Kampung Susu Dinasty Tulungagung: Berwisata Sekaligus Belajar

Kampung Susu Dinasty

Kampung Susu Dinasty menawarkan destinasi wisata keluarga yang ramah khususnya bagi anak. Pasalnya tidak hanya berwisata namun Anda juga bisa menjumpainya sebagai pusat edukasi menarik selama libruan di sini. Tidak heran apabila menjadi tempat yang populer dan tidak pernah sepi pengunjung.

Wisata Edukasi di KSD Tulungagung

Kampung Susu Dinasty
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Jam-Buka-Kampung-Susu-Dinasty.jpg

Warga setempat lebih sering menyebutnya sebagai KSD Tulungagung. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah ketika pengunjung akan mendapatkan pengalaman belajar tentang ternak sapi yang benar hingga praktek pemerahan susu sapi perah. Tentu kegiatan ini akan terasa sangat menyenangkan.

Sudah menjadi hal yang umum apabila Anda hanya melihat cara budidaya sapi perah dan proses produksi susu, namun berbeda cerita jika berkunjung langsung di Kampung Susu Dinasty. Tidak hanya menyaksikan saja namun wisatawan bisa langsung mencoba memerah susu sapi sesuai dengan arahan petugas.

Baca juga : Pantai Kedung Tumpang Tulungagung, Mengenal Wisata Alam sekaligus Upacara Adat

Anak-anak pun bisa belajar memberikan makanan ke sapi dan kuda menggunakan pakan rumput. Selain itu mereka juga praktek menangkap ikan, memerah susu sapi perah dan menanam tanaman. Tentu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi wisatawan anak-anak di zaman sekarang.

Berlibur dan Belajar di Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Bagi Anda yang berencana berlibur di Kampung Susu Dinasty, maka ada banyak spot menarik di sini. Namun sebelumnya, pastikan mengetahui beberapa informasi penting di bawah ini. Khususnya bagi  pengunjung dari luar Tulungagung, pastinya akan membingungan menemukan rute perjalanannya.

1. Harga Tiket Masuk

Meskipun terkenal sebagai tempat wisata edukasi, namun harga tiket masuk dari Kampung Susu Dinasty pun sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan Rp 5 ribu saja untuk bisa masuk ke dalamnya. Sebelum ada pihak pengelola, dulunya HTM masih gratis meski masih sapi pengunjung.

Hanya dengan Rp 5 ribu saja, Anda sudah bisa berwisata bersama keluarga sekaligus menikmati pemandangan sekitar. Pengunjung pun akan mengetahui bagaimana proses tentang pembuatan olahan susu hingga budidaya sapi. Jadi, jangan pernah sia-siakan kesempatan bermain di sini.

2. Lokasi Wisata

Source: https://www.google.com/maps/dir/Kota+Tulungagung,+Tulungagung+Regency,+East+Java/Kampung+Susu+Dynasty+Tulungagung,+Kabupaten+Tulungagung,+66263,+Jl.+Raya+Gondang,+Bakalan,+Sidem,+Tulungagung,+Jawatimur,+Jawa+Timur,+66263/@-8.0742149,111.8036435,12z/am=t/data=!3m1!4b1!4m19!4m18!1m10!1m1!1s0x2e78e2fac4fe1167:0x4027a76e3532000!2m2!1d111.9641728!2d-8.091221!3m4!1m2!1d111.8256459!2d-8.0782602!3s0x2e791d11e8882b29:0xd4d0eb6f48f8dacf!1m5!1m1!1s0x2e791ce1ce0c679d:0x9b2c13f2fc48f329!2m2!1d111.808338!2d-8.072103!3e0?hl=en&entry=ttu

Mungkin saja bagi sebagian besar pengunjung yang berasal dari luar Tulungagung akan sedikit kebingungan untuk menentukan rute perjalanannya. Hal ini pun wajar meskipun sebenarnya akses jalannya tidak begitu sulit. Lokasinya berada di Desa Sidem, Kec. Gondang Kab. Tulungagung Jawa Timur.

Waktu tempuhnya sekitar 40 menit saja apabila Anda berangkat dari pusat Kota Tulungagung. Jadi tidak akan memakan waktu yang lama. Jaraknya hanya 22 kilometer saja. Calon wisatawan bisa mengandalkan Google Maps untuk menemukan rute perjalanan paling aman menuju ke tempat wisata.

3. Rute Perjalanan

Rute perjalanannya bisa Anda mulai dari jalur menuju ke arah Desa Notorejo. Selanjutnya lurus saja hingga bertemu perempatan jalan. Di sebelah kiri jalan akan ada sebuah jembatan. Nantinya di arah utara lurus hingga menemukan perempatan Balai Desa Notorejo.

Selanjutnya, Anda bisa ke arah barat sampai mentok menemukan pertigaan masjid. Ambil arah ke kiri dan ikuti jalur tersebut hingga bertemu lokasi wisata Kampung Susu Dinasty. Pengunjung perlu memberhentikan kendaraan mereka di tempat penitipan kendaraan baik untuk roda dua atau empat.

