3+ Bidang Kerja dan Gaji TKI Brunei Darussalam yang Menjanjikan

Gaji TKI Brunei Darussalam

Gaji TKI Brunei Darussalam merupakan salah satu pekerjaan yang banyak warga Indonesia inginkan. Negara satu ini memiliki upah kerja tinggi dan tempatnya juga tidak terlalu jauh dari negara asal. Biaya hidupnya juga lumayan terjangkau, tidak terlalu membebani pendapatan atau hasil kerja.

Baca juga : Gaji Pramugari

Mengenal Negara Brunei Darussalam dan Peluang Kerjanya

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara monarki absolut yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini sangat dekat dengan Indonesia, tepatnya hanya berada di bagian utara pulau Kalimantan. Namun Brunei Darussalam memiliki dua wilayah yang terpisah dan dikelilingi oleh Malaysia.

Mengenal Negara Brunei Darussalam dan Peluang Kerjanya

Peluang kerja di negara ini cukup menjanjikan, mengingat Brunei Darussalam adalah negara penghasil minyak dan gas alam terbesar di dunia. Maka dari itu negara dan penduduknya membutuhkan bantuan tenaga kerja dari Indonesia. Posisi kerjanya pun bermacam-macam, mulai dari teknis hingga ART.

Untuk biaya hidupnya sendiri tidak terlalu tinggi, masih terjangkau bila melihat dari sudut pandang gajinya. Adapun biaya hidup ini mencakup tempat tinggal, kebutuhan konsumsi, transportasi, komunikasi, belanja bulanan, hingga aspek kesehatan. Tentunya tidak lupa dengan kebutuhan hiburan dan rekreasi.

Pilihan Bidang Kerja dan Gaji TKI Brunei Darussalam

Sebagaimana yang sudah penulis sampaikan, negara ini menawarkan banyak bidang pekerjaan. Misalnya seperti bidang pertambangan, konstruksi, perkebunan, perhotelan, dan resto. Selain itu juga masih ada banyak bidang pekerjaan lainnya yang mungkin akan sesuai dengan kemampuan Anda.

Pilihan Bidang Kerja dan Gaji TKI Brunei Darussalam

1. Gaji TKI Brunei Darussalam Bidang Tambang

Mengingat Brunei Darussalam adalah negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia maka tidak heran bila sektor pertambangannya membutuhkan banyak tenaga kerja. Ini menjadi kesempatan bagi pekerja dari indonesia untuk mengadu nasib di negara tetangga. Gajinya juga sudah pasti besar di setiap bulannya.

Berdasarkan data terakhir, pekerja Indonesia di bidang prtambangan Brunei Darussalam akan menerima dana sekitar 2338 dollar brunei atau 11226 dollar brunei. Tentu nominal itu berlaku di setiap bulannya dan mungkin bisa mengalami peningkatan gaji. Biasanya peningkatan gaji terjadi setiap tahunnya.

2. Gaji TKI Brunei Darussalam Bidang Konstruksi

Selain ada bidang prtambangan, Brunei Darussalam juga memiliki industri konstruksi yang membutuhkan banyak tenaga kerja. Bagi orang yang senang dengan bangunan atau membangun suatu gedung maka akan cocok bekerja di industri ini. Kini tidak perlu menjadi kuli di Indonesia, tingkatkan skill dan pergi ke Brunei Darussalam.

Melihat dari hasil survei, pekerja di industri konstruksi akan mendapatkan gaji yang tinggi. Dalam sebulan Anda bisa menerima 1684 hingga 7484 dollar Brunei. Nominal itu setara dengan 18 juta – 85 jutaan, jumlah gaji yang sangat besar bukan? Apakah yakin Anda ingin meninggalkan kesempatan seperti ini?

3. Gaji TKI Brunei Darussalam Bidang Perkebunan

Hampir sama dengan beberapa negara lain, Brunei Darussalam juga membutuhkan banyak pekerja untuk sektor perkebunan mereka. Pekerjaan di bidang ini memiliki tugas kerja yang lebih mudah, namun bukan berarti juga bisa asal-asalan. Biasanya tugas kerja meliputi merawat tanaman hingga masa panen.

Masa panen pun ada beberapa jenis tanaman atau perkebunan yang menggunakan teknologi. Artinya pekerjaan manusia akan mendapat bantuan dari mesin sehingga bisa lebih cepat selesai. Perihal gaji, sektor perkebunan ini dapat menghasilkan upah sekitar 936 – 3274 dollar brunei per bulannya.

