Mengetahui Kekayaan Budaya di Rumah Batik Surabaya

Rumah Batik Surabaya

Indonesia terkenal akan batik sebagai kekayaan budaya yang bahkan sudah diakui secara sah oleh UNESCO. Untuk mempertahankan eksistensinya, sekarang sudah ada objek wisata Rumah Batik Surabaya yang siap memberikan wawasan luas kepada wisatawan mengenai batik.

Informasi Umum Rumah Batik Surabaya

Informasi Umum Rumah Batik Surabaya
Source: https://sewabussurabaya.com/wp-content/uploads/2019/08/Rumah-Batik-Surabaya.jpg

Ingin pergi liburan dan mendapatkan ilmu baru mengenai budaya Indonesia? Rumah Batik Surabaya ini bisa menjadi solusi paling tepat membawa keluarga berlibur bersama. Ditambah lagi jika membawa anak-anak, secara tidak langsung para orang tua bisa mengenalkan kepada mereka mengenai batik ini.

Jika Anda berada di kota Surabaya, jangan lewatkan waktu untuk berkunjung kesini. Dijamin, setelah sampai, wisatawan akan merasa terpesona melihat koleksi kain batik yang berjumlah ribuan. Selain itu, di sini juga terdapat banyak motif batik dari berbagai wilayah di Indonesia, yang membuat tempat ini semakin menarik.

Destinasi wisata ini juga cocok apabila tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak uang untuk liburan, karena semua biayanya sangat terjangkau. Oleh karena itu, jangan lupa membawa keluarga besar terutama anak-anak agar mereka bisa belajar mengenal mengenai budaya ini.

Jam Buka Rumah Batik Surabaya

Jam Buka Rumah Batik Surabaya
Source: https://sewabussurabaya.com/wp-content/uploads/2019/08/Rumah-Batik-Surabaya-terbaru.jpg

Informasi berikutnya berkaitan dengan jam operasional dari tempat wisata ini, apalagi jika Anda berkeinginan untuk melakukan kunjungan saat berada di Surabaya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Jam buka  Rumah Batik Surabaya ini dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB dari Senin – Jumat.

Di hari Sabtu – Minggu buka pukul 08.00 – 19.00 WIB. Mengingat banyaknya wisatawan yang datang di hari biasa atau akhir pekan, sebaiknya pilih waktu yang tepat sebelum melakukan kunjungan. Tujuannya adalah agar tidak berdesak-desakkan dengan pengunjung lain dan menghindari suasana terlalu ramai.

Harga Tiket Masuk Rumah Batik Surabaya

Harga Tiket Masuk Rumah Batik Surabaya
Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipNsqRaHB_mIP6xI0CRWRG95AV4aJTKayX2kmodR=w1080-h608-p-no-v0

Biasanya, saat berkunjung ke tempat wisata, Anda harus membayar biaya tiket masuk. Namun, beda halnya jika berkunjung kesini, wisatawan tidak perlu membayar HTM alias gratis. Walaupun melakukan kunjungan di akhir pekan sekalipun, semuanya gratis.

Mungkin wisatawan hanya perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan saja agar tetap aman. Namun, perlu diketahui, HTM tersebut terkadang bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, lebih baik menyiapkan uang lebih terlebih dahulu supaya tidak terkendala.

Meskipun begitu, HTM nya tidak akan terlalu mahal dan tetap terjangkau bagi pengunjung. Jadi, Anda sekarang bisa pergi liburan bersama keluarga besar tanpa harus khawatir menghabiskan biaya terlalu banyak dan pastinya tetap hemat.

Fasilitas di Rumah Batik Surabaya

Fasilitas di Rumah Batik Surabaya
Source: https://direktoripariwisata.id/imgunit/6931.jpg

Walaupun tidak ada biaya tiket masuk, fasilitas pendukung yang ada di tempat ini cukup banyak dan juga beragam. Semuanya bisa wisatawan gunakan secara gratis. Adapun beberapa fasilitas-fasilitas tersebut, seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat pembuatan batik, tempat istirahat, dan lain-lain.

Di sini, Anda bisa melihat banyak koleksi motif batik yang memiliki makna berbeda-beda. Jika ingin menghabiskan waktu liburan kesini, jangan lupa membawa kamera agar banyak gambar dapat terambil. Apalagi liburan tidak akan lengkap jika tidak ada foto yang disimpan.

Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan pribadi untuk menghindari terjadinya kendala selama beraktivitas, seperti obat-obatan, dan lain sebagainya. Persiapkan semua kebutuhan tersebut jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru pada saat keberangkatan.

