Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek, Jelajahi Keindahan Wisata Alam

Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek bisa jadi pilihan tepat apabila Anda ingin berlibur dengan tema alam yang sangat indah. Lokasinya sendiri cukup mudah ditempuh sehingga tidak heran jika sampai saat ini selalu ramai oleh pengunjung. Sangat cocok menjadi area wisata bersama keluarga karena sangat asri.

Tentang Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek
Source: https://jatimsmart.id/wp-content/uploads/2019/10/PicsArt_10-25-01.06.25.jpeg

Hutan Mangrove yang ada di Trenggalek ini sebenarnya masih milik Perhutani. Untuk akses jalannya sendiri sudah dibangun oleh Pemerintah Daerah. Sedangkan beberapa sarana dan prasarana yang sudah tersedia dibiayai langsung juga oleh Pemda setempat melalui Dinas Pariwisata.

Anda dapat mengunjunginya untuk melihat langsung keindahan wisata alam dengan tumbuhan berupa pohon bakau. Tempatnya sendiri sangat cocok dijadikan sebagai edukasi yang bertujuan untuk melestarikan kawasan pesisir pantai. Pengelola hutannya bahkan sudah menyediakan paket edukasi khusus.

Baca juga : Pantai Cengkrong Trenggalek, Lokasi Liburan Seru

Adapun bentuknya berupa pengenalan jenis mangrove, adopsi mangrove, pengolahan buah mangrove, sampai budidaya kepiting soka. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur tetapi tetap ingin mendapatkan edukasi. Khususnya tentang wisata daerah setempat yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Lokasi Wisata Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Kunjungi wisata Hutan Mangrove Cengkrong yang ada di Pantai Cengkrong, Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Setiap pengunjung dapat menuju lokasi dengan memasuki akses Jalan Pantai Prigi karena jaraknya cukup dekat. Yaitu hanya sekitar 3 km saja.

Begitu sampai ke lokasinya, tentu saja ada banyak pengunjung yang ingin langsung merasakan keindahan hutan mangrove tersebut. Terlebih, terdapat pula hutan bakau hijau menghiasi kawasannya. Selain itu, ada juga beberapa pohon jenis lainnya dibudidayakan di tempat ini sehingga sangat cocok untuk wisata edukasi.

Anda dapat menjadikannya sebagai destinasi liburan terbaik saat berkunjung ke Trenggalek. Tempatnya pun sangat hits mengingat lokasinya memang sangat indah dan mengagumkan. Pengunjung bisa melihat suasana alam yang menyegarkan mata karena ada banyak pohon mangrove yang dibudidayakan.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Mangrove-Pancer-Cengkrong-Trenggalek.jpg

Untuk berwisata ke Hutan Mangrove Cengkrong, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Pasalnya, harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 5.000 saja sehingga sangat terjangkau untuk semua kalangan. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin berliburan tetapi tetap dengan budget hemat.

Lokasi wisatanya sendiri dapat Anda kunjungi setiap hari. Tepatnya mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Tempatnya pun sangat cocok sebagai wisata edukasi bagi keluarga saat hari libur maupun hari biasa. Untuk biaya parkirnya sendiri Rp 2.000 apabila memakai motor, sedangkan mobil Rp 3.000 saja.

Destinasi wisata ini sendiri terbilang cukup hits di kalangan masyarakat setempat. Pasalnya, ada banyak daya tarik ditawarkan salah satunya seperti jembatan khusus untuk menikmati hamparan pohon bakau hijau yang luas di sepanjang mata memandang. Tentu saja saat melihatnya begitu terlihat alami dan asri.

Daya Tarik Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek

Ada banyak daya tarik yang tersedia di wisata Hutan Mangrove Cengkrong. Tentu Anda tidak hanya bisa melihat keindahan hutan hijaunya saja akan tetapi lebih dari itu. Tidak heran jika lokasinya cukup populer sampai saat ini. Oleh sebab itu, ketahui berbagai daya tarik selengkapnya di bawah ini:

1. Melihat Berbagai Jenis Pohon Mangrove

Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek
Source: https://2.bp.blogspot.com/-gs5IYwOvs8A/VnOQOJIL7wI/AAAAAAAAAM8/t0Ec2REurcE/s1600/info-trenggalek.blogspot.co.id%2B-%2Bcengkrong%2B3.jpg

Seperti yang sudah Anda ketahui, Hutan Mangrove memang sangat cocok dijadikan sebagai wisata edukasi. Pengunjung nantinya bisa melihat langsung berbagai jenis pohon mangrove dengan berbagai spesies berbeda. Tentu bisa jadi pengalaman paling mengesankan ketika ingin mengisi waktu luang.

