Engsel Laptop Patah, Hindari Penyebabnya Berikut!

Engsel Laptop Patah

Anda mungkin mengalami masalah engsel laptop patah saat ingin membuka layar perangkat tersebut. Tentu saja hal ini bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa sengaja sehingga sangat membuat panik. Oleh sebab itu, pastikan memahami dahulu apa saja penyebabnya agar masalah seperti ini lebih mudah untuk dihindari.

Inilah Penyebab Engsel Laptop Patah

Apabila Anda sudah paham tentang cara melihat spesifikasi laptop Windows 10, maka bisa saja menjumpai masalah lain terkait perangkat tersebut. Salah satunya adalah engsel yang patah. Agar tidak mengalami kejadian ini maka pastikan memahami apa saja penyebab engsel patah tersebut di bawah ini:

1. Terlalu Lama Menutup/Membuka Laptop

Penyebab pertama adanya patah pada bagian engsel laptop adalah karena terlalu lama membuka maupun menutup layarnya. Terlebih, engsel merupakan salah satu bagian yang paling rentan patah ataupun rusak. Oleh sebab itu, usahakan memperlakukannya sebaik mungkin agar lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

Selain itu, usahakan untuk menghindari terlalu lama membiarkan laptop dalam keadaan terbuka atau tertutup. Jika perangkat tersebut tidak ingin digunakan maka usahakan tetap membukanya sekali-kali untuk sekedar membersihkannya. Langkah ini sangat efektif untuk mencegah adanya kerusakan pada engsel.

2. Laptop Anda Tertimpa Benda Berat

Hal lain yang dapat menyebabkan engsel patah pada laptop adalah tertimpa benda berat. Bagian engsel tersebut bisa saja terpaksa menahan benda yang bukan ukurannya. Terlebih apabila Anda sembarangan meletakkan benda tertentu di atas laptop tersebut. Tidak heran jika akhirnya bagian engsel lebih mudah patah.

Hal ini juga bisa saja memicu kerusakan lainnya. Tentu sangat penting untuk tidak meletakkan benda apapun di atas laptop tersebut. Tujuannya tidak lain agar perangkat ini lebih awet saat digunakan. Anda juga tidak perlu kerepotan mengenai adanya engsel yang patah sehingga semakin aman saat menggunakannya.

3. Terlalu Lebar Membuka Layar Laptop

Ketika seseorang sedang asyik mengobrol, sebagian dari mereka mungkin tidak sadar membuka laptop terlalu lebar. Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada bagian engselnya hingga patah. Terlebih setiap benda tentunya memiliki batas berbeda-beda sehingga jangan sampai menyepelekan hal ini.

Usahakan untuk selalu memperhatikan layar laptop saat ingin membukanya. Jangan sampai Anda terlalu berlebihan membuka layar tersebut karena bisa merusak bagian engselnya. Langkah ini perlu diperhatikan agar dapat menghindari berbagai kerusakan tersebut. Tentunya lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

4. Laptop Terbanting

Apabila laptop Anda tidak sengaja terbanting, maka bisa saja menyebabkan engsel mengalami kerusakan. Tentu saja dalam hal ini tidak hanya bagian engsel saja yang rusak. Akan tetapi juga bisa menyebabkan beberapa bagian lain rusak sehingga sangat merugikan. Oleh sebab itu jangan sembarangan menaruh laptop.

Anda perlu menaruhnya di tempat yang aman dan terlihat dengan jelas. Agar saat mengangkat sesuatu tidak akan menjadikannya terbanting. Selain itu, usahakan selalu berhati-hati saat membawa laptop. Usahakan perangkat ini terhindar juga dari anak-anak ataupun hewan yang berkeliaran. Seperti anjing maupun kucing.

5. Laptop Tidak Sengaja Terjatuh

Saat Anda membawa laptop dengan tidak hati-hati, maka bisa saja menyebabkan perangkat ini terjatuh secara tiba-tiba. Tentu saja bukan tidak mungkin menjadikan bagian engselnya patah. Adapun kerusakan paling parah adalah layar laptop rusak sehingga tidak mau menyala kembali seperti biasanya.

Tentu saja hal ini sangat merugikan mengingat keberadaan laptop memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu saat ingin bekerja hingga menyelesaikan tugas sekolah. Oleh sebab itu, pastikan selalu membawanya dengan hati-hati. Hindari membawa laptop dengan asal-asalan agar tidak mudah terjatuh.

6. Membuka Laptop dari Sudut Layar

Penyebab lainnya yang sering disepelekan oleh kebanyakan pengguna adalah membuka laptop hanya dari salah satu sudut layar saja. Tentu hal ini menjadi hal utama yang menyebabkan engsel lebih mudah rusak. Terlebih apabila Anda melakukannya selama berkali-kali sehingga bagian engsel akan bermasalah.

Pasalnya, ketika hanya membuka melalui salah satu ujung sudut layar akan menjadikan engselnya bekerja lebih berat. Tentunya akan lebih baik jika membukanya menggunakan dua tangan. Anda juga bisa membuka layar dari bagian tengah. Kemudian lakukan hal ini secara hati-hati dan perlahan agar tetap aman.

Itu tadi beberapa penyebab engsel laptop patah yang sangat penting untuk Anda hindari. Usahakan untuk selalu membuka dan menutup layar dengan hati-hati agar bagian engsel lebih awet saat digunakan hingga bertahun-tahun. Jika sembarangan memperlakukannya tentu saja bagian ini akan lebih cepat rusak.