7+ Skill Penting dan Gaji Checker Gudang

Gaji Checker Gudang

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang gaji checker gudang. Posisi pekerjaan ini juga memang jarang tersorot dunia luar. Padahal memiliki potensi kerja dan jenjang karir yang tinggi. Selain itu juga beberapa perusahaan memberikan fasilitas kerja guna meningkatkan kinerja para karyawannya.

Baca juga : Gaji Musisi

Mengenal Profesi dan Gaji Checker Gudang

Sebagaimana namanya, posisi checker gudang adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab atas kondisi gudang. Setiap perusahaan pasti memiliki gudang penyimpanan bahan baku atau produk mereka. Di dalamnya membutuhkan seseorang untuk mengelola sehingga bisa tertata lebih rapi.

Mengenal Profesi dan Gaji Checker Gudang

1. Apa Itu Checker Gudang

Menilik lebih dalam, checker gudang adalah posisi penting dalam industri manufaktur dan berbagai sektor perusahaan lainnya. Seorang checker gudang memiliki tanggung jawab untuk membantu proses administrasi barang. Selain itu mereka juga bertugas untuk mempersiapkan permintaan produk.

Kemudian seorang checker gudang juga harus menata gudang dan berbagai barang di dalamnya sehingga bisa tersusun dengan rapi. Ia juga harus menjaga kebersihan dan kerapihan gudang karena itu berhubungan erat dengan barang-barang di dalamnya.

2. Rata-rata Gaji Checker Gudang

Rata-rata gaji seorang checker gudang ada pada kisaran 3 juta – 6 juta per bulan. Namun setiap perusahaan bisa memiliki standar yang berbeda. Artinya Anda juga berkemungkinan besar menerima gaji lebih itnggi daripada angka rata-rata tersebut.

Namun ingatlah bahwa semakin tinggi gaji tentunya semakin besar pula peran dan tanggung jawab seorang checker gudang. Hal ini juga menceritakan bahwa Anda juga harus memiliki beberapa keahlian yang lebih baik. Melalui kemampuan itu maka akan bisa menjalankan tugas kerja secara lancar.

3. Tunjangan Untuk Gaji Checker Gudang

Beberapa perusahaan akan memberikan tunjangan untuk para checker gudang. Terlebih lagi jika barang-barang di dalam gudang termasuk jenis berat dan berbahaya. Tentu pekerjanya pun berhak mendapatkan tunjangan kesehatan atau keselamatan kerja.

Adapun beberapa contoh tunjangan yang akan perusahaan berikan pada posisi ini ialah seperti uang makan, transportasi, dan kesehatan. Kemudian ada juga perusahaan yang memberikan tunjangan lain guna mendukung kinerja mereka. Namun ingatlah bahwa tunjangan ini bersifat kondisional, tergantung kebijakan perusahaan.

4. Peluang Karir Checker Gudang

Mengingat Indonesia adalah negara berkembang maka akan ada banyak perusahaan serta pabrik baru yang bermunculan. Setiap perusahaan itu juga akan membutuhkan posisi checker gudang guna menjaga tempat penyimpanan barang mereka.

Berdasarkan informasi itu maka bisa terlihat bahwa peluang karir sebagai checker gudang cukup tinggi. Terlebih lagi pekerjaan ini juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Mulai dari staff hingga posisi manajer dengan gaji yang lebih besar. Jadi Anda bisa mulai merencanakan karir di bidang ini.

Tugas Untuk Gaji Checker Gudang

Tugas kerja seorang checker gudang tentunya berhubungan dengan barang-barang di dalam tempat penyimpanan itu sendiri. Mulai dari pembuatan administrasi perpindahan barang, memastikan kelancaran perpindahan barang, hingga membuat laporan. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai hal tersebut.

Tugas Untuk Werehouse

1. Membuat Administrasi Perpindahan Barang

Administrasi sistem persediaan barang merupakan proses sebuah barang dari perusahaan yang akan berpindah tangan ke konsumen. Proses ini harus dilakukan secara terorganisir, misalnya seperti melalui proses pemesanan barang, persiapan, input data, pengeluaran barang, hingga pengiriman.

