9+ Spot di Air Terjun Coban Sewu Lumajang

Air Terjun Coban Sewu

Lumajang menyediakan banyak destinasi alam yang masih sangat terjaga hingga saat ini dan mampu menarik minat banyak wisatawan lokal maupun luar, salah satunya di Air Terjun Coban Sewu. Ini menjadi objek wisata seru juga menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Informasi Umum Air Terjun Coban Sewu

Informasi Umum Air Terjun Coban Sewu
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2021/02/04/dev-coban-sewu-air-terjun-cantik-yang-berada-di-dua-kabupaten.jpeg?w=600&q=90

Air Terjun Coban Sewu juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun Tumpak Sewu. Ini merupakan destinasi wisata alam yang sangat eksotis karena panorama keindahan di sekitarnya masih terjaga dengan baik. Sesuai dengan namanya, mulut air terjun di tempat ini sangat banyak.

Itulah mengapa banyak orang menamainya dengan air terjun seribu. Keberadaan tebing yang tinggi dengan derasnya air terjun yang ikut menawarkan keindahan alam tak ada duanya ini mampu membuat siapapun terpesona. Bahkan, tidak sedikit pengunjung menjadikannya sebagai tempat bersantai.

Selain itu, udara sejuk yang ada di sekitarnya ikut serta membuat pikiran kembali jernih dan siap menjalani hari yang padat keesokannya. Selama perjalanan menuju objek wisata ini, Anda akan melihat susunan pepohonan rimbun nan hijau yang menemani seperti sedang menjelajahi sebuah pegunungan.

Jam Buka Air Terjun Coban Sewu

Jam Buka Air Terjun Coban Sewu
Source: https://piknikasik.com/wp-content/uploads/2016/01/coban-sewu-lumajang-jawa-timur.jpg

 

Untuk menghindari kendala selama kunjungan berkaitan dengan jam operasionalnya, Anda harus mengetahui kapan tempat wisata ini buka. Air Terjun Coban Sewu buka setiap hari selama 24 jam. Dengan rentan waktu yang cukup lama tersebut, pengunjung bisa leluasa menentukan waktu kunjungan.

Namun, kebanyakan pengunjung berkunjung di pagi, siang, dan sore hari karena penerangan menuju tempat wisata masih sangat bagus. Selain itu, Anda bisa mengambil gambar dengan mudah di berbagai spot foto cantik yang tersedia di kawasan air terjun ini.

Pastikan juga waktu kunjungan tepat. Jika ingin berkunjung di hari libur atau akhir pekan, sebaiknya berangkat lebih awal agar tidak terlalu ramai wisatawan yang datang. Dengan begitu, Anda bisa merasakan suasana sepi, tenang, dan juga nyaman saat tiba di kawasan wisata ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Sewu

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Sewu
Source: https://asset.kompas.com/crops/g_2FQ6eJCX5KoBwD6OT71cErr8w=/0x0:1500×1000/780×390/data/photo/2020/10/06/5f7c13e6e9435.jpg

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui jika ingin mengunjungi tempat wisata adalah tiket masuknya. Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam air terjun ini, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Tentu nominal tersebut sangat terjangkau.

Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk pengunjung dewasa, anak-anak, maupun turis asing. Perubahan harga bisa terjadi kapan saja terutama saat sudah memasuki liburan. Selain itu, Anda juga ikut serta memberikan kemudahan bagi pengelola memperbaiki akses jalan menuju tempat wisata ini.

Selain itu, penduduk lokal atau warna setempat pun dapat merasakan manfaatnya. Jika ingin liburan lebih menyenangkan, wisatawan bisa menyewa jasa guide atau pemandu. Jasa guide sudah disediakan oleh pengelola kawasan wisata, dengan ketentuan harga sebesar Rp200.000 saja.

Fasilitas di Air Terjun Coban Sewu

Fasilitas di Air Terjun Coban Sewu
Source: https://www.gotravelly.com/blog/wp-content/uploads/2018/06/pemandangan-indah.jpg

Meskipun bertajuk wisata alam, pengelola kawasan ini sudah menyediakan beberapa fasilitas umum yang akan mempermudah kegiatan wisatawan selama melakukan kunjungan, seperti toilet dan mushola. Tidak hanya itu saja, di sini juga terdapat area beristirahat setelah lelah berjalan kaki.

