Tempat Wisata Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan

Indonesia menyimpan banyak sekali sejarah, mengingat negara ini pernah dijajah oleh Belanda, Jepang, Spanyol, Portugis, dan lain sebagianya. Tak heran jika negara ini mampu menghadirkan sebuah monumen sejarah yang ada di Surabaya, bernama Tugu Pahlawan.

Informasi Umum Tugu Pahlawan

Informasi Umum
https://asset.kompas.com/crops/zmZM8alsgkaCHDZyd3kOtJtlFgU=/0x0:1500×1000/750×500/data/photo/2022/10/04/633c1abb9449e.jpg

 

Tugu pahlawan merupakan salah satu tempat wisata yang berada di kabupaten Surabaya, Jawa Timur. Monumen ini dapat menarik minat banyak warga setempat maupun luar kota untuk menikmati waktu liburan mereka bersama keluarga maupun teman. Selain itu, tempat ini menjadi wisata edukasi.

Di sini, Anda bisa melihat keindahan dan sensasi berbeda dari tempat wisata tersebut dengan aktivitas warga setempat. Jika berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mampir ke destinasi ini agar bisa mempelajari lebih dalam mengenai edukasi wisata sejarah di Indonesia ini.

Tempat wisata ini cocok untuk mengisi waktu liburan Anda, baik libur nasional maupun libur setiap minggunya. Tidak hanya itu, keindahan dari tugu pahlawan ini juga bisa dirasakan dari kejauhan. Nuansa kental zaman dahulu akan membawa para pengunjung merasakan sensasi di masa lalu.

Jam Buka Tugu Pahlawan

Jam Buka Tugu Pahlawan
Source: https://indonesiakaya.com/wp-content/uploads/2020/10/1__IMG_4549_Tugu_Pahlawan_dibangun_untuk_mengenang_pertempuran_Mallaby_antara_arek-arek_Suruboyo_dengan_Penjajah_Belanda.jpg

 

Sebelum berkunjung kesini, Anda perlu mengetahui informasi mengenai jam buka dari tempat wisata ini. Pengunjung dapat melakukan kunjungan mulai dari pukul 07.00 – 15.00, Sabtu-Minggu jam 07.00 – 12.00 WIB. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk berkunjung, apalagi jika sedang mampir ke kota Surabaya.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengubah jadwal sehari-hari untuk bisa berkunjung ke sini. Pengunjung dapat mengunjungi tempat ini di pagi hari untuk berolahraga, sore hari menikmati senja, dan malam hari melihat kerlap kerlip lampu kota serta kendaraan yang membuat suasana lebih syahdu.

Jika kesini, sebaiknya hindari berkunjung di siang hari, karena khawatir cuacanya akan sangat panas mengingat matahari cukup terik di Surabaya. Selain itu, momen liburan juga terasa lebih melelahkan karena cuaca dan udara di sekitar sedikit mengganggu sebab adanya polusi.

Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan

Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan
Source: https://i.pinimg.com/originals/5c/21/8a/5c218a3082cef735ff773b02ec5082ad.jpg

 

Informasi berikutnya mengenai harga tiket masuk tugu pahlawan. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini, Anda bisa membayar besaran biaya tiket sebesar Rp5.000/orang. Harganya sangat terjangkau, bukan? Sekarang, tidak perlu khawatir lagi jika ingin pergi liburan bersama keluarga besar.

Mungkin ada lagi biaya yang harus Anda keluarkan untuk membayar retribusi parkir kendaraan. Setiap kendaraan memiliki harga parkir berbeda-beda, seperti bus, mobil, motor, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jangan lupa menyediakan uang lebih jika ingin melakukan kunjungan kesini.

Fasilitas di Tugu Pahlawan

Fasilitas di Tugu Pahlawan
Source: https://asset.kompas.com/crops/xvrNh5VPIWgmEOr2rybwci3kwtU=/0x0:986×657/750×500/data/photo/2020/01/13/5e1bed0edcc32.jpg

 

Walaupun termasuk ke dalam wisata sejarah, tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang sangat mumpuni serta mampu mendukung kegiatan pengunjung yang berkunjung kesini. Jadi, tidak perlu khawatir mengenai fasilitas-fasilitas yang akan menemani liburan Anda di sini.

Adapun beberapa fasilitas-fasilitas tersebut, seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, rumah makan, spot foto menarik, dan masih banyak lainnya. Ukuran lahan parkir yang luas akan membantu pengunjung memarkirkan kendaraannya tanpa harus berebut dengan wisatawan lain.

