Penyebab Kenapa Hotspot Hp Tidak Bisa Tersambung ke Laptop

Kenapa Hotspot Hp Tidak Bisa Tersambung ke Laptop

Saat Anda menggunakan laptop tentu memerlukan koneksi internet. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan hotspot dari ponsel. Sayangnya, bisa saja hal ini tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui apa saja penyebab kenapa hotspot hp tidak bisa tersambung ke laptop.

Kenapa Hotspot Hp Tidak Bisa Tersambung ke Laptop?

Ada banyak penyebab mengapa hotspot ponsel tidak dapat tersambung ke perangkat laptop. Tentu saja hal ini sangat mengganggu karena laptop tidak bisa memperoleh koneksi internet dari kuota di hp. Jika sebelumnya sudah tahu cara melihat password Wifi di laptop Windows 11, maka simak dahulu penyebabnya di bawah ini:

1. Salah Menginput Password

Penyebab pertama yang sering terjadi ketika hotspot hp gagal tersambung pada laptop adalah salah menginput password atau kata sandi. Kesalahan ini umumnya akibat tidak disengaja serta tidak disadari oleh pengguna.Contohnya saja ketika salah ketik sehingga menyebabkan password yang ditulis keliru.

Selain itu, bisa juga terjadi akibat Anda sudah mengubah kata sandi sebelumnya ke yang baru. Oleh sebab itu, pastikan mengecek terlebih dahulu apakah password tersebut sudah ditulis dengan benar tanpa adanya typo. Jika masih tidak bisa maka coba memasukkan kata sandi yang baru agar dapat tersambung.

2. Adapter Wifi Laptop Disable

Perlu Anda ketahui, bahwa disable merupakan sebuah keadaan ketika adapter Wifi masih belum diaktifkan pada laptop. Tidak heran jika selalu mengalami kegagalan saat ingin menyambungkan hotspot dari hp. Untuk itulah sangat penting mengecek pengaturan adapter tersebut sebelum memakai hotspot.

Anda dapat memeriksanya pada menu Network Connections. Kemudian jika dalam keadaan disable, maka pastikan segera mengaktifkannya. Dengan begitu, laptop akan lebih mudah dan cepat tersambung dengan hotspot ponsel tanpa adanya masalah apapun.

3. Mode Pesawat yang Aktif

Mode pesawat atau airplane mode merupakan keadaan dimana ponsel akan memblokir seluruh jaringan. Tentu saja Anda tidak dapat mengaktifkan jaringan internet pada hp. Begitu pula saat ingin menyambungkan hotspot ke laptop. Oleh karena itu, cek mode satu ini apakah dalam keadaan on atau off.

Jika on, maka lakukan pengaturan agar mode tersebut off. Apabila sudah, Anda bisa menyambungkan kembali hotspot yang diinginkan ke laptop. Tentu saja masalah ini akan cepat teratasi. Pasalnya apabila mode pesawat masih dalam keadaan aktif tentu saja hotspot agan terus gagal tersambung.

4. ISP yang Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah ISP atau Internet Service Provider yang mengalami masalah. Terlebih jika beberapa penyebab di atas sudah Anda lakukan perbaikan akan tetapi hasilnya nihil. ISP sendiri dapat bermasalah apabila jaringan hotspot pada ponsel tersambung pada banyak perangkat.

Tidak heran jika keadaan tersebut memicu adanya gangguan yang bisa terjadi kapan saja secara tiba-tiba. Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, ketika ingin menyambungkan hotspot usahakan untuk tidak terlalu banyak perangkat yang tersambung agar mencegah terjadinya masalah ini.

5. Jangkauan Hotspot Terlalu Jauh

Hal lainnya yang dapat menyebabkan koneksi hotspot gagal tersambung pada laptop adalah jangkauannya terlalu jauh. Pasalnya, hotspot ini memang memiliki batasan jangkauan penggunakan. Apabila antara laptop dengan hp jaraknya terlalu jauh maka tentu saja tidak dapat tersambung dengan baik.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memperhatikan hal ini. Usahakan meletakkan hp dengan jarak yang jauh lebih dekat dengan laptop. Hal tersebut bertujuan agar laptop lebih mudah menangkap koneksi dari ponsel. Jika sudah lebih dekat, maka ulangi lagi proses penyambungannya seperti seluma sampai berhasil.

6. Terjadi Masalah pada Driver Network

Saat driver network mengalami masalah, hal ini juga dapat menyebabkan hotspot dari hp tidak dapat tersambung ke laptop. Umumnya hal tersebut terjadi karena driver tidak terinstall dengan baik. Selain itu, bisa juga terjadi akibat adanya error atau bahkan hilang. Oleh sebab itu, usahakan Anda mengeceknya dahulu.

Ketika driver network pada laptop mengalami masalah, maka tentu saja gagal menyambungkan jaringan hotspot dari hp. Untuk memeriksanya sangat mudah sekali. Anda bisa mengeceknya lewat menu Device Manager di laptop. Kemudian cek keadaan driver tersebut pada bagian menu Network Adapters.

7. Pengaturan Jaringan yang Salah

Hal lain yang menjadi penyebab gagalnya sambungan hotspot hp ke laptop adalah pengaturan jaringan salah. Oleh sebab itu, tidak perlu terburu-buru membawa perangkat ini ke tempat service. Usahakan untuk mengenali terlebih dahulu satu per satu penyebab yang mungkin saja bisa terjadi.

Salah satunya termasuk pengaturan jaringan yang salah. Kesalahan ini sendiri mungkin saja pada konfigurasi jaringan laptop. Baik itu DNS, Proxy, IP Address, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengecek kembali pengaturannya agar bisa tersambung ke hotspot hp.

8. Koneksi Hotspot Dibatasi

Penyebab lainnya adalah karena koneksi hotspot pada hp dibatasi. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan jaringan tersebut tidak dapat tersambung ke laptop. Oleh karena itu, usahakan Anda mengecek terlebih dahulu tentang pembatasan hotspot tersebut lewat menu Pengaturan atau Setting.

Kemudian apabila terdapat pengaturan pembatasan hotspot, maka segera atur untuk mengizinkan lebih banyak perangkat agar proses penyambungan ke laptop berhasil. Jika sudah memperbarui pengaturannya, maka Anda bisa menyambungkan hotspot kembali ke laptop seperti sebelumnya.

Itu tadi beberapa penyebab kenapa hotspot hp tidak bisa tersambung ke laptop. Tentu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa penyebab di atas. Dengan memahaminya, maka akan semakin mudah menemukan solusi permasalahan ini. Tentu saja hotspot akan kembali terhubung dengan normal.