Tujuan pembuatan administrasi perpindahan barang ini adalah untuk mengetahui ketersediaan stok di gudang. Kemudian checker gudang akan menyerahkan hasilnya ke atasan agar mereka membuat pesanan ke perusahaan. Setelah itu perusahaan akan restock barang di gudang yang sudah habis sesuai data.

2. Memastikan Kelancaran Perpindahan Barang

Sebelumnya sudah tersedia cara atau alur perpindahan barang dan kemudian checker gudang harus memastikan proses itu berjalan sempurna. Artinya mereka harus mendata barang apa saja yang sudah keluar atau masuk gudang. Pendataan ini harus dilakukan secara teliti, melihat jumlah dan kualitasnya.

Selain itu checker gudang juga perlu membantu persiapan barang-barang yang dibutuhkan oleh pihak lain. Baik itu pembeli, perusahaan, atau divisi lain. Tentunya hal ini berhubungan dengan stok gudang itu sendiri. Jika checker tidak membantu maka ia juga tidak mengetahui barang mana saja yang akan keluar.

3. Mendokumentasikan Surat Jalan Masuk dan Keluar Barang

Setiap barang yang akan masuk dan keluar pasti memiliki surat jalan sebagai dokumentasi resmi. Secara sederhana, surat jalan ini adalah struk atau bukti pembelian. Surat jalan ini akan dibawa oleh driver ke tempat tujuan dan pihak penerima harsu menandatanginya sebagai bukti ia telah menerima barang.

Kemudian checker akan menyimpan surat jalan itu sebagai dokumentasi. Hal ini untuk menghindari miskomunikasi tentang pengiriman barang. Misalnya seperti pihak penerima yang tidak merasa telah menerima kiriman barang dari perusahaan.

4. Menguasai Setiap Kode dan Peletakan Barang

Barang-barang di dalam gudang tentunya harus tersusun secara rapi dan ini tidak hanya soal peletakan atau penampilan. Setiap perusahaan akan menetapkan angka atau kode tertentu untuk setiap barang dan letak penyimpanannya. Ini merupakan tugas seorang checker untuk menghafal setiap letak dan kodenya.

Berhati-hatilah dalam menghafal karena terkadang kode itu terdiri dari huruf-huruf random berdasarkan nama dari barang. Namun beberapa perusahan juga sudah menyusunnya sesuai abjad atau urutan tertentu sehingga memudahkan pekerja dalam mencari barang serta menghafal letaknya.

5. Melakukan Pengecekan Barang

Seorang checker gudang tentunya harus melakukan pengecekan barang secara berkala atau setiap ada barang keluar dan masuk. Berdasarkan tugas ini maka penting bagi petugas checker untuk memahami alur keluar masuknya barang di suatu perusahaan.

Biasanya perusahaan memiliki 3 jalur keluar masuk barang yaitu unloading, storage, dan return. Ketiganya tentu akan terjadi dengan kondisi yang berbeda. Misalnya pada barang unloading, ini merupakan barang pesanan dari vendor yang baru saja proses pembongkaran. 

6. Menjaga Kualitas Barang 

Kualitas barang selama berada di gudang juga merupakan tanggung jawab dari checker. Ia harus memastikan barang tetap dalam kondisi terbaik ketika berada di tempat penyimpanan. Proses memastikan kualitas ini berlangsung pada saat barang masuk, masa penyimpanan, dan keluar.

Penjagaan kualitas ini tidak hanya mencakup tentang kondisi luar atau packaging melainkan juga di dalamnya. Misal seperti tanggal kadaluarsa, pastikan tidak ada barang masuk atau keluar yang lewat dari tanggal penting itu. Pasalnya hal ini akan berhubungan langsung dengan proses lain dalam perusahaan.

7. Membuat Laporan

Tugas terakhir dari seorang checker gudang adalah membuat laporan. Bagian ini mencakup laporan agenda kerja dan harus mereka susun sebelum melakukan pergantian shift. Tujuannya untuk menghindari miskomunikasi antara pekerja shift awal dan selanjutnya.

Di dalam laporan itu juga akan ada catatan tentang barang yang stoknya sudah habis. Melalui hal itu maka sudah pasti seorang checker gudang harus mengecek setiap barang dengan teliti. Jika ada kesalahan maka bisa terjadi kekeliruan dan ada pula akibat fatal lainnya.

