7+ Spot Favorit di Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

Kebun Teh Kertowono Gucialit

Lumajang terus menerus menyediakan tempat wisata bertemakan alam yang memiliki keindahan berbeda-beda. Jika berada di kota ini, jangan lupa untuk menyempatkan waktu ke Kebun Teh Kertowono Gucialit. Di sini panorama alamnya sangat cantik dengan hamparan perkebunan teh yang menarik.

Informasi Umum Kebun Teh Kertowono Gucialit

Informasi Umum Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://topwisata.info/wp-content/uploads/2020/05/FB_IMG_15899787664604812.jpg

Kebun Teh Kertowono Gucialit ini menjadi tempat wisata alam populer yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.250 mdpl dengan area seluas 931,82 hektar. Jika berkunjung kesini, rasa penat setelah melakukan aktivitas padat akan terobati.

Bukan hanya menyediakan spot pemandangan alam saja, namun tempat ini juga menawarkan proses pengerjaan daun teh hingga menjadi produk siap seduh. Cita rasa dari teh tentu sangat khas serta segar karena langsung diproduksi setelah melakukan proses pemetikan.

Selain itu, kebun teh ini sudah ada cukup lama sejak masa penjajahan Belanda. Sampai saat ini, keindahan dari perkebunan tersebut tidak pernah pudar, bahkan secara terus menerus mampu menarik minat wisatawan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membawa pulang produk teh tadi.

Jam Buka Kebun Teh Kertowono Gucialit

Jam Buka Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://lumajangsatu.com/po-content/uploads/BAGUS_SHOHIFUL.jpg

Kebun Teh Kertowono Gucialit ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB dari Senin hingga Minggu. Biasanya, pengunjung akan berkunjung di pagi dan sore hari karena matahari tidak terlalu terik. Selain itu, suasana sejuk masih sangat terasa saat Anda berkunjung di pagi hari.

Bukan hanya itu saja, pencahayaan di pagi hari juga lebih bagus. Sedangkan di sore hari, Anda akan melihat keindahan langit senja yang sangat mempesona. Ini akan menjadi spot paling tepat untuk mengambil gambar sebagai kenang-kenangan saat berkunjung bersama keluarga nantinya.

Jika berkunjung di hari libur, sebaiknya berangkat lebih pagi karena khawatir nanti akan banyak pengunjung berdatangan, sehingga tempatnya pun ramai. Selain itu, kalau ingin menikmati waktu liburan lebih alam, di dekat kawasan wisata tersedia tempat penginapan bagi pengunjung lokal atau luar.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kertowono Gucialit

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://asset.kompas.com/crop/0x0:780×520/750×500/data/photo/2017/05/16/1630979912.JPG

Informasi selanjutnya yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung ke tempat wisata adalah besaran harga tiket masuknya. Apalagi kalau pergi liburan bersama seluruh anggota keluarga. Maka, penentuan anggarannya harus terlaksana dengan baik supaya tidak ada kendala selama liburan.

Untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar kawasan wisata alam kebun teh ini, Anda perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000/orang. Mungkin ada tambahan biaya seperti retribusi parkir kendaraan agar kendaraan pengunjung tetap aman dan nyaman di lahan parkir yang tersedia.

Fasilitas di Kebun Teh Kertowono Gucialit

Fasilitas di Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://cdn.nativeindonesia.com/foto/2023/01/kebun-teh-gucialit-lumajang.jpg

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini, semuanya sudah lengkap dan dapat mendukung semua aktivitas pengunjung selama liburan, mulai dari tempat parkir kendaraan yang memiliki luas yang cukup besar, warung wisata, toilet umum, gazebo, jembatan di tengah kebun teh, serta lainnya.

Jadi, Anda tidak perlu lagi bingung jika ingin berkunjung kesini. Selain itu, tidak usah membawa banyak makanan ringan atau minuman karena khawatir nanti malah merepotkan dan menghambat berjalannya aktivitas liburan bersama keluarga sebab barang bawaan terlalu banyak.

Sebelum berkunjung, pastikan Anda menyiapkan kamera dalam kondisi baterai penuh agar bisa mengambil banyak gambar di spot menarik yang tersedia tanpa kehabisan daya. Selain itu, jangan lupa untuk memakai jaket sebagai penghangat di kala udara sejuk menusuk kulit saat berlibur ke tempat ini.

