7+ Informasi Mengenai Pemandian Alam Selokambang Lumajang

Pemandian Alam Selokambang

Lumajang adalah salah satu kabupaten yang menyimpan banyak tempat wisata meriah dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Destinasi baru yang wajib masyarakat kunjungi di akhir pekan adalah Pemandian Alam Selokambang.

Informasi Umum Pemandian Alam Selokambang

Informasi Umum Pemandian Alam Selokambang
Source: https://cdn.antaranews.com/cache/800×533/2023/02/13/WhatsApp-Image-2023-02-13-at-08.35.02.jpeg

Bosan dengan tempat wisata yang begitu-begitu saja? Ingin benar-benar merelaksasikan pikiran dan mengembalikan kesegaran tubuh? Mungkin berkunjung ke Pemandian Alam Selokambang bisa menjadi solusi tepatnya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di tempat yang menyenangkan ini.

Pemandian Alam Selokambang ini berada di Desa Purwosono Kabupaten Lumajang. Menggunakan tema alam dengan nuansa segar yang tiada duanya. Saat berada di sini, Anda akan merasakan sejuknya udara dingin serta segarnya air di kolam yang sudah tersedia.

Tidak hanya itu saja, tempat ini juga menyimpan beberapa legenda yang masih sangat masyarakat percaya keberadaannya. Konon, ada seseorang yang mampu menggeser batu besar yang ada di tengah danau bak batu apung. Oleh karena itu, nama tempat ini terkenal dengan sebutan Selokambang (batu apung)

Jam Buka Pemandian Alam Selokambang

Jam Buka Pemandian Alam Selokambang
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/2022/12/kolam-renang-pemandian-alam-selokambang.jpg

Informasi berikutnya yang harus Anda ketahui sebelum melakukan kunjungan adalah jam operasional dari tempat wisata tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman atau masalah saat berkunjung nantinya. Pemandian Alam Selokambang buka dari pukul 05.00 WIB sampai 17.30 WIB.

Waktu buka yang cukup panjang tentu membuat Anda dan keluarga merasa puas menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini. Wisatawan bisa melakukan kunjungan di pagi, siang, dan sore hari. Apalagi jika berkunjung di pagi hari, udara dan kesegaran airnya masih sangat terjaga dengan baik.

Tempat ini buka selama 6 hari, dari Senin sampai Minggu, namun di hari Kamis tempat wisata ini tutup. Selain itu, jika berkunjung di hari libur, sebaiknya lakukan kunjungan di pagi hari agar tidak terlalu ramai. Mengingat tempat ini akan dipenuhi dengan wisatawan saat sudah memasuki akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Pemandian Alam Selokambang

Harga Tiket Masuk Pemandian Alam Selokambang
Source: https://asset.kompas.com/crops/4UbpTPaB08QQJuw4OYDHArHbaw0=/0x107:1280×960/780×390/data/photo/2022/01/27/61f26e7162589.jpg

Biasanya, untuk bisa menikmati wahana serta daya tarik utama yang ada di dalam tempat wisata, Anda harus membayar biaya tiket masuk, sama halnya jika ingin masuk ke Pemandian Alam Selokambang ini. Wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp7.000 (dewasa) dan Rp5.000 anak-anak saja.

Saat Weekend, harga tiket naik menjadi Rp15.000, baik bagi anak-anak maupun desa. Mungkin wisatawan juga perlu membayar biaya berupa retribusi parkir kendaraan dengan harga sekitar Rp3.000 (kendaraan roda dua/motor) sampai Rp5.000 (kendaraan roda empat/mobil).

Perubahan harga bisa terjadi kapan saja sesuai dengan kebijakan dari Dinas Perhubungan Kota Lumajang. Namun, masih tetap terjangkau bagi wisatawan.

Fasilitas di Pemandian Alam Selokambang

Fasilitas di Pemandian Alam Selokambang
Source: https://thumb.tvonenews.com/images/2023/04/24/6446758125f2e-wisata-alam-selokambang-lumajang.jpg

Di sini sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan mendukung kegiatan wisatawan menjadi lebih menyenangkan. Adapun beberapa fasilitas umum tersebut, seperti area parkir luas sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot mencari parkiran kendaraan, gazebo sebagai tempat beristirahat, dan lain-lain.

