Hutan Kota Trenggalek, Menikmati Liburan Hingga Wisata Edukasi

Hutan Kota Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek merupakan destinasi wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bagaimana tidak? Ada banyak keseruan dan daya tarik bisa pengunjung temukan. Tentu menikmati kawasan hutan rindang dan sejuk akan semakin menyenangkan. Seperti melihat keberagaman alam baik flora maupun fauna.

Tentang Hutan Kota Trenggalek

Hutan Kota Trenggalek
Source: https://4.bp.blogspot.com/-EHXP0rqPpyI/WByBjkAxYRI/AAAAAAAAF9I/3QkljO1KZX4Gh3ZgAvuwMVodhQ67hBpygCLcB/s1600/kota.jpg

Wisata Hutan Kota menyajikan pemandangan yang indah dan menarik. Saat Anda berada di Kota Trenggalek, maka jangan sampai ketinggalan untuk berkunjung. Destinasi liburan ini sendiri memiliki banyak keistimewaan. Terutama udara di sekitarnya yang terasa sejuk, asri, dan masih sangat alami.

Saat berkunjung, wisatawan dapat menikmati langsung seperti apa hamparan Kota Trenggalek yang indah dari atas puncak Gunung Jas. Agar lebih seru dan terlihat pesona keindahannya maka pastikan melihatnya di waktu sore hari. Hanya saja pengunjung perlu melewati jalan setapak serta batu cadas menuju lokasinya.

Baca juga : Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek, Jelajahi Keindahan Wisata Alam

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keseruan di sekitar hutan kota tersebut. Hal ini karena fasilitasnya sudah sangat lengkap. Seperti koleksi berbagai satwa dan tanaman langka, area outbound, hingga spot foto yang menarik perhatian. Tidak heran jika baik hari biasa maupun hari libur selalu ramai oleh pengunjung.

Lokasi Wisata Hutan Kota Trenggalek

Destinasi wisata ini dapat Anda kunjungi di Desa Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga ini bahkan dapat pengunjung nikmati setiap hari. Hal ini karena selalu buka dalam waktu 24 jam penuh sehingga sangat puas berkunjung.

Hutan Kota sendiri sebenarnya masih tergolong sebagai destinasi wisata baru di Trenggalek. Akan tetapi, dengan banyaknya daya tarik yang disajikan sampai saat ini selalu banyak pengunjung berdatangan. Terlebih, begitu tiba di lokasi Anda akan disambut dengan suasana sejuk dengan banyak pepohonan.

Lokasinya sendiri tergolong cukup dekat jika berangkat dari alun-alun kota. Oleh sebab itu, jangan lewatkan berkunjung dan menyempatkan diri menikmati pesona keindahan dan keseruannya. Tempat wisata ini juga memiliki banyak wahana untuk berolahraga sehingga menikmati kawasan hutan tidak akan membosankan.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Kota

Hutan Kota Trenggalek
Source: https://4.bp.blogspot.com/-lkOQ3hxSMps/WmKlyPrLu1I/AAAAAAAAEMs/2R84_SqcKJcCmkoyCDmYXQ-fvNgf2v4HACLcBGAs/s1600/wana%2Bwisata.jpg

Berkunjung ke Hutan Kota bisa jadi pilihan terbaik saat berlibur. Terlebih lokasi wisata ini tersedia secara gratis sehingga Anda sudah tidak perlu lagi membayar tiket masuk. Tentu berlaku baik warga lokal maupun pengunjung dari luar kota sekalipun. Dengan begitu, sangat cocok ketika ingin liburan tetapi tetap hemat.

Anda bisa menikmati keseruan aktivitas di hutan kota bersama keluarga tanpa takut mengeluarkan biaya banyak. Tidak heran jika selalu ramai setiap harinya. Udaranya begitu segar dengan pepohonan menjulang tinggi sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi ketika ingin menikmati hawa sejuk khas daerah pegunungan.

Pengunjung bisa datang ke lokasi wisata ini dengan akses yang mudah. Jika berangkat dari alun-alun kota maka hanya memerlukan waktu sekitar 11 menit saja agar sampai ke lokasinya dengan jalan kaki. Terlebih Trenggalek juga memiliki suasana kondusif tanpa perlu khawatir terkena macet saat ingin berlibur bersama.

Berbagai Daya Tarik Hutan Kota Trenggalek

Wisata ini menawarkan banyak daya tarik bagi para pengunjung yang datang. Lokasinya sendiri sangat sejuk dan asri sehingga sangat cocok menjadi pilihan berlibur bersama keluarga maupun anak-anak. Ada banyak aktivitas bisa Anda lakukan di dalamnya. Agar tidak ketinggalan langsung simak saja di bawah ini:

1. Menikmati Kawasan Hutan yang Rindang

Hutan Kota Trenggalek
Source: https://i3.wp.com/3.bp.blogspot.com/-FWGDZqI5kNE/Vu1vyomI4CI/AAAAAAAAAZc/jPSkamkCI3oUhzCnl-TPKdSCzDAlMMElQ/s1600/hutan-kota-2.jpg

Setiap pengunjung dapat menikmati keindahan kawasan hutan kota yang sangat rindang. Ada banyak pohon menjulang tinggi di sekitarnya sehingga membuat suasana terasa segar dan nyaman. Akan ada kesan alami dengan suasana perbukitan dan pegunungan sehingga cocok untuk bersantai bersama.