Syarat Kerja Untuk Gaji Checker Gudang

Melihat dari tugas kerja gaji checker gudang, tentu ada beberapa syarat yang perusahaan berikan. Misalnya seperti jujur, bertanggungjawab, dan integritas. Selain itu masih ada banyak softskill serta hardskill lainnya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai masing-masing syarat umum yang berlaku.

Syarat Kerja Untuk Warehouse

1. Jujur, Bertanggung Jawab, dan Integritas

Isi gudang sama dengan harta-harta perusahaan yang nilainya bisa mencapai ratusan juta. Melalui hal itu maka penting bagi checker gudang untuk memiliki rasa jujur, bertanggungjawab, dan integritas yang tinggi pada perusahaan. Di samping itu, perusahaan juga harus memastikan poin ini lebih dalam.

Ketika checker gudang adalah orang yang tidak kompeten atau jujur maka perusahaan berpotensi mengalami kerugian besar. Namun sebagai pekerja juga tidak boleh menciptakan kerugian bagi perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan sudah memberikan gaji serta tunjangan yang cukup.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Pekerjaan checker gudang bisa dibilang merupakan pekerjaan yang mengutamakan fisik. Itulah mengapa banyak persyaratan kerja sebagai checker harus memiliki performa fisik yang bagus. Dalam proses kerjanya pun, Anda akan banyak memindahkan dan menata barang di dalam gudang.

Selain kesehatan jasmani, pekerja checker gudang juga harus memastikan kesehatan rohani atau mental mereka. Banyak orang tidak menyadari bahwa kondisi mental yang buruk bisa berdampak pada kondisi fisik. Bahkan jika kondisi mental ini sudah sangat buruk maka bisa saja berpotensi menimbulkan kerugian.

3. Berpengalaman

Beberapa perusahaan membutuhkan pekerja yang sudah berpengalaman, setidaknya 2 – 3 tahun di bidan yang sama. Hal itu guna memastikan mereka mendapatkan pekerja dengan kinerja yang baik dan sudah mengerti dengan sistem pergudangan.

Ketika pekerja checker gudang belum memiliki pengalaman maka kinerjanya cenderung lambat. Sementara ada beberapa perusahaan yang memiliki alur perpindahan barang yang cepat. Ika memang Anda belum berpengalaman, alangkah baiknya untuk mempelajari lebih dalam tentang pekerjaan ini.

4. Memiliki Skill Penataan dan Pendataan Barang

Tidak semua orang pandai dalam hal penataan dan pendataan barang. Biasanya hal ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang senang dengan kerapihan. Namun kemampuan ini juga bisa Anda asah dari waktu ke waktu. Tentunya sembari mempelajari sistem perpindahan barang serta pergudangan di perusahaan.

Skill penataan serta pendataan barang itu sendiri adalah hal yang penting dalam profesi ini. Terlebih lagi harus menghafalkan berbagai letak serta kode barang yang ada di gudang. Jika checker gudang tidak memiliki skill penataan maka ia tidak bisa mengelola gudang dengan baik.

Skill Penting Untuk Gaji Checker Gudang

Sebelumnya sudah memahami berbagai syarat kerja sebagai checker gudang. Di luar persyaratan itu ada beberapa skill atau kemampuan penting yang harus pekerja gudang miliki. Mulai dari kemampuan berpikir kritis, komunikasi, administratif, hingga mengetahui berbagai tools pergudangan.

Skill Penting Untuk Warehouse

1. Kemampuan Berpikir Kritis

Pekerjaan checker gudang ini juga membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Hal itu akan berguna untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di divisi logistik atau gudang. Tentunya manajer atau atasan tidak akan turun tangan untuk menyelesaikan setiap masalah.

Selain itu kemampuan berpikir kritis juga akan bermanfaat untuk menciptakan sistem baru. Misalnya jika pekerja melihat ada yang salah dalam sistem pergudangan. Kemudian ia berpikir keras untuk menemukan solusinya yang pada akhirnya perusahaan akan membantu realisasi solusi tersebut.