4. Kerja TKI Brunei Darussalam Bidang Perhotelan dan Resto

Brunei Darussalam juga memiliki sektor industri perhotelan dan pariwisata yang ramai. Di dalamnya tersedia banyak lowongan pekerjaan, sebagian besar berada pada bidang perhotelan atau resto. Adapun contoh pekerjaannya ialah seperti resepsionis, pelayan hotel, atau pelayan restoran.

Untuk bisa bekerja di sini, setidaknya Anda harus memiliki pengalaman melayani pelanggan dan atau customer. Selain itu juga harus menjadi pribadi yang ramah serta solutif sehingga pelanggan atau pengunjung akan nyaman. Untuk gajinya sendiri sekitar 10 juta – 20 jutaan per bulan.

Keuntungan Bekerja Sebagai Gaji TKI Brunei Darussalam

Bekerja menjadi TKI di negara orang lain tentu memiliki keuntungan tersendiri. Mulai dari bisa bekerja sambil liburan hingga memiliki pengalaman menyenangkan lainnya. Selain itu sudah pasti akan mendapatkan gaji lebih besar dari upah di Indonesia, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Keuntungan Bekerja Sebagai TKI

1. Gaji yang Besar

Pilihan bekerja di luar negeri 100% berada di tangan TKI nya itu sendiri. Dengan kata lain tidak ada pihak manapun yang memaksa atau mengharuskan WNI pergi ke luar negeri untuk menjadi TKI. Tentunya pilihan ini bisa hadir karena akan mendapatkan gaji atau upah kerja lebih besar.

Namun walaupun demikian, Anda tetap harus mengetahui dan mengingat dengan betul bahwa ada biaya hidup. Pada dasarnya biaya hidup ini bisa murah atau mahal, tergantung bagaimana gaya hidup seseorang. Artinya jika ingin memiliki uang lebih banyak maka pastikan gaya hidupnya lebih rendah.

2. Masih Dekat dengan Indonesia

Sebelumnya penulis juga sudah mengatakan bahwa Brunei Darussalam tidak jauh dari Indonesia, hanya di sebelah pulau Kalimantan. Melalui posisi yang dekat ini maka akses pulang pergi bisa lebih mudah, demikian pula dengan keluarga yang berkunjung. Tiket pesawat atau transportasi juga bisa lebih terjangkau.

Beda dengan negara-negara tujuan TKI lainnya yang jauh. Misal seperti Dubai, Arab Saudi, Australia, dan lain sebagainya. Wilayah yang dekat ini juga berpengaruh dengan budaya dan bahasa, tidak terlalu jauh dengan Indonesia. Para TKI akan dengan udah berbaur dan menyesuaikan diri di negara barunya.

3. Mayoritas Penduduk Muslim

Brunei Darussalam merupakan negara yang sebagian penduduknya menganut agama muslim. Melalui hal itu maka para TKI tidak perlu khawatir dengan aksesibilitas ibadah mereka. Tidak ada yang namanya sulit solat, mencuri waktu untuk ibadah, atau sulit menemukan masjid untuk hari raya dan perayaan.

Selain itu karena agama yang sama maka orang-orang TKI juga bisa berbaur dengan lebih mudah dengan lingkungan mereka. Kemudian juga tidak akan merasa sering rindu dengan keadaan di Indonesia. Kelak Anda juga akan menemukan teman-teman baru di lingkungan yang juga baru ini.

Biaya Hidup dengan Gaji TKI Brunei Darussalam

Biaya hidup di Brunei Darussalam tidak terlalu mahal, mash bisa terjangkau dengan gaji yang akan TKI dapatkan. Menghitung biaya hidup itu sendiri harus dari 6 hal seperti tempat tinggal, kebutuhan makan, internet dan komunikasi. Kemudian ada juga kebutuhan transportasi, hiburan, serta belanja bulanan.

biaya hidup di Brunei Darussalam

1. Tempat Tinggal

Akomodasi atau tempat tinggal merupakan aspek penting dimanapun Anda berada. Untuk tempat tinggal di negara Brunei Darussalam ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 800 – 2000 dollar brunei. Namun penentuan harga itu juga tergantung dengan lokasi, akses, serta fasilitas yang ada.

