12+ Cara Melihat Windows di Laptop Asus

Cara Melihat Windows di Laptop Asus

Pengetahuan tentang cara melihat windows di laptop Asus ini terbilang penting. Terlebih lagi jika pengguna seringkali mengunduh dan menginstall aplikasi yang mereka butuhkan untuk suatu pekerjaan. Baik itu yang berhubungan dengan design, video editing, atau juga sekedar pekerja administratif.

Apa Itu Versi Windows Pada Laptop

Windows adalah suatu sistem operasi, sama halnya dengan android atau ios pada smartphone. Pembuat sistem operasi Windows ini adalah Microsoft. Kehadiran windows ini tentu sudah satu paket dengan perangkatnya yaitu laptop atau komputer. Namun memang pengguna perlu menginstalnya kembali saat pembelian.

Apa Itu Versi Windows Pada Laptop

Windows juga merupakan salah satu sistem operasi yang populer di dunia selain Mac OS. Sebelum windows ada beberapa sistem operasi komputer yang populer pada zaman dahulu. Misalnya seperti linux yang kini hampir tidak digunakan lagi. Jadi bisa di bilang hanya ada 2 sistem operasi yang berlaku di zaman ini.

Sistem operasi windows sendiri sama seperti android dan ios, memiliki masing-masing versi dari tahun ke tahun. Mulai dari versi jadul yaitu windows 7, 8, 9 hingga yang modern seperti versi 10 dan 11. Kebanyakan laptop dan komputer sudah menggunakan windows versi 10 atau 11.

Bagaimana Cara Melihat Windows di Laptop Asus

Cara melihat versi windows pada sebuah laptop hampir sama dengan cara melihat sistem operasi pada smartphone. Namun di sisi lain pengetahuan ini juga tidak tersebar secara luas. Alhasil banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara mereka bisa menemukannya.

Versi Windows di Laptop Asus

1. Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Kardus Pembelian

Saran cara pertama ini tentu hanya berlaku pada saat pengguna baru membeli perangkat laptop. Setiap pembelian laptop atau komputer Asus pasti sepaket dengan kardus pembungkusnya. Sebagaimana kardus produk pada umumnya, akan tercantum berbagai informasi penting mengenai produk.

Baca juga : Cara Membuat 2 Layar di Laptop

  • Ambil kardus pembelian laptop
  • Lihat bagian belakang
  • Di pojok kiri terdapat kotak informasi
  • Lihat bagian berlatar belakang hitam

Biasanya informasi seperti ini akan tersedia di bagian belakang box, sebelah kiri bawah. Namun terkadang peletakan informasi bisa berbeda-beda pada setiap versi laptop. Intinya pelanggan akan selalu bisa melihat versi windows laptop mereka melalui box packaging ini. 

2. Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Internet

Asus merupakan merek laptop terkenal di Indonesia, bahkan juga dunia. Setiap versi laptopnya memiliki review atau ulasan dari berbagai pengguna. Anda dapat memanfaatkan review ini untuk mengetahui lebih rinci mengenai versi OS atau windows. Selain itu juga bisa langsung berkunjung ke lama pencarian.

  • Masuk ke browser
  • Ketik “versi windows untuk laptop asus seri X” pada laman pencarian
  • Ganti X dengan versi laptop yang Anda miliki
  • Pilih hasil pencarian teratas
  • Temukan jawabannya di dalam hasil pencarian itu

Ini termasuk cara paling mudah untuk bisa mengetahui versi windows yang beroperasi di laptop Anda secara cepat. Namun memang membutuhkan koneksi internet untuk bisa berjelajah di browser. Jika merasa ini adalah langkah yang terbilang rumit maka bisa coba berbagai cara lainnya.

3. Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui MyAsus

MyAsus adalah sebuah aplikasi atau software pada laptop yang di dalamnya menyimpan banyak informasi mengenai perangkat. Aplikasi ini juga bisa terintegrasi dengan beberapa perangkat lainnya, misal seperti android atau iOS. Pengguna bisa melihat versi windows mereka dengan cara ini.