2. Skill Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang penting untuk menghindari miskomunikasi atau konflik lainnya. Skill komunikasi ini tidak hanya dalam hal berbicara, namun juga mendengarkan, menerima kritik, menyampaikan pendapat dengan baik, dan lain sebagianya.

Melalui skill komunikasi yang bagus maka Anda akan mudah bekerja sama dengan teman kerja atau divisi lain. Selain itu kemampuan komunikasi juga akan mempermudah pekerja untuk naik jabatan. Pasalnya orang yang pandai berkomunikasi juga akan mudah dalam menunjukkan bakat mereka.

3. Skill Administratif

Checker gudang tentu harus memiliki kemampuan administratif karena ia juga akan membuat data. Mendatang setiap barang yang masuk atau keluar pun bukan pekerjaan mudah. Hal ini harus mereka lakukan secara teliti karena kesalahan kecil bisa berdampak pada hasil akhir pekerjaan.

Skill administratif iu sendiri tidak hanya berlaku untuk penulisan offline namun juga secar dokumen. Misalnya memindahkan data dari tulisan tangan ke dokumen online. Kemudian juga harus bisa menyimpan serta menyusun berbagai berkas yang berhubungan dengan pergudangan.

4. Kerjasama Tim

Divisi atau departemen gudang dan logistik akan banyak berhubungan dengan divisi lainnya. Selain itu divisi gudang juga memiliki banyak rekan kerja di dalamnya. Berdasarkan hal itu maka penting bagi para checker gudang untuk memiliki kemampuan kerjasama tim yang baik.

Melalui kemampuan ini maka pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan baik. Selain itu juga akan terbangun tim yang lebih kuat atau memiliki solidaritas tinggi. Pada akhirnya akan tercipta lingkungan kerja yang nyaman bagi semua orang, termasuk Anda dan atasan atau rekan kerja lain.

5. Kemampuan Analisa

Selain beberapa kemampuan di atas, pekerjaan ini juga membutuhkan skill analisa. Pasalnya dunia ini akan terus berkembang jadi lebih baik dan tentu juga bermunculan berbagai teknologi baru. Dalam bidang pergudangan juga akan muncul perubahan menyesuaikan kebijakan perusahaan.

Maka dari itu seorang pekerja gudang membutuhkan kemampuan analisis untuk bisa beradaptasi dengan baik. Kemampuan ini juga akan membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaannya dari waktu ke waktu. Misalnya seperti cara penyusunan barang yang salah, analisa penyebabnya dan temukan solusi.

6. Mengetahui dan Mengoperasikan Sistem Warehouse

Di zaman modern ini, pekerjaan sebagai checker gudang juga mendapat bantuan dari berbagai teknologi. Teknologi atau tools ini bisa hadir atau dibuat langsung oleh perusahaan atau menggunakan yang sudah ada. Untuk mempermudah pekerjaan tentunya checker gudang harus mengetahui serta mampu mengoperasikannya.

Biasanya setiap perusahaan memiliki cara atau sistem yang berbeda untuk mengoperasikan serta mendata gudang mereka. Namun sebagai calon pekerja, penting bagi Anda untuk mengetahui sistem dasarnya. Melalui pengetahuan dan kemampuan ini maka akan lebih mudah beradaptasi ke sistem lain.

7. Mengetahui Berbagai Tools Kerja Checker Gudang

Ada banyak tool pergudangan atau warehouse tools yang perusahaan gunakan. Misalnya seperti netsuite WMS, fishbowl inventory, odoo inventory, dan masih banyak lagi. Masing-masing tools memiliki sistem penggunaannya masing-masing dan pekerja harus bisa cepat beradaptasi.

Biasanya pengetahuan serta kemampuan mengenai tools ini akan menjadi poin penting dalam wawancara kerja. Hal itu juga berhubungan dengan pengalaman pekerjaan di bidang yang sama. Jika Anda menguasai teknik atau sistemnya maka besar kemungkinan akan mendapatkan pekerjaan di perusahaan itu.

Demikian tentang gaji checker gudang yang bisa Anda ketahui dengan baik. Semoga dapat membantu banyak orang yang ingin bekerja dalam bidang ini. Jangan lupa untuk miliki semua skill dan pastikan menguasai skill tersebut sebelum mendaftar pekerjaannya.