5+ Pesona Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar

Islam adalah salah satu agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Jadi, tak heran jika eksistensi masjid di negara ini pun banyak, salah satunya yang sangat terkenal adalah Masjid Nasional Al Akbar yang berada di Surabaya.

Informasi Umum Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Informasi Umum Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
source: https://tourism.surabaya.go.id/storage/tour/1648711246_2.jpg

Jika Anda bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja, mengapa tidak mencoba datang ke wisata religi Masjid Nasional Al Akbar yang ada di Surabaya ini. Setiap harinya, tempat ini ramai pengunjung, baik di hari libur maupun hari-hari biasa untuk sekadar beribadah atau melihat pesona dari masjid tersebut.

Destinasi ini juga cocok Anda jadikan sebagai tempat menghilangkan sejenak penat karena aktivitas sehari-harinya. Tidak hanya berkunjung untuk melakukan wisata religi saja, namun wisatawan juga bisa berlibur menikmati keindahan dari bangunan masjid ini.

Selain itu, berkunjung kesini juga bisa memberikan waktu liburan Anda pengalaman baru karena bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan menarik di sini. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga dekat dengan berbagai destinasi wisata unggulan yang ada di Surabaya yang pastinya menyenangkan.

Jam Buka Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Jam Buka Masjid
source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2022/04/20220403-111204-329ae2b286ff7799fbbec7d4597d307a-e1ac0075c4ec50fa15e227db8857f6aa.jpg

Informasi berikutnya berkaitan dengan jam buka dari Masjid Nasional Al Akbar. Karena merupakan tempat ibadah umat Islam, tempat ini buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, wisatawan dapat melakukan kunjungan kapanpun tanpa harus mengatur jadwal sehari-harinya.

Harga Tiket Masuk Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Harga Tiket Masuk
source: https://www.tunasnegeri.com/wp-content/uploads/2022/03/20220329_182738.jpg

Sama halnya dengan jam buka, harga tiket masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Jadi, tidak perlu lagi bingung menyiapkan budget tertentu untuk berkunjung kesini. Oleh karena itu, jika sedang berada di Surabaya, jangan lupa mengunjungi Masjid Nasional Al Akbar ini bersama keluarga.

Fasilitas di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Fasilitas di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
source: https://cms.disway.id/uploads/cbc2961a4cfc334931b2497d1eb48a38.jpeg

Fasilitas yang ada di tempat ini sudah cukup lengkap dan sangat memadai bagi wisatawan maupun orang-orang yang ingin beribadah. Adapun beberapa fasilitas umum tersebut, seperti area parkir kendaraan, tempat istirahat, kamar mandi, toilet, dan masih banyak lainnya.

Pesona Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Pesona Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
source: https://www.surabayarollcake.com/wp-content/uploads/2018/10/Masjid-Al-Akbar-Surabaya.jpg

Jika Anda berniat melakukan kunjungan ke tempat ini bersama keluarga, maka perlu terlebih dahulu mengetahui tentang pesona yang ada di Masjid ini. Untuk tahu mengenai informasi tersebut, simaklah ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Merupakan Masjid Terbesar Kedua di Indonesia

Siapa sangka jika masjid ini merupakan yang terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Halamannya yang cukup luas dan di dalamnya pun mampu menampung 60.000 jamaah. Bangunan ini sendiri memiliki panjang 147 meter dengan lebar 128 meter yang membuat tempatnya terlihat lebar.

Pembangunan masjid ini terjadi pada tanggal 4 Agustus 1995 atas gagasan dari Wali Kota Surabaya yakni H. Soenarto Soemoprawiro. Kemudian, peresmian masjid tersebut dilakukan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid tepatnya pada November 2000.

2. Desain Kubah

Pesona berikutnya dari tempat ibadah umat Islam ini adalah desain kubahnya. Untuk ukurannya sendiri, kubah dari Masjid Nasional Al Akbar sangat besar dan hampir sama seperti yang berada di Tanyah. Selain itu, masjid ini juga memiliki 4 kubah kecil berwarna biru yang ikut menghiasi penampilannya.