Liat Versi Windows lewat My Asus

  • Cari MyAsus di menu start
  • Buka aplikasinya
  • Pilih system info
  • Lihat bagian system software 

Pada bagian system software akan tertera informasi versi windows yang pengguna cari. Tentunya lengkap dengan berbagai informasi tambahan lainnya seperti binary digit. Satu hal yang perlu pengguna ketahui adalah bahwa cara ini hanya akan bekerja pada laptop dengan windows terbaru yaitu 11.

4. Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Windows Settings

Pada dasarnya windows settings adalah halaman pengaturan artinya semua laptop juga memilikinya. Windows settings ini juga menyimpan banyak informasi karena memang menjadi pusat pengaturan. Pengguna bisa melakukan cara berikut untuk dapat mengetahui versi windows pada laptop mereka.

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih system
  • Lihat menu about di bagian bawah
  • Kemudian lihat bagian windows specification

Di bagian windows specification ini akan tertera informasi versi windows. Biasanya tampil sebagai “edition” dan “version” yang mana keduanya menggambarkan versi windows pada laptop secara detail. Jadi tidak hanya menunjukkan angka namun juga versi rilisannya.

5. Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Dxdiag

DcDiag adalah sebuah program pada laptop untuk pelaporan pengguna akhir. Di dalam Dcdiag ini terdapat alat baris perintah yang merupakan rangkuman pengetahuan secara rinci mengenai cara identifikasi suatu hal. Berikut panduan lebih lengkap untuk melihat versi windows melalui Dcdiag.

  • Tekan tombol windows + R bersamaan
  • Ketik dxdiag 
  • Klik enter
  • Akan muncul jendela baru berisi informasi laptop
  • Lihat bagian menu System Information

Dalam jendela itu akan tertera berbagai informasi perangkat lunak yang terpasang dalam laptopnya. Tidak hanya ada informasi sistem operasi yang berlaku namun juga secara menyeluruh. Mulai dari nama perangkat, kapasitas RAM, bahasa yang terprogram, dan lain sebagainya.

6. Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Shortcut

Keyboard shortcut atau pintasan papan ketik bisa menjadi cara mudah bagi pengguna untuk mengetahui versi windows mereka. Pada dasarnya panduan ini memiliki kesamaan dengan poin penjelasan sebelumnya. Namun perintah yang akan pengguna ketik tentu berbeda, berikut tutorial lebih lanjut.

Liat Versi Windows di Laptop Asus Lewat Shortcut

  • Tekan tombol windows + R bersamaan
  • Ketikkan perintah Winver
  • Klik enter
  • Kemudian akan muncul jendela khusus

Itulah cara melihat windows di laptop asus dengan mudah hanya menggunakan pintasan keyboard atau shortcut. Di dalam jendela baru ini akan tertera informasi versi windows yang berlaku di laptop lengkap dengan penjelasannya. Bahkan juga ada keterangan lisensi yang berlaku atas nama pengguna.

7. Melihat Windows di Laptop Asus Melalui File Explorer

File explorer adalah sebuah sistem manajemen file di dalam laptop yang menggunakan sistem operasi windows. Pada dasarnya file explorer ii ada pada semua perangkat, bahkan termasuk smartphone. Khusus pada laptop ini juga bisa membantu pengguna untuk mengetahui versi windows yang berlaku.

  • Buka file explorer
  • Klik kanan di bagian This PC
  • Pilih menu properties
  • Lihat bagian windows edition

Pada bagian windows edition ini akan tertera jenis atau versi windows yang bekerja di laptop Asus itu. Selain ada informasi versi windows, di bagian bawah juga terdapat informasi mengenai sistem yang berlaku. Mulai dari jenis prosessor, kapasitas RAM, tipe sistem yang bekerja, hingga aksesibilitas yang ada.

8. Melihat Windows di Laptop Asus Melalui System Information

System Information adalah portal yang bisa pengguna laptop Asus manfaatkan untuk melihat spesifikasi perangkat secara lebih rinci. Cara penggunaannya mudha, tidak ada tekan tombol shortcut tertentu sebagaimana beberapa cara sebelumnya berikut panduan lebih lengkap mengenai System Information.

