Pantai Sumbreng Trenggalek, Lokasi Upacara Adat Longkangan

Pantai Sumbreng Trenggalek

Pantai Sumbreng Trenggalek dapat Anda kunjungi dengan pemandangan alam sangat memukau. Lokasinya sendiri berada di Kecamatan Munjungan sehingga cocok untuk tempat liburan terbaik bersama keluarga. Ada banyak daya tarik di kawasan tersebut salah satunya upacara adat Longkangan.

Alamat Pantai Sumbreng Trenggalek

Destinasi wisata pantai satu ini berada di Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Selama berlibur di lokasi tersebut pengunjung akan puas menikmati keindahan alam di sekitarnya yang masih sangat asri dan alami. Kawasan tersebut juga menyediakan fasilitas cukup lengkap.

Mulai dari tempat parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan pribadi milik pengunjung. Anda juga bisa dengan mudah menemukan tempat bilas ataupun toilet tentunya semakin nyaman untuk membersihkan diri setelah seharian bermain-main di area bibir pantai sehingga basah dan kotor.

Baca juga : Pantai Kedung Tumpang Kediri : Wisata Alam sekaligus Upacara Adat

Tempat wisata ini juga memiliki mushola sehingga pengunjung tidak perlu khawatir ibadahnya tertinggal. Selain itu, Anda juga bisa mampir ke warung-warung makan milik warga setempat dengan sajian makanan khas daerah pesisir laut. Tentu saja dapat menikmati liburan sekaligus menjelajahi wisata kulinernya.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Sumbreng

Pantai Sumbreng Trenggalek
Source: https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2022/07/Pantai-Sumbreng-Trenggalek.jpg

Untuk berkunjung ke Pantai Sumbreng, Anda bisa melewati rute yang cukup mudah. Adapun jaraknya hanya sekitar 45 km dari pusat kota. Apabila berangkat dari arah terminal, maka memerlukan waktu perjalanan hingga 1 jam. Kemudian pengunjung dapat mengendarai angkutan umum menuju Pasar Munjungan.

Jika sudah sampai di area pasar tersebut, maka pastikan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek agar sampai menuju lokasi wisata. Tempatnya sendiri sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak heran jika lokasinya selalu ramai oleh kunjungan para wisatawan. Baik di akhir pekan atau di hari biasanya.

Anda bisa merencanakan waktu liburan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Nikmati berbagai aktivitas seru seperti bermain pasir, menikmati panorama indahnya pantai dengan pasir berwarna putih, serta ombak yang menyegarkan. Tentu dapat menjadikannya sebagai lokasi terbaik saat ingin melepas lelah.

Harga Tiket Masuk Pantai Sumbreng

Pantai Sumbreng Trenggalek
Source: https://image.freepik.com/free-photo/empty-sea-beach-background_74190-313.jpg

Untuk berkunjung ke Pantai Sumbreng, setiap pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Pasalnya, destinasi wisata ini memang tidak membebankan dana retribusi kepada wisatawan. Tentu sangat cocok apabila Anda ingin berlibur menikmati keindahan alam tanpa terbebani oleh biaya apapun.

Terlebih tempat wisata ini juga terbuka setiap harinya selama 24 jam. Anda dapat berkunjung kapan saja sesuai keinginan bersama keluarga atau teman-teman. Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga bisa berkemah di kawasan pantai sehingga pengalaman berlibur akan terasa semakin seru dan mengesankan.

Saat sampai di lokasi juga ada banyak pesona keindahan dapat Anda nikmati. Tentu tidak perlu bersusah payah menyisihkan uang karena wisata ini dapat dinikmati secara gratis. Pengunjung dapat melihat hamparan pasir putih tersebar luas di area pantai dengan deburan ombak sangat mempesona dipandang.

Aktivitas Seru di Pantai Sumbreng Trenggalek

Pantai Sumbreng Trenggalek
Source: https://1.bp.blogspot.com/-DMPx2w7I44U/XTlp2uWA5cI/AAAAAAAAmSc/Qh6us3Hz8JMsqTTsjX8jQuM28DSTHs1FACLcBGAs/s1600/WhatsApp%2BImage%2B2019-07-24%2Bat%2B20.57.37.jpeg

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata Pantai Sumbreng yang ada di Trenggalek. Lokasinya sendiri sangat mudah untuk ditemukan tentu pengunjung bisa merasakan sensasi berlibur dengan nyaman. Agar tidak ketinggalan simak beberapa aktivitas seru selengkapnya di bawah ini:

1. Menikmati Indahnya Pasir Putih

Begitu tiba di lokasi, Anda akan terkesan dengan keindahan pasir putih di sepanjang area pantai. Tentu menjadi pemandangan utama yang sangat cocok untuk melepas lelah. Tempat wisata ini sendiri dapat dikunjungi kapan saja sehingga bisa jadi pilihan ketika memiliki waktu luang agar aktivitas lebih seru.

