9+ Tugas, Gaji Cook Helper, dan Skill yang Perlu Dikuasai

Gaji Cook Helper

Salah satu profesi yang bertugas untuk membantu koki atasan adalah asisten koki atau cook helper. Sebagian dari Anda mungkin masih belum tahu tentang berapa nominal gaji cook helper tersebut. Kebanyakan profesi ini ada di hotel hingga restoran dengan peran sangat penting.

Tentang Profesi Cook Helper

gaji cook helper

Tanpa peran seorang cook helper, tentu saja para chef akan sangat kewalahan dalam memenuhi kebutuhan saat ingin melayani konsumen. Tidak heran jika gaji cook helper cukup besar walaupun pekerjaannya bukan sebagai seorang chef, akan tetapi tetap perlu memiliki kemampuan masak dengan baik. Agar lebih jelas, simak ulasan selengkapnya berikut:

Baca juga : Gaji Pramusaji

1. Pengertian Cook Helper

Merupakan asisten koki dengan gaji cook helper lumayan yang bertugas untuk membantu para koki selama proses memasak berlangsung. Hal ini tidak lain karena proses pengolahan makanan memiliki sifat kompleks, sehingga keberadaan cook helper sangatlah penting agar chef lebih cekatan dalam mengolah masakan.

Tidak hanya itu, cook helper juga memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang harus mereka penuhi. Termasuk menyiapkan peralatan masak untuk chef, membersihkan peralatan tersebut, menyiapkan bahan masakan, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu tugas koki utama akan semakin ringan dalam hal ini.

2. Syarat Menjadi Cook Helper

Profesi sebagai asisten koki sebenarnya dapat dilakukan baik bagi pria maupun wanita. Adapun beberapa syaratnya secara umum yakni memiliki usia paling banyak 35 tahun, mempunyai pendidikan minimal SMK/SMA, serta dapat bertanggung jawab dan bekerja sama dalam sebuah tim.

Selain itu, seseorang dengan profesi juga perlu memiliki kepribadian baik dan berpenampilan menarik. Mereka harus cekatan dalam melakukan setiap tugas dan tanggung jawabnya selama berada di dapur. Terutama dalam membantu para chef untuk menyiapkan dan mengolah setiap masakan di tempat kerjanya.

3. Jenjang Karir

Asisten koki memiliki peran yang sangat penting di dapur. Profesi ini sendiri termasuk posisi paling awal untuk membantu para koki dalam menyiapkan bahan makanan, membersihkan, dan memasaknya sampai prosesnya selesai. Mereka juga perlu mengawasi persediaan bahan makanan maupun peralatan yang diperlukan.

Adapun jenjang karirnya mulai dari commis yang bertugas untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dengan bantuan chef senior. Terdapat pula supervisor yang bertanggung jawab untuk mengawasi dapur dan lainnya. Adapun jenjang karir lainnya berupa sous chef, executive chef, hingga food service manager.

Berapa Gaji Cook Helper?

gaji cook helper

Memiliki profesi sebagai cook helper terbilang cukup menarik. Pasalnya, nominal gaji cook helper termasuk lumayan. Akan tetapi, tentu saja hal tersebut tergantung pada setiap kebijakan lokasi kerja mereka. Terlebih setiap tempat makan tentunya memiliki perbedaan mengenai kebijakan gaji dan tugasnya.

Seorang cook helper sendiri dapat memiliki gaji mulai dari Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 4.000.000. Jika bekerja di hotel berbintang 5 maka bisa saja gaji cook helper mencapai Rp 6.500.000 untuk setiap bulannya. Umumnya, kisaran tersebut berupa gaji pokok sehingga masih bisa mendapatkan tunjangan lain.

Tentu saja pekerjaan ini sangat cocok apabila seseorang memiliki minat di bidang kuliner dan memasak. Terlebih, banyak chef yang memang mengawali karir mereka dari seorang cook helper terlebih dahulu. Posisi tersebut tentu cukup banyak diminati mengingat gajinya yang cukup tinggi seiring lamanya mereka bekerja.

Tanggung Jawab dan Tugas Cook Helper

gaji cook helper

Ada banyak tugas maupun tanggung jawab yang perlu cook helper penuhi. Tidak heran jika mereka perlu memiliki kemampuan yang tanggap, cepat, teliti, dan profesional. Terutama dalam menyiapkan bahan makanan dan membantu koki memasaknya. Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Menyiapkan dan Membersihkan Peralatan Memasak

Seseorang dengan profesi ini perlu menyiapkan berbagai peralatan memasak yang koki perlukan nantinya. Dengan begitu, koki bisa langsung menggunakannya tanpa perlu kerepotan mencarinya terlebih dahulu. Kemudian mereka juga harus membersihkan berbagai alat masak tersebut sebelum terpakai.

