10 Tugas Pramuniaga Toko dan Sikap Pendukungnya

Tugas Pramuniaga Toko

Dengan banyaknya usaha yang berkembang, kini banyak usaha yang memerlukan pramuniaga. Tugas pramuniaga toko ternyata tidak sesederhana yang dikira orang selama ini. Karena ternyata tanggung jawabnya cukup banyak, khususnya dalam memberikan kesan baik kepada para pelanggan yang datang.

Banyak hal yang harus dipelajari sebagai tugas pramuniaga toko yang professional. Namun semuanya dapat dimulai dari diri sendiri yang menekankan disiplin dan tanggung jawab. Hal lainnya akan berkaitan dengan ketentuan toko dan jenis barang yang dijual.

tugas pramuniaga

10 Tugas Pramuniaga Toko Secara Umum

Berikut ini adalah 10 tugas pramuniaga toko secara umum, yang bisa diterapkan untuk berbagai jenis usaha toko, yaitu:

1. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan Area Penjualan

Ini termasuk tugas rutin yang bisa dilakukan beberapa kali sehari. Tergantung lokasi dan situasi sekitar, debu seringkali menjadi musuh utama produk yang dipamerkan. Selain pagi hari sebelum toko buka, biasanya siang hari akan perlu pengecekan untuk menghindari debu atau kotoran yang membuat produk terlihat tidak bagus.

Baca juga : Gaji Baby Sitter dan Tugas Kerjanya

2. Mendata Barang atau Produk yang Dipamerkan

Apapun jenis produk yang dipamerkan, melakukan pendataan jumlah barang yang ada di rak atau gondola atau meja, amatlah penting. Karena harus menjaga jangan sampai ada rak yang kosong, atau barang kadaluarsa, mana barang yang laku, serta memberikan tampilan yang rapi.

3. Melakukan Cek Stok

Jika ada barang yang kosong atau tinggal sedikit di area penjualan, salah satu tugas pramuniaga toko adalah melaporkannya pada staf gudang yang mengurusi stok (merchandiser). Sehingga rak tidak kosong dan pembelian ulang stok bisa dilakukan sebelum barang habis.

4. Mengatur Display Produk

Pengaturan produk yang rapi tentunya akan membuatnya tampak lebih menarik. Karena itu setiap hari harus dilakukan penataan kembali sambil memeriksa stok. Dengan begitu pelanggan selalu senang melihatnya.

5. Mempromosikan Produk

Biasanya selalu ada produk tertentu yang dipromosikan, baik dengan hadiah atau diskon khusus. Tugas pramuniaga toko harus memahami promosi yang diadakan agar bisa membantu mempromosikannya kepada pelanggan. Lengkap dengan pengetahuan yang cukup tentang produk tersebut, sistem promosi, dan lainnya (product knowledge).

6. Mengemas Produk Kemasan Kecil

Hal ini biasa terjadi saat ada produk berhadiah atau promosi khusus. Misalnya pembelian produk A akan mendapatkan produk B. Umumnya, produk hadiah akan ditempelkan langsung pada produk A.

Atau diberikan kemasan khusus. Inilah yang harus dilakukan pramuniaga toko, agar promosi yang diberikan tidak keliru dan menimbulkan kesan buruk kepada pelanggan.

7. Memberikan Label Harga

Ini merupakan tugas pramuniaga toko yang penting. Karena seringkali harga yang dipajang ternyata tidak sesuai dengan produk yang dijual. Kemudian adanya perubahan harga juga harus segera diperbaiki di display. Agar tidak terkesan membingungkan pelanggan.

8. Membuat Laporan Penjualan

Tugas pramuniaga toko yang satu ini membutuhkan ketelitian dan keterampilan menulis yang rapi dan bisa dimengerti. Bentuknya adalah seperti laporan stok, penjualan harian, dan lainnya.

Dari laporan inilah pihak pembelian bisa melihat produk mana yang laku atau tidak, mana produk yang hampir habis dan perlu pemesanan ulang, dan lainnya.

Jadi hasil dari laporan yang dibuat ini bisa mempengaruhi jenis produk yang akan disediakan, berapa banyak stok yang berani disimpan, bagaimana meningkatkan penjualan produk, dan banyak keputusan penting lainnya. Itulah sebabnya laporan penjualan amatlah penting untuk dikuasai dengan baik.

9. Memberikan Pelayanan Prima kepada Pelanggan

Sebagai garis depan sebuah toko, tugas pramuniaga toko yang utama tentunya memberikan pelayanan yang prima kepada para pelanggannya. Setiap pelanggan memiliki kebiasaan belanja yang berbeda. 

Tugas pramuniaga adalah memahami kebutuhan dan kebiasaan pelanggan tersebut agar mereka nyaman berbelanja di toko.