  • Buka menu start di pojok kiri
  • Ketik System Information pada bar pencarian
  • Klik hasil pencarian yang tersedia
  • Kemudian akan langsung tertera versi OS yang berlaku

Pada jendela informasi akan ada nama sistem operasi yang berlaku secara lengkap. Misalnya seperti Microsoft Windows 10 Pro atau macam versi lainnya. Kemudian di bawahnya juga akan tertera nomor versi OS yang terpasang. Selain itu juga ada nama manufaktur, nama sistem, dan masih banyak lagi.

9. Melihat Windows di Laptop Asus Melalui CMD

CMD atau command prompt adalah sebuah aplikasi yang berbasis command line interpreter. Aplikasi CMD ini hanya berlaku pada windows sehingga pengguna macbook tidak bisa menggunakannya. Sistem CMD sendiri memiliki banyak fungsi, salah satunya mengetahui informasi tentang sistem operasi.

  • Masuk ke menu start
  • Ketika CMD atau Command Prompt di bar pencarian
  • Klik dan buka hasil pencarian
  • Ketika perintah ver atau systeminfo
  • Klik enter
  • Lihat pada bagian Microsoft windows [Version …]

Itulah cara mudah untuk mengetahui versi os atau sistem operasi windows yang berlaku di laptop. Banyak orang yang juga mengatakan bahwa ini merupakan cara termudah. Pasalnya informasi akan langsung tertera tanpa harus mencari di deretan informasi lainnya.

Cara Melihat Windows di Laptop Asus Melalui Tampilan Windows

Versi windows juga bisa terlihat sangat jelas melalui tampilannya. Masing-masing versi memiliki ciri khasnya dan tentu semakin tinggi versinya maka tampilannya semakin bagus. Pengguna bisa langsung memahami versi windows pada suatu laptop melalui penjelasan sederhana berikut.

Liat Versi Windows di Laptop Asus

1. Windows 7 dan 8

Windows 7 memiliki ciri khas di dengan tombol start di kiri layar dengan bentuk bulat dan akses 3D. Di dalam start itu terdapat profil pengguna dan shortcut dari berbagai aplikasi. Selain itu tampilan layar utama windows pada versi ini juga masih terasa jadul, terlebih lagi jika sudah terbiasa dengan tampilan modern.

Sementar pada windows 8 sudah sedikit modern dengan menggunakan metro-style atau menu start dalam bentuk screen. Artinya start pada windows 8 ini akan terbuka dalam melalui entuk 1 layar penuh, beda dengan versi windows lain yang hanya merupakan tampilan jendela kecil. 

2. Windows 10 

Lanjut pada windows 10, tidak lagi menggunakan menu start yang memenuhi layar. Windows versi ini kembali pada bentuk lama yaitu hanya jendela kecil di bagian kiri selayaknya windows 7. Perbedaannya adalah memiliki tombol start lebih besar dan juga terdapat bar pencarian.

Selain itu ada juga susunan shortcut aplikasi yang lebih tertata berdasarkan abjad, bukan berdasarkan history penggunaan. Baru pada di bagian kanan menu start terdapat datar aplikasi yang bisa pengguna atur sendiri. Tujuan bagian inia dalah untuk memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi favorit mereka.

3. Windows 11

Windows 11 adalah versi sistem operasi dari microsoft terbaru dan sejauh ini memiliki tampilan paling modern. Ciri utama dari versi ini adalah semua taskbar berada di tengah seperti Mac OS. 

Windows 11

Kemudian bagian start juga memiliki datar aplikasi dengan basis icon, bukan lagi daftar secara abjad. Bar pencarian juga pindah ke bagian atas, memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.

Demikian tentang cara melihat windows di laptop Asus dengan mudah melalui berbagai metode. Semoga dapat menjadi panduan yang membantu banyak orang untuk mengetahui versi windows di laptop mereka.