Cara Membuka Blokir Facebook Update Terbaru 2023

Cara Membuka Blokir Facebook

Tidak banyak orang yang mengetahui cara membuka blokir Facebook melalui HP dan PC. Kebanyakan pengguna hanya mengetahui cara memblokir akun pengguna lain. Terlebih lagi ketika mereka mendapati postingan atau hal-hal yang mengganggu, misalnya seperti postingan kotor atau pelecehan.

Berbagai Alasan Untuk Blokir Akun Facebook

Ada banyak alasan yang bisa menjadi dasar Anda memblokir seseorang pengguna di Facebook. Mulai dari alasan melanggar ketentuan atau peraturan Facebook dalam bersosial media, hingga berbagai alasan pribadi lainnya. Berikut penjelasan sederhana mengenai alasan untuk memblokir akun orang lain.

Berbagai Alasan Untuk Blokir Akun Facebook

1. Postingan Mengganggu

Pada dasarnya setiap orang bebas memposting atau mengunggah konten apa saja. Jadi wajar saja bila ada beberapa pengguna yang membuat postingan mengganggu. Misalnya seperti upload video kekerasan, foto kekerasan pada hewan, atau bisa juga seperti kata-kata bullying.

Namun Facebook sendiri memiliki aturan tentang hal itu demi kenyamanan bersama. Jadi ketika postingan ini mengganggu banyak orang dan mereka melaporkannya, maka Facebook juga akan mengambil tindakan. Misalnya seperti membatasi atau memblokir akun tersebut.

2. Menerima Penghinaan atau Pelecehan

Sosial media layaknya dunia nyata bahkan bisa lebih parah dalam artian perihal perundungan, bullying, atau pelecehan. Tentu hal hal ini berbasis tulisan seperti perkataan seseorang dan dapat terjadi pada siapa saja. Jika Anda mendapatkan penghinaan atau pelecehan seperti ini maka tidak ada salahnya untuk blokir.

Tindakan blokir atau membatasi pengguna ke akun Anda adalah bentuk perlindungan diri. Bahkan bila perlu juga melaporkan akun pada pihak Facebook. Melalui laporan ini maka Facebook juga bisa menindaklanjuti akun yang Anda maksud sehingga tidak mengganggu pengguna lainnya.

3. Spam

Spam atau mengirim konten secara banyak sekaligus adalah tindakan yang membuat orang tidak nyaman. Pengguna lain akan menganggap postingan ini sebagai sampah dan mengganggu. Ketika tindakan spam ini sangat berlebihan maka isa membuat sistem juga terganggu.

Berdasarkan hal itu maka tidak heran bila banyak pengguna yang tidak segan-segan memblokir dan melaporkan seorang pengguna lain karena spam. Artinya Anda juga berhak memblokir orang lain ketika merasa akunnya seringkali membagikan postingan yang bersifat spam.

Cara Membuka Blokir Facebook Lewat HP dan PC

Terlepas dari berbagai alasan memblokir pengguna lain di Facebook, terkadang seseorang juga ingin membuka blokiran itu. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan tersedia berbagai cara. Simak penjelasan tentang cara membuka blokir Facebook melalui HP dan PC.

Membuka Blokir Facebook Lewat HP dan PC

1. Cara Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

Facebook versi aplikasi ini lebih mudah untuk masyarakat gunakan. Di dalamnya juga sudah tersedia berbagai menu secara lengkap sebagaimana pada versi browser. Tentunya termasuk juga menu blokir, berikut panduan mudah tentang cara membuka blokir di HP.

Baca juga : Cara Menghapus Halaman Facebook 

  • Masuk ke facebook dan log in
  • Masuk ke profil

Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

  • Pilih settings and privacy

Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

  • Kemudian klik menu settings

Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

  • Scroll ke bawah dan temukan Blocking

Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

  • Pilih akun yang ingin Anda buka blokir
  • Klik unblock atau buka blokir di sebelahnya

Membuka Blokir Facebook Lewat Aplikasi

Setelah klik buka blokir maka akun itu sudah bisa Anda lihat kembali dan mengirim permintaan berteman. Jadi Anda bisa kembali berteman dengan orang yang sebelumnya terblokir. Hal ini juga bisa berlaku sebaliknya, ketika teman membuka blokiran akun Anda maka ia juga bisa mengirim permintaan berteman.

2. Cara Membuka Blokir Facebook Lewat PC

Selain melalui aplikasi, pembukaan blokiran ini juga bisa Anda lakukan melalui laptop. Tentunya dengan mengakses situs facebook sebagaimana mestinya. Langkah-langkah membuka blokir melalui situs di PC seperti ini pun mudah, berikut penjelasan lebih lanjut.

  • Buka situs Facebook di laptop atau PC
  • Lakukan log in seperti biasa
  • Masuk ke menu profil di kanan atas

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Pilih menu settings & privacy

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Klik settings

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Klik menu privasi

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Kemudian klik pemblokiran

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Klik Edit di menu Blokir pengguna

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Klik lihat daftar blokir Anda

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Pilih akun yang ingin buka blokir
  • Klik Buka blokir

Membuka Blokir Facebook Lewat PC

  • Akun akan terbuka blokirannya

Itulah cara mudah untuk membuka blokiran orang lain di facebook. Pengguna dapat melakukan cara ini kapan saja sesuai keinginan mereka. Jadi semisal ingin berteman kembali atau salah memblokir orang, bisa langsung membuka blokirannya dengan mudah.

Demikian tentang cara membuka blokir Facebook melalui PC dan HP dengan mudah tanpa halangan. Semua pengguna dapat melakukan cara ini ketika mereka membutuhkannya.