Agar bisa memiliki tabungan banyak maka Anda dapat memilih tempat tinggal paling murah. Kemudian sisa gaji dapat Anda alokasikan kepada kebutuhan transportasi, makan, dan lain sebagainya. Lambat laun akan naik jabatan atau naik gaji maka bisa pindah ke tempat yang lebih baik. 

2. Kebutuhan Makan

Selain akomodasi atau tempat tinggal, aspek makanan atau konsumsi juga penting. Tidak penting bagi manusia untuk tidak makan atau hanya 1 kali makan sehari. Minimal harus makan 2 kali sehari agar stamina terpenuhi. Makanan di Brunei Darussalam juga tidak terlalu mahal.

Untuk Makan di restoran atau warung makan sederhana, biasanya akan membutuhkan biaya 5 dolar brunei atau BND. Kemudian untuk kebutuhan air mineral sekitar 0.7 BND sedangkan beras 1 KG sekitar 1.5 BND. Estimasi per bulan untuk biaya konsumsi ini sekitar 2000 – 3000 BND.

3. Internet dan Komunikasi

Dunia semakin modern dan sudah pasti manusia membutuhkan koneksi internet untuk berkomunikasi. Biaya komunikasi di Brunei Darussalam sendiri sekitar 134 BND atau sekitar 1.5 juta per bulan. Dana sebesar itu akan mendapatkan kuota internet dengan kecepatan 60 mbps. 

Namun pastinya setiap provider di Brunei Darussalam juga akan menerapkan harga yang berbeda. Para TKI hanya perlu mencari yang cocok dengan harga termurah. Kemudian Anda juga dapat memanfaatkan public wifi di beberapa tempat umum, misalnya seperti cafe atau perpustakaan.

4. Transportasi

Kebutuhan biaya hidup dari gaji TKI Brunei Darussalam selanjutnya adalah tentang transportasi. Tentunya TKI akan membutuhkan transportasi dari tempat tinggal ke tempat kerja. Pastinya mereka juga belum memiliki transportasi pribadi yang mana mengharuskan naik kendaraan umum.

Dari segi bahan bakar sendiri masih tergolong murah karena Brunei merupakan penghasil minyak dunia sehingga biaya untuk kebutuhan transportasi ini juga tidak akan terlalu membengkak. Harga taksi per kilometer saja hanya 1 BND, sedangkan taksi dari bandara ke pusat kota sekitar 20 – 30 BND. 

5. Hiburan

Lanjut ke pengeluaran hiburan, ini termasuk pengeluaran yang tidak perlu atau bahkan bisa sangat terjangkau. Negara Brunei sendiri memiliki banyak budaya dan kesibukan yang bisa Anda lihat. Sebagai warga asing tentu segala aktivitas di negara ini bisa menjadi hiburan yang gratis.

Namun jika ingin mencoba beberapa hiburan lokal maka bisa coba pergi ke bioskop. Harga tiket paling mahalnya hanya sekitar 10 BND, selain itu juga ada gym dengan biaya langganan sekitar 70 – 100 BND per bulan. Namun Anda juga sudah memiliki smartphone dan koneksi internet, itu pun dapat menjadi hiburan yang terjangkau.

6. Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok atau belanja bulanan adalah hal yang penting namun seringkali terlupakan. Belanja bulanan ini mencakup beberapa kebutuhan tempat tinggal, misalnya seperti sabun mandi, shampo, dan perlengkapan lainnya. Anda juga bisa memasukkan cemilan ke daftar belanja sehingga tidak perlu jajan di luar lagi.

Beberapa kebutuhan bulanan ini biasanya tidak perlu Anda beli seluruhnya di setiap bulan. Namun tetap harus menyiapkan dana sekitar 300 – 500 dollar brunei untuk membeli seluruh kebutuhan yang kosong pada saat itu. jika ketika selesai belanja dan dana masih tersedia maka bisa di simpan atau alokasi ke dana konsumsi.

Syarat Kerja Untuk Gaji TKI Brunei Darussalam

Syarat menjadi tenaga kerja Indonesia terbagi menjadi dua yaitu dokumen dan fisik atau keahlian. Keduanya sama-sama penting dan harus Anda persiapkan dengan baik. Misalnya seperti dokumen visa, izin bekerja, surat rekomendasi, dan lain sebagainya seperti pada penjelasan berikut.

syarat kerja di brunei

1. Syarat Dokumen

Pada dasarnya persyaratan dokumen untuk bekerja menjadi TKI Brunei sama dengan negara tujuan lainnya. Beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan adalah KTP, Ijazah pendidikan terakhir, akta kelahiran, status perkawinan. Kemudian ada juga surat keterangan izin dari keluarga ini seperti pasangan atau orang tua.