Kegiatan di Kebun Teh Kertowono Gucialit

Kegiatan di Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://akcdn.detik.net.id/visual/2020/10/21/kebun-teh-kertowono_169.jpeg?w=650

Tidak hanya menikmati pemandangan sekitar kebun teh saja, namun wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan yang akan membuat liburan terasa lebih seru serta tak terlupakan. Sebelum berkunjung, Anda harus mengetahui informasi mengenai hal itu terlebih dahulu. Berikut infonya!

1. Menikmati Panorama Hamparan Hijau Kebun Teh

Kegiatan pertama yang sudah pasti akan Anda lakukan saat berkunjung ke Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang adalah menikmati panorama hamparan hijau kebun tehnya. Karena keindahannya, tak sedikit pengunjung menjadikan destinasi ini sebagai tempat menghilangkan rasa penat atau healing.

Udaranya yang sejuk, semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah akan secara langsung membuat pikiran serta tubuh kembali segar. Anda dan keluarga bisa berkunjung kesini di akhir pekan untuk menghilangkan beban pikiran serta rasa lelah setelah beraktivitas seminggu penuh.

2. Mendirikan Tenda

Jika Anda suka dengan nuansa camping, mungkin membangun tenda bisa menjadi salah satu solusinya Di kawasan ini ada tempat khusus yang bisa wisatawan gunakan untuk melakukan kegiatan camping. Wisatawan dapat berpiknik ria bersama keluarga sambil menyantap makanan ringan dan lainnya.

Jadikan akhir pekan menjadi liburan yang tak terlupakan dan berkualitas karena bisa menambah pengalaman baru bersama keluarga. Jika ingin menikmati kegiatan tersebut, pastikan untuk membawa perlengkapan seperti tenda, alas, camilan, serta lainnya sesuai kebutuhan selama liburan.

3. Mengambil Foto

Seperti yang sudah Anda ketahui, tempat ini banyak menyediakan spot untuk mengambil gambar dengan latar belakang yang sangat menarik. Tak sedikit pengunjung berkunjung kesini hanya ingin berburu foto  saja. Apalagi pemandangan indah di sekitarnya dapat membuat hasil foto terlihat lebih cantik.

Anda juga bisa mengunggah hasil foto tersebut di akun sosial media untuk mempercantik tampilan feed akun, terutama Instagram. Secara tidak langsung, wisatawan yang mengambil gambar di sini dan mengunggahnya di sosial media, akan membuat intensitas pengunjung lebih meningkat dari waktu ke waktu.

Alamat Menuju Kebun Teh Kertowono Gucialit

Sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui lokasi di mana tempat wisata ini berada agar sebelum itu bisa menentukan rute yang ingin dilalui guna menghindari hambatan selama perjalanan, seperti tersesat. Kebun Teh Kertowono Gucialit berada di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang.

Akses menuju tempat wisata ini sudah sangat bagus, jadi wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat maupun transportasi umum untuk sampai ke kawasan wisata. Jadi, tidak perlu lagi bingung jika ingin melakukan kunjungan ke Kebun Teh populer di Lumajang ini.

Rute Menuju Kebun Teh Kertowono Gucialit

Rute Menuju Kebun Teh Kertowono Gucialit
Source: https://goo.gl/maps/8hVY1MqrYBxjbpfA9

Untuk menuju tempat wisata ini, Anda perlu mengetahui rutenya terlebih dahulu. Karena ada dua opsi, yakni menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, di sini akan dijelaskan kedua-duanya. Jika menggunakan transportasi umum, wisatawan bisa berhenti di titik terakhir sebelum kawasan wisata.

Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau ojek. Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya memanfaatkan aplikasi Google Maps yang akan membantu menunjukkan rute secara akurat juga tercepat serta meminimalisir risiko tersesat.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menentukan tujuan tempatnya, setelah itu sistem secara otomatis akan menunjukkan rute melalui arah panah. Jika bergerak dari pusat Kota Lumajang, wisatawan membutuhkan estimasi waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 12.8 km melalui Jl. Raya Gucialit.

Itu tadi informasi mengenai destinasi wisata alam Kebun Teh Kertowono Gucialit yang cocok sebagai tempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara detail kepada pembaca mengenai topik pembahasannya.