Pantai Blado Trenggalek Keindahan Alam di Kecamatan Munjungan

Pantai Blado Trenggalek

Pantai Blado Trenggalek bisa jadi tujuan untuk menghabiskan waktu luang liburan bersama keluarga. Pesona keindahan alamnya begitu luar biasa dengan pantai yang langsung mengarah ke Samudera Hindia. Tentu sangat cocok bagi pecinta olahraga surfing apabila ingin menaklukkan ombak besar.

Sekilas Tentang Pantai Blado Trenggalek

Pantai Blado Trenggalek
Source: https://4.bp.blogspot.com/-tSdjwA7m4hM/WBsOMXGCwTI/AAAAAAAAFro/p7yXDUJY6hUxbcb3crhnCTFXt9z9K4gQQCLcB/s1600/blado1.jpg

Anda tentu sudah mengetahui bahwa Trenggalek memang terkenal dengan wisata pantainya yang begitu indah. Salah satunya seperti Pantai Blado dengan ukuran ombak cukup besar. Kawasan tersebut bahkan masih ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa menjulang di bagian tepi pantainya sehingga menambah keindahan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan beberapa tumbuhan bakau serta sungai yang akan menampung air laut saat sedang pasang. Lokasi wisata ini sendiri juga cukup sering menjadi tempat terparkirnya perahu-perahu milik nelayan setempat. Tentu bisa menjadi pengalaman menarik saat berkunjung.

Anda dapat menikmati keindahan wisata dengan alam yang masih sangat asri. Jika beruntung, lokasi ini juga kerap mengadakan upacara adat Labuh Laut Longkangan. Tepatnya pada hari Jum’ah Kliwon di bulan Selo menurut penanggalan Jawa. Tentu berwisata akan semakin menarik dengan budaya adat setempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Blado Trenggalek

Pantai Blado Trenggalek
Source: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/0c/90/85/d7/20160623-114355-largejpg.jpg?w=1200&h=1200&s=1

Pantai Blado dapat Anda dengan pemandangan alam yang benar-benar menarik perhatian. Lokasi wisatanya sendiri sudah menyediakan beberapa fasilitas lengkap seperti kamar mandi, area parkir, hingga mushola. Tersedia pula rumah makan untuk menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Untuk harga tiket masuknya sendiri langsung saja mengunjungi lokasinya saja agar lebih akurat. Selain itu, pastikan menyiapkan juga beberapa keperluan berlibur. Seperti kamera, baju ganti, tabir surya, dan lainnya. Tentunya akan lebih seru dan menyenangkan jika mengisi waktu liburan ke lokasi ini secara rombongan.

Tempat wisata ini sendiri juga buka setiap hari penuh selama 24 jam. Anda dapat kapan saja menikmati keindahan pantai tersebut tanpa perlu khawatir menghabiskan banyak uang. Baik itu di hari-hari biasa atau saat akhir pekan. Pastinya lokasi wisata ini akan menyuguhkan pemandangan pantai yang mengagumkan.

Lokasi Wisata Pantai Blado Trenggalek

Pantai Blado dapat Anda kunjungi di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, tepatnya sekitar 47 km dari arah barat daya Kabupaten Trenggalek. Destinasi wisata alam ini sangat identik dengan ombaknya yang berukuran cukup besar. Pantainya sendiri terbilang cukup luas dengan panjang mencapai 7 km.

Tentu saja sangat direkomendasikan bagi pecinta olahraga surfing karena kriteria ombaknya sangat pas. Anda juga dapat bermain di sekitar pantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Pengunjung juga bisa berwisata kuliner di warung-warung yang sudah tersedia baik untuk membeli makanan maupun minuman.

Lokasi pantai ini sendiri juga terbilang cukup bersih dan terjaga. Saat sore hari tiba, setiap pengunjung akan dibuat takjub dengan keindahan pemandangan matahari terbenam. Suasana di tempat tersebut pun semakin terlihat menarik sehingga jangan sampai terlewat untuk mengabadikan momen datangnya senja.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai Blado

Pantai Blado Trenggalek
Source: https://2.bp.blogspot.com/-rLBzlcp5cMk/WBsOAN8Hz1I/AAAAAAAAFrk/JfSS28HZ9wIoRCacKC5Zw3cj1d4ltN5oACLcB/s1600/blado.jpg

Bagi masyarakat sekitar Trenggalek tentu menemukan lokasi wisata Pantai Blado terbilang cukup mudah. Berbeda apabila Anda berangkat dari Surabaya, Tulungagung, ataupun Malang. Untuk rutenya sendiri pastikan melalui pertigaan Ngetal menuju arah Gandusari. Setelah itu, ikuti hingga ke Pantai Blado.

