Air Terjun Jurug Waru Trenggalek yang Alami

Air Terjun Jurug Waru Trenggalek

Air Terjun Jurug Waru Trenggalek merupakan destinasi wisata yang paling unik dari lainnya. Pasalnya, Anda bisa menemukan tebing dengan bentuk mirip seperti hati. Tidak hanya itu, keindahan alamnya juga sangat mempesona membuat banyak pengunjung ingin melihat langsung panorama mempesona tersebut.

Asal Usul Nama Air Terjun Jurug Waru Trenggalek

Air Terjun Jurug Waru Trenggalek
Source: https://is3.cloudhost.id/img-kbrt/2021/11/jcVYVuOI-jH14fRsH-Air-Terjun-Jurug-Waru-Wisata-Alam-Trenggalek-yang-Penuh-Eksotisme.jpeg

Wisata Air Terjun Jurug Waru memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Pemberian namanya sendiri karena air terjunnya terletak di antara tebing bebatuan sekitar dengan bentuk seperti daun waru atau hati. Tidak heran jika memiliki nama tersebut sehingga menjadi ciri khas tersendiri daripada wisata serupa lainnya.

Anda bisa meliat perbukitan di sekitar air terjun tersebut. Ukuran tebingnya pun terbilang cukup tinggi sehingga keindahan alamnya benar-benar mempesona. Pengunjung bisa merasakan mewahnya alam tersebut daripada wisata air terjun kebanyakan. Tentu tidak salah jika menjadikannya tujuan untuk berlibur.

Baca juga : Air Terjun Jurug Terbang Trenggalek dengan Berbagai Keunikan

Air terjunnya memancar dari sela-sela tebing batu dengan warna sangat jernih. Tidak heran jika lokasinya begitu cocok dinikmati untuk menghilangkan rasa jenuh dan lelah setelah beraktivitas. Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat ketika ingin melepaskan stres karena suasananya sangat menenangkan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jurug Waru Trenggalek

Air Terjun Jurug Waru Trenggalek
Source: https://www.bioztv.id/wp-content/uploads/2017/09/maxresdefault-20.jpg

Destinasi wisata ini memang masih sangat alami. Tidak heran jika pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena keindahan alamnya tersedia secara gratis untuk Anda nikmati. Tentu bisa jadi pilihan tepat apabila ingin berlibur dengan suasana menyejukkan pandangan tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak uang.

Anda dapat datang ke lokasi kapan saja baik di hari libur ataupun hari-hari biasa. Lokasi wisata ini buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga setiap pengunjung tidak perlu menunda-nunda lagi untuk mencapai tempatnya. Nikmati keindahan air terjun yang sangat mempesona tanpa terkendala biaya.

Pengunjung dapat berlibur dengan mengajak keluarga atau orang-orang terdekat agar suasana lebih seru. Tentu kesegaran airnya akan sangat terasa apabila Anda langsung menceburkan diri ke kolam di bawahnya. Akan tetapi pastikan tetap hati-hati karena ukurannya cukup besar dan dalam.

Alamat Air Terjun Jurug Waru Trenggalek

Anda dapat menemukan destinasi wisata ini di Desa Watuagung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Untuk rute menuju lokasinya sendiri tidak terlalu sulit untuk Anda temukan. Tentu akan semakin puas berlibur mengingat keindahan alam air terjunnya tiada duanya.

Terlebih, soal fasilitas di lokasi juga terbilang cukup lengkap. Tentu tidak perlu khawatir akan kekurangan fasilitas selama liburan berlangsung. Pasalnya, terdapat area parkir untuk kendaraan agar tetap aman selama ditinggal mengunjungi air terjun. Tersedia pula kamar mandi serta tempat beristirahat di sekitarnya.

Tentu saja Anda semakin nyaman menikmati keindahan alam tersebut. Pengunjung bisa langsung menikmati panorama air terjun mengagumkan yang dikelilingi oleh banyak bebatuan. Untuk ukuran air terjunnya sendiri memang tidak terlalu tinggi tentu sangat aman jika ingin bermain di arah dekat.

Aktivitas Seru di Air Terjun Jurug Waru Trenggalek

Air Terjun Jurug Waru Trenggalek
Source: https://1.bp.blogspot.com/-J_L2lucw4Vo/VmRIlGhTmmI/AAAAAAAAAJ8/5JEkyqyztaI/s1600/info-trenggalek.blogspot.co.id%2B-%2BJurug%2BWaru%2B1.jpg

Air Terjun Jurug Waru menawarkan banyak keseruan yang dapat Anda lakukan. Tempatnya sendiri masih sangat alami sehingga membuat seseorang merasakan indahnya alam bebas di area tersebut. Agar tidak ketinggalan, maka pastikan menyimak beberapa aktivitas seru selengkapnya pada ulasan di bawah ini:

1. Menjelajahi Area Hutan Sekitar

Ketika Anda ingin berkunjung ke air terjun satu ini, maka perlu melalui jalur setapak terlebih dahulu. Ada baiknya untuk membawa bekal air minum sendiri dari rumah karena memang belum ada warung-warung yang menjualnya. Selama perjalanan menuju lokasi maka pengunjung akan melihat area hutan sekitar.

