5+ Informasi Mengenai Taman Patung Suro dan Boyo Surabaya

Rute Menuju Patung Suro dan Boyo

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan ikon Surabaya yang berupa patung Suro dan Boyo. Patung ini merupakan perwujudan legenda yang terjadi pada zaman dahulu, yakni perang antara Suro atau Hiu dan Boyo atau Buaya. Kawasan ini sekarang menjadi destinasi wisata populer di kota Pahlawan.

Informasi Umum Taman Patung Suro dan Boyo

Informasi Umum
Source: https://cdn-2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/patung-suro-dan-boyo-berdiri-megah-di-taman-suroboyo-kenjeran-selasa-2852019.jpg

Sebelum mengetahui informasi secara detail mengenai tempat ini, Anda perlu tahu terlebih dahulu info umumnya. Patung Suro dan Boyo merupakan ikon dari Kota Surabaya. Keunikan dari patung ini yakni adanya patung rumput laut yang memiliki warna hijau tua, sehingga terlihat seperti rumput laut asli.

Untuk ukurannya sendiri, 25.6 meter dengan diameter 15 meter yang tingginya mencapai 5 meter. Lokasinya berada di dekat pantai Kenjeran yang membuat taman ini semakin populer di kalangan wisatawan. Patung ini tergolong baru dari sebelumnya karena baru diresmikan pada tahun 2019.

Patung ini merupakan sebuah karya dari seorang seniman yang bernama I Wayan Winten. Dia adalah seniman yang berasal dari Bali. Tujuan dari pembuatan ulang patung ini sendiri agar masyarakat bisa melihatnya melalui darat dan laut. Apalagi sekarang lokasinya sudah berada di dekat pesisir pantai.

Jam Buka Taman Patung Suro dan Boyo

Jam Buka Patung Suro dan Boyo
Source: https://asset.kompas.com/crops/uDQfrPN5vm9UEF-fnUF23XWwdqM=/0x7:740×500/750×500/data/photo/2019/06/12/3843324081.jpg

Informasi detail yang pertama dan harus Anda ketahui sebelum berkunjung kesini adalah jam bukanya. Karena merupakan taman umum, tempat ini buka selama 24 jam. Jadi, wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun tanpa harus mengganggu kegiatan mereka sehari-harinya.

Selain itu, bisa menikmati waktu liburan lebih lama, baik di pagi, sore, maupun malam hari. Di sore hari, Anda bisa duduk santai di bangku yang tersedia untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Sedangkan di malam hari dapat melihat panorama indah Kota Surabaya.

Jarang sekali pengunjung melakukan kunjungan di siang hari karena cuacanya yang cukup terik dapat mengganggu aktivitas liburan. Namun, jika Anda tetap ingin berkunjung di siang hari, jangan lupa memakai tabir surya terlebih dahulu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Harga Tiket Masuk Taman Patung Suro dan Boyo

Harga Tiket Masuk Taman Patung Suro dan Boyo
Source: https://asset.kompas.com/crops/hOLXBrbBU8Y7Ngo8FGJ2Plw9mmQ=/0x0:0x0/750×500/data/photo/2022/01/31/61f7d5481eaf8.jpg

Jika ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata, Anda perlu mengetahui harga tiket masuknya terlebih dahulu agar bisa menyiapkan dana atau budgetnya. Untuk memasuki kawasan wisata taman Patung Suro dan Boyo, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Mungkin wisatawan hanya perlu membayar retribusi parkir motor Rp2.000 – Rp3.000 dan mobil Rp5.000 – Rp10.000. Kalau ingin menaiki wahana yang tersedia, seperti mobil-mobilan, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp10.000/anak atau Rp15.000/2 anak.

Di sini juga ada skuter mini dengan harga tiket sebesar Rp10.000/anak. Selain itu, wisatawan bisa menikmati keindahan perairan di Pantai Kenjeran dengan menaiki perahu nelayan. Untuk harga tiketnya sebesar Rp10.000/orang.

Fasilitas di Taman Patung Suro dan Boyo

Fasilitas di Taman Patung Suro dan Boyo
Source: https://cdn.wisata.app/diary/3330a954-8373-45f3-8f39-a2dcb13ad45e_xs.jpg

Taman Patung Suro dan Boyo sudah menyediakan banyak sekali fasilitas pendukung yang akan membantu memperlancar aktivitas para pengunjung. Adapun beberapa fasilitas umum seperti, lahan parkir, toilet, dan juga warung makan yang berada di dekat taman.

