Pantai Pathok Gebang: Julukan Pantai Perawan Tulungagung  

Pantai Pathok Gebang

Bagi kebanyakan pengunjung yang memang bertujuan ke pantai, tentu saja mereka akan berpikir-pikir ulang tentang kendaraan apa yang bisa digunakan untuk sampai ke lokasi. Salah satunya adalah Pantai Pathok Gebang karena Anda dapat menggunakan kendaraan roda empat agar bisa ke tempat tujuan.

Sekilas Keindahan Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Fasilitas-di-Pantai-Pathok-Gebang.jpg

Pantai Pathok Gebang menjadi salah satu pantai di Tulungagung yang memiliki cukup banyak pengunjung. Hal ini karena wisata alam tersebut menawarkan pemandangan terbaik dan recommended jika Anda hendak berkunjung ke ana.

Salah satu landmark terbaik dari pantai ini adalah memiliki karang cantik. Anda pun akan merasa terhipnotis selama berlibur di pantai tersebut. Bahkan tidak menjadi rahasia umum lagi ketika seorang traveler tidak kebingungan untuk menentukan tempat wisata saat mereka sedang berada di Tulungagung.

Baca juga : Pantai Gerangan Tulungagung: Pesona Keindahan Khas Desa Ngrejo

Apabila Anda berencana untuk berlibur di Pantai Pathok Gebang, maka perlu membaca beberapa informasi di bawah ini. Khususnya bagi pengunjung di luar Tulungagung. Akan ada banyak hal-hal penting yang wajib untuk diketahui terlebih jika belum pernah berkunjung ke wisata alam satu ini.

Informasi Umum Tentang Pantai Pathok Gebang

Source: https://img.inews.co.id/media/600/files/networks/2022/08/06/8a941_pantai-pathok-gebang.jpg

Bagi Anda yang berniat untuk berkunjung ke Pantai Pathok Gebang, maka bisa memahami beberapa informasi penting di bawah ini. Bagi pengunjung di luar Tulungagung wajib mengetahui bagaimana rute perjalanannya. Tujuannya adalah agar tidak tersesat selama di perjalanan dan bisa sampai tujuan.

1. Harga Tiket Masuk

Aktivitas liburan selama di Kabupaten Tulungagung memang bisa Anda akses dengan harga yang sangat murah. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Bahkan cukup mengedepankan kualitas selama berlibur saja daripada menghabiskan duit cukup banyak.

Salah satunya yakni ketika Anda berkunjung ke Pantai Pathok Gebang satu ini. Dengan pemandangan yang super indah, pengunjung pun hanya perlu mengeluarkan harga tiket sebesar Rp 5 ribu saja per orang. Tentu hal ini terdengar begitu terjangkau. Namun siapkan uang juga untuk tarif parkir khususnya kendaraan besar.

2. Lokasi Wisata

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang memang sudah menjadi salah satu wisata hits dan populer yang ada di Tulungagung bahkan di Jawa Timur. Tidak heran apabila Anda bisa bertemu dengan banyak pengunjung selama berada di perjalanan. Khususnya di hari libur, maka akan ada berbagai wisatawan dari luar daerah.

Lokasi dari Pantai Pathok Gebang sendiri yakni di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi bahkan roda empat karena salah satu keunggulan dari wisata alam satu ini adalah memiliki akses jalan yang sangat mudah.

3. Rute Perjalanan

Anda bisa berangkat dari pusat Kota Tulungagung. Selanjutnya ambil arah ke selatan ke Campurdarat. Setelahnya, ada pertigaan dan belok kiri ke Pantai Popoh sesuai dengan petunjuk jalan yang ada. Jika sudah sampai di SMA Campurdarat, belok kiri menuju ke Tanggunggunung dan berhenti di SMP Tanggunggunung.

Anda bisa belok kanan menuju ke Desa Jengglungharjo. Apabila ada percabangan jalan, ambil saja jalur ke kiri. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Dusun Ngelo. Tanya saja ke warga setempat, arah menuju ke Pantai Sanggar. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke barat untuk naik bukit hingga masuk ke hutan.

4. Jam Buka

Tidak hanya murah saja, Pantai Pathok Gebang juga buka selama 24 jam. Anda bisa menghabiskan waktu liburan di sini sekaligus bermalam selama beberapa hari. Namun jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan tenda sendiri karena mengantisipasi apabila tidak ada pihak persewaan.