Di sini juga tersedia tempat untuk beribadah yang tak jauh dari lokasi wisata untuk memenuhi kewajiban dari pengunjung. Selain itu, di tempat wisata ini terdapat ruangan guna mengganti pakaian setelah berenang, toilet, serta beberapa spot foto menarik yang bisa mempercantik tampilan sosial media Anda.

Jika ingin berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan, baju ganti, bekal makanan, dan lain sebagainya. Kalau membawa makanan dari rumah, pastikan sampahnya tidak berserakan agar tempat ini tetap terjaga kebersihannya.

Daya Tarik Pemandian Alam Selokambang

Daya Tarik
Source: https://asset.kompas.com/crops/ogGE6-dbnyZf_min7wzlYuDR5iQ=/0x75:1280×928/750×500/data/photo/2022/01/27/61f26ec15ca09.jpg

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik tersendiri sehingga mampu menarik pengunjung dalam jumlah yang tidak sedikit setiap harinya. Hal itu sama terjadi saat Anda berkunjung ke Pemandian Alam Selokambang ini. Sebelum berkunjung, ketahui informasi mengenai hal tersebut di bawah ini!

1. Kolam Renang dengan Air Sejuk

Daya tarik utama yang mampu menarik minat lokal hingga luar untuk berkunjung kesini adalah kolam renang di Pemandian Alam Selokambang ini. Di sini tersedia dua jenis kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan air yang alami, sehingga mampu menyegarkan tubuh setelah perjalanan panjang.

Selain itu, mata air dari kolam juga pengelola dapatkan langsung dari Gunung Semeru. Sedangkan untuk kedalamannya, kolam renang dewasa mencapai 1 – 3 meter, panjangnya 50 m dengan lebar 30 m. kolam renang anak-anak memiliki kedalaman 50 – 70 cm, panjang 25 m, dan lebar 13 m.

2. Perahu untuk Berkeliling

Daya tarik berikutnya ada pada danau yang tersedia di tempat wisata ini. Pengunjung bisa berkeliling danau menggunakan perahu untuk menikmati keindahan dan kesejukannya. Danau yang lumayan luas ini akan membuat pengunjung tidak bosan saat menaiki perahu bebek.

Tidak hanya perahu bebek saja yang tersedia, namun beberapa wahana menarik yang akan membuat liburan terasa lebih seru dan menyenangkan. Misalnya, seperti sepeda air, motor ATV, waterball, dan paintball. Semuanya bisa pengunjung gunakan untuk mengisi akhir pekan agar tidak membosankan.

3. Jembatan Cantik

Jika Anda telah bosan bermain air dan ingin menikmati waktu bersama keluarga sambil jalan-jalan santai serta melihat keindahan alam yang asri di tempat wisata ini, bisa berjalan menuju jembatan. Di tempat ini sudah tersedia fasilitas berupa jembatan cantik yang cukup panjang.

Di samping kiri dan kanan jembatan juga tersedia pepohonan tinggi nan rimbun yang akan memayungi pengunjung dari teriknya sinar matahari di siang hari. Selain itu, ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga atau sekadar berburu foto menarik.

Alamat Menuju Pemandian Alam Selokambang

Jika Anda berkeinginan untuk berkunjung kesini bersama keluarga di akhir pekan, maka perlu tahu lokasi tepatnya terlebih dahulu supaya bisa mengetahui rute juga akses menuju tempat wisata tersebut. Pemandian Alam Selokambang berada di Desa Purwosono, Kec. Sumbersuko, Kab. Lumajang.

Rute Menuju Pemandian Alam Selokambang

Rute Menuju Tempat Wisata
Source: https://goo.gl/maps/J9KV6ubhrEs8q1sZA

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, pengunjung bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Aksesnya bagus karena jalanan beraspal dan cukup mulus. Bagi wisatawan lokal, mungkin rute menuju tempat ini mudah, sebab mereka hafal dengan seluk beluk Lumajang.

Namun, bagi wisatawan luar yang datang dari luar kota, pastinya sedikit kesulitan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mereka menggunakan aplikasi penunjuk rute, seperti Google Maps yang ada di smartphone. Cara kerjanya cukup mudah, pengguna hanya perlu menentukan tujuan mereka.

Nantinya, secara otomatis aplikasi akan memberikan detail rute menuju tempat tersebut dan pengguna hanya perlu mengikuti arah panahnya saja. Jika Anda bergerak dari pusat Kota Lumajang menuju destinasi ini, jarak tempuh yang diperlukan adalah 7.5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata Pemandian Alam Selokambang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.