Gua Ngerit Trenggalek Menikmati Wisata Bebatuan Alam

Gua Ngerit Trenggalek

Gua Ngerit Trenggalek merupakan destinasi wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Tempat ini sendiri cukup ramai pengunjung baik itu di hari libur maupun hari biasa. Sangat cocok menjadikannya sebagai lokasi liburan bersama keluarga untuk menikmati gua khas zaman purbakala.

Tentang Gua Ngerit Trenggalek

Gua Ngerit Trenggalek
Source: https://bacaini.id/wp-content/uploads/2021/06/Stone-Park-Trenggalek-1.jpg

Gua Ngerit merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Trenggalek. Anda akan melihat langsung tumpukan bebatuan yang berbentuk gua dengan beberapa spot menarik di sekitarnya. Terlebih ada banyak bentuk batu menarik untuk diabadikan. Baik itu berlekuk-lekuk ataupun runcing.

Kawasan ini sendiri terdiri dari 3 gua. Yaitu Gua Agung, Gua Landak, serta Gua Ngerit. Anda bisa berjalan menuju lokasi dengan menikmati langsung keindahan pemandangan bebatuan yang sangat unik. Adapun daya tarik utamanya yaitu tebing-tebing batu yang menjulang tinggi.

Baca juga : Gunung Gemblung Trenggalek, Menikmati Keindahan Alam dari Ketinggian

Kemudian diantara tebing-tebing batu tersebut akan terlihat gua-gua kecil. Kedalamannya pun berbeda satu dengan lainnya. Setiap pengunjung yang datang bisa melihat dan menjelajahinya secara langsung. Tentu akan semakin puas menikmati pesona alamnya.

Lokasi Wisata Gua Ngerit Trenggalek

Anda dapat berkunjung ke wisata Gua Ngerit dengan lokasi di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Tentu saja ada banyak daya tarik di tempat wisata tersebut karena memang pesona keindahan alamnya tidak ditawarkan oleh wisata lainnya.

Walaupun belum dikelola oleh dinas pariwisata daerah setempat, tempatnya memiliki fasilitas cukup lengkap. Anda bisa melihat beberapa gua kecil dengan sensasi seperti berada di zaman purba. Tentu perlu berhati-hati ketika menelusuri guanya karena ada banyak bebatuan bertumpuk.

Baik itu di sisi kanan maupun kirinya. Tentunya Anda akan sangat puas menikmati keindahan alam tersebut, Tempat wisata ini juga sudah menyediakan rumah makan sehingga jangan khawatir ketika lapar melanda. Pengunjung dapat datang ke lokasi dengan rute perjalanan cukup mudah tanpa takut tersasar.

Akses Menuju Lokasi Gua Ngerit

Gua Ngerit Trenggalek
Source: https://www.tripjalanjalan.com/wp-content/uploads/2019/10/goa-ngerit-trenggalek.jpg

Perlu Anda ketahui, bahwa Gua Ngerit memiliki jarak sekitar 25 km dari pusat Kota Trenggalek. Apabila Anda ingin berkunjung ke tempatnya, maka pastikan mengikuti jalur menuju wisata Pantai Prigi agar tidak salah arah. Tempatnya sendiri cukup dekat dengan jalan raya sehingga cukup mudah menemukannya.

Begitu tiba di lokasinya, maka Anda akan melihat langsung pemandangan bebatuan yang menjulang tinggi dari kejauhan. Tidak heran jika ada banyak pengunjung menyempatkan diri untuk langsung melihat gua tersebut dari arah dekat. Tentu saja bisa jadi pilihan terbaik apabila ingin berlibur sekaligus berpetualang.

Anda dapat berkunjung ke Gua Ngerit baik itu memakai mobil maupun motor. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa jalan menuju lokasi cukup berkelok. Akan tetapi, sudah memiliki aspal sehingga cukup nyaman melewatinya. Hindari melakukan transportasi besar seperti bus karena tentu tidak akan bisa melewatinya.

Harga Tiket Masuk Gua Ngerit Trenggalek

Gua Ngerit Trenggalek
Source: https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/nUvCXMHbE_LFI9J5y1HlwaOwd0c=/1200×900/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(webp)/kly-media-production/medias/1481630/original/081011200_1485239842-1.jpg

Gua Ngerit berada di kaki gunung yang berbatu. Tentu saja Anda akan merasakan langsung sensasi keindahan alam asri dan alami. Para pengunjung hanya perlu menyisihkan uang sekitar Rp 10.000 saja untuk masuk ke tempat wisata ini. Biaya tiket masuk tersebut terbilang sangat terjangkau bagi setiap orang.

Anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Lokasinya sendiri sangat cocok bagi para pecinta alam dengan pemandangan bebatuan yang masih sangat alami. Pengunjung dapat berjalan menelusuri kawasan hutan terlebih dahulu agar bisa mencapai wisata gua tersebut.