Destinasi pantai cantik Tulungagung satu ini bisa Anda kunjungi untuk melepaskan penat dari pekerjaan sehari-hari. Mereka buka setiap hari mulai dari pagi hingga kembali terang lagi. Jadi jangan khawatir apabila nantinya pihak pengelola segera menutup lokasi wisata jika hari sudah mulai gelap.

5. Fasilitas yang Tersedia

Anda tidak perlu kebingungan selama berada di Pantai Pathok Gebang. Seiring dengan berkembangnya waktu, pihak pengelola sudah memperbaiki segala fasilitas di tempat wisata ini demi kenyamana pelanggan. Mulai dari warung wisata, toilet atau kamar mandi hingga area parkir.

Bahkan mereka juga sudah menyediakan camping ground secara terpisah. Ini artinya, pengalaman Anda bermalam di Pantai Pathok Gebang juga akan terasa lebih berkesan. Selain itu juga tersedia tempat duduk, gazebo, payung wisata hingga area parkir yang luas karena sudah mendukung roda empat.

Daya Tarik Pantai Pathok Gebang

Ada beberapa daya tarik dari Pantai Pathok Gebang yang dapat Anda nikmati bersama keluarga, pasangan atau bahakan teman. Wisata alam satu ini memang sudah terkenal bagi pelancong dari luar Tulungagung. Jadi tidak heran apabila ada banyak pengunjung khususnya di hari libur panjang.

1. Gugusan Karang yang Besar

Source: https://img.inews.co.id/media/1200/files/inews_new/2018/11/16/pantai_patuk.jpg

Pertama, Anda akan melihat gugusan karang dengan ukuran super besar. Ketika pengunjung berani duduk di sekitarnya, maka bisa melihat ombak menabrak ke dinding karang. Tentu hal ini memang membutuhkan keberanian jadi jangan ragu untuk mencobanya namun tetap saja harus hati-hati.

Anda bisa berjalan di atas ketinggian tepatnya di batuan karang tersebut. Namun pastikan bahwa Anda selalu berhati-hati khususnya ketika ombak sedang besar karena air laut tengah pasang. Setelah ombak membentur batuan karang, jangan berharap jika tubuh Anda selalu kering dari cipratan air laut.

2. Ombak yang Super Dahsyat

Pantai Pathok Gebang
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Patuk-Gebang-Tulungagung.jpg

Sesuai pada poin sebelumnya, Pantai Pathok Gebang memang terkenal dengan ombaknya super besar. Anda pun bisa membuktikannya sendiri dengan berdiri di barisan karang. Nantinya ombak akan menerjang karang tersebut hingga menciptakan cipratan air yang sangat besar.

Namun ternyata, hal tersebut justru dinantikan oleh pengunjung. Tidak jarang, wisatawan akan berdiri lama di sekitar bibir pantai namun masih dalam jarak aman. Mereka hanya diam untuk menantikan momen terguyur oleh hamparan ombak. Hal ini pun menjadi salah satu cara menikmati Pantai Pathok Gebang.

3. Termasuk Sebagai Pantai Perawan di Tulungagung

Pantai Pathok Gebang
Source: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/community-news/2019/03/04/94777aca4018536ba59ad5b64a0bdcd3/04-image_1551673701_5c7ca965d08f2.jpg

Meskipun sudah banyak pengunjung, namun Pantai Pathok Gebang masih termasuk ke dalam salah satu pantai perawan yang ada di Tulungagung. Hal ini karena lokasinya memang cukup tersembunyi sehingga membutuhkan perjuangan eksrtra untuk sampai ke lokasi tujuan baik dengan roda dua atau empat.

Selain itu, pesona keindahan dari Pantai Pathok Gebang memang terasa sangat alami dan asri. Anda pun bisa membuktikannya sendiri dengan datang ke lokasi kemudian membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu saja. Selanjutnya nantikan daya tarik aslinya seperti duduk di tebing karang untuk terguyur ombak.

Baca juga : Pantai Klatak Tulungagung: Informasi Rute Perjalanan Hingga Tips Wisata

Apabila Anda mencari pantai di Tulungagung yang memiliki ombak super besar, maka bisa berkunjung ke Pantai Pathok Gebang. Akan ada banyak momen menarik selama di sana. Salah satunya adalah menantikan terguyur oleh ombak dengan berdiri di atas tebing karang dan sekaligus menguji adrenalin.