11+ Skill Penting dan Gaji Marketing

Gaji Marketing

Gaji marketing sudah pasti besar, terlebih lagi jika memenuhi target dari perusahaan. Selain itu divisi kerja ini juga kerap kali menerima banyak fasilitas menyenangkan. Misalnya seperti laptop atau smartphone untuk menunjang pekerjaan dan karyawan juga harus memberikan kinerja yang baik.

Baca juga : Gaji Manajer Akuntansi

Mengenal Pekerjaan dan Gaji Marketing

Secara keilmuan, marketing adalah pemasaran yang mana sebuah aktifitas memasarkan produk.tujuan dari marketing tentu untuk mempromosikan produk dan mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Melalui teknik marketing yang tepat maka perusahaan bisa mendapatkan kesuksesan mereka.

Mengenal Pekerjaan dan Gaji Marketing

1. Apa Itu Marketing

Menilik lebih lanjut tentang apa itu marketing, dalam perusahaan sendiri staff marketing adalah orang yang bertugas untuk menjalankan strategi marketing. Selain itu mereka juga melakukan kampanye pemasaran dengan berbagai tujuan. Misalnya seperti pengenalan produk baru atau penjualannya.

Pekerjaan marketing ini tidak hanya bekerja secara internal atau dalam satu divisi. Tim marketing akan bekerja secara lintas divisi, bekerja sama dengan divisi lain sehingga bisa menghasilkan angka penjualan terbaik. Misalnya seperti bekerja sama dengan tim produk, sales, dan kreatif atau juga sosial media.

2. Tugas Besar Posisi Marketing

Setelah membaca bagian definisi marketing pastinya Anda sudah mengetahui tugas besar di pekerjaan ini. Secara garis besar, tim marketing bertugas untuk melakukan kampanye dan menjalani strategi marketing. Ia harus memastikan bahwa produk dari perusahaan bisa terjual habis dan melebihi target.

Selain itu marketing staff juga bertugas untuk menciptakan brand atau citra perusahaan dan produk yang baik di mata publik. Ketika citra perusahaan sudah bagus maka turunan produknya juga bisa mudah terjual di pasaran. Kedamaian tim marketing bekerja sama dengan Public Relation untuk menjaga reputasi tersebut.

3. Gaji Marketing di Indonesia

Gaji seorang marketing di Indonesia bisa bervariasi tergantung beratnya tanggung jawab dan jabatan. Misalnya untuk staff marketing biasanya hanya menerima 4 – 5 juta per bulan di luar bonus. Beda lagi jika sudah berada dalam bidang digital marketing specialist, posisi ini memungkinkan Anda menerima gaji puluhan juta.

Ada juga posisi brand specialist dengan rentang gaji puluhan juta di beberapa perusahaan besar. Kemudian posisi tertinggi ada pada marketing Manager dengan estimasi gaji sekitar 50 – 60 juta per bulan. Bahkan ada beberapa posisi di perusahaan besar yang memberikan gaji hingga ratusan juta.

Bidang Karir dan Gaji Marketing

Posisi marketing memiliki beberapa cabang bidang lainnya guna memenuhi perkembangan dunia. Pada zaman modern ini marketing sudha terbagi menjadi 4 yaitu staff marketing biasa, marketing specialist, digital marketing spesialis, sosial media marketing, dan brand specialist.

Bidang Karir

1. Staff Marketing

Staff marketing adalah posisi umum yang biasanya di isi oleh fresh graduate atau lulusan sarjana baru. Posisi ini memiliki tugas dasar yaitu membantu menjalankan strategi marketing dan melakukan kampanye. Selain itu ia juga harus pandai dalam mengembangkan ide pemasaran di setiap project.

Karyawan staff marketing urut andil dalam rencana pemasaran, branding, serta periklanan di setiap produk perusahaan. Selain itu ia juga perlu mengembangkan inisiatif atau ide baru pemasaran yang sejalan dengan tujuan serta misi perusahaan. Biasanya posisi ini memiliki rentang gaji di 5 – 6 jutaan.