Tidak hanya itu saja, di sini juga terdapat fasilitas bermain anak, seperti penyewaan permainan anak berupa skuter mini, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjalankan ibadah shalat di mushola yang jaraknya cukup dekat dari taman ini.

Jika berkunjung kesini, jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan dan kamera. Kamera berguna agar Anda bisa menangkap banyak foto serta kenangan bersama keluarga maupun teman saat masa liburan selesai.

Daya Tarik Patung Suro dan Boyo

Daya Tarik Patung Suro dan Boyo
Source: https://d265bwk65zoq6.cloudfront.net/images/full/4610177eb2bd7f0183be78edbbf0834e05b7f49b_900x600.jpg

Sebelum berkunjung kesini, wisatawan perlu mengetahui daya tarik yang dimiliki oleh Ikon Kota Surabaya ini. Supaya tahu secara lengkap dan detail, simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini dengan seksama!

1. Melihat Ikon Surabaya

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan di sini adalah Ikon Surabaya yang sangat besar. lokasinya berada di dekat Kebun Binatang Surabaya. Wisatawan bisa melihat keindahan dari patung ini, baik mengenai ukurannya yang cukup fantastis, bahkan lebih besar dari patung sebelumnya.

Selain itu, di sekitar patung juga ada jalan setapak yang bisa wisatawan jadikan sebagai tempat jogging atau berjalan-jalan santai menikmati suasana pagi, sore, dan malam hari di sekitar kawasan tersebut. Ini juga bisa menjadi track jalan-jalan bersama keluarga atau teman.

2. Suasana Pantai Kenjeran

Jika Anda ingin menikmati panorama pantai yang cantik, bisa berkunjung ke taman ini. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai membuat suasana di sekitarnya menjadi syahdu. Wisatawan bisa melihat kecantikan matahari terbenam sambil bersantai di sini.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa melihat banyak perahu nelayan yang bersandar untuk mencari ikan. Tentu ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang dapat memberi kenangan tak terlupakan selama liburan. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera jika berkunjung kesini.

3. Berfoto di Spot Instagramable

Di sini terdapat banyak spot instagramable, sehingga cocok bagi mereka yang suka berburu foto menarik. Pengunjung paling banyak mengambil foto di bagian patung suro dan boyo karena pemerintah telah memperhatikan potensi wisata foto yang ada di taman ini.

Jika memotretnya dengan benar, Anda bisa mendapatkan keseluruhan patung pada hasil foto. Selain itu, wisatawan juga dapat mengambil foto sambil duduk di bangku taman yang telah tersedia dengan latar panorama yang pastinya indah. Pasti tidak akan kecewa kalau berlibur kesini.

Alamat Menuju Patung Suro dan Boyo

Patung Suro dan Boyo berada di Jalan Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan lokasi taman berada di dekat Sentra Ikan Bulak, Jembatan Surabaya dan Pantai Kenjeran. Selain itu, lokasi ini juga berdekatan dengan destinasi unggulan lainnya di Surabaya.

Wisatawan dapat melakukan kunjungan dengan mudah karena aksesnya sudah sangat bagus. Jadi, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat bahkan transportasi umum sekalipun.

Rute Menuju Patung Suro dan Boyo

Rute Menuju Patung Suro dan Boyo
Source: https://goo.gl/maps/C7WkHQARQwJrXBTN8

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah rute menuju tempat wisata ini dari titik tertentu. Jika bergerak dari alun-alun Surabaya, jaraknya sekitar 9.7 km dengan waktu tempuh 34 menit. Waktu tempuh tersebut berbeda-beda sesuai dengan kecepatan pengendara serta kondisi jalannya.

Jika bergerak dari Bandara Juanda, jarak tempuhnya adalah 30.3 km dengan waktu tempuh 1 jam 7 menit menggunakan mobil. Untuk menghindari masalah atau kendala seperti tersesat, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone sebagai penunjuk arah paling akurat.

Anda juga bisa menggunakan fitur GPS di dashboard mobil jika punya. Cara kerjanya sendiri sama seperti Google Maps. Sebelum berkendara, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar tidak terkendala mengenai mesin atau mechanical issue lainnya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan taman Patung Suro dan Boyo Surabaya yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran serta penjelasan secara detail kepada pembaca.