Pengunjung juga perlu bersabar mengingat jalan yang harus dilalui terbilang cukup terjal. Pasalnya, Anda harus melewati area perbukitan dengan arah berkelok. Selain itu terdapat pula jalan naik turun yang bisa saja menjadi kendala ketika ingin berkunjung ke lokasi pantai. Oleh sebab itu, pastikan berhati-hati.

Anda juga dapat bertanya kepada warga setempat apabila ingin mencari arah ke Pantai Blado. Walaupun perjalanannya cukup menantang, akan tetapi saat sudah sampai di lokasinya pasti merasa puas. Pengunjung dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan cara yang jauh lebih menarik dan seru.

Aktivitas Seru dan Keindahan Wisata Pantai Blado

Berkunjung ke Pantai Baldo berarti Anda siap untuk menikmati berbagai aktivitas seru. Wisata alam ini sendiri memiliki bentangan alam indah dan luas sehingga cocok menjadi lokasi berlibur bersama. Terdapat ombak besar di tepi pantai berukuran panjang tentu terlihat sangat mempesona. Berikut aktivitas seru selengkapnya:

1. Melihat Tradisi Upacara Adat Labuh Laut

Pantai Blado tidak hanya menyediakan suguhan pemandangan alam pantai yang masih sangat alami. Pasalnya, Anda juga dapat menyaksikan langsung pelaksanaan upacara adat tradisional daerah Munjungan setiap hari Jumat Kliwon di bulan Selo. Masyarakat menyebutnya dengan nama Labuh Laut Longkangan.

Acara ini sendiri ditujukan sebagai salah satu ungkapan rasa syukur. Terutama atas melimpahnya hasil laut yang sudah diperoleh selama ini. Selain itu, masyarakat juga memperingati leluhurnya yaitu Roro Puthut yang konon katanya diberi mandat langsung oleh Ratu Pantai Selatan agar menjaga kawasan ini.

2. Bermain Pasir Berwarna Coklat

Source: https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2021/11/21/bl-619a2b559dc0296c777d5482.jpg?t=o&v=780

Pantai Blado terkenal dengan ukuran ombaknya yang cukup besar. Tidak heran jika sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk berenang di area lautan. Hal ini tentu karena aktivitas tersebut cenderung berbahaya. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena para pecinta olahraga selancar dapat memanfaatkannya.

Selain itu, bagi Anda yang tidak bisa berselancar maka aktivitas yang tidak kalah seru lainnya yaitu bermain pasir putih. Pasirnya sendiri memiliki warna kecoklatan tentu menambah eksotis wisata alam tersebut. Pengunjung akan semakin betah berlama-lama di lokasi mengingat panorama alam dan suasananya sangat nyaman.

3. Melihat Indahnya Panorama Sunset di Sore Hari

Source: https://is3.cloudhost.id/img-kbrt/2022/08/Keindahan-wisata-Pantai-Blado-Munjungan-Trenggalek.jpg

Tempat wisata ini juga bisa jadi pilihan tepat apabila ingin menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam. Anda bisa menghabiskan waktu untuk bermain-main di tepi pantai. Atau sekedar duduk bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati makanan maupun minuman khas daerah laut setempat.

Kemudian tunggu waktu hingga sore hari agar bisa melihat langsung keindahan sunset. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen keindahan pantai dengan latar belakang panorama matahari terbenam. Tentu bisa jadi pengalaman berlibur paling mengesankan. Pesona keindahan alamnya begitu memanjakan mata.

4. Memancing Ikan di Laut

Aktivitas lainnya yang tidak kalah menarik yaitu memancing ikan. Anda tentu bisa menjadikan wisata ini sebagai tempat untuk menyalurkan hobi tersebut. Sambil menikmati panorama alam di sekitar sehingga tidak perlu khawatir akan bosan jika harus berlama-lama di lokasinya. Sensasi liburan pastinya akan lebih seru.

Pantai yang satu ini memang menjadi pilihan tepat untuk memancing mengingat hasil lautnya cukup beragam. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berwisata kuliner di warung-warung milik warga. Tentu bisa langsung mencicipi hasil laut dengan cita rasa sangat lezat ditemani  keindahan wisata alam tidak ada duanya tersebut.

Itu tadi berbagai keindahan dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Blado Trenggalek. Destinasi wisata ini memiliki pemandangan bersih dan alami. Tentu adanya pohon kelapa dan perbukitan di sekitar kawasan tersebut menambah keasrian dan kesejukan saat berlibur di tempat ini.