2. Marketing Specialist

Marketing specialist, satu tahap lebih tinggi daripada marketing staff. Baru baru ini, posisi marketing specialist menjadi sangat populer. Tugasnya sendiri seperti memantau dan memperkirakan tren pemasaran. Kemudian ia juga harus mencari tahu program terefektif untuk strategi pemasaran baru.

Kemudian marketing specialist juga harus merancang serta evaluasi berbagai data survei, kuisioner, serta polling. Kelak hasilnya akan menjadi acuan ide strategi marketing yang baru. Posisi marketing specialist ini memiliki estimasi gaji sekitar 6 – 10 juta per bulan di luar bonus target.

3. Digital Marketing Specialist

Seiring berkembangnya zaman kini perusahaan uga harus melakukan strategi marketing melalui sosial media. Posisi pekerjaan ini juga sempat booming di kalangan remaja, millennial, atau gen z. Contoh tugas pekerjaannya adalah seperti mendorong brand awareness dan leads di semua channel digital.

Secara garis besar, digital marketing specialist memiliki tugas penting yaitu menggunakan seluruh media digital yang ada untuk pemasaran dan periklanan. Selain itu juga turut membangun citra perusahaan melalui media modern itu. Untuk gajinya sendiri sudah pasti mencengangkan yaitu sekitar 6 – 10 jutaan.

4. Brand Specialist

Selain digital marketing ada juga yang namanya brand specialist. Posisi pekerjaan ini memiliki tugas untuk mengenali potensi pasar kemudian menciptakan sebuah brand yang relevan. Selain itu brand specialist juga harus bisa memahami lebih baik tentang sifat serta tujuan perusahaan.

Brand specialist bisa memiliki gaji atau pendapatan lebih tinggi yaitu sekitar 7 – 10 jutaan per bulan. Nominal itu bisa lebih tinggi lagi apabila Anda bekerja secara freelance atau lepas. Biasanya untuk 1 project brand specialist bisa mendapatkan bayaran puluhan juta.

Tugas dan Tanggung Jawab pada Gaji Marketing

Walaupun dunia marketing ini luas hingga memiliki 4 – 5 bidang, namun tugas dan tanggung jawabnya secara umum tetap sama. Beberapa contohnya seperti merencanakan dan menetapkan harga jual produk, membuat strategi promosi, hingga sosialisasi produk baru ke publik.

Tugas dan Tanggung Jawab

1. Merencanakan dan Menetapkan Harga Jual Produk

Tim marketing harus merencanakan sebuah produk dengan sebaik mungkin. Hal ini dimulai dari riset pasar dan lanjut ke berbagai uji coba produk. Pada tugas ini, tim marketing akan bekerja sama dengan tim R&D atau Research and Development.

Setelah memiliki produk yang teruji maka tim marketing menetapkan harga jual dengan memertimbangakn banyak hal. Misalnya seperti biaya pemasaran, biaya bahan baku, keuntungan perusahaan, dan lain sebagainya. Penentuan harga ini sangat fatal dan jangan sampai merugikan perusahaan.

2. Membuat Strategi Promosi

Pekerja di bidang marketing sudah pasti bertugas untuk membuat berbagai strategi promosi. Strategi promosi atau pemasaran ini bisa berupa apa saja. Namun juga harus senantiasa update dengan trend yang sedang terjadi. Misalnya jika orang senang menggunakan sosial media maka bangun branding yang baik.

Jika ada terobosan baru dalam dunia marketing atau sosial media maka Anda juga wajib mengikuti perkembangannya. Selain itu tentunya juga harus memiliki ide pemasaran yang kreatif dan original. Haram hukumnya bagi anak marketing untuk melakukan jiplak pada konten marketing brand lain.

3. Mensosialisasikan Produk Saat Pertama Launching

Produk yang baru muncul tidak mungkin akan langsung ludes terjual. Tim marketing bertugas untuk melakukan sosialisasi produk sebelum resmi rilis ke publik. Kegiatan sosialisasi ini sama dengan kampanye yang kini banyak Anda lihat melalui sosial media.

Kampanye itu sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, menggunakan model atau artis atau memanfaatkan situasi yang sedang terjadi. Ketika kampanye sukses maka hari begitu hari pertama rilis maka produk akan terjual habis dan bahkan banyak orang menunggu rilisan selanjutnya.