Asisten koki juga perlu menata peralatan tersebut dengan rapi lalu mengembalikannya ke tempat agar terjaga kebersihannya. Peralatan memasak ini sendiri sangat penting agar proses memasak koki lebih nyaman dan efisien. Cook helper juga perlu menguasai tentang cara penggunaan alat-alat tersebut.

2. Menyiapkan Bahan Masakan

Cook helper juga memiliki tugas untuk menyiapkan bahan-bahan makanan. Termasuk dalam hal mengupas, memotong, membersihkan, hingga mencuci bahan-bahan tersebut. Dengan begitu, mereka perlu memastikan bahwa bahan-bahan tersebut sudah dalam keadaan bersih dan siap digunakan.

Mereka juga perlu menimbang bahan makanan yang diperlukan. Pastikan sesuai dengan kebutuhan resep masakannya. Tidak heran jika penting bagi mereka untuk memiliki keterampilan dan ketelitian dalam mengukur bahan-bahan tersebut. Agar nantinya bisa langsung chef pakai untuk memasak makanan.

3. Membantu Memasak Makanan

Setelah semua peralatan dan bahan makanan siap, maka cook helper juga perlu membantu chef untuk mengolah makanan. Mereka perlu memasak makanan dengan baik sesuai dengan resep. Adapun masakannya terbilang lebih sederhana. Contohnya saja hidangan pembuka seperti salad, sup, dan lainnya.

Selain itu, mereka juga perlu mengoperasikan peralatan di dapur. Seperti oven, penggorengan blender, dan lain sebagainya sesuai petunjuk dari chef. Tentunya mereka perlu menguasai setiap kemampuan mengoperasikan alat-alat tersebut. Kemudian melakukannya dengan hati-hati agar tidak terjadi masalah.

4. Menjaga Persediaan Bahan Makanan

Seorang cook helper juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan menjaga persediaan makanan. Hal ini juga berlaku pada peralatan dapur yang ingin digunakan nantinya. Mereka perlu memastikan bahwa semuanya selalu dalam keadaan baik.

Tujuannya agar bahan makanan maupun peralatan dapur tersebut selalu tersedia. Dengan begitu, chef bisa langsung menggunakannya secara praktif. Tanpa perlu membuang-buang waktu mencarinya terlebih dahulu. Pasalnya, semuanya sudah disiapkan oleh cook helper tersebut.

5. Menyimpan Peralatan Dapur dan Bahan Makanannya

Asisten koki juga perlu mengatur tata letak dapur sebaik mungkin. Termasuk menyimpan bahan makanan serta berbagai peralatan dapur dengan baik dan rapi. Tujuannya agar mudah ditemukan apabila ingin menggunakannya. Selain itu, semakin mudah juga ketika ingin menyiapkannya sebelum proses memasak.

Dengan begitu, dapur akan selalu terlihat rapi. Tidak jarang cook helper membantu memberikan dukungan kepada koki maupun chef dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Seperti memasak makanan dan mengirimkannya ke pelanggan. Mereka juga perlu memahami apa saja menu yang ditawarkan.

6. Membersihkan Area Dapur

Tugas lain yang perlu cook helper lakukan adalah selalu membersihkan area dapur. Terlebih jika sudah selesai menggunakannya. Termasuk peralatan dapur juga perlu dibersihkan agar nantinya siap sedia apabila ingin memakainya kembali. Kemudian mereka harus menyimpannya kembali dengan rapi.

Selain itu, cook helper juga perlu membantu chef ketika memerlukan tugas-tugas lainnya. Contohnya seperti menambahkan bumbu masakan, mengatur porsi, dan lainnya. Jika semuanya sudah selesai, maka bisa melanjutkannya untuk membersihkan area dapur agar terjaga.

7. Membantu Koki Menyusun Menu

Seorang cook helper juga perlu membantu para koki dalam menyusun menu. Mereka dapat memberikan masukan maupun saran dalam persiapan menu tersebut sesuai kebutuhan pelanggan. Terlebih, mereka juga sudah memahami apa saja menu yang paling sering dipesan.

