6+ Daya Tarik Wisata Apsari Park Surabaya

Apsari Park

Apsari Park adalah salah satu taman yang ada di Surabaya dan menjadi objek wisata unggulan kota Pahlawan ini. Taman ini berhadapan dengan sebuah Gedung bernama Grahadi. Di dalamnya menyimpan banyak sejarah menarik selama pembangunannya, jadi jangan sampai tidak berkunjung.

Informasi Umum Apsari Park Surabaya

Informasi Umum Apsari Park Surabaya
Source: https://tourism.surabaya.go.id/storage/tour/1677037822_1.jpg

Taman Apsari dibangun saat Dirk Van Hogendorp yang pada saat itu menjadi penguasa di wilayah Jawa Timur. Dia memiliki inisiatif saat membangun Apsari Park dan Gedung Grahadi karena ingin memperluas rumah dinasnya yang berada di kawasan Jembatan Merah.

Selain itu, dia juga berencana membangun tempat tinggal baru yang mengarah ke Sungai Kalimas. Seiring berjalannya waktu, keberadaan taman ini pun menjadi salah satu objek wisata yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar untuk mengetahui sejarah pembangunannya.

Di taman ini, terdapat banyak pepohonan hijau nan rindang dengan banyaknya bunga aneka warna. Wisatawan dapat menjadikannya sebagai tempat melepas penat sejenak setelah melakukan berbagai aktivitas padat sehari-harinya sambil melihat keindahan pohon Tabebuya.

Jam Buka Apsari Park

Jam Buka Apsari Park
Source: https://1.bp.blogspot.com/-Rgdx4-e2b64/VWbmbP2lOQI/AAAAAAAAJp8/J0JZBOL_S0c/s640/20150528_102347_resized.jpg

Karena merupakan sebuah taman, tempat wisata ini tentunya buka selama 24 jam setiap hari. Jadi, wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun terutama jika ingin mampir sejenak setelah melakukan perjalanan panjang dari luar kota.

Di sini, Anda bisa bersantai di bawah pepohonan rindang sambil menikmati pemandangan kota yang selalu hectic setiap harinya. Ini juga menjadi tempat yang cocok untuk berbincang santai bersama keluarga atau teman maupun menghabiskan waktu sendirian.

Harga Tiket Masuk Apsari Park

Harga Tiket Masuk Apsari Park
Source: https://1.bp.blogspot.com/-A1sWVRnK3TQ/WCAws0icNTI/AAAAAAAAGck/uvqTZSR-ym0fX5QtXAe9JMj8HtZBx1eWACLcB/s1600/taman1.jpg

Berbeda dengan tempat wisata lain, di sini Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena gratis. Jadi, tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk pergi liburan bersama keluarga besar. Coba bawa mereka semua ke taman ini, dijamin akhir pekan akan terasa lebih menyenangkan.

Mungkin wisatawan hanya perlu menyediakan uang untuk membayar retribusi parkir saja. Itupun tidak terlalu mahal dan menyesuaikan dengan jenis kendaraannya, misalnya motor, mobil, serta lainnya. Daripada bingung kemana harus pergi liburan, lebih baik kesini saja.

Fasilitas di Apsari Park

Fasilitas di Apsari Park
Source: https://1.bp.blogspot.com/-8YruEUiwnpw/VgEn4XKaRJI/AAAAAAAABE4/PysC47IpV8s/s1600/P_20150418_091347.jpg

Meskipun hanya sebuah taman, tempat ini sudah menyediakan banyak sekali fasilitas pendukung yang akan membuat wisatawan nyaman melakukan kegiatan liburan mereka di sini. Fasilitas-fasilitas umum tersebut seperti, area parkir luas, kamar mandi bersih, mushola, hingga rumah makan.

Tidak hanya itu, di sekitar tempat ini juga terdapat pusat perbelanjaan yang selalu ramai pengunjung dan cocok jika ingin membeli oleh-oleh hits Surabaya untuk kerabat di rumah. Dengan lengkapnya fasilitas tersebut, sudah pasti liburan Anda akan terasa lebih lancar dan seru.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan agar tidak terkendala selama berkegiatan. Bukan hanya itu saja, supaya bisa mengambil gambar di berbagai spot unik di sini, selalu ingat membawa kamera.