Skill Penting Untuk Kerja Gaji Marketing

Untuk bisa mendapatkan gaji marketing dan pekerjaan menyenangkan ini maka seseorang harus memiliki banyak skill. Ilmu marketing juga tidak akan sukses jika tidak Anda lakukan bersamaan dengan banyak ilmu lainnya. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait berbagai skill penting dalam dunia marketing.

Skill Penting Untuk Kerja

1. Customer Knowledge

Customer knowledge adalah sebuah pengetahuan dan pemahaman mendalam mengenai pelanggan. Tentunya ilmu menjadi kemampuan utama yang harus staff marketing miliki. Jika staff marketing tidak mengetahui lebih baik pelanggan atau target pasar perusahaan maka ia juga tidak bisa menciptakan strategi pemasaran. 

Ada banyak cara untuk bisa mengetahui pelanggan perusahaan dengan baik. Misalnya seperti mengidentifikasi perilaku pembelian dan meneliti lebih jauh perihal kebutuhan pelanggan. Kemampuan ini juga akan membantu staff marketing dalam membuat segmentasi pelanggan.

2. Riset

Tim marketing harus melakukan riset secara mendalam sebelum menentukan strategi marketing. Tentunya iset ini berhubungan dengan pelanggan dan target pasar. Contoh prakteknya seperti riset mengenai tren yang sedang berlangsung dan akan terjadi serta harus mengetahui pengaruhnya terhadap produk atau brand.

Melalui hasil riset yang baik maka pembuatan strategi marketing juga akan lancar. Namun bukan berarti bisa saja mengalami kendala, terlebih lagi jika salah dalam perhitungan. Untuk menghindari hal-hal seperti itu maka penting bagi tim marketing untuk melakukan riset lebih teliti dan fokus.

3. Analisis dan Pemahaman terhadap Pasar

Seorang karyawan marketing tidak hanya harus handal dalam memahami karakteristik pelanggan namun juga target pasar secara keseluruhan. Anda wajib memiliki pengetahuan dasar mengenai situasi industri. Misalnya pada industri makeup, produk mana yang sedang heboh dan banyak orang cari.

Walaupun tugas analisis ini akan Anda lakukan bersama tim namun tetap penting untuk memiliki skillnya secara individu. Melalui kemampuan ini maka tim marketing juga akan membantu perusahaan dalam mengembangkan produk, identifikasi keinginan pasar, dan mengetahui kebutuhan pelanggan dengan baik.

4. Data Analisis

Data analisis adalah kemampuan yang akan Anda butuhkan selanjutnya sebagai tim marketing. Kemampuan ini akan berguna ketika tim marketing sudah melakukan riset dan mendapatkan datanya. Setelahnya tim marketing harus melakukan analisa data lebih lanjut dan mendapatkan hasil.

Hasil analisa itu akan menjadi acuan tim marketing dalam menentukan strategi pemasaran terbaik. Ketiak strategi ini dibuat berdasarkan data nyata di lapangan maka kemungkinan besar akan berhasil. Maka dari itu petugas marketing harus bisa menganalisa pasar dan menerjemahkan hasilnya menjadi data terbaru.

5. Project Management

Project manajemen adalah kemampuan yang jarang orang miliki padahal sangat penting untuk pekerjaan marketing. Kemampuan project management ini adalah skill mengelola atau proyek pemasaran. Divisi marketing itu sendiri pasti akan sering melakukan kampanye dan pemasaran.

Kamapnya serta pemasaran itu harus memiliki pemimpin project guna mengarahkan tim di bawahnya. Kemampuan ini juga berperan dalam hal menyusun rencana pemasaran mempersiapkan kampanye, sampai pengawasan serta evaluasi strategi yang sudah tim marketing buat.

6. Critical Thinking

Jika sebelumnya telah membicarakan berbagai hard skill wajib maka kini beralih pada soft skill. Kemampuan satu ini akan sangat membantu pekerja dalam menjalani berbagai tugas serta proyek pemasaran. Critical thinking atau kemampuan berpikir kritis akan melahirkan berbagai ide atau solusi masalah.