Seperti ceriops tagal, sonneratia alba, avicennia alba, dan rhizophora apiculata. Terdapat pula spesies lain seperti bruguiera gymnorrhiza, aegiceras corniculatum, bruguiera cylindrica, xylocarpus moluccensis, dan lainnya. Hanya saja untuk melihat spesies tersebut pengunjung perlu melewati tanah berlumpur.

2. Berkeliling Mangrove dengan Menyewa Perahu

Menikmati hutan mangrove memang bisa jadi aktivitas paling menarik selama liburan. Anda bahkan dapat berkeliling untuk menjelajahi area tersebut dengan cara naik ke perahu. Caranya cukup dengan menyewa perahu yang sudah tersedia di lokasi kemudian rasakan langsung sensasi melihat hutan mangrove.

Tentu bisa jadi pengalaman paling menyenangkan saat melakukannya. Anda bahkan hanya perlu membayar biaya sewa sekitar Rp 10.000 saja untuk bisa naik perahu. Tidak ada salahnya juga untuk membeli topi di sekitar areanya. Pengunjung juga bisa menyewa payung jika merasa kepanasan.

3. Menelusuri Jembatan Galau

Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Alamat-dan-rute-lokasi-Mangrove-Pancer-Cengkrong.jpg

Kawasan hutan mangrove juga sudah dibangun jembatan kayu panjang yang sangat cocok untuk Anda jelajahi. Tentu saja begitu melewati jembatan tersebut pengunjung akan takjub dengan keindahan alam di sekitarnya. Ada banyak pepohonan hijau membentang seluas mata memandang sehingga terlihat sangat segar.

Lokasinya sendiri memang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran setelah lelah beraktivitas sehari-hari. Jembatan ini sendiri tepat dibangun di atas hutan mangrove dengan bahan pembuatnya adalah papan kayu. Tentu saja semakin mudah dan nyaman untuk mengelilingi kawasan mangrove tersebut.

4. Menikmati Keindahan Pegunungan Sekitar

Tidak hanya melihat hutan mangrove yang hijau, setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini juga bisa menikmati keindahan pegunungan di sekitarnya. Tentu menjadi pemandangan paling mengesankan saat berlibur. Sangat cocok jika Anda mengabadikan momen keindahan alam tersebut memakai kamera ponsel.

Terdapat pula tempat duduk yang bisa Anda manfaatkan ketika ingin beristirahat setelah lelah menjelajahi hutan mangrove. Tempatnya sendiri sudah memiliki atap sehingga jangan khawatir akan kepanasan saat jalan-jalan di lokasinya. Tentu akan semakin nyaman menikmati pemandangan sekitar.

5. Bermain dengan Burung Dara

Source: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0e/13/29/d2/selamat-datang-di-pintu.jpg

Meskipun wisatanya memiliki nama Hutan Mangrove, akan tetapi di lokasi tersebut juga tersedia banyak burung dara an perkutut yang hidup lepas. Tentu saja setiap pengunjung bisa langsung merasakan sensasi memberi makan dan bermain dengan unggas lucu tersebut. Tersedia warung milik warga untuk membeli jagung.

Anda dapat membelinya dengan harga sekitar Rp 2.000 saja kemudian memberi makan jagungnya ke burung yang ada di sekitar kawasan tersebut. Saat burung-burung berkumpul, maka jangan lewatkan momen ini untuk mengambil gambar. Tentu saja menjadi kegiatan paling seru saat ada di Hutan Mangrove.

6. Melihat Aliran Sungai Kalisongo

Daya tarik lainnya yang ada di kawasan Hutang Mangrove Cengkrong adalah adanya aliran Sungai Kalisongo dimana muaranya langsung menuju Pantai Cengkrong. Tentu bisa jadi pemandangan paling menarik dan mengagumkan saat berkunjung ke destinasi tersebut. Keindahan alamnya sungguh mempesona.

Para pengunjung juga bisa melihat langsung keindahan tanaman mangrove yang sangat hijau membentang. Tempat ini menjadi pilihan tepat apabila ingin berlibur dengan suasana khas pantai akan tetapi terlihat sangat sejuk dan begitu menyegarkan. Terlebih biaya tiket masuknya pun terjangkau.

Baca juga : Hutan Kota Trenggalek, Menikmati Liburan Hingga Wisata Edukasi

Itulah informasi lengkap mengenai wisata Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek. Anda dapat mengunjungi lokasinya dengan akses muah baik bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Pengunjung dapat menikmati keindahan hutan mangrove hingga hutan bakau yang sangat hijau dan luas lahannya.