Liburan ke Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul

Surabaya tidak henti-hentinya memberikan destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik luar maupun lokal. Keindahan tempat-tempat tersebut juga tidak perlu diragukan lagi dan pastinya akan membuat liburan menjadi lebih mengasyikkan, misalnya berkunjung ke Taman Bungkul.

Informasi Umum Taman Bungkul

Informasi Umum Taman Bungkul
Source: https://asset.kompas.com/crops/pvRku5-wtG1Agcze9NGPpofQJck=/0x0:739×493/750×500/data/photo/2020/05/14/5ebccba697975.jpg

 

Taman Bungkul adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi apabila pergi liburan ke kota Surabaya. Keberadaan dari taman ini juga memiliki tujuan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat, yakni meminimalisir polusi atau pencemaran udara yang ada di kota.

Tidak hanya itu, tempat ini sekarang juga berfungsi sebagai destinasi wisata yang banyak menarik minat masyarakat. Anda dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya sembari melepaskan rasa penat setelah melakukan berbagai aktivitas padat dalam kehidupan sehari-hari.

Hal lain yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan taman ini adalah, tempat ini tidak hanya berguna sebagai tempat wisata saja, namun juga pendidikan, dan sosial.  Ada banyak hal menarik yang bisa membuat liburan bersama keluarga menyenangkan serta tak terlupakan.

Jam Buka Taman Bungkul

Jam Buka Taman Bungkul
Source: https://www.batiqa.com/upload/news/l/surabaya-bungkul3_v9132.jpg

 

Taman ini buka selama 24 jam, jadi wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun, baik di pagi, siang, sore, hingga malam hari. Namun, kebanyakan orang berkunjung di pagi, sore, dan malam hari. Mengapa demikian? Karena cuaca tidak terlalu terik, sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman.

Jika kesini, jangan lupa untuk membawa kamera supaya bisa mengambil gambar di berbagai spot foto menarik yang ada di sini. Selain itu, merekam setiap kegiatan bersama keluarga atau teman selama liburan.

Harga Tiket Masuk Taman Bungkul

Untuk bisa menikmati kegiatan di dalam taman ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, karena gratis. Ini cocok dijadikan sebagai solusi jika ingin liburan membawa keluarga besar tanpa harus menghabiskan uang banyak serta tetap hemat.

Mungkin wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja agar kendaraan tetap aman selama melakukan kegiatan liburan di tempat tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika membawa kendaraan pribadi kesini.

Fasilitas di Taman Bungkul

Fasilitas di Taman Bungkul
Source: https://www.gotravelly.com/assets/img/review/gallery/1832/086d6dc1a72404f2e53f968050663d5e.jpg

 

Walaupun hanya sebuah taman, Anda tetap bisa mendapatkan fasilitas memadai yang akan mendukung kegiatan liburan menjadi lebih menyenangkan. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti WiFi gratis, permainan lengkap, pedagang kaki lima, air minum gratis, dan juga wisata religi.

Di sini, wisatawan dapat berkuliner ria menyantap hidangan-hidangan khas kota Surabaya yang akan membuat lidah bergoyang. Jangan khawatir dengan harganya, karena semua terjamin murah serta terjangkau. Selain itu, semua kulinernya juga lezat dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Untuk memaksimalkan kegiatan liburan di taman ini, jangan lupa membawa perlengkapan atau keperluan pribadi, seperti obat-obatan, uang kecil, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda sudah bisa melaksanakan liburan dengan nyaman, aman, juga tentram.

Kegiatan di Taman Bungkul

Kegiatan di Taman Bungkul
Source: https://media.suara.com/pictures/653×366/2022/02/28/10664-taman-bungkul-surabaya.jpg

 

Dari ulasan di atas, mungkin Anda sudah tahu apa saja kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan selama berlibur ke tempat ini. Daripada penasaran, simak penjelasan mengenai informasi tersebut di bawah ini dengan seksama!

1. Bermain Skateboard

Anda suka bermain skateboard dan bingung mencari tempat yang seru untuk menyalurkan hobi tersebut? Coba kunjungi taman ini. Di sini terdapat area bermain skateboard, sepeda BMX, hingga jalur jogging bagi wisatawan maupun warga setempat. Biaya masuknya sendiri sebesar Rp10.000.

