Berapa Lama Masa Tenggang Kartu XL Ketika Digunakan

berapa lama masa tenggang kartu XL

Mengetahui berapa lama masa tenggang kartu XL ini sangat penting untuk pengguna. Ketika menggunakan sim card dari XL, pengguna terkadang lupa melakukan pengecekan dan tidak mengetahui kapan masa aktif dan tenggang waktu berakhir. Jika hal ini terjadi kartu bisa tidak dapat Anda gunakan lagi.

Mengetahui Berapa Lama Masa Tenggang Kartu XL dan Masa Aktifnya

Sama halnya dengan penyedia jaringan mobile lainnya, XL menerapkan sistem masa aktif dan masa tenggang baik untuk jenis kartu prabayar. Pengguna harus memahami dan mengetahui kedua hal ini agar bisa terus menggunakan kartunya. Berikut adalah berapa lama masa tenggang kartu XL dan masa aktifnya :

Baca juga : top up ML murah dengan Pulsa XL

1. Lama Masa Aktif Kartu XL Prabayar

Masa Aktif merupakan sebuah periode yang pihak XL tetapkan di setiap Sim Card untuk menikmati berbagai layanan mulai dari mengirimkan SMS, melakukan Panggilan, sampai dengan menggunakan data internet. XL sendiri memberlakukan sistem masa aktif 30 hari setelah kartu pengguna aktifkan.

Masa aktif ini akan terus bertambah ketika pengguna melakukan kegiatan pengisian pulsa atau kuota internet. Apabila masa aktif telah habis kartu masih bisa menerima pesan dan akan memasuki masa tenggang ata periode kesempatan mengisi pulsa dan memperpanjang masa aktif.

2. Lama Masa Tenggang XL Prabayar

Ketika pengguna kartu XL memasuki masa Tenggang waktu, beberapa layanan mulai mengalami pembatasan seperti membalas pesan atau melakukan panggilan keluar. Pengguna harus segera melakukan pengisian saldo pulsa atau top sebelum masa tenggang ini benar benar habis.

Masa tenggang kartu XL sendiri berdurasi sekitar 30 sampai 50 hari semenjak masa aktif berakhir. Apabila dalam rentang waktu masa tenggang ini pengguna tidak juga melakukan aktivitas pengisian pulsa apalagi kuota, maka kartu XL bisa mati. Maka dari itu, pastikan mengisi pulsa atau kuota internet ketika memasuki masa tenggang.

Bagaimana Mengetahui Masa Tenggang Kartu XL

Pihak XL sendiri memberikan beberapa opsi untuk penggunanya agar bisa melakukan pengecekan sehingga mengetahui masa tenggang kartu XL. Umumnya XL hanya memperlihatkan masa aktif, akan tetapi ketika habis akan muncul pemberitahuan masa tenggangnya. Berikut beberapa metode untuk tahu masa tenggang kartu XL :

1. Melalui Panggilan Kode Dial Up

Kode dial UP XL merupakan salah satu layanan yang dapat pengguna akses untuk mencari tahu berbagai informasi mengenai kartu. Melalui panggilan kode dial up ini Anda sebagai pengguna kartu XL bisa memperoleh informasi masa aktif dan tenggang waktu kartu XL, berikut langkah langkahnya :

  • Pertama buka ponsel Anda
  • Kemudian pilih aplikasi panggilan

  • Setelah itu ketikan *808#

  • Jika sudah tekan panggil

  • Akan muncul informasi masa aktif kartu Xl

  • Masa tenggangnya sendiri 30 hari setelah masa aktif berakhir

2. Melalui Aplikasi Mobile MyXL

Sama halnya dengan provider atau penyedia layanan jaringan lainnya, XL juga merilis sebuah aplikasi berbasis mobile. MyXL merupakan aplikasi dari pihak XL yang dapat pengguna pakai untuk menemukan berbagai informasi serta aktivasi paket dan layanan dari XL. Untuk mengetahui masa tenggangnya kartu XL dari aplikasi ini berikut langkahnya :

  • Pertama buka ponsel Android Anda

  • Kemudian buka aplikasi MyXL

  • Pada halaman awal muncul informasi saldo pulsa

  • Dan tepat di bawahnya ada informasi masa aktif kartu

  • Sementara masa tenggang adalah 30 hari setelah masa aktif berakhir

3. Melalui Layanan Call Center

Lama masa tenggang kartu XL juga bisa Anda ketahui dengan menghubungi call center atau layanan customer servicenya. Sama halnya dengan penyedia kartu atau provider lainnya, ada beberapa kontak bisa pengguna hubungi untuk menanyakan berbagai hal.

Untuk menghubungi layanan call center XL, Anda juga mengunjungi website resminya kemudian mencari nomor kontak call centernya. Biasanya untuk nomor WhatsApp bisa ke 08170000765 atau telepon 817 khusus pengguna XL. Pastikan langsung melihat ke website resminya karena bisa saja terjadi perubahan.

Demikian informasi mengenai berapa lama masa tenggang kartu XL dan masa aktifnya. Mengetahui masa tenggang kartu XL untuk para pengguna sangatlah penting agar ketika melakukan panggilan ataupun mengirimkan SMS bisa berjalan dengan lancar, jangan sampai masa tenggang berakhir dan kartu benar benar mati.