Contoh penggunaannya seperti ketika strategi pemasaran tidak bekerja dengan baik di pasar. Kemudian tim marketing melakukan analisis menggunakan kemampuan critical thinking. Pada akhirnya akan menemukan solusi terbaik guna mengatasi masalah tersebut.

7. Problem Solving

Selain ada critical thinking, seorang pekerja marketing juga harus ahli dalam problem solving atau pemecahan masalah. Kemampuan problem solving akan berguna ketikaa Anda bertemu dengan banyak kendala, baik pada saat perencanaan strategi hingga pelaksanaannya.

Kemampuan pemecahan masalah ini bisa Anda asah melalui banyak hal. Misalnya seperti rajin membaca buku ilmiah, latihan memecahkan masalah pada kasus beragam, atau bisa juga dengan banyak hal lainnya. Ketika kemampuannya semakin terasah maka proses menemukan solusi bisa lebih cepat.

8. Creative Thinking

Tidak hanya membutuhkan critical thinking, seorang staff marketing juga akan membutuhkan kemampuan creative thinking. Kemampuan ini akan membantu Anda dalam menemukan berbagai die kreatif untuk strategi marketing perusahaan. Tentunya sistem marketing harus orisinil, tidak boleh copy paste.

Ada banyak cara untuk bisa melatih critical thinking, salah satunya biasakan untuk melihat sesuatu dengan mata serta isi kepala yang jernih. Ini akan membantu otak untuk memproses informasi lebih banyak yang kemudian membuat Anda menemukan banyak hal baru.

9. Kerja Tim dan Kolaborasi

Sebelumnya penulis telah menyampaikan bahwa marketing tidak akan bekerja sendiri alias memiliki tim atau divisinya sendiri. Selain itu ia juga akan banyak bekerja sama dengan divisi lain untuk melakukan project. Berdasarkan hal itu maka seseorang yang bekerja di bidang marketing harus bisa kerja tim.

Kemampuan kerja tim ini sangat penting karena bisa menjadi faktor tambahan dari kesuksesan project. Kunci dari kerja tim itu sendiri adalah kerjasama, menghargai satu sama lain, saling membantu, namun juga memberikan batasan. Tidak lupa untuk saling merangkul satu sama lain agar mencapai tujuan.

10. Komunikasi

Skill penting lainnya adalah komunikasi yang mana juga berlaku untuk pekerjaan lain. Kemampuan komunikasi ini tidak hanya sekedar berbicara namun juga mendengar masukan atau kritikan, menyampaikan opini, atau mengajak kerjasama divisi lain.

Kemampuan komunikasi ini juga berperan besar dalam penyampaian pesan pemasaran dari perusahaan ke pelanggan atau target pasar. Jika komunikasinya buruk maka akan menghasilkan mis persepsi atau salah paham. Akhirnya bisa merugikan perusahaan alih-alih mendapatkan keuntungan.

11. Public Speaking

Kemampuan lain yang tidak banyak orang sadari adalah public speaking. Keahlian ini sangat penting karena akan berguna untuk menyampaikan ide di hadapan atasan atau tim marketing lainnya. Public speaking juga memungkinkan Anda dalam menyampaikan pesan secara baik pada audiens.

Selain itu kemampuan public speaking juga bisa berguna untuk mengajak kerjasama banyak pihak dalam perencanaan strategi marketing. Misalnya seperti kerjasama dengan influencer, media, atau pihak lainnya yang akan menguntungkan pemasaran perusahaan.

12. Menguasai Teknologi

Zaman akan terus berkembang, dunia juga akan terus melahirnya banyak teknologi baru. Sebagai pekerja marketing, penting bagi Anda untuk menguasai teknologi. Hal ini juga berarti bahwa tidak menutup diri dari perkembangan zaman yang ada.

Penguasaan teknologi ini akan bermanfaat untuk strategi marketing perusahaan. Semakin baik marketing menegan teknologi maka hasil pemasarannya juga akan semakin bagus. Tentunya hal itu akan berdampak langsung pada pendapatan perusahaan.

Demikian tentang gaji marketing dan berbagai skill pentingnya yang bisa Anda ketahui. Semoga dapat membantu banyak pihak yang ingin meniti karir di dunia marketing atau pemasaran.