Pantai Gemah Tulungagung: Daya Tarik, HTM dan Rute Perjalanan

Pantai Gemah

Tulungagung adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang tidak pernah habis oleh wisata alamnya. Mungkin saja Anda pernah mendengar tentang Pantai Gemah. Sudah lama dikenal sehingga akses jalannya pun juga telah mudah. Pengunjung bisa membawa kendaraan roda dua maupun empat.

Informasi Sekilas Tentang Pantai Gemah Tulungagung

Tulungagung, Jawa Timur memang diakui memiliki banyak sekali destinasi pantai. Beberapa diantaranya berlokasi di satu daerah sehingga membuat pengunjung tertarik untuk datang sekaligus. Terlebih jika memiliki pemandangan pasir putih tentunya menyebabkan wisatawan betah berlama-lama.

1. Lokasi, Jam Operasional dan HTM

Pantai Popoh

Pantai Gemah berlokasi di Kec. Besuki tepatnya di Jalur Lintas Selatan Desa Keboireng. Lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai lainnya sehingga pengunjung seringkali berkunjung ke beberapa pantai sekaligus. Pastinya hal ini terasa begitu menyenangkan untuk menjadi destinasi wisata keluarga.

Menariknya lagi, Pantai Gemah buka selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja bahkan untuk mendirikan tenda dan bermalam di sektaran pantai. Sementara pada HTMnya, pengunjung perlu membayarkan uang sebesar Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 7 ribu jika berkunjung di hari libur.

Baca juga : Pantai Klatak Tulungagung: Informasi Rute Perjalanan Hingga Tips Wisata

2. Rute Perjalanan Wisata

Mungkin bagi warga luar Tulungagung masih merasa kebingungan dengan rute perjalanan yang ditempuh. Hal ini pun wajar namun tidak perlu menurunkan semangat Anda untuk berkunjung ke Pantai Gemah. Pasalnya salah satu destinasi alam satu ini memang menyajikan keindahan alam luar biasa.

Pertama, Anda bisa berangkat dari pusat Kota Tulungagung. Selanjutnya memilih Jalan Pesantren menuju ke arah Boyolangu melewati Jalan Ki Mangun Sarkoro hingga lanjut ke Jalan Raya Popoh. Berikutnya jika sudah sampai di Jalur Lintas Selatan, Anda hanya perlu melanjutkan ke arah Pantai Gemah.

3. Fasilitas yang Tersedia

Mengingat bahwa Pantai Gemah adalah salah satu pantai yang sudah lama dikenal di Tulungagung, membuat pihak pengelola pun akhirnya memberikan fasilitas secara lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Anda sudah bisa menemukan warung makan, toilet, mushola hingga ruang ganti.

Bukan hanya itu saja, saat ini sudah ada banyak wahana yang bisa Anda coba selama di Pantai Gemah. Pengunjung dapat menjajal flying fox dan ATV untuk melihat pemandangan sekitaran pantai.  Pastinya masih sangat sering bagi beberapa pantai memiliki wahana tersebut.

Daya Tarik dan Wahana Pantai Gemah Tulungagung

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Gemah adalah mempunyai beberapa wahana permainan yang tidak dipunyai pantai lainnya. Anda pun bisa berkunjung hanya untuk menaiki ATV atau bahkan mencoba wahana flying fox. Pastinya akan terasa sangat menyenangkan bagi setiap pengunjung.

1. Menikmati Pemandangan Hutan Pinus

Tidak hanya menikmati pemandangan khas pantai saja, namun Anda juga bisa menyaksikan hutan pinus di sekitaran Pantai Gemah. Ada banyak pengunjung yang  menjadikannya sebagai lokasi berkemah. Areanya pun cukup luas sehingga menjadi tempat paling cocok untuk menggelar tikar.

Adanya hutan pinus di sekitaran pantai ini membuat Pantai Gemah jadi berbeda dengan lainnya. Anda pun bisa berteduh terlebih saat matahari sedang terik-teriknya di atas kepala. Ada banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai latar belakang berfoto karena tampak begitu indah dan aesthetic.

2. Berfoto Selama di Pantai

Pantai Gemah
Source: https://1.bp.blogspot.com/-1eoCrhyquCE/XZB_Ae1Ht-I/AAAAAAAAEI8/2f9rCSRCD80KJTyRHKfMUCS9OBW_qpUFgCEwYBhgL/s1600/Pantai-Gemah.jpg

Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan di Pantai Gemah. Area pantai ini dikelilingi oleh kawasan hutan sehingga membuat kawasan wisata tetap terlihat segar. Pengunjung tidak hanya merasa puas oleh pepohonan pinus saja namun masih ada beberapa spot menarik lainnya perlu di-explore.