Selain itu, tempat wisata ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Surabaya. Jadi, Anda bisa membeli buah tangan dalam jumlah banyak serta bervariasi bagi teman atau kerabat di rumah. Disamping itu, jangan lupa membawa perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan dan lain sebagainya.

Daya Tarik Tugu Pahlawan

Daya Tarik Tugu Pahlawan
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2022/11/02/sejarah-tugu-pahlawan-di-surabaya-ini-lokasi-monumen-pertempuran-10-november-1_169.jpeg?w=1200

 

Mengapa banyak wisatawan lokal maupun luar menjadikan tempat ini sebagai salah satu solusi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Tentu terdapat banyak daya tarik yang tersimpan di sini. Bagi Anda yang masih ragu mengunjungi tugu pahlawan, ketahui beberapa informasinya di bawah ini!

1. Suasana Tenang

Daya tarik pertama dari tempat wisata ini adalah suasananya yang tenang. Anda bisa menghilangkan rasa penat sejenak setelah melakukan aktivitas padat sehari-harinya. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah duduk menikmati keindahan sekitar kota Surabaya di pagi dan sore hari.

Anda bisa menghirup udara segar kota Surabaya di pagi hari dan menikmati keindahan senja serta suasana syahdunya di sore hari. Jika lelah, lalu ingin merelaksasikan pikiran sejenak, tempat ini menjadi solusi paling tepat dalam mewujudkan hal tersebut. Apalagi kalau kesini membawa orang tersayang.

2. Menambah Wawasan

Tugu pahlawan merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat daerah Surabaya dalam melawan para penjajah di masa lalu. Bangunan-bangunan cantiknya akan membuat siapapun terpukau. Di sini, banyak pengunjung menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi edukasi bersama keluarga.

Selain itu, jika membawa anak-anak, Anda bisa mengajarkan mereka mengenai monumen perjuangan ini. Secara tidak langsung, orang tua membantu menumbuhkan rasa cinta tanah air pada si kecil. Jadi, jika ingin liburan tetap produktif dan dapat membantu menambah wawasan atau ilmu baru mengenai sejarah.

3. Swafoto Menarik

Liburan tanpa berfoto tentunya tidak akan lengkap karena tidak dapat menyimpan momen berharga selama melakukan kegiatan liburan tersebut. Di sini, terdapat banyak bangunan-bangunan cantik yang akan membuat hasil gambar Anda terlihat estetik dan cantik, sehingga cocok mengunggahnya di sosmed.

Kalau berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan latar belakang suasana yang cantik. Jadi, saat melakukan kunjungan, jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa menangkap momen dalam jumlah yang banyak selama liburan. Apalagi jika kesini bersama keluarga maupun teman.

Alamat Menuju Tugu Pahlawan

Informasi berikutnya berkaitan dengan alamat dari tempat wisata ini. Tugu Pahlawan berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kabupaten Surabaya, Jawa Timur. Akses jalan menuju destinasi ini sangat lancar, sehingga pengunjung pun lebih mudah dalam mengaksesnya.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, dapat memanfaatkan keberadaan transportasi umum yang sudah ada di sekitaran kota. Tak heran kalau banyak pengunjung lokal maupun luar yang menjadikan Tugu Pahlawan sebagai tempat wisata yang harus mereka kunjungi.

Rute Menuju Tugu Pahlawan

Rute Menuju Tugu Pahlawan
Source: https://goo.gl/maps/mktSDz8nBMExj5Lx5

 

Jika Anda menggunakan transportasi umum untuk berkunjung ke tempat wisata ini, bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan. Angkutan umum tersebut terdiri dari bus dan juga angkot. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan berganti kendaraan memakai ojek menuju lokasi wisata ini.

Namun, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan belum tahu jalan atau rutenya, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu menunjukkan rutenya secara tepat. Aplikasi ini biasanya bisa diakses melalui alat elektronik atau fitur yang ada di mobil.

Jarak tempuh dari Bandara Juanda menuju tempat wisata ini cukup dekat, yakni sekitar 31.9 km dengan waktu tempuh 39 menit. Waktu tempuh tersebut sesuai dengan kondisi jalanan pada saat Anda melakukan kunjungan, jadi bisa berbeda-beda. Selain itu, pastikan kondisi kendaraan tetap prima.

Itu tadi informasi berkaitan dengan tempat wisata Tugu Pahlawan yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi berlibur bersama keluarga untuk menambah wawasan mengenai sejarah Indonesia. Jangan lupa juga mempersiapkan segala kebutuhan sebelum keberangkatan agar tidak terjadi kendala.