Tentu saja rasa lelah akan langsung terbayarkan begitu melihat keindahan gua di sekitarnya. Terlebih, tempat ini juga sudah menyediakan beberapa spot foto menarik. Liburan pastinya akan terasa semakin mengesankan jika mengabadikan momennya dengan mengambil gambar di sebelah gua tersebut.

Aktivitas Menarik Gua Ngerit Trenggalek

Source: https://ucarecdn.com/89553590-864e-436f-b744-b90a868a4bfc~4/nth/2/image.jpg

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan ketika sampai ke wisata Gua Ngerit. Terlebih, lokasinya sendiri cukup unik karena mirip seperti rumah manusia purba pada zaman dahulu kala. Lokasinya sendiri berjarak sekitar 20 km dari arah alun-alun kota. Berikut beberapa kegiatan seru selengkapnya:

1. Melihat Rumah Batu

Wisata Gua Ngerit menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak heran jika ada banyak pengunjung memilihnya sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Anda bisa melihat langsung keindahan bebatuan di sekitarnya. Selain itu, terdapat pula rumah batu sebagai spot paling menarik.

Rumah batu mempunyai ketinggian hingga 5 meter. Tempatnya sendiri menjadi daya tarik utama bagi setiap pengunjung. Begitu sampai di atasnya, maka Anda akan melihat langsung keindahan memukau di kawasan sekitar. Belum lagi adanya semilir angin yang akan menambah suasana menjadi semakin nyaman.

2. Menikmati Segarnya Air Terjun Ngerit

Source: https://ucarecdn.com/89553590-864e-436f-b744-b90a868a4bfc~4/nth/0/image.jpg

Tidak hanya tersedia spot wisata rumah batu, Anda juga bisa menikmati kesegaran Air Terjun Ngerit. Tentu para wisatawan tidak sabar untuk menikmati keindahannya. Ada banyak bebatuan besar di sekitar air terjun tersebut sehingga keistimewaannya semakin bertambah. Jangan lupa mengabadikan panorama tersebut.

Air Terjun Ngerit memiliki aliran air yang sangat deras. Air tersebut mengalir dari atas tebing menuju ke kolam alami yang sangat indah. Para wisatawan juga bisa bermain air atau bahkan berenang di bagian kolam. Tentu saja akan sangat seru karena bisa langsung merasakan kesejukan dan kesegaran airnya.

3. Menjelajahi Jembatan Putri

Saat datang ke Gua Ngerit, jangan lupa juga untuk mencoba menjelajahi Jembatan Putri. Merupakan jembatan bambu yang dijadikan sebagai alat penghubung antara satu goa dengan lainnya. Tentu perlu berhati-hati saat melewatinya. Sangat cocok apabila Anda ingin menikmati keindahan dari atas ketinggian.

Saat melewati jembatan tersebut, setiap pengunjung bisa merasakan langsung indahnya pemandangan alam di sekitar gua. Selain itu, Anda juga melihat keindahan air terjun dari atas. Tentu bisa jadi pengalaman tidak terlupakan karena panorama alam di sekitarnya terlihat begitu mempesona dari segala arah.

4. Melihat Gua-gua Kecil

Gua Ngerit menawarkan berbagai gua kecil yang dapat Anda kunjungi dan lihat secara langsung. Tentu saja lokasi ini juga menjadi spot wisata paling menarik. Saat menjelajahinya, pengunjung akan melewati jalur berbatu dengan sungai bersih di sekitarnya. Tentu bisa jadi pengalaman paling menyenangkan saat berlibur.

Selain itu, ada banyak juga bebatuan bertumpuk di sekitar jalanan sehingga penting bagi Anda untuk tetap waspada saat menjelajahi wisata ini. Begitu juga saat ingin bergerak pastikan tetap berhati-hati agar tidak menabrak bebatuan tersebut. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri selama berwisata di tempat ini.

5. Mengambil Gambar di Sekitar Gua

Gua Ngerit memiliki banyak sekali bebatuan besar di dalamnya. Anda bisa melihat langsung kemegahan gua secara alami sehingga penting menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih. Jangan lupa juga menikmati wisata ini dengan mengabadikan setiap momennya. Cukup manfaatkan ponsel untuk mengambil gambar.

Pasalnya, setiap sudut dari tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Tidak ada salahnya apabila Anda memenuhi memori telepon untuk mengabadikan momen keindahan dari Gua Ngeri yang ada di Trenggalek tersebut. Tentu bisa jadi kenang-kenangan paling menyenangkan nantinya.

Baca juga : Hutan Kota Trenggalek, Menikmati Liburan Hingga Wisata Edukasi

Itu tadi informasi lengkap tentang wisata Gua Ngerit Trenggalek. Lokasi ini sudah memiliki pusat informasi khusus sehingga tidak ada salahnya jika ingin bertanya langsung tentang daya tarik area liburan tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai tujuan liburan bersama keluarga karena pesonanya memang sangat alami.