Cara Mengetik Bahasa Arab di Laptop Mudah untuk Pemula

Cara Mengetik Bahasa Arab di Laptop

Saat ingin mengerjakan tugas, Anda mungkin masih bingung bagaimana cara mengetik bahasa Arab di laptop. Padahal hal ini sangat penting sayangnya beberapa orang belum mengetahui bagaimana langkah-langkahnya. Tentu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu untuk kemudian bisa memakainya.

Cara Mengetik Bahasa Arab di Laptop

Proses mengetik memang menjadi hal yang mudah. Berbeda ketika ingin menuliskan bahasa Arab tentu saja Anda perlu mengetahui caranya terlebih dahulu. Jika sebelumnya sudah memahami cara memunculkan keyboard Arab di laptop maka langsung saja simak cara mengetiknya di bawah ini:

1. Mengganti Bahasa Arab di Keyboard

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengganti agar keyboard dapat memakai bahasa Arab untuk mengetik nantinya. Caranya pun sangat mudah serta dapat pengguna terapkan kapan saja sesuai kebutuhan penggunaan nantinya. Oleh sebab itu, simak langsung di bawah ini:

  • Nyalakan keyboard
  • Klik kanan pada Taskbar
  • Setelah itu, pilih Show Touch Keyboard

  • Jika sudah tunggu sampai ikon keyboard muncul
  • Langsung klik kiri iconnya
  • Lalu tekan ENG dan ubah menjadi Arabic
  • Anda sudah bisa memakainya untuk mengetik bahasa Arab
  • Selesai

2. Memakai Lexilogos.com

Merupakan salah satu situs yang dapat Anda manfaatkan untuk menulis dalam bahasa Arab. Nantinya, halaman ini akan membantu para pengguna dalam menerjemahkan tulisan mereka secara online. Tentu saja langkah-langkah penggunaannya sangat mudah dan praktis bagi para pemula sekalipun.

Anda hanya perlu mengunjungi situsnya baik itu melalui ponsel maupun laptop sesuai kebutuhan. Kemudian pastikan memilih menu Multilingual Keyboard. Setelah itu, langsung saja menulis memakai bahasa Arab di situs tersebut karena keyboardnya sudah tersedia sehingga bisa otomatis memakainya.

3. Memakai Arabic-keyboard.org

Sebagai opsi lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan situs lain untuk mengetik bahasa Arab. Salah satu yang direkomendasikan yaitu Arabic-keyboard.org. Sesuai dengan namanya, situs ini memang menyediakan keyboard dalam bentuk huruf-huruf Arab sehingga pengguna bisa langsung memakainya.

Tentu Anda bisa mengetikkan tulisan Arab dengan mudah dan praktis tanpa perlu melakukan pengaturan apapun pada laptop masing-masing. Oleh sebab itu, langsung saja kunjungi situs tersebut agar proses pengetikan menggunakan bahasa Arab semakin cepat dan pastinya sederhana langkahnya bagi pemula.

4. Memakai Yamli.com

Anda juga bisa memilih situs lainnya untuk mengetik bahasa Arab. Situs yang satu ini nantinya akan membantu menuliskan huruf-huruf Arab sehingga setiap orang akan terbantu dalam melakukan pengetikan. Tentu saja pengguna dapat mengaksesnya kapan saja sesuai kebutuhan.

Penggunaan situs tersebut juga gratis tanpa adanya tambahan biaya apapun. Sangat cocok untuk Anda manfaatkan apabila ingin mengetik menggunakan keyboard berbahasa Arab dengan langkah-langkah praktis dan sederhana. Tentu tidak perlu lagi melakukan install aplikasi tambahan apapun.

5. Memakai Symbol

Selain memakai cara di atas, Anda juga dapat mengetik menggunakan bahasa Arab memakai fitur symbol di Microsoft Word. Tentu bisa jadi solusi tepat apabila mencari harakat yang tidak tersedia di dalam keyboard. Langkah-langkahnya pun sangat mudah. Agar lebih jelas, simak berikut:

  • Buka Microsoft Word
  • Tekan menu Insert

  • Pada menu paling kanan klik Symbol

  • Setelah itu pilih More Symbol
  • Akan terlihat berbagai pilihan symbol

  • Kemudian di kolom Subset pilih Arabic Supplement atau Arabic Presentation

  • Jika sudah, maka bisa memilih salah satu huruf atau harakatnya
  • Selanjutnya tekan menu Insert
  • Lakukan cara serupa apabila ingin menambahkan huruf atau harakat lainnya
  • Selesai

6. Menggunakan Sticker Keyboard

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai sticker keyboard. Yaitu sticker khusus dalam bahasa Arab yang dapat ditempelkan langsung pada keyboard. Dengan begitu, Anda bisa menuliskan kata-kata dalam bahasa tersebut kapan saja sesuai kebutuhan secara lebih mudah dan praktis.

Tentu saja cara ini bisa jadi solusi tepat agar Anda tidak selalu memanfaatkan on screen keyboard. Dengan langkah ini seseorang bisa mengetahui dimanakah lokasi hurufnya secara tepat karena sudah ditandai di dalam sticker keyboard itu sendiri. Tidak heran jika bisa jadi pilihan terbaik saat ingin mengetik.

Itu tadi beberapa cara mengetik bahasa Arab di laptop. Anda bisa memilih salah satunya sesuai kebutuhan. Baik itu mengaktifkannya langsung pada keyboard dengan mengubah bahasa atau memanfaatkan situs khusus yang menyediakan layanan pengetikan dengan bahasa tersebut.