Dengan harga sekian, Anda sudah dapat menikmati rute permainan yang mengasyikkan dan tentunya seru. Selain itu, di sini juga sering ada acara-acara pasar murah yang pastinya akan menjadi favorit para ibu-ibu yang datang berkunjung. Tidak cukup sampai situ saja, setiap minggu ada Car Free Day.

2. Menikmati Keindahan Malam

Jika Anda merasa penat melakukan aktivitas padat atau ingin sejenak merelaksasikan pikiran, coba berkunjung ke taman ini di malam hari. Di sini, terdapat banyak permainan tradisional yang akan ikut sera mewarnai malam di kota Surabaya, salah satu contohnya seperti kitiran.

Cara memainkannya pun mudah, Anda hanya perlu melempar ketapel ke arah atas hingga melesat tinggi. Tidak hanya itu, saat malam hari, lampu-lampu taman yang berwarna-warni akan ikut menyala membentuk hewan. Ini menjadi spot foto yang sering dikunjungi oleh para wisatawan Taman Bungkul.

3. Mengunjungi Makam Sunan Bungkul

Kegiatan berikutnya yang bisa wisatawan lakukan adalah dengan melakukan kunjungan makam Sunan Bungkul yang berada di kawasan taman. Nama taman ini diambil dari nama Sunan tersebut yang sangat dihormati oleh masyarakat sekitar terutama leluhur yang ada di kota Surabaya.

Banyak pengunjung melakukan ziarah ke makam Sunan Bungkul yang terkenal sebagai orang hebat pada zaman dahulu. Selain itu, Sunan ini juga terkenal dengan nama Empu Supa. Beliau merupakan toko masyarakat yang sangat berpengaruh serta menjadi salah satu wali besar di Surabaya.

4. Berwisata Kuliner

Di sekitar taman ini terdapat Pujasera dan sentra PKL yang menyediakan banyak sekali kuliner khas kota Surabaya. Anda dapat menikmati semua hidangan yang tersedia dengan harga murah. Apalagi bagi mereka yang suka sekali mencoba kuliner baru yang ada di berbagai wilayah di Indonesia.

Di sini, terdapat rujak cingur, semanggi Suroboyo, lontong mie, lontong balap Wonokromo, dan masih banyak lainnya. Jika suka hangout di tempat kekinian, di sekitar taman juga ada café-café yang menyajikan menu favorit bagi anak-anak muda dan masih cocok dengan lidah orang Indonesia.

Alamat Menuju Taman Bungkul

Alamat Menuju Taman Bungkul
Source: https://pict.sindonews.net/dyn/620/content/2018/12/08/156/1361208/asyiknya-plesir-ke-taman-bungkul-surabaya-2Ma-thumb.jpg

 

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau tempat atau memanfaatkan keberadaan transportasi umum yang beroperasi di sekitaran taman. Lokasi taman ini sendiri berada di Jl. Bungkul Darmo, Kecamatan Wonokromo, kota Surabaya, Jawa Timur.

Akses menuju tempat wisata ini juga sudah sangat bagus. Tidak hanya itu, taman ini terkenal di telinga masyarakat, jadi akan lebih mudah bagi wisatawan baru untuk berkunjung ke tempat ini tanpa harus khawatir tersesat.

Rute Menuju Taman Bungkul

Rute Menuju Taman Bungkul
Source: https://goo.gl/maps/zZD3CZjVMzjikSgVA

 

Untuk bisa mencapai tempat wisata ini, Anda dapat menggunakan angkutan kota, kendaraan pribadi, hingga jalur kereta api. Jika khawatir tersesat, gunakanlah aplikasi Google Maps yang ada di smartphone untuk menunjukkan rute yang tepat serta akurat.

Selain itu, ada juga fitur gps yang ada di mobil. Anda hanya perlu mengatur tujuannya saja. Nanti di layar akan muncul rutenya secara lengkap hingga kondisi jalanan pada saat itu. Untuk waktu tempuhnya sendiri berbeda-beda sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan wisatawan berkendara.

Jika Anda bergerak dari Tugu Pahlawan atau pusat kota Surabaya menuju Taman Bungkul, jaraknya hanya sekitar 5.7 km dengan waktu tempuh 21 menit saja. Jadi, setelah berkunjung ke tugu pahlawan, bisa langsung menjalankan kendaraan lagi ke taman ini.

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata menarik Taman Bungkul untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman di akhir pekan. Jangan lupa juga membawa keperluan pribadi selama liburan agar tidak terjadi kendala yang dapat menghambat kegiatan tersebut.