Anda bisa menikmati kawasan hutan dengan suasana menyenangkan. Hutan rindang tersebut menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Terutama bagi mereka yang berasal dari perkotaan sehingga tidak perlu takut lagi terkena polusi. Nikmati keindahan alam di sekitarnya dengan udara sejuknya.

2. Melihat Beragam Flora dan Fauna

Source: https://asset.kompas.com/crops/2sblO6vO7_imFdKJNh0ZMc1maj4=/0x0:954×636/750×500/data/photo/2017/10/30/3311351213.jpg

Tidak hanya dapat menikmati keindahan kawasan hutan yang sangat rindang, setiap pengunjung juga bisa menjadikan wisata ini sebagai tempat edukasi. Khususnya bagi anak-anak sekolah ketika ingin mempelajari tentang berbagai jenis flora maupun fauna. Terlebih, ada banyak koleksi satwa di tempat ini.

Seperti burung merak, kasuari, monyet ekor panjang, rusa, burung, dan lainnya sehingga sangat menarik perhatian. Selain itu, tersedia pula sekitar 230 jenis tanaman seperti bunga, kayu, hingga tanaman merambat. Keseluruhan flora dan fauna tersebut dipelihara di bawah pengawasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek.

3. Menyewa ATV

Setelah puas melihat keragaman flora dan fauna, setiap pengunjung juga bisa merasakan sensasi liburan lebih seru dan menantang. Salah satunya yaitu dengan menyewa ATV. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pengalaman berlibur semakin mengesankan dan tidak terlupakan.

Pasalnya, setiap pengunjung dapat mengelilingi hutan memakai ATV yang sudah disewa. Oleh sebab itu, pastikan mencoba mengendarainya langsung apabila takut lelah saat berjalan kaki menelusuri wisatanya. Tersedia pula Amphitheater sebagai tempat terselenggaranya pertunjukan seni khas daerah setempat.

4. Bermain Outbound

Source: https://2.bp.blogspot.com/-BKqeu20bNuc/WmKoxJcfKAI/AAAAAAAAENw/VBinqmiMQOMWnBbEo2f-UklKwg0mZAvqwCLcBGAs/s1600/outbound1.jpg

Merupakan salah satu daya tarik yang tidak kalah menantang dan seru lainnya. Wisata Hutan Kota satu ini memang sudah menyediakan fasilitas outbound. Dengan begitu, setiap pengunjung dapat mencoba permainannya. Seperti berjalan di atas bambu warna-warni sehingga cocok juga sebagai lokasi untuk berfoto.

Tentu bisa jadi pilihan menarik apabila tidak ingin terlalu lelah berkeliling wisatanya. Cukup nikmati permainan outbound bersama keluarga agar liburan semakin terasa seru. Terlebih apabila Anda ingin mencobanya tidak akan dikenakan lagi biaya apapun sehingga sangat menghemat budget liburan.

5. Berfoto di Lukisan 3D

Wisata Hutan Kota yang ada di Trenggalek ini juga memiliki banyak sekali lukisan 3D. Tentu akan sangat keren dan indah apabila menjadikannya sebagai latar belakang saat berfoto bersama. Tidak ada salahnya jika mencoba mengambil gambar satu persatu kemudian langsung saja unggah ke sosial media.

Ada banyak pilihan lukisan 3D yang menjadi daya tarik para pengunjung. Hal tersebut tentu akan menambah keseruan dalam menjelajahi kawasan hutan yang sangat rindang dan sejuk tersebut. Abadikan setiap keindahan lukisannya baik itu menggunakan kamera ataupun smartphone.

6. Berwisata Kuliner

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke wisata ini adalah menikmati kuliner khasnya. Salah satu makanan rekomendasinya adalah Nasi Gegok. Akan tetapi, pengunjung perlu berjalan ke arah alun-alun terlebih dahulu untuk menemukannya. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari hutan kota.

Selain itu, masih ada banyak pilihan kuliner lainnya yang tidak kalah lezat rasanya. Seperti nasi lontong, krupuk pecel, dan lainnya. Terlebih harga makanan di daerah ini sangat terjangkau sehingga tidak akan membuat budget liburan Anda membengkak. Tentu saja bisa jadi pilihan liburan hemat bersama keluarga.

Baca juga : Taman Hutan Kota : Nikmati Kesejukan dan Keasrian di Kota Tulungagung

Itu dia informasi lengkap tentang destinasi wisata Hutan Kota Trenggalek. Hingga saat ini tempat tersebut masih menjadi favorit para pengunjung ketika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga saat akhir pekan ataupun musim liburan. Anda bisa mengajak orang terdekat untuk menikmati keseruan di tempat ini.