7+ Keunikan Wisata Kampung Warna Warni Surabaya

Kampung Warna Warni

Kampung Warna Warni bukan hanya ada di Malang saja, di Surabaya pun ada perkampungan unik ini. Setiap harinya selalu menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun luar untuk berkunjung melihat keindahan dari rumah penduduk yang berwarna. Ini juga bisa menjadi destinasi liburan akhir pekan bersama keluarga.

Informasi Umum

Informasi Umum
Source: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/AhLwZmCYDSuwoE61hXNdhIWJrsQ=/0x0:1080×627/1200×675/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg):watermark(kly-media-production/assets/images/watermarks/liputan6/watermark-color-landscape-new.png,1100,20,0)/kly-media-production/medias/3908871/original/061912600_1642629916-WhatsApp_Image_2022-01-20_at_05.34.54.jpeg

Kampung Warna Warni yang ada di Surabaya ini merupakan spot wisata cantik dan murah yang berada di pesisir laut. Dulunya, perkampungan ini dianggap sebagai tempat yang kumuh, namun seiring berjalannya waktu, kampu tersebut disulap menjadi sebuah eduwisata yang mampu menarik pengunjung.

Anda bisa menikmati keindahan pantai yang berpadu dengan warna warni cerah rumah-rumah penduduk yang ada di sekitarnya. Ini bisa menjadi destinasi liburan bersama keluarga untuk mengunjungi suatu tempat yang asri dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Selain itu, di sini juga terdapat banyak spot foto menarik yang akan membuat akun sosial media terlihat cantik. Inilah yang membuat tempat ini populer di kalangan turis asing, karena keunikannya yang bisa membuat Kota Surabaya terlihat berbeda.

Jam Buka Kampung Warna Warni

Jam Buka Kampung Warna Warni
Source: https://jatimnow.com/po-content/uploads/202112/kampung-warna-warni.jpg

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung kesini adalah jam operasional dari tempat wisata tersebut. Kampung Warna Warni buka dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Dengan rentan waktu yang cukup lama, wisatawan bisa berkeliling di perkampungan ini hingga puas.

Namun, kebanyakan pengunjung melakukan kunjungan di pagi dan sore hari. Di pagi hari mereka bisa merasakan kesejukan angin pantai sepoi-sepoi yang menerpa wajah. Sedangkan di sore hari, mereka dapat melihat keindahan matahari terbenam yang tidak ada duanya di dekat pantai.

Jika ingin berkunjung di siang hari, jangan lupa membawa topi dan kacamata untuk menghindari silau serta terik matahari. Selain itu, selalu pakai tabir surya guna melindungi kulit wajah juga badan dari masalah akibat cahaya matahari yang sangat menyengat.

Harga Tiket Masuk Kampung Warna Warni

Harga Tiket Masuk Kampung Warna Warni
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunjatimwiki/foto/bank/images/Wisata-Sontoh-Laut.jpg

Jika ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata, pasti wisatawan perlu membayar biaya tiket masuk yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola. Sama halnya jika ingin masuk ke kawasan wisata kampung ini. Anda harus mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp5.000/orang.

Setelah membayar, Anda akan mendapatkan sticker sebagai penanda tiket masuk. Kemudian, wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi parkir kendaraan. Karena hanya bisa dilalui oleh motor, jadi besaran biayanya hanya Rp3.000/motor.

Kemudian, jika ingin berkeliling di sekitar pantai, Anda harus menyewa perahu terlebih dahulu dengan biaya sebesar Rp12.000 – Rp15.000/orang. Semua biayanya termasuk terjangkau karena wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar perkampungan dengan nyaman.

Fasilitas di Kampung Warna Warni

Fasilitas di Kampung Warna Warni
Source: https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/rD7OixXcCG0csTauROWFlNFUFH0=/1024×576/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2022%2F05%2F19%2Fbf1fad38-e4ad-447a-b795-8562e0e162f2_jpg.jpg

Walaupun hanya sebuah perkampungan, fasilitas di obyek wisata ini sudah sangat memadai dan mampu mendukung kegiatan wisatawan selama liburan di sini. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti, keamanan, dukungan masyarakat, penginapan, perahu, hingga fasilitas umum lainnya.

Sebelum berkunjung, sebaiknya siapkan keperluan pribadi jauh-jauh hari, seperti obat-obatan, pakaian ganti, bekal, dan lain sebagainya. Pastikan saat melakukan kunjungan, kondisi badan sehat agar tidak terkendala selama berkegiatan liburan serta melakukan eksplorasi di tempat wisata ini.

