Apa Processor Laptop Bisa Diganti? Berikut Jawabannya!

Apa Processor Laptop Bisa Diganti

Pertanyaan apa processor laptop bisa diganti mungkin sering muncul bagi kebanyakan pengguna laptop. Hal ini karena banyak dari mereka memang tidak tahu banyak tentang apa itu komponen di dalam laptop. Perangkat ini juga sering orang kenal sebagai CPU dan berperan sebagai pusat segala aktivitas.

Apa Processor Laptop Bisa Diganti?

Mengingat bahwa processor menjadi otak dari semua proses yang terjadi dari laptop sehingga fungsi kerjanya sangat berpengaruh pada kinerja perangkat. Tidak heran apabila banyak dari pengguna laptop tertarik untuk mengganti CPU dari laptop mereka. Jawabannya adalah bisa saja asalkan sesuai syarat dan ketentuan.

Tidak jarang juga penggantian processor pada laptop justru tidak sepadan dengan tenaga dan waktu. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan apabila muncul masalah baru setelah Anda menggantinya. Pertama, harus tahu apa jenis prosesor yang akan Anda ganti karena tersedia dalam berbagai jenis dan kebutuhan.

Berdasar jenis CPU yang ada pada laptop, penggantian processor laptop gaming ternyata lebih mudah karena hanya perlu melakukan bongkar pasang saja layaknya PC. Justru berbeda pada CPU laptop biasa, akan memakan waktu lebih lama sehingga Anda harus tahu benar-benar apa jenis processor.

Kunci Penggantian Processor Laptop

Penggantian processor laptop tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan seperti halnya pada PC. Alih-alih mendapatkan hasil yang maksimal namun justru memunculkan kerusakan pada laptop. Jadi Anda bisa menggantinya atau tidak berdasarkan beberapa kondisi seperti umur laptop dan jenis processornya.

Kunci penggantian processor laptop berada pada socket processor serta jenis pemasangannya. Apabila socketnya sama, maka processor tidak perlu terpasang secara permanen. Setelah langkah ini, maka baru bisa Anda lakukan penggantian. Anda harus menyesuaikan hardware dan juga motherboard agar tetap sesuai.

Apabila tidak bisa melakukannya sendiri, maka lebih baik untuk menyerahkan kepada tukang service karena mereka sudah mempunyai pengalaman sebelumnya. Apabila processor sudah terpasang permanen, maka ini artinya Anda tidak dapat menggantinya. Justru laptop rusak jika harus dipaksa.

Ketahui Jenis-Jenis Processor Sebelum Menggantinya

Perlu Anda tahu bahwa ada banyak sekali jenis processornya, namun secara garis besar, ada dua jenis processor paling banyak digunakan yakni AMD dan Intel. Sebagai pengguna laptop dapat membandingkan antara keduanya, jenis mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan laptop.

Baca juga : Cara Upload Foto di IG Lewat Laptop

1. Processor AMD

Jenis processor AMD ini cocok bagi pengguna yang suka bermain game sehingga memerlukan komputasi berat. Apabila pemakaian laptop lebih diutamakan untuk kegiatan gaming, maka melakukan rendering dan pekerjaan desain grafis tidak akan terasa berat jika memakai AMD.

Setidaknya pada tahun 2023, processor AMD sudah dibanderol dengan harga jauh lebih terjangkau daripada Intel. Padahal keduanya memiliki performa yang hampir sama. Sayangnya masih ada kelemahan apabila Anda memilih AMD yakni biasanya baterai lebih cepat panas dalam pemakaian lama.

2. Processor Intel

Apa Processor Laptop Bisa Diganti

Processor Intel pada umumnya memiliki pemakaian untuk aktivitas normal sehari-hari yang tidak terlalu berat hingga pemakaian super erat. Ini artinya, penggunaan Intel memang lebih meluas. Kelebihannya yakni tidak mudah tahan panas karena mempunyai performa sangat tinggi. Sesuai dengan harganya lebih mahal.