Hamparan pasir putiih milik Pantai Gemah menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu, air lautnya pun juga terkesan lebih tenang dengan warna biru. Latar belakang seperti ini sangat cocok untuk masuk ke dalam feeds Instagram Anda. Namun tetap nikmati suasana alamnya tanpa harus banyak bermain ponsel.

3. Persewaan Motor Trail dan ATV

Source: https://img.inews.co.id/media/1200/files/inews_new/2022/05/04/pantai_gemah.jpg

Bagi beberapa pengunjung mungkin akan terasa membosankan jika harus bersantai dan berjalan kaki di area pantai. Kali ini Anda bisa mencoba menyewa ATV dan motor trail untuk mengelilingi sekitaran tepat wisata. Tarif sewanya adalah Rp 100 ribu pada ukuran besar dan Rp 80 ribu pada ukuran lebih kecil.

Jika Anda lebih suka dengan wahana yang memicu adrenalin, maka menaiki motor trail menjadi pilihan paling tepat. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 60 ribu per jamnya. Pastinya akan menjadi pengalaman liburan yang berbeda apabila bisa mengelilingi wisata alam pantai bersama motor trail.

4. Menaiki Kapal atau Banana Boat

Source: https://dolanyok.com/wp-content/uploads/2019/11/banana-boat-pantai-gemah-tulungagung.jpg

Wahana lain yang tidak boleh ketinggalan adalah banana boat. Anda bisa membayar Rp 10 ribu untuk sekali naik bersama 10 orang. Jika tidak memiliki kemampuan untuk berenang, maka tenang saja karena setiap penumpang tetap menggunakan pelampung sehingga akan aman selama berada di laut.

Untuk wahana yang lebih tenang karena tidak menguji adrenalin, Anda bisa mencoba menaiki perahu saja. Khususnya bagi pengunjung ingin menikmati birunya lautan di sekitaran Pantai Gemah tersebut. Harganya pun juga sangat murah yakni pengunjung hanya perlu membayar Rp 10 ribu per 20 menit.

5. Jet Ski

Tidak hanya berhenti pada wahana banana boat dan menaiki kapal saja, Anda pun juga bisa mencoba naik jet ski untuk menguji adrenalin selama berada di Pantai Gemah. Permainan ini akan menjadi cara yang seru bagi siapa saja ketika ingin menikmati suasana pantai.

Namun pastikan jika Anda sudah membawa baju ganti karena selama menaiki wahana seperti ini, pakaian sebelumnya dipastikan akan basah. Oleh karena itu, tetap jaga-jaga saja untuk menyiapkan baju.

6. Naik Flying Fox

Source:
https://phinemo.com/wp-content/uploads/2018/10/pantai.jpg

Terakhir, Anda juga bisa menaiki flying fox sebagai salah satu wahana cukup banyak penggemarnya di Pantai Gemah. Ketinggiannya kurang lebih sekitar 40 meter dengan pemandangan yang cukup indah. Apabila tertarik, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 25 ribu saja untuk satu kali naik.

Anda bisa menikmati pemandangan sekitar pantai dari atas ketinggian. Selama menaiki flying fox, akan tetap didampingi oleh petugasnya sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu pastinya juga sudah menggunakan perlengkapan demi keamanan wisatawan.

7. Kuliner Pantai

Tidak boleh ketinggalan, Anda harus mencoba kulineran di Pantai Gemah. Pengunjung tidak perlu khawatir jika harus merasa kelaparan selama berwisata di sini. Pasalnya ada banyak sekali warung makan menjajakan dagangannya khususnya makanan khas laut.

Anda bisa mencoba beberapa menu seperti udang asam manis, gurita bakar, cumi-cumi saus tiram dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga untuk menyantapnya bersamaan dengan air kelapa agar lebih terasa suasana pantainya.

Baca juga : Pantai Coro Tulungagung – HTM, Lokasi dan Daya Tariknya

Itulah tadi beberapa informasi penting dan wahana apa saja yang ada di Pantai Gemah. Apabila Anda belum pernah  berkunjung, maka bisa langsung mengikuti rute perjalanan di atas. Akses jalannya pun juga sudah sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan bagi calon pengunjung.