Ada yang membutuhkan banyak bantuan, ada yang lebih suka dibiarkan sendiri. bagaimanapun tabiatnya, pelanggan disebut raja yang harus dilayani dengan baik. Kepekaan akan diperlukan dalam hal ini.

Agar membuat para pelanggan tetap nyaman dan terlayani dengan baik. Namun tetap harus sigap jika pelanggan membutuhkan bantuan, baik dalam menemukan produk atau sekedar memberikan informasi.

10. Mencapai Target Penjualan

Sebagai pramuniaga yang baik tentunya menyadari bahwa penjualan yang bagus akan membuat toko makin berkembang usahanya. Karena itu pastilah ada target yang harus dicapai. Itu sebabnya setiap pramuniaga tentu akan berusaha mencapai target tersebut.

Sikap Utama Pramuniaga Toko

Dalam menjalankan kewajibannya dalam tugas pramuniaga toko, ada beberapa sikap penting yang harus dimiliki oleh pramuniaga, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Optimistis

Menawarkan produk seringkali mendapatkan penolakan, tapi pramuniaga yang baik tentunya tetap optimistis. Tidak akan mundur dan tetap semangat menawarkan produknya agar bisa mendapatkan hasil yang baik.

2. Kemampuan Mendengarkan dan Peka

Sebelum banyak berbicara dan mempromosikan produk, lebih baik dengarkan dulu kebutuhan pelanggan tersebut. Agar produk yang ditawarkan tepat sasaran sesuai kebutuhannya. Dengan begitu, penjualan akan lebih mungkin mendapatkan keberhasilan.

Kepekaan juga penting dalam hal ini. Karena dari keluhan pelanggan akan bisa diketahui, produk apa yang cocok untuk orang tersebut, yang benar-benar bisa membantunya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa sangat terbantu.

3. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Kedua sikap tersebut akan dapat terlihat dalam keseharian tugas pramuniaga toko. Karena kedua hal tersebut sangat mempengaruhi hasil kerjanya. Disiplin waktu dan tanggung jawab yang baik atas semua tugasnya tentu akan membuahkan hasil kerja yang baik.

4. Mau Belajar

Sikap mau belajar akan membantu pramuniaga dalam mempelajari produk yang dijual, apalagi produk khusus yang harus dipromosikannya. Kemudian juga mengikuti berita terkini tentang penjualan produk tersebut, termasuk reaksi atau testimoni orang-orang yang telah menggunakannya.

5. Karismatik

Sikap ini penting karena bisa membuat pelanggan mau mendengarkan apa yang dikatakan oleh pramuniaga toko. Perhatian pelanggan bisa difokuskan pada pembicaraan pramuniaga tersebut. Dengan begitu, melakukan promosi tidak akan sia-sia.

Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa cara pembawaan yang karismatik, baik dalam sikap, gaya bicara, dan penampilan keseluruhan, memegang pengaruh besar pada perhatian pelanggan. Tidak masalah produk tersebut mahal, terkadang bisa terjual karena sikap karismatik pramuniaga yang menjual produk tersebut.

6. Menghindari Pembicaraan dan Pendapat Pribadi

Hal tersebut penting agar pelanggan tidak mendengarkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan produk dan toko tersebut. Hal-hal yang perlu dihindari adalah bergosip, membahas masalah pribadi, bersikap frustasi, menampilkan ekspresi kesal, tidak ramah, dan sebagainya.

Bagaimanapun sikap pelanggan, pramuniaga tidak boleh terbawa emosi, menyatakan hal-hal pribadi, atau bersikap tidak professional.

7. Jangan Pernah Mengatakan ‘Tidak Tahu’

Hindarilah perkataan tersebut. Jika memang ada yang tidak diketahui, ubahlah dengan kata lain seperti ‘Sebentar, saya periksa lebih rinci dulu.’ Atau perkataan lain yang sejenis. Karena kata ‘tidak tahu’ akan memberi kesan pramuniaga ini tidak siap atau kurang paham.

Padahal pramuniaga yang baik akan mempelajari beraneka produk yang dilihatnya. Walaupun tidak mungkin menghafalkan semuanya di luar kepala, setidaknya gunakan cara lain yang lebih halus untuk mencari informasi yang ditanyakan.

Tugas pramuniaga toko memang tidak mudah dan jelas tidak sederhana. Namun semuanya bukan hal sulit untuk dipelajari. Karena semuanya bersifat pengulangan dan bisa dijadikan kebiasaan yang baik.

Baca juga :  Gaji Konselor : Profesi, Jenjang Karir, dan Standar Kualifikasi

Asalkan rutin dilakukan, mempunyai semangat untuk belajar, dan terus semangat, apapun hal baru yang dihadapi tidak akan dirasa terlalu sulit. Sikap pribadi jelas penting pengaruhnya dalam menghadapi tantangan dan tugas-tugas yang baru.