3+ Pesona Danau di Gunung Lemongan Lumajang

Gunung Lemongan

Lumajang menjadi tempat di mana banyak gunung aktif yang masih bisa erupsi hingga sekarang, salah satunya adalah Gunung Lemongan. Kawasan ini tidak hanya menyediakan keindahan pemandangan pegunungan saja, namun juga destinasi lain seperti pesona danau dengan keeksotisannya.

Informasi Umum Gunung Lemongan

Informasi Umum Gunung Lemongan
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/Gunung-Lemongan.jpg

Gunung Lemongan adalah destinasi wisata alam yang masih sangat terjaga keindahannya hingga saat ini. Udara sejuk di sekitarnya membuat siapapun yang berkunjung akan merasa nyaman dan kembali segar. Tak heran jika banyak wisatawan menjadikannya sebagai tempat merelaksasikan pikiran sejenak.

Di hari-hari libur nasional, tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin melihat keelokan alamnya. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sudah lumayan serta mampu mendukung kegiatan wisatawan saat berkunjung. Jadi, tidak perlu lagi bingung saat melakukan kunjungan kesini.

Jalur trekking yang sudah cukup bagus akan memudahkan pengunjung melakukan pendakian. Sebelum itu, pastikan untuk memakai jaket yang tebal karena hawa di sekitar kawasan ini cukup dingin. Jangan lupa juga membawa perlengkapan secukupnya saja agar tidak memberatkan selama pendakian.

Jam Buka Gunung Lemongan

Jam Buka Gunung Lemongan
Source: https://cdn.visitlumajang.com/images/2017/03/puncak-gunung-lemongan-lumajang-gepala.jpg

Karena merupakan destinasi wisata alam, tempat ini bisa wisatawan kunjungi kapanpun selama 7 hari dan 24 jam. Jadi, tidak perlu bingung lagi menentukan jadwal kunjungan saat berada di kota Lumajang. Meskipun begitu, lebih baik berkunjung di pagi dan sore hari.

Di pagi hari, Anda bisa melihat keindahan matahari terbit yang muncul di belakang Gunung Lemongan. Sedangkan di sore hari, cahaya matahari tidak terlalu terik, sehingga tidak akan menghambat kegiatan selama liburan di tempat ini. Selain itu, dapat menemukan panorama langit senja yang sangat menawan.

Setelah puas menikmati keindahan alamnya, pulanglah sebelum terlalu sore karena khawatir penerangan di tempat ini tidak terlalu bagus. Tujuan lainnya adalah untuk menghindari terjadinya kendala selama perjalanan kembali pulang dari gunung tersebut.

Harga Tiket Masuk Gunung Lemongan

Harga Tiket Masuk Gunung Lemongan
Source: https://getlost.id/wp-content/uploads/2022/11/Go-Dino.jpg

Jika Anda mencari tempat wisata yang tidak mengeluarkan terlalu banyak dana pada tiket masuknya, mungkin wisata Gunung ini bisa menjadi solusinya. Tidak hanya itu saja, jalur trekking menuju tempat ini juga tidak terlalu sulit, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi menghabiskan liburan bersama keluarga.

Di sepanjang jalan, Anda akan melihat keindahan panorama alam di sekitarnya. Apalagi di sini terdapat tiga danau yang sangat mempesona. Pasti kunjungan akan terasa menyenangkan serta menjadi pengalaman liburan tak terlupakan. Untuk biaya, mungkin wisatawan hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan saja.

Fasilitas di Gunung Lemongan

Fasilitas di Gunung Lemongan
Source: https://asset-2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/gunung-lemongan-lumajang.jpg

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam Gunung ini sudah sangat memadai dan mampu mendukung semua aktivitas wisatawan. Adapun beberapa fasilitas umum yang ada, seperti toilet, mushola, area parkir kendaraan yang luas, tempat beristirahat, serta lainnya.

Jika Anda merasa lapar, bisa berpindah posisi ke sekitar danau Ranu Klakah. Di sini ada rumah makan wisata dan warung yang mampu menyediakan berbagai menu lezat untuk mengisi perut yang lapar setelah lelah berkegiatan di sini.

Selain itu, lokasi dari rumah makan tersebut juga berada di tengah danau, sehingga membuat suasana menyantap hidangan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Sebelum berkunjung, jangan lupa membawa keperluan pribadi, seperti obat-obatan serta kamera untuk menangkap gambar lebih banyak.