4. Fasilitas Umum Penunjang

Sebagai tempat wisata edukasi, tidak heran apabila Kampung Susu Dinasty sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Anda pun bisa merasa nyaman selama ada di dalamnya. Beberapa diantaranya mulai dari toilet umum, gazebo, tempat makan dan juga tempat parkir yang luas.

Kandang sapi dan kuda pun sudah terjamin kebersihannya sehingga tetap memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Selain itu ada juga berbagai wahana permainan anak karena Kampung Susu Dinasty terkenal sebagai wisata yang ramah untuk anak-anak.

Wahana Menarik di Kampung Susu Dinasty Tulungagung

KSD Tulungagung sebenarnya adalah tempat wisata yang berbasis peternakan sapi. Namun ternyata Anda juga bisa menemukan taman kelinci atau bahkan berkuda serta wahana anak-anak lainnya. Harapannya adalah wisatawan dapat mengenal dan memahami lebih dalam mengenai hewan ternak.

1. Berwisata Edukasi

Source: https://tulungagungdaring.id/wp/wp-content/uploads/2018/04/KSD.jpg

Pengunjung yang datang secara berkelompok bisa memilih paket khusus. Nantinya selama mereka ada di sana akan dipandu oleh pihak pemandu wisata. Anda diajak berkeliling ke semua wahan edukasi sekaligus mendapatkan penjelasan secara langsung tentang peternakan sapi perah.

Wisata edukasi Kampung Susu Dinasty ini memiliki tujuan untuk mengangkat nilai ekonomi dari sisi wisata. Harapannya adalah pengunjung anak-anak bisa lebih mencintai dunia hewan. Mereka pun akan mengetahui bagaimana cara budidaya dari binatang ternak secara tepat hingga menghasilkan keuntungan.

2. Taman Kelinci dan Berkuda

Kampung Susu Dinasty
Source: https://www.yangpentinghepi.com/assets/picture/medium/2020/Januari/8/Kampung%20Susu%20Dynasty,%20Wisata%20Edukasi%20Di%20Tulungagung/2.png

Kampung Susu Dinasty Tulungagung memang hadir dalam bentuk peternakan sapi. Namun ternyata kali ini, Anda juga bisa menemukan taman kelinci sebagai salah satu wahananya. Pastinya akan menjadi pengalaman yang menarik bagi siapa saja ketika mereka menemukan kelinci dalam jumlah banyak.

Tidak hanya peternakan sapi dan wisata berkuda, Anda pun juga bisa menemukan wahana berkuda selama berada di sini. Pengunjung harus membayar tiket dulu untuk menaiki kuda tersebut. nantinya akan berkeliling menyusuri lokasi KSD Tulungagung dengan menunggangi kuda.

3. Edukasi Tanaman Hidroponik

Kampung Susu Dinasty
Source: https://cdn2.tstatic.net/banjarmasinposttravel/foto/bank/images/kebun-5.jpg

Pengunjung yang datang ke wisata ini pun bisa mempelajari tentang budidaya tanaman hidropinik. Wahana ini hadir dalam bentuk green house yang fungsinya adalah untuk bercocok tanam menggunakan cara hidroponik. Ilmu seperti ini sangat menarik bagi siswa SD sampai dengan SMP.

Jadi tidak hanya belajar tentang hewan ternak saja namun Anda juga bisa mendapatkan ilmu tentang tanaman hidroponik. Bahkan bagi pengunjung yang tertarik, akan berkesempatan membuat minuman saji dari susu sapi.

4. Spot Foto Kekinian

Kampung Susu Dinasty
Source: https://www.travelingan.net/wp-content/uploads/2019/07/Spot-Foto-Kampung-Susu-Dinasty-Tulungagung.jpg

Sebuah lokasi wisata tidak akan lengkap apabila tidak memiliki banyak spot foto kekinian. Anda pun bisa mengabadikan momen liburan selama berada di Kampung Susu Dinasty. Salah satunya adalah ikon bangunan berkonsep Eropa sejak memasuki kawasan wisaa tersebut.

Ketika sudah melewati jalan beton, Anda bisa bersantai terlebih dahulu di beberapa gazebo yang sudah tersedia. Sampai saat ini, pengelolaannya memang cukup memadai. Jadi Anda pun akan selalu merasa nyaman selama berada di kawasan wisata KSD Tulungagung.

5. Pemandian Waterboom

Pemandian yang tersedia di KSD Tulungagung ini khusus bagi anak-anak saja. Hal ini karena kedalaman airnya hanya 50 cm saja sehingga tidak cocok untuk orang dewasa. Pengunjung yang sudah lelah berjalan mengitari lokasi wisata, bisa langsung menyegarkan diri mereka di wahana waterboom.

Apabila anak-anak Anda tertarik, maak bisa menyiapkan HTM sebesar Rp 10 ribu untuk menikmati kesegaran di pemandian KSD Tulungagung tersebut. Bagi orang tua tetap harus mengawasi buah hati mereka selama berada di kolam pemandian.

Baca juga : 27 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Khusus Untuk Anda

Kampung Susu Dinasty terkenal sebagai salah satu wisata edukasi yang berbasis peternakan sapi. Anda pun bisa berkunjung ke sana sekaligus mempelajari budidaya hewan ternak seperti sapi, kelinci dan kuda. Ada banyak wahana menarik lainnya seperti waterboom dan berkuda.