Kegiatan di Rumah Batik Surabaya

Kegiatan di Rumah Batik Surabaya
Source: https://www.pilar.id/wp-content/uploads/2021/10/img-pilar-366.jpg

Semua tempat wisata pastinya memiliki daya tarik tersendiri, sama halnya dengan Rumah Batik Surabaya. Tak heran jika setiap harinya tempat ini mampu menarik minat wisatawan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu informasi mengenai hal tersebut di bawah ini!

1. Melihat Koleksi Batik

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat koleksi batik yang  lumayan banyak di tempat ini. Di sini, terdapat lebih dari 2000 lembar kain batik yang memiliki corak berbeda-beda. Tentu ini akan memberi pengalaman berbeda saat liburan karena dapat mengetahui luar biasanya kekayaan Indonesia.

Selain itu, ini juga bisa menjadi tempat edukasi bagi anak-anak agar mereka mengenal batik lebih dalam dan detail. Tidak hanya itu saja, jika berkunjung kesini bersama buah hati, Anda secara tidak langsung membangkitkan rasa cinta mereka terhadap kekayaan budaya Indonesia.

2. Belajar Mengenai Motif Batik

Seperti yang sudah Anda ketahui, tempat ini memiliki banyak motif batik yang berasal dari berbagai wilayah. Tentu setiap motif memiliki arti atau makna berbeda-beda dengan corak yang berbeda pula. Ini dapat membantu menambah wawasan mengenai hal tersebut.

Di sini, terdapat 17 belas motif batik dari beberapa kabupaten di Indonesia, seperti Pasuruan, Malang, Kediri, Jombang, Jember, Tulungagung, Banyuwangi, Pacitan, Batu, Lamongan, Sumenep, Pamekasan, Surabaya, Sampang, Sidoarjo, dan Bangkalan.

3. Melihat Pembuatan Batik

Untuk menambah wawasan mengenai kekayaan budaya satu ini, di sini juga terdapat tempat pembuatan batik. Jadi wisatawan bisa sedikit demi sedikit belajar mengenai proses produksi kain tersebut, dari pembuatan corak, pewarnaan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa merekam semua aktivitas yang terjadi selama liburan supaya tidak lupa dengan proses pembuatannya. Jika ingin mencoba pun boleh, Anda dapat mencontoh beberapa motif yang sudah ada atau membuat corak sendiri supaya hasilnya lebih otentik dan menarik.

Alamat Menuju Rumah Batik Surabaya

Sebelum melakukan kunjungan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai lokasi dari tempat wisata agar tidak tersesat dan bisa mempersiapkan seberapa lama perjalanan menuju destinasi tersebut. Rumah Batik Surabaya sendiri terletak di Jl. Dukuh Bulak Banteng Tim, No.94.

Tepatnya berada di Desa Kenjeran, Kecamatan Bulak Banteng, Kota Surabaya, Jawa Timur. Akses menuju tempat ini sudah sangat bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau empat. Jadi, tidak perlu bingung lagi apabila ingin melakukan kunjungan ke sini di akhir pekan.

Rute Menuju Rumah Batik Surabaya

Rute Menuju Rumah Batik Surabaya
Source: https://goo.gl/maps/np8VFNx4wS8RDqW36

Bagi wisatawan baru atau dari luar kota, pasti belum tahu betul seluk beluk kota Surabaya. Apalagi jika harus berkunjung ke tempat wisata tertentu. Untuk itu, perlu mengetahui rutenya terlebih dahulu sebelum melakukan kunjungan. Pastikan juga kondisi kendaraan tetap prima, walaupun akses jalannya bagus.

Jika Anda khawatir tersesat, bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone atau fitur gps yang ada di dashboard mobil. Keduanya dapat memberitahukan rute atau akses jalan secara akurat kepada pengguna. Jadi, wisatawan hanya perlu mengikuti arahan saja hingga ke tujuan.

Jika menggunakan transportasi umum, seperti bis atau angkutan lain pun tidak masalah. Anda bisa berhenti di Bulak Banteng, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju tempat wisata. Jarak dari pusat kota sendiri 8.8 km dengan waktu tempuh sekitar 21 menit.

Namun, perlu Anda ketahui jika waktu tempuh tersebut bisa berubah-ubah sesuai kondisi jalan dan kecepatan pengendara.

Itu tadi informasi berkaitan dengan Rumah Batik Surabaya yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif liburan bersama keluarga untuk mengenal berbagai motif batik sebagai kekayaan Indonesia. Besar harapan semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara luas kepada pembaca.