Pesona Danau Gunung Lemongan

Pesona Danau Gunung Lemongan
Source: https://3.bp.blogspot.com/-VYGDEEj51Do/UFkVqiI9JZI/AAAAAAAAANY/jDiQG7hjMQY/w1200-h630-p-k-no-nu/ranu-klakah-pariwisata-lumajang.jpg

Di sekitar lereng Gunung Lemongan, terdapat 3 danau yang membuat tempat tersebut semakin indah. Bahkan, karena eksistensinya, tempat ini selalu ramah pengunjung. Apalagi fasilitas di sekitar danau juga sangat memadai serta mampu mendukung kegiatan pengunjung. Berikut pesona dari ketiga danau itu!

1. Danau Ranu Klakah

Destinasi wisata populer di antara ketiga danau yang ada di kaki Gunung Lemongan adalah Ranu Klakah. Danau ini terbentuk secara alami karena letusan Gunung Lemongan pada saat itu. Luasnya mencapai 22 hektar dengan kedalaman air sekitar 28 meter. Tempat ini begitu tenang dan sejuk.

Anda juga bisa menemukan banyak ikan mujair yang berhabitat di danau ini. Selain itu, fasilitas di tempat wisata ini lebih lengkap daripada kedua danau, mulai dari rumah apung, camping ground, perahu wisata, dan masih banyak lainnya. Jika ingin mendapat pengalaman menarik selama liburan, bisa berkunjung kesini.

2. Danau Ranu Pakis

Danau berikutnya ada Ranu Pakis. Penamaan tempat ini didasari karena di sekitarnya banyak tumbuhan pepohonan pakis. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan danau yang dikelilingi dua gunung sekaligus, yaitu Gunung Semeru dan Gunung Lemongan. Tentu ini akan memberi panorama tersendiri.

Saat berkunjung di pagi hari, Anda bisa melihat matahari muncul di antara keduanya yang membuat keindahan alamnya semakin cantik. Lokasi Ranu Pakis berada di ketinggian 600 mdpl dengan luas area mencapai 50 hektar. Di sini, biasanya pengunjung akan melakukan kegiatan memancing.

3. Danau Ranu Bedali

Ranu Bedali merupakan rangkaian terakhir danau yang berada di kaki Gunung Lemongan Lumajang. Lokasinya berada di Kecamatan Ranuyoso, Lumajang, atau memiliki jarak tempuh sekitar 7 km jika Anda berpindah dari Ranu Pakis. Ketinggian dari lokasi danau satu ini mencapai 700 mdpl.

Luas danaunya sekitar 25 hektar dengan kedalaman mencapai 28 meter. Berbeda dengan danau lainnya yang ada di sekitar kaki gunung ini, Ranu Bedali adalah satu-satunya danau yang memiliki air terjun di bagian sisi tertentu. Wisatawan bisa menikmati keindahan tersebut di atas gardu pandang.

Alamat Menuju Gunung Lemongan

Sebelum berkunjung kesini, Anda harus mengetahui lokasi dari tempat wisata tersebut. Gunung Lemongan sendiri terletak di Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Akses menuju tempat ini lumayan bagus bagi wisatawan.

Jika berkunjung, jangan lupa memakai jaket untuk menghangatkan badan karena udara di tempat ini sedikit dingin dan bagi mereka yang tidak kuat dengan cuaca dingin pasti akan mendapat masalah saat berkegiatan di tempat ini.

Rute Menuju Gunung Lemongan

Rute Menuju Gunung Lemongan
Source: https://goo.gl/maps/L1vpCrRhAAScKQZD6

Akses atau rute menuju gunung ini sebenarnya sudah bagus. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan keberadaan transportasi umum, seperti bus atau angkot dan berhenti di terminal bus kota atau desa Klakah.

Kemudian, melanjutkan perjalanan pendakian menuju destinasi utama Gunung Lemongan. Jika masih bingung dengan rutenya, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Caranya yakni dengan menentukan tujuan atau destinasi dan mengikuti penunjuk arah rutenya.

Jika Anda bergerak dari alun-alun Kota Lumajang, jarak tempuh yang dibutuhkan adalah 34 km dengan waktu tempuh 50 menit menggunakan kendaraan roda dua melalui Jalan Probolinggo – Wonorejo. Estimasi waktu tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu tergantung kondisi jalan dan kecepatannya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan destinasi wisata alam mempesona yang menyediakan tiga danau indah di kaki Gunung Lemongan Lumajang. Jika berada di kota ini, jangan lupa untuk berkunjung bersama keluarga supaya dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya bersama-sama.