Tentu akan melihat banyak pemandangan hijau di sekitarnya sehingga terasa sangat menyegarkan. Untuk menuju lokasi sendiri pastikan memiliki fisik yang prima. Pasalnya, perlu menuruni tebing batu dengan akses ke bawah sehingga cukup sulit melaluinya.

2. Melihat Tebing Berbentuk Seperti Hati

Source: https://3.bp.blogspot.com/-UgSYGRxZVYU/WutBqR9u96I/AAAAAAAAAng/gYFdIj77OGEaDt84-JhilXxT9DLR6vE-gCLcBGAs/s1600/FB_IMG_15253643055365161.jpg

Sesuai dengan namanya, air terjun ini mengalir di antara tebing bebatuan besar berbentuk hati. Tidak heran jika memiliki nama Air Terjun Jurug Waru. Tentu saja hal tersebut menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Ukuran tebingnya pun begitu tinggi menjulang.

Anda bahkan dapat menaiki tebing tersebut jika memang cukup pandai memanjat. Kemudian nikmati meluncur dari atas tebing menuju kolam di bawahnya. Tentu akan menjadi pengalaman menarik selama liburan. Akan tetapi, jika tidak memiliki keberanian cukup bermain air saja di tengah-tengah kolam.

3. Menikmati Keindahan Air Terjun

Setiap pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun di sekitarnya. Ada banyak bebatuan mengelilingi air terjun sehingga pemandangan alamnya terlihat begitu lengkap. Untuk debit airnya sendiri tidak begitu deras sehingga sangat aman walaupun Anda tidak pandai berenang saat ingin bermain air di sekitarnya.

Jika musim penghujan tiba, maka biasanya akan memiliki volume air lebih banyak. Meski begitu, setiap pengunjung tetap dapat menikmati keindahan air terjun tersebut secara langsung. Anda juga bisa mengabadikan momen bersama wisatawan lainnya agar aktivitas berlibur semakin terasa mengesankan.

4. Melihat Pemandangan Bukit dan Tebing di Sekitarnya

Source: https://is3.cloudhost.id/img-kbrt/2021/11/bbp8Hnp6-4sx6d7Ub-suasana-jurug-waru-dongko-trenggalek.jpg

Tempat wisata ini juga menyediakan pemandangan alam di sekitarnya yang sangat indah. Ada banyak bukit-bukit membentang sehingga panorama alam semakin mempesona. Tebing-tebing tinggi juga menghiasi sekitar air terjun tersebut sehingga Anda benar-benar bisa berlibur menyatu dengan alam.

Tentu saja pemandangan air terjun dengan latar belakang perbukitan dan tebing-tebing seperti ini terbilang cukup jarang untuk Anda temui pada lokasi lainnya. Tidak heran jika pesona alam tersebut menjadi ciri khas tersendiri sehingga membuat banyak orang ingin menikmati keindahannya karena sangat istimewa.

5. Menikmati Kolam Air Berwarna Kehijauan

Tidak seperti destinasi wisata air terjun lainnya, Anda akan melihat kolam air terjun dengan warna kehijauan. Tentu cukup mirip seperti danau kecil saat mengabadikan momen tersebut. Hal ini juga menjadi keunikan tersendiri dari lokasinya. Tidak heran jika ada banyak pengunjung ingin melihatnya langsung.

Kolam berwarna hijau tersebut menjadi ciri khas tersendiri. Meski begitu, airnya pun cukup jernih dan segar untuk Anda nikmati. Pengunjung dapat bermain air di dalam kolam tersebut dengan aman dan nyaman. Tentu udara di sekitarnya juga sangat sejuk ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang memanjakan suasana.

6. Berenang di Dalam Kolam

Agar suasana liburan semakin seru, Anda juga bisa memanfaatkan area kolam hijaunya untuk berenang. Tentu sangat cocok untuk berlibur sekaligus menyalurkan hobi dengan cara berbeda. Pasalnya, pengunjung bisa langsung berenang dengan pemandangan alam luar biasa indahnya.

Tidak seperti pada wisata kolam renang buatan dimana pemandangannya hanya terbatas pada bangunan-bangunan saja. Anda bisa menikmati segarnya air di dalam kolam tersebut. Sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dengan suasana tenang. Terlebih tempat ini dapat dikunjungi setiap hari sesuai keinginan.

Baca juga : Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek dengan Berbagai Keunikan

Itu tadi informasi tentang Air Terjun Jurug Waru Trenggalek dengan berbagai keunikannya. Tentu hal ini bisa jadi daya tarik tersendiri daripada kebanyakan air terjun lainnya. Anda bisa merencanakan untuk berlibur ke lokasi tersebut agar bisa merasakan sensasi seru-seruan dengan suasana yang menyegarkan.