Anda bisa melihat bentangan pasir putih dan bermain-main di sekitar tepi pantai. Pengunjung juga dapat melihat deburan ombak yang menenangkan. Pengunjung juga dapat berlari-lari di sekitar bibir pantai tanpa menggunakan alas kaki. Tentu saja aktivitas tersebut sangat seru jika dilakukan bersama dengan keluarga.

2. Berenang dan Bermain Air

Tidak hanya menikmati pesona indahnya pasir putih, setiap pengunjung juga dapat bermain air hingga berenang di sekitar pantai. Akan tetapi, tetap berhati-hati dan waspada mengingat lokasinya sendiri berada di Samudera Hindia. Tentu bisa saja sewaktu-waktu memiliki ombak cukup besar dari biasanya.

Hanya saja, lokasinya berada di teluk sehingga terkadang ombak sudah terpecah terlebih dahulu sehingga menjadikannya tidak begitu besar. Apabila Anda mengajak anak-anak bermain air di sekitar pantai tersebut maka pastikan tetap selalu mengawasinya. Akan lebih aman jika menggunakan peralatan renang tambahan.

3. Melihat Panorama Sunset

Source: https://cdn.timesmedia.co.id/images/2020/03/14/Pantai-Sumbreng-Trenggalek.jpg

Saat sudah seharian menikmati keseruan di Pantai Sumbreng, jangan lupa untuk menghabiskan waktu sampai sore hari. Pasalnya, destinasi wisata ini bisa jadi pilihan tepat bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan panorama sunset secara langsung. Terlebih lokasi pantainya sendiri buka selama 24 jam.

Tentu bisa jadi pilihan terbaik apabila ingin menikmati keindahan matahari terbenam di area pantai. Anda juga dapat mengabadikan momen tersebut menggunakan smartphone. Pengunjung akan merasakan suasana alam yang benar-benar tenang dan nyaman sehingga jangan terburu-buru beranjak dari tempat ini.

4. Menikmati Segarnya Buah Kelapa

Sambil menunggu sore hari, aktivitas yang tidak kalah seru lainnya adalah dengan menikmati kesegaran dari buah kelapa. Mengingat cukup banyak pohon kelapa di area tersebut. Anda bisa membelinya langsung di warung-warung warga yang menyediakannya. Tentu kenikmatan di wisata ini akan semakin meningkat.

Anda bisa duduk-duduk santai ditemani oleh panorama alam yang indah sambil menikmati segarnya buah kelapa. Tidak ada salahnya juga apabila memesan makanan khas dari daerah setempat. Tentu suasana akan semakin nyaman sehingga membuat setiap pengunjung semakin betah untuk berlama-lama.

5. Berkemah di Sekitar Pantai

Apabila Anda ingin menikmati liburan dengan waktu yang lebih lama, maka tidak ada salahnya untuk berkemah di sekitar pantai. Wisata ini sendiri memang menyediakan lokasi khusus bagi setiap pengunjung jika mereka ingin mendirikan tenda. Tentu bisa jadi opsi terbaik agar tidak terburu-buru pulang ke rumah.

Akan tetapi, pastikan membawa peralatan dan perlengkapan kemah sendiri. Kemudian Anda bisa menikmati suasana malam hari yang begitu nyaman di sekitar pantai. Pengunjung juga dapat membuat api unggun untuk menghangatkan diri dari kesegaran udara di lokasi. Tentu akan mendapatkan pengalaman memukau.

6. Melihat Upacara Adat Daerah Setempat

Source: https://static.duta.co/wp-content/uploads/2018/08/ft-longkangan.jpg

Saat berkunjung ke Pantai Sumbreng, Anda juga dapat melihat langsung upacara adat khas daerah setempat yaitu bernama Longkangan. Pasalnya, di sekitar teluknya memang menjadi lokasi diadakannya upacara adat tersebut sehingga jika bertepatan dengan waktunya tentu bisa melihat aktivitas tersebut.

Upacara adat tersebut umumnya dilakukan dengan suasana cukup ramah. Ada banyak Jaran Kepang dan Barong di lokasi untuk mengantar larung kapal yang berisi tumpeng menuju ke laut. Tentu setiap pengunjung dapat mengabadikan momen tersebut sebagai keunikan tersendiri saat berlibur ke wisata

Baca juga : Pantai Coro Tulungagung – HTM, Lokasi dan Daya Tariknya

Itu dia wisata Pantai Sumbreng Trenggalek yang sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Tentu bisa menikmatinya tanpa perlu membayar biaya tiket masuk. Pasalnya, lokasinya masih tersedia gratis baik bagi para warga setempat ataupun wisatawan dari luar kota.