Selain itu, di tempat ini juga ada banyak spot foto menarik yang akan membuat tampilan akun sosial media Anda terlihat estetik dan juga cantik. Sebelum berkunjung, pastikan tubuh dalam keadaan fit untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan atau hambatan yang mungkin terjadi.

Jangan lupa juga membawa keperluan pribadi, seperti obat-obatan dan kamera supaya bisa menangkap gambar lebih banyak tanpa harus khawatir ruang memori habis serta mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang bagus.

Spot Menarik di Air Terjun Coban Sewu

Spot Menarik di Air Terjun Coban Sewu
Source: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/17/97/b7/6f/tumpak-sewu-waterfalls.jpg?w=1200&h=-1&s=1

Setiap tempat wisata pastinya memiliki spot menarik yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga mampu meningkatkan minat pengunjung. Sama halnya dengan Air Terjun Coban Sewu ini yang memiliki 3 spot utama yang tidak boleh wisatawan lewatkan. Berikut informasi secara jelasnya mengenai hal tersebut!

1. Air Terjun Megah

Spot pertama yang ada di kawasan wisata air terjun ini adalah air terjun itu sendiri. Keindahannya tidak perlu Anda ragukan lagi. Deretan air terjun yang mengalir dari ketinggian 180 meter membuat suasana terasa lebih nyaman. Selain itu, wisatawan juga bisa melihat tebing yang ada di sepanjang air terjun.

Akses untuk kesini pun sudah sangat bagus karena tersedia fasilitas memadai yang telah pengelola sediakan, berupa tangga. Dengan begitu, jalanan menuju air terjun tidak lagi curam. Melalui fasilitas ini, wisatawan bisa mengambil foto dengan latar belakang lembah dan juga deretan air terjun cantik.

2. Goa Tetes

Spot tak kalah menarik berikutnya adalah Goa Tetes. Area ini mampu menarik wisatawan dalam jumlah yang cukup banyak setiap harinya, apalagi jika sudah memasuki waktu liburan. Panorama yang cantik dan juga indah membuat kawasan ini tidak boleh dilewatkan sedikitpun oleh pengunjung yang datang.

Lokasinya berada di jalur masuk via Lumajang. Menurut kepercayaan warga setempat, goa ini masih sering digunakan sebagai tempat untuk bertapa. Bahkan, tidak sedikit dari pengunjung melakukan kunjungan untuk kebutuhan spiritual. Jika Anda penasaran, datang berkunjung sekarang juga.

3. Bukit Panorama

Spot terakhir yang harus Anda kunjungi jika berkunjung ke kawasan air terjun ini adalah bukit panorama. Area ini berada di sekitar air terjun dan menjadi spot paling nyaman untuk menikmati pemandangan seribu air terjun secara keseluruhan dari ketinggian. Wisatawan juga bisa bersantai sambil menyesap kopi hangat di sini.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan, di bukit ini sudah tersedia gardu pandang berupa bangunan dengan luas 30 meter persegi. Tidak hanya itu, pengelola kawasan wisata juga telah menyediakan paving di area puncak bukit yang tidak boleh pengunjung lewatkan saat berkunjung.

Alamat Menuju Air Terjun Coban Sewu

Sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui di mana lokasi dari tempat wisata alam satu ini agar tidak tersesat dan mencari tahu terlebih dahulu rutenya. Alamat Air Terjun Coban Sewu ini ada dua karena berada di perbatasan dua kabupaten, jadi bisa memilih melalui lokasi yang mana.

Pertama, lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Malang. Kedua lokasinya berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Keduanya sudah memiliki akses yang bagus menuju tempat wisata.

Rute Menuju Air Terjun Coban Sewu

Rute Menuju Air Terjun Coban Sewu
Source: https://goo.gl/maps/9HoJ95JFB5o6Yf729

Selanjutnya, berkaitan dengan rute yang harus wisatawan ketahui terutama bagi mereka yang dari luar kota. Jika ingin menggunakan jalur Lumajang, Anda bisa melalui Goa Tetes tadi. Setelah tiba di kawasan wisata, pengunjung harus memarkirkan kendaraannya di lahan parkir yang telah tersedia.

Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kemungkinan besar, Anda membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk bisa sampai ke area dasar tebing dari Coban Tumpak Sewu. Jika khawatir tersesat, bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Itu tadi informasi berkaitan dengan spot menarik di Air Terjun Coban Sewu yang akan memanjakan mata para pengunjungnya. Jika sedang berada di Lumajang, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke destinasi wisata satu ini.