulungagung tepatnya di Desa Kalibatur Kec. Kalidawir. Mungkin bagi kebanyakan wisatawan masih kebingungan untuk menentukan rute perjalanannya. Anda pun bisa bertanya langsung kepada warga setempat karena orang-orang Tulungagung juga terkenal akan keramahannya.

Selain itu, jika masih bingung juga, gunakan saja Google Maps untuk menuju ke Pantai Sine. Mengingat bahwa pantai ini sudah cukup terkenal di daerah Tulungagung, pastinya destinasi ini telah terlacak di layanan maps tersebut. Anda tidak perlu kebingungan lagi saat menentukan rute perjalanannya.

2. Rute Perjalanan Wisata

Lokasi pantai kurang lebih berjarak 29 kilometer jika Anda berangkat dari pusat Kab. Tulungagung. Biasanya pengunjung akan memakan perjalanan sekitar 1 jam saja. Untuk rute pertama, Anda bisa memilih arah perempatan Gragalan. Selanjutnyabelok kiri dan lurus mengikuti jalur hingga ke Kec. Kalidawir.

Dari Kalidawir, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Sine dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah ada di sepanjang perjalanan. Sementara untuk rute kedua yakni bisa memilih berangkat dari Pasar Campur Darat. Teruskan saja hingga ke lampu lalu lintas menuju Desa Ngentrong – Kec. Tanggung Gunung.

3. Harga Tiket Masuk

Perlu Anda tahu bahwa Pantai Sine yang termasuk ke dalam wisata alam terkenal di Tulungagung pastinya telah memiliki pihak pengelola sampai saat ini. Maka dari itu, pengunjung pun harus membayar HTM untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Tiket masuknya adalah Rp 10 ribu baik weekday atau weekend.

Setelah itu, Anda juga harus mempersiapkan tiket parkir Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 3 ribu saja bagi pengendara motor. Mungkin saja HTM ini bisa berubah kapan saja tanpa ada pemberitahuan. Jadi alangkah lebih aman agar membawa uang lebih agar tetap nyaman.

4. Jam Buka

Menariknya, Pantai Sine ini pun buka selama 24 jam. Anda bisa berkunjung ke sana mulai dari pagi hingga sore hari. Mengingat bahwa akses jalannya juga sudah cukup baik dan aman untuk kendaraan roda empat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa wisata alam ini selalu ramai oleh pengunjung.

Untuk hari operasionalnya sendiri, Pantai Sine juga buka setiap hari. Mungkin saja akan lebih ramai ketika bertepatan dengan hari libur panjang maupun akhir minggu. Maka dari itu, saran terbaik berkunjung ke wisata ini adalah di pagi hari sekaligus menikmati matahari terbit karena masih sepi pengunjung.

5. Fasilitas dan Wahana yang Tersedia

Sebagai salah satu tempat wisata alam yang menarik di Tulungagung, Anda pun bisa menemukan fasilitas secara lengkap di lokasi ini. Pengunjung tidak lagi kebingungan guna mencari makanan dan minuman karena sudah banyak rumah makan tersedia di sekitaran pantai dengan menu khas laut.

Menariknya lagi, Anda bisa mencoba wahana ATV yang sudah tersedia di sekitaran Pantai Sine. Coba saja dengan membayarkan tarif sewanya. Nanti pengunjung dapat berkeliling lokasi pantai menggunakan ATV. Tentu saja hal ini terdengar lebih menarik daripada hanya berjalan-jalan saja.

Daya Tarik Pantai Sine

Tidak hanya menawarkan fasilitas dan wahana yang lengkap dan menarik, masih ada banyak daya tarik dari Pantai Sine dan wajib untuk Anda nikmati satu per satu. Mungkin hanya sekedar menikmati pemandangan saja namun hal ini terdengar begitu berbeda jika dilakukan di pantai Tulungagung satu ini.

1. Keindahan Pemandangan Khas Pantai Sine

Source: https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2021/02/Pantai-Sine-Tulungagung.jpg

Tentu Anda setuju bahwa setiap pantai memiliki pemandangan yang berbeda-beda pada setiap lokasinya. Hal ini akan menjadi daya tariknya begitupun di Panatai Sine. Pengunjung bisa menyaksikan panorama pantai sekaligus barisan bukit dan tebing di sekitarnya. Ombaknya pun juga tidak begitu besar.

Tidak  heran apabila Pantai Sine mendapatkan julukan sebagai Bali dari Kota Tulungagung. Selain itu, daya tarik utama dari pantai ini adalah area pasirnya yang begitu luas. Pihak pengelola akhirnya menyediakan wahana ATV demi memberikan kenyamanan dan keseruan baru bagi seluruh wisatawan.

2. Acara Rutinan Pagelaran

Pantai Sine
Source: https://cdn.antaranews.com/cache/730×487/2017/09/20170923Upacara-Larung-Sesaji-Pantai-Selatan-230917-IA-2.jpg

Pantai Sine juga masih memiliki nilai budaya dari warga setempat. Hal ini terbukti dari beberapa acara rutinan pagelaran sering diadakan di sekitaran tempat wisata. Salah satunya adalah Wayang Kulit untuk memperingati 1 Suro. Selain itu, jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan acara tradisional lainnya.

Pihak pengelola memang sengaja untuk melestarikannya agar nilai budaya masih terjaga di Pantai Sine. Anda pun juga bisa mengikuti acara ritual seperti Upacara Larung Sesaji. Upacara ini bertujuan untuk mengusir hal-hal buruk menurut kepercayaan dari warga setempat.

3. Spot Foto Khas Pantai Sine

Pantai Sine
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/pantai-sine-1.jpg

Tidak hanya menikmati pemandangannya saja, Anda pun harus mengabadikan momen tersebut selama berlibur di Pantai Sine. Ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat ditemukan di sini. Salah satunya adalah hamparan area pasir pantai yang begitu luas sekaligus menantikan momen matahai terbenam.

Ada banyak pengunjung yang rela untuk menunggu momen matahari terbenam hingga waktu petang. Mungkin saja Anda pun juga tertarik menantikannya. Jangan takut sendirian karena ada beberapa wisatawan lainnya memang sengaja mendirikan tenda agar mereka bisa bermalam di sekitraan bibir pantai.

Baca juga : Pantai Molang Tulungagung: Wisata Alam yang Cantik dan Memukau

Pantai Sine adalah salah satu wisata alam yang sudah terkenal di Tulungagung. Apabila Anda mencari rekomendasi pantai di sini, pasti Sine akan menjadi salah satu jawabannya. Ada banyak hal menarik dapat ditemukan mulai dari bermain ATV di pantai hingga menyaksikan hamparan perbukitan.