Di sini terdapat dermaga yang cukup panjang untuk membantu pengunjung berkeliling dan tersedia juga gazebo sebagai tempat bersantai. Selain itu, jangan lupa membawa kamera agar bisa mengambil banyak gambar sebagai kenang-kenangan saat liburan apalagi jika berlibur bersama keluarga.

Daya Tarik Kampung Warna Warni

Daya Tarik Kampung Warna Warni
Source: https://1.bp.blogspot.com/-zjH2PzOPBdw/YOAerFPdnJI/AAAAAAAAGRU/rISeK3Srh-URnZJ27q3X32wHWy3K0xzRACLcBGAsYHQ/w1200-h630-p-k-no-nu/kampung-warna-warni-surabaya.jpg

Tentu ada daya tarik tersendiri yang mampu memikat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Apalagi setiap harinya destinasi ini dapat menarik minat pengunjung dalam jumlah besar. Bagi Anda yang masih ragu, lebih baik mengetahui informasi mengenai hal tersebut di bawah ini!

1. Mengetahui Budaya Lokal Surabaya

Daya tarik pertama dari kampung ini yakni budaya lokal Surabaya. Kampung warna warni ini lebih memperlihatkan budaya dari kota Pahlawan tersebut secara sederhana, yaitu dengan berkomunikasi melalui mural bergambar seniman dan juga budayawan asal Surabaya.

Selain itu, mural itu juga memberikan isyarat mengajak kepada pengunjung untuk terus melestarikan kesenian ludruk. Tentu keberadaannya harus terus dijaga dengan baik. Mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan budaya melimpah di berbagai wilayah dengan keunikan tersendiri.

2. Keindahan Warna Warni Kampung

Keindahan kampung warna warni juga menjadi pemikat tersendiri bagi wisatawan. Biasanya, kampung identik dengan kondisi kumuh yang banyak orang enggan untuk mengunjunginya. Beda dengan adanya pewarnaan pada setiap rumah di sini yang memberi kesan berbeda pada lingkungan di sekitarnya.

Sekarang saja, sudah ada sebanyak 70 rumah yang memiliki tembok berwarna dengan 20 rumah bermural. Selain itu, warna-warna cerah yang terpadu dengan keindahan daerah pesisir membuat eksistensinya semakin populer di tengah masyarakat dan wisatawan asing yang datang ke Surabaya.

3. Keindahan Perairannya

Selain melihat panorama indah di perkampungan ini, Anda juga bisa berkeliling perairannya untuk mengagumi keindahan pantainya. Ini juga menjadi track paling seru bagi pengunjung apalagi jika berkunjung di waktu yang tepat, yakni saat matahari terbenam mulai menampakkan wajahnya.

Keindahan langit senja yang tiada duanya menyatu dengan perairan yang tenang dan mempesona. Semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah akan ikut serta merelaksasikan pikiran dari segala jenis penat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, tak heran banyak pengunjung berkunjung sendirian kesini untuk menghabiskan quality time mereka.

Alamat Menuju Kampung Warna Warni

Informasi berikutnya yang harus wisatawan ketahui jauh hari sebelum berkunjung adalah lokasi dari tempat wisata agar mengetahui terlebih dahulu rute dan akses jalan menuju destinasi tersebut. Kampung Warna Warni terletak di Jalan Greges Tim. Gang Buyuk Indah, RW.2 Kel. Tambah Sariosa, Kec, Asem Rowo, Surabaya.

Anda hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk mencapai titik lokasi wisata. Jadi, jika membawa mobil, dapat meletakkannya di titik di mana kendaraan roda empat mampu masuk. Oleh sebab itu, wisatawan harus memikirkan secara matang mengenai hal ini sebelum berkunjung.

Rute Menuju Kampung Warna Warni

Rute Menuju Kampung Warna Warni
Source: https://goo.gl/maps/xvXSskYMwwKvs6Wf6

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini tanpa tersesat, Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Caranya dengan menentukan titik lokasi berada dan mengatur tujuan atau destinasi. Nantinya, secara otomatis sistem akan menampilkan rute menuju tempat tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur GPS yang ada di dashboard mobil. Cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi Google Maps tadi. Rute yang fitur tunjukan sudah pasti akurat. Jadi, tidak perlu khawatir lagi akan mengalami kendala selama melakukan kunjungan.

Jika Anda bergerak dari Alun-Alun Surabaya, jaraknya sekitar 11.6 km melalui tol dengan waktu tempuh sekitar 28 menit.

Itu tadi informasi berkaitan dengan eduwisata kampung warna warni Surabaya yang bisa Anda jadikan sebagai solusi menghabiskan waktu liburan menyenangkan bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran dan info secara mendetail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.