Tentu penting untuk memberikan ide kepada chef agar menu dapat tersusun dengan baik. Jika terdapat menu lainnya yang menarik, maka tidak ada salahnya untuk menyarankannya kepada chef. Dengan begitu, chef tidak akan kesulitan untuk memperoleh pendapat mengenai susunan menu tersebut.

Skill yang Perlu Dimiliki oleh Cook Helper

Ada banyak skill atau kemampuan yang perlu seorang cook helper kuasai. Hal ini agar mereka lebih mudah dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawabnya. Pasalnya, mereka memiliki peran penting dalam membantu chef untuk menyiapkan hidangan. Di bawah ini selengkapnya:

1. Menguasai Teknik Memasak

Asisten koki perlu memiliki keahlian dalam menguasai teknik memasak dengan berbagai bahan masakan. Hal ini bahkan termasuk tugas utama mereka sehingga penting untuk menguasainya dengan baik. Dengan begitu, akan semakin mudah dalam melaksanakan setiap instruksi dari koki sewaktu-waktu.

Terlebih akan ada banyak teknik memasak yang perlu mereka kuasai. Seperti memasak sayuran, kacang-kacangan, daging, ikan, dan lainnya agar tidak kematangan atau bahkan kurang matang. Hal ini penting agar seorang koki tidak perlu melakukan pekerjaan dua kali karena sudah cook helper bantu.

2. Menguasai Perbedaan Penyajian Makanan

Seorang cook helper juga perlu memiliki kemampuan dalam menguasai perbedaan penyajian makanan. Baik itu breakfast, lunch, hingga dinner. Tentu semua penyajian makanan tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Termasuk bahan-bahan yang perlu mereka siapkan nantinya bisa saja memiliki banyak perbedaan.

Apabila mereka tidak menguasainya, tentu sangat sulit untuk memahami resep, menyiapkan bahan makanan mentahnya, hingga mengolah makanan tersebut. Padahal, seluruh tugas ini sangat perlu mereka lakukan untuk membantu seorang koki agar semakin cepat pekerjaannya selesai.

3. Kemampuan Berdiri dalam Waktu Lama

Setiap cook helper juga perlu memiliki kemampuan berdiri dalam waktu cukup lama. Hal ini sangat penting karena proses memasak mengharuskan seseorang untuk berdiri di dapur. Baik itu ketika membersihkan peralatan, menyiapkan bumbu dan bahan masakan, mengoperasikan alat dapur, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, sangat penting bagi mereka yang memiliki profesi ini untuk memiliki kemampuan berdiri dalam waktu lama tersebut. Terlebih, umumnya akan ada banyak pesanan yang sedang menunggu untuk dimasak nantinya. Tentu perlu dengan cepat dan tanggap dalam membantu menyiapkannya bersama koki.

4. Kemampuan Berkomunikasi

Profesi ini juga memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. Hal tersebut merupakan sesuatu yang bersifat dasar dan lumrah bagi seorang cook helper. Mengingat pekerjaan mereka perlu membantu koki dalam menyelesaikan setiap pesanan makanan sehingga perlu bekerja sama dengan baik.

Salah satu caranya yakni melakukan komunikasi dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, mereka dapat menjalankan semua perintah maupun instruksi tanpa adanya kesalahan pemahaman. Pasalnya, dalam memasak makanan tentunya diperlukan kecepatan dan kecekatan agar lebih efisien.

5. Kemampuan Mengatur Alat Masak

Asisten koki juga perlu memiliki kemampuan bagus dalam mengatur alat masak. Termasuk dalam menjaga kondisi peralatan masak tersebut agar tidak mudah rusak saat mereka gunakan. Tentu saja peran ini sangat membantu koki agar dapat fokus untuk memasak menu masakan utamanya sesuai pesanan.

Cook helper sendiri perlu melakukan tugasnya dengan cekatan. Seperti mengasah pisau, mengelola peralatan dapur agar tersimpan dengan rapi dan mudah menemukannya, serta masih banyak lagi. Mereka juga perlu memastikan bahwa seluruh alat memasak tersebut sudah siap terpakai.

6. Cepat Tanggap di Dapur

Setiap cook helper juga perlu memiliki sikap yang cepat dan tanggap saat bekerja di dapur. Hal ini perlu mereka lakukan baik itu sedang memasak bersama koki atau sedang sendirian sekalipun. Contohnya saja ketika ingin membersihkan peralatan dapur atau area dapur itu sendiri agar terjaga kebersihannya.

