Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel Mudah

Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengunci jaringan 4G Telkomsel. Adapun manfaatnya yaitu dapat menjadikan kualitas sinyal semakin optimal dan stabil. Tentu saja semakin lancar saat menggunakan jaringan internet. Oleh sebab itu, pastikan mencari tahu dahulu mengenai caranya.

Bagaimana Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel?

 

Telkomsel merupakan provider terbaik yang ada di tanah air. Tersedia jaringan sinyal maupun internet yang sudah sangat bagus hingga ke pelosok Indonesia. Lalu bagaimana cara mengunci jaringannya? Jika sebelumnya sudah paham tentang cara beli chip domino pakai pulsa Telkomsel, maka cari tahu caranya berikut:

1. Melalui Dial Up

Penguncian jaringan 4G Telkomsel sebenarnya dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Terlebih langkah ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Salah satunya adalah melalui dial up pada ponsel masing-masing. Baik itu perangkat iPhone maupun Android. Jika masih belum tahu segera cek caranya di bawah ini:

  • Siapkan ponsel Anda
  • Pastikan sinyal Telkomsel dalam keadaan bagus
  • Masuk ke menu Telepon/Panggilan

  • Setelah itu ketik kode *#*#4636#*#*

  • Kemudian akan terlihat beberapa menu
  • Klik Device Information
  • Tekan Set Preferred Network Type
  • Terakhir pilih LTE Only

2. Melalui Perangkat iPhone

Jika ingin menggunakan cara lainnya, maka Anda bisa menerapkan langkah ini hanya melalui perangkat iPhone. Saat ini sendiri pengguna hp iPhone di tanah air sudah terbilang cukup banyak. Tentu sangat penting untuk mengetahui cara mengunci jaringan dari Telkomsel 4G tersebut. Di bawah ini cara selengkapnya:

  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Lalu klik Celular Data Options/Pilihan Data Seluler

  • Kemudian pilih Voice & Data/Suara & Data

  • Jika sudah tekan LTE
  • Selesai

3. Melalui Perangkat Android

Apabila Anda termasuk pengguna telepon dengan sistem operasi Android, tentu memerlukan cara yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan menyimak langkah-langkahnya dahulu agar proses penguncian jaringan 4G pada operator Telkomsel berhasil dilakukan. Berikut panduan selengkapnya:

  • Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Setelah itu klik Jaringan/Network
  • Jika sudah, klik Preferred Network Type

  • Lalu tekan Prefer 4G LTE

  • Selesai

4. Melalui Aplikasi 4G LTE Switch

Untuk cara lainnya yang tidak kalah praktis adalah dengan memanfaatkan aplikasi khusus. Anda bisa mengunduhnya baik di Play Store maupun App Store sesuai kebutuhan masing-masing. Salah satunya yaitu lewat aplikasi 4G LTE Switch. Jika sudah buka aplikasi tersebut lalu masuk ke menu Device Information.

Lalu informasi hp akan terlihat secara detail. Kemudian pilih saja opsi Set Preferred Network Type lalu tekan LTE Only. Jika sudah, maka tunggu terlebih dahulu. Tentu saja proses penguncian jaringan dengan aplikasi ini sudah berhasil. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila mencobanya.

5. Melalui Aplikasi Force LTE Only

Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Force LTE Only. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis sebelum menggunakannya. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk melakukan penguncian jaringan 4G LTE dari Telkomsel dengan cara mudah dan praktis tanpa memerlukan biaya apapun.

Tentu akan ada banyak manfaat apabila Anda menerapkan cara tersebut. Terutama dalam mengakses internet. Baik itu untuk hiburan, bekerja, hingga belajar. Agar jaringan yang tersedia semakin maksimal dan lancar. Tentu saja kecepatan internet semakin bagus sehingga semakin nyaman mengakses dunia maya.

4. Melalui Aplikasi 4G LTE Switcher 2

Merupakan salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengunci jaringan 4G dari Telkomsel. Aplikasi ini perlu diunduh terlebih dahulu sehingga baru bisa menggunakannya. Proses pengunduhan ini sendiri sangat mudah dan cepat melalui Google Play Store serta tidak memerlukan tambahan biaya.

Tentu caranya tidak jauh berbeda pada beberapa aplikasi sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa menunggu dalam beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa jaringan tersebut sudah tersedia serta sudah dalam keadaan terkunci sebagai jaringan 4G. Hanya saja pastikan hp sudah diroot dahulu sebelum memakainya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa cara mengunci jaringan 4G Telkomsel. Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah yang cukup mudah dan praktis termasuk bagi para pemula sekalipun. Baik itu memakai aplikasi atau tidak sehingga bisa memilih sendiri salah satunya sesuai kebutuhan.