Anda bisa melihat keindahan dari kubah dan keseluruhan masjid dari atas menggunakan drone. Tidak hanya itu saja, suasana di sekitar masjid juga sangat nyaman juga sejuk. Tak heran jika banyak orang lokal maupun wisatawan menjadikannya sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

3. Ketinggian Menara

Jika Anda kesini, pasti akan langsung melihat menara yang tingginya mencapai 99 meter. Mungkin tinggi dari menara tersebut ditujukan untuk menandakan nama-nama Allah yang berjumlah 99. Keindahan dari menara ini tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika berkunjung di malam hari. Cahaya lampunya terlihat mempesona.

Anda juga bisa menyaksikan keindahan Kota Surabaya dari ketinggian melalui menara ini. Oleh karena itu, jika berkunjung kesini, jangan lupa membawa kamera supaya dapat merekam berbagai pesona satu wilayah Surabaya dan menyimpan banyak kenangan selama berkegiatan liburan di tempat ini.

4. Perancangan Desain Arsitektur

Pesona selanjutnya dari Masjid Nasional ini adalah perancangan desain arsitekturnya. Bangunan ini dirancang oleh arsitektur MAS dan dikerjakan oleh tim dari ITS Surabaya beserta konsultasi ahli yang sudah berpengalaman. Jadi, tak heran jika desain arsitekturnya sangat mempesona dan berkesan.

Semua detailnya terlihat dari bagian depan hingga dalam masjid ini. Jadi, saat Anda baru sampai di tempat ini sudah bisa melihat keindahan dari arsitektur dan gaya masjid yang berbeda dari tempat lainnya. Inilah yang mampu menarik minat pengunjung lokal maupun luar untuk berkunjung kesini.

5. Kemegahan Masjid

Untuk kemegahannya sendiri sudah tidak perlu Anda ragukan lagi. Karena merupakan masjid terbesar kedua yang ada di Indonesia, sudah pasti masjid ini memiliki tampilan yang megah dan elegan. Di bagian pintu masuknya saja, wisatawan bisa melihat keseluruhan dari tempat tersebut.

Mengapa begitu? Karena pintu tersebut langsung mengarah pada ruang utama dari masjid yang semua desainnya memiliki detail tersendiri. Ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga karena bisa menambah pengalaman baru selama berwisata di Surabaya.

Alamat Menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Jika ingin berkunjung kesini, Anda perlu mengetahui informasi berkaitan dengan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Masjid ini berada di Jl. Masjid Al Akbar Timur No.1, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur.

Akses menuju tempat ini sangat mudah karena berada di samping Jalan Tol Surabaya-Gempol. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk berkunjung ke masjid ini. Selain itu, wisatawan juga dapat memanfaatkan keberadaan transportasi umum secara lebih mudah guna menghindari kendala selama perjalanan tersebut.

Rute Menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Rute Menuju Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
source: https://goo.gl/maps/GBs3oLukUwsQ3TLe6

Bagi wisatawan luar kota, pasti kebingungan untuk bisa berkunjung ke tempat ini dan khawatir nantinya akan timbul masalah seperti tersesat atau kesasar selama berkendara. Jika alasannya itu, tidak perlu lagi khawatir karena sekarang perkembangan teknologi sudah banyak membantu masyarakat secara luas.

Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone untuk memberitahukan rute secara akurat menuju tempat wisata tersebut. Caranya yakni dengan menentukan lokasi atau titik berada lalu atur tujuan. Nantinya secara otomatis aplikasi akan menunjukkan rute lengkapnya.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur GPS yang ada di dashboard mobil. Untuk cara kerjanya sama dengan aplikasi Google Maps tadi, jadi tidak perlu bingung lagi. Jika pengunjung bergerak dari alun-alun Surabaya menuju masjid ini, jarak tempuhnya sekitar 13.9 km dengan waktu tempuh sekitar 32 menit.

Itu tadi informasi berkaitan dengan pesona Masjid Nasional Al Akbar Surabaya yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga untuk meraih pengalaman baru saat liburan. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.