Selain itu calon TKI juga harus menyiapkan surat keterangan kesehatan, sertifikat kompetensi kerja, paspor, visa kerja, dan perjanjian penempatan. Tidak lupa dengan dokumen bukti kontrak kerja yang telah disetujui. Selanjutnya menyiapkan buku tabungan sebagai bukti siap finansial untuk biaya hidup di masa awal pindah.

2. Syarat Fisik dan Keahlian

Untuk syarat fisiknya meliputi kesehatan jasmani dan rohani serta kemampuan yang Anda miliki. Kemampuan ini akan berhubungan dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lakukan di Brunei Darussalam. Maka dari itu pada bagian dokumen tertera sertifikat kompetensi kerja.

Kembali ke perihal kesehatan, calon TKI tidak boleh memiliki penyakit apapun. Baik itu berupa sakit fisik atau sakit mental karena dapat mengganggu proses kerja. Selain itu TKI yang memiliki penyakit berpotensi membahayakan dirinya sendiri ketika berada di negeri orang.

Cara Kerja Gaji TKI Brunei Darussalam

Cara kerja di Brunei Darussalam sebagai TKI cukup mudah, secara singkat hanya perlu mengumpulkan syarat dan daftar. Namun ada beberapa tahapan lain yang perlu Anda ketahui dan lakukan dengan baik. Simak penjelasan berikut untuk informasi lebih lanjut mengenai cara kerja menjadi TKI.

cara Kerja di Brunei

1. Cari Informasi Lowongan Kerja

Langkah pertama yang sudah pasti harus calon TKI lakukan ialah mencari lowongan pekerjaan. Hal ini bisa Anda lakukan secara mandiri atau melalui agen. Bila menggunakan agen penyalur tenaga kerja maka pastikan vendor itu terpercaya dan sudah memiliki ribuan testimoni yang bagus.

Namun jika belum sepenuhnya percaya dengan kinerja agen maka bisa cari lowongan sendiri melalui internet. Ada banyak portal dimana perusahaan Brunei Darussalam memposting lowongan kerja mereka. Namun tentunya akan tersedia dalam bahasa Brunei atau bahasa Inggris yang artinya Anda harus menerjemahkan itu.

2. Persiapan Berkas dan Pendaftaran

Langkah selanjutnya ialah mengumpulkan berkas pendaftaran seperti yang sudah penulis sampaikan di atas. Berkas pendaftaran ini terbagi menjadi dua, untuk mendaftar sebagai TKI di Indonesia dan mendaftar sebagai TKI di perusahaan Brunei.

Setelah mengumpulkan semua berkas yang Anda butuhkan maka bisa langsung mendaftarkan diri. Calon TKI bisa langsung mengunjungi situs DISNAKER resmi atau pergi ke kantor DISNAKER setempat. Sampaikan keinginan menjadi TKI, nanti akan mendapat bantuan pendaftaran oleh petugas.

3. Seleksi dan Tanda Tangan Perjanjian

Biasanya setelah pendaftaran akan ada sesi seleksi dan tanda tangan perjanjian. Seleksi ini meliputi pemeriksaan kesehatan dan kelayakan kerja. Pastikan Anda siap dan dalam keadaan sehat serta ugar ketika maju ke tahap seleksi ini. Pasalnya jika menunjukkan tanda-tanda sakit, bisa saja gagal mendaftar.

Setelah hasil seleksi keluar maka calon TKI harus menandatangani perjanjian kerja. Perjanjian ini meliputi pihak TKI, DISNAKER, dan tempat bekerja di Brunei Darussalam. Saat melakukan perjanjian, pastikan Anda sudah membaca serta pahami berbagai syarat dan ketentuan yang akan berlaku,

Itulah gaji TKI Brunei Darussalam dengan berbagai bidang dan perkiraan biaya hidup. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang, terutama mereka yang tertarik menjadi TKI. Namun calon TKI juga perlu memikirkan berbagai potensi konflik atau konsekuensi bekerja di negeri asing.