Termasuk juga saat ingin menerapkan instruksi dari koki. Mereka perlu cepat dalam memahaminya agar segera melakukan perintah tersebut. Contohnya saja saat menyiapkan piring, menambahkan bumbu masakan, atau hal-hal lainnya sesuai keperluan. Jika tidak, tentu proses memasak akan memakan banyak waktu.

7. Kemampuan Menyiapkan Makanan

Cook helper juga perlu memiliki kemampuan dalam membantu menyiapkan makanan sebelum tersaji dengan baik. Aktivitas ini umumnya memerlukan ketelitian dan fokus sebaik mungkin. Mulai dari pencacahan bahan masakan, pencampuran, hingga pengukuran bahan yang perlu mereka pakai.

Tidak hanya itu, seorang asisten koki juga perlu membantu menyiapkan piring, mangkuk, maupun gelas untuk mengemas makanan dan minuman yang sudah siap. Kemudian mereka juga perlu memastikan bahwa seluruh hidangan tersebut dapat terlihat menarik.

8. Kemampuan Bekerja dalam Tim

Setiap cook helper perlu memiliki kemampuan bekerja dalam sebuah tim. Adapun tim tersebut umumnya meliputi chef atau koki, cook helper, dan karyawan lainnya yang terlibat. Mereka perlu melaksanakan setiap tugasnya dengan kooperatif, produktif, dan efektif.

Mereka juga perlu memiliki kemampuan untuk mendukung setiap rekan kerjanya ketika ingin menyelesaikan masalah. Cook helper dapat membantu untuk mencarikan solusi bersama-sama agar setiap masalah dapat segera terselesaikan di dapur sehingga masakan berhasil terjadi dengan baik.

Beberapa Pengetahuan yang Wajib Dikuasai

Seorang cook helper perlu memiliki beberapa pengetahuan dasar dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Hal ini agar setiap pekerjaannya dapat mereka lakukan dengan maksimal dan sebaik mungkin. Supaya lebih jelas, simak apa saja pengetahuan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

1. Memahami Penggunaan Alat Dapur

Profesi ini mengharuskan seorang cook helper untuk serba bisa. Terutama dalam mengoperasikan atau menggunakan alat-alat dapur. Contohnya saja seperti penanak nasi, penggorengan, alat pemanggang, blender, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, mereka tidak hanya mengerti soal memasak saja.

Mereka juga perlu memiliki pemahaman tentang bagaimana cara membersihkan peralatan tersebut setelah selesai penggunaannya. Kemudian perlu menaruhnya kembali ke dalam tempatnya dengan rapi. Hal ini agar kondisi dapur tetap terjaga kebersihannya ketika ingin digunakan kembali.

2. Memahami Bumbu Dapur

Seorang cook helper juga penting untuk memiliki pemahaman akan bumbu-bumbu dapur. Termasuk bahan-bahan makanan yang perlu mereka siapkan nantinya. Mereka perlu menyiapkannya berdasarkan resep dan instruksi dari koki sehingga perlu melakukannya dengan cepat dan efisien.

Mereka juga perlu memiliki pemahaman dalam mengawasi persediaan bahan makanan dan bumbu dapur tersebut. Kemudian memastikan bahwa ketersediaannya selalu terjaga dengan baik. Agar nantinya saat sewaktu-waktu memerlukannya tidak kebingungan mencarinya.

3. Memahami Resep dan Instruksi Koki

Cook helper juga perlu memahami pengetahuan tentang resep makanan maupun minuman yang perlu mereka buat nantinya. Terlebih dalam bekerja mereka akan selalu berkolaborasi dengan koki. Tentu perlu memahami pula apa saja instruksi yang diberikan dalam memasak makanannya.

Tidak heran jika mereka perlu memiliki ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan instruksi tersebut agar tidak ada yang salah. Dengan begitu, mereka dapat lebih maksimal dalam membantu koki saat ingin menyiapkan sebuah masakan. Mereka juga perlu pandai dalam menjaga kebersihan dapur agar selalu terjaga.

Itu tadi penjelasan mengenai profesi dan gaji cook helper yang bisa Anda ketahui. Hingga saat ini profesi tersebut memiliki peran yang sangat penting agar seorang koki dapat bekerja secara efektif dan maksimal. Tidak heran jika pekerjaan tersebut selalu banyak dicari di industri kuliner atau makanan.