Daya Tarik Apsari Park

Daya Tarik Apsari Park
Source: https://getlost.id/wp-content/uploads/2021/03/taman-apsari_1567978519.jpeg

Informasi berikutnya berkaitan dengan daya tarik Apsari Park jika Anda tertarik berkunjung kesini saat berada di kota Surabaya. Supaya tidak ragu mengenai hal tersebut, simak ulasannya secara lengkap di bawah ini dengan seksama!

1. Monumen Gubernur Suryo

Daya tarik pertama dari taman ini adalah Monumen Gubernur Suryo. Monumen ini memiliki arti tersendiri yang berguna sebagai alat untuk mengenang perjuangan Gubernur pertama Jatim pada tahun 1046-1948. Tidak hanya ada patung Gubernur pertama saja, namun juga ada patung Joko Dolog sebagai tokoh Kerajaan Singasari.

Monumen Gubernur yang berada di taman ini sangat mencolok, jadi mudah bagi Anda menemukannya. Ini juga bisa dijadikan sebagai spot foto cantik dan penuh makna bagi wisatawan serta seluruh masyarakat Surabaya.

2. Jogging Track

Jika Anda berkunjung di akhir pekan pagi, pasti akan ada banyak orang melakukan olahraga terutama jogging di area ini. Apalagi ada track khusus untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, taman ini juga cukup luas dan di sekelilingnya terdapat banyak bunga cantik yang akan menemani berolahraga.

Apalagi jika berolahraga di pagi hari, udara masih sangat segar dan pastinya bisa membangkitkan semangat selama berkegiatan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Lakukanlah kunjungan di pagi hari untuk menikmati suasana kota Surabaya yang menenangkan serta sejuknya angin sepoi-sepoi.

3. Taman Eksotis

Salah satu daya tarik yang banyak menarik minat wisatawan adalah area taman eksotis bekas peninggalan Belanda. Dulunya, nama dari objek wisata ini adalah Taman Simpang, karena terletak di sebuah lahan yang bernama Simpang dan berada di belakang gedung Grahadi.

Namun, perubahan arah tersebut terjadi pada 1802 dan gedung mengharap ke arah Selatan hingga saat ini. Dari sinilah nama taman ini juga berubah. Keeksotisan lingkungan di sekitar tempat tersebut mampu membuat siapapun terpesona menghabiskan waktu libur atau sehari-hari mereka di sini.

4. Spot Foto Cantik

Liburan tanpa hunting foto memang terasa kurang, karena tidak ada kenangan yang tersimpan setelah masa liburan habis. Di sini, Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik, cantik, dan juga aesthetic yang akan membuat akun sosial media terasa menarik.

Di bagian awal saat memasuki kawasan taman, Anda akan air mancur yang sangat cantik dan bunga warna warni di sekeliling taman. Ini dapat menjadi spot foto terbaik yang bisa wisatawan ambil. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk membawa kamera jika berkunjung kesini.

Alamat Menuju Apsari Park

Jika sudah berencana melakukan kunjungan ke tempat ini, informasi selanjutnya yang harus Anda tahu adalah alamat atau lokasinya. Apsari Park berada di Jalan Taman Apsari No. 63, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus karena berada di tengah kota. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat maupun memanfaatkan transportasi umum seperti angkot atau bis. Semuanya dapat terjangkau dengan mudah di sekitar area ini.

Rute Menuju Apsari Park

Rute Menuju Apsari Park
Source: https://goo.gl/maps/WWbvANho4FWHY8zk7

Bagi wisatawan baru atau luar kota, pasti kebingungan menemukan rute atau akses jalan menuju tempat wisata ini, sehingga membutuhkan bantuan supaya dapat meminimalisir tersesat. Di era teknologi seperti saat ini, semuanya sudah semakin mudah bagi masyarakat terutama pengguna internet.

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone atau fitur GPS yang ada di mobil. Keduanya dapat membantu dalam memberitahukan rute secara tepat dan akurat kepada penggunanya. Pengguna hanya perlu menentukan lokasi, lalu mengatur tujuan serta mengikuti rute yang muncul.

Jarak dari Alun-Alun Surabaya menuju tempat ini pun dekat, jaraknya hanya 350 menit dengan waktu tempuh 4 menit dengan berjalan kaki. Ini bisa menjadi track untuk berolahraga jalan-jalan santai bersama keluarga atau teman di akhir pekan.

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata penuh sejarah di Apsari Park Surabaya. Wujudkan akhir pekan menyenangkan bersama keluarga atau teman dengan melakukan kunjungan ke taman ini. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran dan penjelasan secara dalam kepada pembaca.