Harga yang mahal dari processor Intel memang bukan tanpa alasan. Beberapa tahun terakhir ini, popularitas dari processor Intel sudah mulai tergantikan oleh AMD. Jadi Intel terus meningkatkan kualitas komputasinya sekaligus berdampak pada harga jualnya di pasaran.

Dampak Penggantian Processor Laptop yang Wajib Anda Tahu

Memang ada banyak syarat dan ketentuan yang wajib untuk Anda penuhi terlebih dahulu jika ingin melakukan penggantian processor laptop. Salah satunya yakni merk dan tipe dari laptop harus benar-benar sesuai. Hal ini juga harus support pada pembongkaran komponen laptop hanya bisa Anda lakukan pada laptop jadul.

1. Hanya Berlaku untuk Laptop Jadul

Apa Processor Laptop Bisa Diganti

Sesuai dengan penjelasan yang sudah ada sebelumnya, bahwa penggantian processor laptop pastinya memerlukan langkah pembongkaran. Namun ternyata tidak semua jenis laptop saat ini bisa dengan mudah untuk membongkarnya. Bahkan saat ini sudah berlaku laptop yang memang Anda tidak bisa melakukan pembongkaran.

Laptop yang masuk dalam daftar tersebut adalah laptop keluaran tahun 2011 ke bawah. Tentu saja hanya sedikit orang masih betah menggunakan laptop tersebut. Hal ini karena laptop jadul tersebut masih memilih socket PGA. Apabila Anda ingin menggantinya, maka harus mencari generasi laptop dengan socket yang sama.

2. Processor Laptop yang Tidak Ada di Pasaran Bebas

Satu hal yang perlu Anda tahu adalah processor laptop ini tidak terjual dengan bebas di pasaran. Mungkin saja Anda pernah sesekali melihat orang memperjualbelikan komponen CPU di pasaran. Akan tetapi CPU tersebut untuk PC desktop. Jadi fungsinya saja memang bukan untuk pemakaian laptop.

Anda tidak bisa mendapatkan processor CPU khusus untuk laptop secara sembarangan. Hal ini karena memang tidak ada penjualnya secara bebas di pasaran. Kecuali apabiia Anda mendapatkannya dari hasil pretelan orang lain mungkin akan beda lagi ceritanya.

3. CPU PC yang Berbeda dengan CPU Laptop

Jika Anda terus ingin memaksa untuk pemasangan CPU PC desktop pada perangkat laptop, tentu sudah jelas tidak bisa. Hal ini karena dari jenis socket sudah berbeda. Selain itu ukurannya juga tidak sama. Sekalipun dari generasi yang sama, keduanya memiliki spesifikasi sendiri mulai dari socket dan ukuran paket.

Misalnya saja pada processor desktop PC dan laptop yang sama-sama dari Intel Core i7 generasi 11. Untuk PC, memiliki socket FCLGA1200 sementara pada laptop yakni mendukung socket pada FCBGA1449. Keduanya sudah terlihat sangat jauh berbeda.

4. Resiko Tinggi akan Kerusakan

Apa Processor Laptop Bisa Diganti

CPU processor yang sudah tersolder apabila terpaksa harus diganti, maka hanya akan menimbulkan masalah baru. Bukannya malah meningkatkan performa kerjanya, namun justru menyebabkan kerusakan. Belum lagi jika Anda sudah mengeluarkan biaya cukup banyak.

Tentu saja  hal ini memakan biaya yang cukup lumayan. Jadi meskipun pertanyaan apa processor laptop bisa diganti adalah bisa, tetap lebih baik untuk menjual satu unit laptop. Selanjutnya uang tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli laptop baru dengan performa lebih aman.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai pertanyaan apa processor laptop bisa diganti. Dari berbagai penjelasan di atas, akan jauh lebih aman untuk melakukan pembelian unit baru daripada harus menggantinya. Langkah seperti ini pun tidak beresiko menimbulkan kerusakan dan juga kerugian biaya.